Pengertian Anak Tunalaras Definisi Penjabaran Dan Karaktristik

Pengertian Anak Tunalaras Definisi Klasifikasi dan karaktristik

Anak tunalaras yaitu belum dewasa yang mengalami gangguan perilaku, yang ditunjukkan dalam acara sehari-hari, baik di sekolah maupun  dalam lingkungan sosialnya. Pada hakekatnya, anak-anak tunalaras memiliki kemampuan intelektual yang normal, atau tidak berada di bawah rata-rata. Adapun pembagian terstruktur mengenai anak berkelainan sikap sosial-emosional antara lain :


1.    Berdasarkan perilakunya meliputi :  Anak tunalaras

  • Beresiko tinggi: hiperaktif suka berkelahi, memukul, menyerang, merusak milik sendiri maupun orng lain, melawan, sulit konsentrasi, tidak mau bekerja sama, sok aksi, ingin menguasai orang lain, mengancam, berbohong, tidak bisa diam, tidak sanggup dipercaya, suka mencuri, mengejek, dsb.
  • Beresiko rendah: autisme, kawatir, cemas, ketakutan, merasa tercekam, tidak mau bergaul, menarik diri, kurang percaya diri, bimbang, sering menangis, malu, dsb.
  • Kurang dewasa: suka berfantasi, berangan-angan, gampang dipengaruhi, kaku, pasif, suka mengantuk, gampang bosan, dsb.
  • Agresif : mempunyai gang jahat, suka mencuri dengan kelompoknya, loyal tehadap teman jahatnya, sering absen sekolah, sering pulang larut malam, dan terbiasa minggat dari rumah.

2.  Berdasarkan kepribadiannya meliputi
  •  Kekacauan perilaku
  • Menarik diri (withdrawll)
  • Ketidakmatangan (immaturity)
  • Agresi sosial
Pengertian Anak Tunalaras Definisi Klasifikasi dan karaktristik Pengertian Anak Tunalaras Definisi Klasifikasi dan karaktristik

Adapun karaktristik anak tunalaras  secara umum mengatakan adanya gangguan perilaku, menyerupai suka menyerang (agresive), gangguan perhatian dan hiperaktif. Secara akademik anak tunalaras sering ditemui tidak naik kelas, hal ini dikarenakan ganggun perilakunya bukan sebab kapasitas intelektualnya. Karaktristik emosi-sosial anak tunalaras suka melanggar norma baik yang berlaku di institusi seperti  sekolah maupun masyarakat sehingga anak ini sering disebut dengan anak maladjusted.

0 Response to "Pengertian Anak Tunalaras Definisi Penjabaran Dan Karaktristik"

Post a Comment