Rangkuman Bahan Kelas 5 Sd/Mi Tema 1 Subtema 2 Insan Dan Lingkungan


Rangkuman Materi Kelas 5 SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenaiRangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 2 "Manusia dan Lingkungan" Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Pembelajaran tema 1 kelas 5 SD/MI dengan kurikulum 2013 terdiri dari 3 buah subtema, dan pada subtema 2 ini berjudul Manusia dan Lingkungan. Pembelajaran subtema 2 kelas 5 terdiri dari 5 muatan pelajaran, yaitu ; Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS dan SBdP.


Berikut Rangkuman materi kelas 5 SD/MI pada subtema 2

Rangkuman mupel Bahasa Indonesia :

Pada pembelajaran subtema 1 sudah dibahas wacana memilih wangsit pokok dan kalimat penjelas. Nah, subtema  2 hal tersebut juga masih kembali dibelajarkan. Ide pokok merupakan permasalahan yang menjadi inti dari sebuah pengembangan sebuah tulisan.

Dalam setiap paragraf terdapat kalimat yang menjelaskan setiap pengembangan untuk setiap kalimat. Berikut ini akan penulis lengkapi dengan sebuah paragraf dan supaya sanggup membantu anda dalam menyusun sebuah lembar kerja bagi siswa-siswi di kelas.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenaiRangkuman Materi Kelas  Rangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Paragraf 1
    Anggota gerak tubuh kita harus senantiasa dijaga kesehatannya. Banyak diantara kita yang kurang menyadari akan arti pentingnya sebuah kesehatan organ gerak badan. Terkadang insan bekerja dengan begitu kerasnya dan jarang melaksanakan olahraga.  Bahkan saat berolah raga , beberapa masyarakat cenderung mengabaikan keselamatan organ geraknya. Misalnya saja saat bermain sepak bola, ada saja bawah umur yang kurang peduli dengan keselamatan tubuhnya, menyerupai : tidak menggunakan sepatu saat bermain bola, bersepeda tanpa menggunakan pengaman dan banyak sekali jenis lainnya yang menciptakan keselamatan dan kesehatan organ gerak tubuh insan mengalami cedera.

Dari paragraf diatas sanggup disimpulkan antara wangsit pokok dan kalimat penjelas yakni sebagai berikut :
Kalimat utama : Anggota gerak tubuh kita harus senantiasa dijaga kesehatannya.
Kalimat penjelas :  Banyak yang masih kurang peduli akan kesehatan organ gerak, saat berolahraga kurang memperhatikan keselamatan.

Paragraf 2
    Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang renta dan bakir balig cukup akal saja, tetapi remaja bahkan anak – anak sanggup menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya alasannya yakni penyakit ini menyerang korbannya secara tiba – tiba sehingga bila tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.

Ide pokok dan kalimat pengembang untuk paragraf diatas yakni sebagai berikut :

Ide pokok : Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.
Kalimat pengembang : Ada satu orang yang meninggal setiap harinya alasannya yakni penyakit jantung, penyakit jantung tidak hanya menyerang orang renta saja, penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahanya.

Demikian beberapa rujukan paragraf beserta wangsit pokoknya yang anda sanggup jadikan sebagai rujukan dalam membelajarkan subtema 2.

Rangkuman Muatan pelajaran PKN,
Pembelajaran PKn di kelas 5 pada subtema 2 membahas wacana nilai-nilai luhur Pancasila.  Nilai-nilai luhur Pancasila terkadung dalam setiap silamya. Ada lima sila dalam Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa
a.    Melaksanakan pedoman agama yang kita anut dengan baik.
b.    Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c.    Saling menghormati sesama teman yang berbeda agama.

Sila 2, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
a.    Memberikan pertolongan kepada teman yang sedang kesusahan
b.    Tidak menyerobot antrean di pom bensin
c.    Memberikan kesempatan pertama kepada orang jompo.

Sila 3, Persatuan Indonesia
a.    Bergotong royong melaksanakan pencucian umum
b.    Kerja bakti membersihkan lingkungan desa
c.    Saling tolong-menolong sesama warga Indonesia

Sila 4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
a.    Melaksanakan pemilihan ketua kelas
b.    Bermusyawarah sebelum mengambil keputusan
c.    Melaksanakan pemilihan kepala kawasan dengan jujur dan adil.

Sila 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
a.    Memberikan kesempatan bersekolah untuk semua warga negara Indonesia
b.    Memberikan proteksi kepada warga yang benar-benar memerlukan
c.    Tidak mengambil apa yang menjadi hak orang lain.

Demikian beberapa ringkasan wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila yang tertuang dalam pembelajaran subtema 2 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013.


Rangkuman Muatan Pelajaran IPA,

Pembelajaran muatan IPA di subtema ini bekerjsama menjadi pokok dari subtema 2, sesuai dengan judulnya yaitu insan dan lingkungannya.

Dalam pembelajaran subtema 2 KD IPA yang muncul yakni KD 3.1 dan 4.1, Berikut ini penulisa sajikan beberapa ringkasan materi subtema 2 untuk muatan pelajaran IPA.

Otot merupakan organ gerak aktif yang membantu setiap acara manusia. Secara umum otot sanggup dibedakan menjadi tiga yaitu, otot polos, otot jantung dan otot lurik.

Oto polos merupakan otot yang cara kerjanya tanpa kita sadari atau tanpa kita kendalikan. Salah satu organ yang menggunakan otot ini yakni lambung. Otot jantung bertugas menggerakkan organ jantung, sedangkan otot lurik merupakan otot yang cara kerjanya sangat kita sadari, contohnya kita ingin menggerakkan tangan untuk menganggak sesuatu atau menggerakkan kaki saat ingin berlari.


Rangkuman muatan pelajaran IPS


Gambaran atau tiruan bentuk bumi dalam bentuk bola disebut dengan nama globe, sedangkan citra permukaan bumi yang sibukukan disebut atlas. Peta merupakan citra seluruh atau sebagian permukaan bumi dalam bidang datar.


Rangkuman muatan SBdP

Dalam pembelajaran subtema 2,pelajaran SBdP memuat kompetensi dasar wacana gambar dongeng (cover)

Dalam sebuah cover ada sebuah gambar menarik, dan tidak hanya itu cover juga memuat sesuatu diantaranya yakni sebagai berikut :

a.    Judul
b.    Kalimat penjelas
c.    Nama penulis
d.    Identitas penerbit
e.    Gambar menarik
f.    Identitas buku.

Demikian artikel Kurikulum 2013 revisi terbaru, terkait dengan Rangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 2 "Manusia dan Lingkungan"

0 Response to "Rangkuman Bahan Kelas 5 Sd/Mi Tema 1 Subtema 2 Insan Dan Lingkungan"

Post a Comment