Soal Ut: Soal Ujian Ut Pgsd Semester 9 Lengkap Degan Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGSD smt 9 - Pada laman ini anda akan membaca dan mendapat beberapa kumpulan soal-soal latihan prediksi UAS Pendas atau Ujian UT. Nah, kali ini admin khususkan untuk soal-soal semester 9 PGSD.


Soal Ujian UT PGSD Semester 9 Lainnya:
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4108 Matematika
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4503 Materi dan Pembelajaran IPA SD
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
  • Soal Ujian UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
  • Contoh Soal TAP UT PGSD Tugas Akhir Program PDGK4500

Pada laman ini anda akan membaca dan mendapat beberapa kumpulan soal Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban
Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban


Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
1.  Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A.  melaksanakan proses berguru mengajar
B.  melaksanakan supervisi atau pengawasan
C.  memperlihatkan derma bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D.  membimbing anak berguru di rumah
Jawab:
A.  Benar, lantaran pedoman melaksanakan proses berguru mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 wacana Pengertian dan Fungsi Kurikulum

2.  Kurikulum harus bisa mengembangkan sesuatu yang gres sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa kini dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A.  konservatif
B.  kreatif
C.  kritis
D.  evaluatif
Jawab:
B.  Benar, lantaran peranan kreatif mengandung hal-hal yang sanggup membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir gres dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 wacana Pengertian dan Fungsi Kurikulum

3.  Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A.  sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B.  sesuai dengan minat siswa
C.  mempunyai tingkat kebermaknaan yang tinggi
D.  bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D.  Benar, lantaran kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 wacana Komponen-komponen Kurikulum

4.  Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A.  konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B.  sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C.  dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D.  mempunyai manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D.  Benar, lantaran rumusan tujuan yang mempunyai manfaat (nilai guna) baik bagi akseptor didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 1 KB 1 wacana Komponen-komponen Kurikulum

5.  Salah satu landasan yang mendasari kurikulum yakni landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A.  aspek kebudayaan
B.  perubahan fisik manusia
C.  cara berpikir mendalam
D.  sikap manusia
Jawab:
D.  Benar, lantaran berdasarkan model PPSI planning pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 1 wacana Landasan Pengembangan Kurikulum


6.  Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif yakni ... .
A.  kurikulum dikembangkan lantaran ada keresahan dari guru
B.  direktur pendidikan berperan sebagai fasilitator
C.  inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D.  guru mempunyai kiprah yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C.  Benar, lantaran dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan direktur inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 2 wacana Pendekatan Pengembangan Kurikulum

7.  Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang mempunyai makna, arti, dan faedah tertentu yakni pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B.  Benar, lantaran pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 2 KB 2 wacana Pendekatan Pengembangan Kurikulum

8.  Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A.  penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B.  pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C.  pengembangan materi, kegiatan, dan penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D.  adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B.  Benar, lantaran penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang sanggup membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 1 wacana Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

9.  Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan yakni materi pelajaran harus ... .
A.  disusun secara logis dan sistematis
B.  sesuai dengan persepsi orang renta dan masyarakat wacana kebutuhan
C.  bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D.  sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A.  Benar, lantaran isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga gampang dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 1 wacana Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A.  sesuai dengan tujuan
B.  merupakan warisan positif generasi masa lalu
C.  sesuai dengan kebutuhan siswa
D.  gampang dikuasai siswa
Jawab:
D.  Benar, lantaran kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 3 KB 2 wacana Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum

11. Penerapan administrasi berbasis sekolah menuntut sekolah untuk sanggup berdikari dalam melibatkan banyak sekali pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A.  melaksanakan banyak sekali inovasi
B.  membuat perubahan dalam layanan pendidikan
C.  mendesain kembali organisasi sekolah
D.  merekrut staf gres untuk menangani administrasi sekolah
Jawab:
C.  Benar, lantaran pelibatan banyak sekali pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 wacana Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

12. Kompetensi dasar akseptor didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya akseptor didik harus mempunyai kesiapan dan bisa mengikuti keadaan terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A.  pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan problem hidup
B.  keeksisan dalam menjalani kehidupan serta bisa memanfaatkan kemampuan dasar
C.  penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D.  penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B.  Benar, lantaran merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 wacana Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

13.  Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi yakni sebagai berikut, kecuali ... .
A.  memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B.  mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C.  menitikberatkan pencapaian sasaran kompetensi
D.  memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D.  Benar, lantaran merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 1 wacana Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A.  mengembangkan dan memelihara suasana berguru yang kondusif
B.  memperlihatkan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C.  memakai banyak sekali media pembelajaran yang inovatif
D.  memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D.  Benar, lantaran memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam berguru sesuai dengan caranya sendiri merupakan kiprah guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 2 wacana Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence


15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A.  kemandirian dan kerjasama
B.  berguru untuk kebersamaan
C.  interaksi dan komunikasi
D.  suasana yang mendukung
Jawab:
B.  Benar, lantaran faktor berguru untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang sanggup mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 4 KB 2 wacana Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A.  Bahasa Belanda
B.  Sejarah
C.  Pendidikan Jasmani
D.  Bahasa Inggris
Jawab:
A.  Benar, lantaran penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda sanggup mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 wacana Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A.  mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B.  membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C.  mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D.  mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C.  Benar, lantaran pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 wacana Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 yakni ... .
A.  menerapkan acara kurikuler dan ekstrakurikuler
B.  menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C.  menerapkan bimbingan belajar
D.  menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A.  Benar, lantaran acara kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 5 KB 1 wacana Perkembangan Kurikulum SD hingga dengan 1975

19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yakni ... .
A  .peka terhadap ide-ide dan teknologi gres dalam pendidikan
B.  mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C.  berorientasi pada hasil berguru dan keberagaman
D.  terbuka untuk melaksanakan penemuan ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B.  Benar, lantaran KTSP memperlihatkan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 wacana Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP yakni prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A.  kurikulum dituntut mempunyai kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B.  kurikulum dituntutmemiliki sifat elastis atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melaksanakan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C.  kurikulum dituntut semoga gampang dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D.  kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D.  Benar, lantaran hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 wacana Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam administrasi berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A.  akuntabilitas
B.  partisipasi
C.  keterbukaan
D.  kemandirian
Jawab:
A.  Benar, lantaran ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 1 wacana Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan akseptor didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A.  menganalisis konteks
B.  menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C.  menentukan dan mengorganisasikan pengalaman berguru dan materi pelajaran
D.  menentukan sumber belajar
Jawab:
A.  Benar, lantaran hal tersebut merupakan salah satu langkah dalam pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 wacana Proses Pengembangan KTSP

23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan materi pelajaran yakni sebagai berikut, kecuali ... .
A.  tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B.  kebermanfaatan bagi siswa
C.  Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D.  harus sesuai dengan kompetensi yang diperlukan dikuasai siswa.
Jawab:
D.  Benar, lantaran hal tersebut merupakan kriteria dalam menentukan serta mengorganisasikan pengalaman berguru dan materi
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 wacana Proses Pengembangan KTSP

24. Komite sekolah sanggup dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A.  mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B.  memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C.  memperlihatkan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D.  memperlihatkan penjelasan wacana langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C.  Benar, lantaran salah satu kiprah komite sekolah yakni memperlihatkan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibuat sekolah.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 6 KB 2 wacana Proses Pengembangan KTSP

25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat kala ... .
A.  Perkembangan IPTEK
B.  Profesionalisme
C.  Informasi
D.  Globalisasi
Jawab:
D.  Benar, lantaran kala globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 1 wacana Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan


26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang mempunyai kepribadian yang berdikari dan terbuka sehingga bisa membuat perubahan. Hal ini memperlihatkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A.  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B.  mempunyai solidaritas sosial
C.  mempunyai kreativitas
D.  mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C.  Betul, lantaran kreativitas ditandai dengan kepribadian yang berdikari dan terbuka yang mendorong diri untuk membuat perubahan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 1 wacana Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

27. Kemampuan memberikan pengetahuan, berdiskusi, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A.  performative
B.  epistemic
C.  functional
D.  informational
Jawab:
B.  Benar, lantaran literasi epistemic merupakan sasaran kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 2 wacana Profil Kurikulum Masa Depan

28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi gres secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi yakni ... .
A.  Accelerated learning
B.  Quantum learnig
C.  Cooperative learning
D.  E-learning
Jawab:
A.  Benar, lantaran accelerated learning yakni berguru yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 7 KB 2 wacana Profil Kurikulum Masa Depan

29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan wacana ... .
A.  tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B.  sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C.  dasar-dasar pengembangan kurikulum
D.  kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A.  Benar, lantaran dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 1 wacana Produk Pengembangan Kurikulum

30. Salah satu manfaat silabus bagi guru yakni sebagai ... .
A.  dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diperlukan dikuasai siswa
B.  ukuran dalam menentukan keberhasilan acara pembelajaran
C.  dokumen planning kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D.  dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B.  Benar, lantaran dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru sanggup menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 wacana Program Pembelajaran

31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A.  ilmiah
B.  relevan
C.  sistematis
D.  menyeluruh
Jawab:
B.  Benar, lantaran prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 wacana Program Pembelajaran

32. Salah satu langkah penyusunan silabus yakni merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A.  karakteristik siswa
B.  mata pelajaran
C.  Kompensasi
D.  potensi siswa
Jawab:
D.  Benar, lantaran hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun planning pembelajaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari Modul 8 KB 2 wacana Program Pembelajaran

33. Dalam penyusunan planning pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diperlukan dikuasai siswa. Hal ini memperlihatkan salah satu karakteristik planning pembelajaran, yaitu ... .
A.  ditujukan untuk siswa
B.  mempunyai tahap-tahap
C.  sistematis
D.  pendekatan sistem
Jawab:
D.  Benar, lantaran karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen planning pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 1 wacana Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP yakni perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A.  tingkat intelektual
B.  motivasi belajar
C.  gaya belajar
D.  sistematis
Jawab:
D.  Benar, lantaran sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 1 wacana Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran


35. Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai referensi penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A.  tujuan pembelajaran khusus
B.  standar kompetensi
C.  kompetensi dasar
D.  indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D.  Benar, lantaran berdasarkan model PPSI planning pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 2 wacana Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran

36. Menurut model PPSI, alat penilaian dikembangkan sesudah ... .
A.  menentukan materi pelajaran
B.  mengembangkan acara kegiatan
C.  memutuskan kegiatan belajar
D.  merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D.  Benar, lantaran dalam model PPSI, sesudah merumuskan tujuan pembelajaran yakni mengembangkan alat penilaian untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 9 KB 3 wacana Keputusan Situasional

37. Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A.  tujuan pembelajaran umum
B.  kompetensi dasar
C.  standar kompetensi
D.  tujuan pembelajaran khusus
Jawab:
B.  Benar, lantaran indikator harus ada sesudah kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 1 wacana Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

38. Contoh kemampuan hasil berguru menerapkan yakni ... .
A.  Siswa sanggup menjelaskan banyak sekali macam bentuk-bentuk bangun datar
B.  Siswa sanggup melaksanakan percobaan dalam menentukan arah angin
C.  Siswa sanggup menyebutkan macam-macam unggas
D.  Siswa sanggup menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B.  Benar, lantaran melaksanakan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 1 wacana Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

39. Evaluasi formatif berbeda dari penilaian sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C.  Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D.  Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D.  Benar, lantaran melalui penilaian formatif guru sanggup mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 2 wacana Penyusunan Alat Evaluasi

40. Suatu alat penilaian hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat penilaian tersebut harus ... .
A.  sanggup mengukur apa yang seharusnya diukur
B.  memperlihatkan hasil yang sanggup dipercaya
C.  sanggup membedakan kemampuan siswa
D.  gampang untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A.  Benar, lantaran kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat penilaian untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 10 KB 2 wacana Penyusunan Alat Evaluasi

41. Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melaksanakan praktikum untuk membuktikan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta untuk melaksanakan langkah-langkah secara teliti dan pada final pembelajaran siswa dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori mekanisme yakni ... .
A.  Zat Makanan
B.  Pembuatan Laporan Praktikum
C.  Ketelitian dalam Praktikuml
D.  Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D.  Benar, lantaran materi kategori mekanisme berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melaksanakan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 1 wacana Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran


42. Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah rumusan kemampuan yang diperlukan dikuasai siswa merupakan penerapa salah satu prinsip pemilihan materi pelajaran yaitu prinsip ... .
A.  Relevenasi
B.  Mutakhir
C.  Kecukupan
D.  Konsistensi
Jawab:
D.  Benar, lantaran prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 1 wacana Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

43. Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan wacana tumbuhan tetapi juga memperlihatkan tumbuhan orisinil yang dibawa ke kelas. Membawa tumbuhan ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A.  memperlihatkan pengalaman berguru yang bervariasi
B.  memenuhi minat siswa yang bervariasi
C.  membentuk sikap siswa
D.  memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D.  Benar, lantaran media yang dibawa yakni benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 wacana Pemilihan Media dan Sumber Belajar


44. Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses mengajar telah memakai media. Media yang dipakai yakni ... .
A.  audio
B.  visual
C.  audio-visual
D.  proyeksi
Jawab:
C.  Benar, lantaran tayangan yang dilihat dan ditonton sanggup dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 wacana Pemilihan Media dan Sumber Belajar

45. Untuk membantu siswa menguasai kemampuan menggambar banyak sekali bangun datar, guru memakai poster banyak sekali gambar bangun datar dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media tersebut didasarkan pada kesesuaian dengan ... .
A.  karakteristik media
B.  tujuan pembelajaran
C.  karakteristik siswa
D.  situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, lantaran media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 11 KB 2 wacana Pemilihan Media dan Sumber Belajar

46. Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melaksanakan wawancara terhadap beberapa warga akhir dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru yakni memperlihatkan pengalaman berguru dalam hal ....
A.  mengembangkan keterampilan berpikir
B.  membangun sikap sosial
C.  memperoleh informasi
D.  mengembangkan minat
Jawab:
C.  Benar, lantaran memperoleh informasi sanggup diperoleh pada ketika yang sama ketika siswa sedang berguru memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 1 wacana Pengalaman Belajar

47. Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya berguru siswa semoga siswa senang, semangat, dan merasa gampang dalam mempelajari suatu materi pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A.  mengaktifkan siswa
B.  memperlihatkan kepuasan
C.  variasi pengalaman belajar
D.  kesesuaian
Jawab:
B.  Benar, lantaran faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 1 wacana Pengalaman Belajar

48. Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan pak Ali dalam menentukan kegiata ini yakni semoga siswa sanggup melihat eksklusif banyak sekali jenis binatang air. Ilustrasi tersebut memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan metode mengajar yakni ... .
A.  kemampuan siswa
B.  karakteristik materi pelajaran
C.  kemampuan guru
D.  kondisi kelas
Jawab:
B.  Benar, lantaran faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 wacana Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

49. Mendayagunakan banyak sekali sumber belajar, dan memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A.  ceramah
B.  resitasi
C.  tanya jawab
D.  diskusi
Jawab:
B.  Benar, lantaran prinsip penggunaan metode resitasi yakni mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, kiprah yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan berguru berdikari dan kelompok
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 wacana Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

50. Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab yakni ... .
A.  menyimpulkan tanggapan pertanyaan yang paling tepat
B.  menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C.  meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan kiprah yang diberikan
D.  menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A.  Benar, lantaran menyimpulkan tanggapan pertanyaan yang paling sempurna dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari 12 KB 2 wacana Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
  
Nah, bagi anda yang ingin mendapat Soal UT PGSD PDGK4502 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD dalam format doc dokumen pdf, silahkan klik disini

Soal UT PGSD PDGK4503 Materi dan Pembelajaran IPA SD
1.  Semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan dengan memakai banyak sekali indra (hasil observasi) disebut ….
A.  Estimasi
B.  prediksi
C.  Inteprestasi
D.  Penyelidikan
Jawab:
C.  Benar, lantaran intepretasi merupakan semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 1 wacana Inkuiri dan Keterampilan proses Sains

2.  Seorang guru berupaya untuk memusatkan perhatian siswa dengan cara memperlihatkan atau mempertontonkan suatu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkitan dengan topik yang sedang dipelajari. Pada model berguru IPA atau CLIS, maka tahapan yang diberikan guru yakni ….
A.  orientasi
B.  pemunculan gagasan
C.  penyusunan ulang gagasan
D.  penerapan gagasan
Jawab:
A.  Benar, orientasi merupakan upaya guru untuk memusatkan perhatian siswa
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB  wacana Model Pembelajaran

3.  Equus pada penulisan nama ilmiah Equus cabalus dalam urutan tingkat takson menunjukkan….
A.  spesies
B.  genus
C.  suku
D.  ordo
Jawab:
B.  Benar, Equus memperlihatkan genus, teladan kuda (Equus cabalus) dan keledai Equus asinus
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 1 wacana Klasifikasi Makhluk Hidup

4.  Mamalia air (Paus), setiap beberapa menit sekali selalu menyembulkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup udara.Kegiatan paus tersebut termasuk pada adaptasi
A.  fisiologi
B.  tingkah laku
C.  konvergen
D.  morfologi
Jawab:
B.  Benar, teladan adapatasi tingkah laku
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 2 Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan

5.  Pernyataan berikut yang termasuk teladan dari penyesuaian fisiologi adalah....
A.  ketajaman indra pendengar kelalawar pada malam hari
B.  menggulungnya daun jagung kalau udara panas
C.  cicak memutuskan ekornya pada ketika ada bahaya
D.  pohon flamboyan menggugurkan daunnya pada demam isu kemarau
Jawab:
A.  Benar, merupakan teladan penyesuaian fungsi fisiologis organ badan terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 1 wacana Adaptasi Makhluk hidup terhadap lingkungannya

6.  Kebutuhan lauk pauk yang dianjurkan dalam seporsi kuliner untuk anak usia 7-9 tahun adalah....
A.  250 gram
B.  200 gram
C.  150 gram
D.  100 gram
Jawab:
D.  Benar, kebutuhan akan lauk pauk yakni 100 gram sanggup berupa 50 gram hewani dan 50 gram tumbuhan contohnya tempe
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 1 wacana Kandungan Gizi dan gizi seimbang

7.  Wortel yangh disimpan usang biasanya akan menjadi busuk dan lembek. Hal ini disebabkan oleh bakteri....
A.  Erwinia
B.  Straphylococcus aureus
C.  Lactobacillus plantarum
D.  Pseudomonas flourescens
Jawab:
A.  Benar, Erwinia sanggup mengakibatkan wortel menjadi lembek
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 1 Tentang Penilaian Gizi pada Makanan

8.  Cara pengolahan materi kuliner sanggup besar lengan berkuasa terhadap kandungan gizi. Seperti kentang yang digoreng akan kehilangan vitamin C sebanyak...
A.  25%
B.  30%
C.  50%
D.  75%
Jawab:
A.  Benar. Kentang yang digoreng akan menghilangkan vitamin C sebanyak 25%
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 1 Penilaian gizi pada kuliner Psikolinguistik dalam Pengajaran Bahasa

9.  Bagian organ eksternal laki-laki berupa sepasang kantung yang tersusun oleh kulit tipis disebut....
A.  testis
B.  skrotum
C.  epididimis
D.  uretra
Jawab:
B.  Benar, skrotum merupakan organ laki-laki berupa sepasang kantung tipis dan fascia superfisial
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 1  Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia

10. Bagian dari testis yang berfungsi menghasilkan sperma adalah...
A.  sel sustentakeler
B.  tubulus seminiferus
C.  sel endokrin interstitial
D.  tunica albuginea
Jawab:
B.  Benar, penghasil sperma yakni tubulus seminiferus
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB1 wacana Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

11. Bagian ovarium yang berfungsi menghasilkan hormon progesteron, estrogen dan relaksin adalah...
A.  folikel graff
B.  corpus lutium
C.  ephithelium germinatum
D.  stroma
Jawab:
B.  Benar, sebagai penghasil hormon progesteron, estrogen dan relaksin
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB1 tentang  Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

12. Suatu kelainan seksual dimana untuk memperoleh kepuasan seksual dengan melihat penderitaan fisik maupun mental orang lain melalui penderitaan dirinya sendiri disebut....
A.  sadismus
B.  bestiality.
C.  masochismus
D.  masturbasi.
Jawab:
C.  Benar, kelainan seksual ini menyakiti orang lain dan dirinya sendiri
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 1, wacana Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia

13. Suatu pita berbentuk spiral yang ada dalam kromosom disebut ....
A.  kromomer
B.  kromonema
C.  sentromer
D.  telomer
Jawab:
B.  Benar,kromonema merupakan pita yang berbentuk spiral dalam kromosom
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 2  Penurunan sifat manusia

14. Perkawinan bunga warna merah dengan putih di mana keduanya tidak merupakan sifat lebih banyak didominasi resisif, maka akan menghasilkan perbandingan fenotip F2 adalah....
A.  1:2:1
B.  3:1
C.  9:3:3:1
D.  1:1:1:1
Jawab:
A.  Benar, merupakan perbandingan F2 dari sifat intermediet
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 2 wacana Penurunan sifat pada manusia

15. Proses pengontrolan kelahiran yang dilakukan dengan cara pengangkatan uterus disebut....
A.  kastrasi
B.  oophorektomi
C.  histerektomi
D.  vasektomi
Jawab:
C.  Benar, yaitu pengontrolan kelahiran dengan cara mengangkat uterus
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 3 tentang  Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia

16. Oncom merupakan produk bioteknologi sederhana dengan cara memfermentasikan bungkil kacang tanah dengan jamur....
A.  A.oryzae
B.  Mucor javanicus
C.  Neurospora
D.  Saccharomyces cerevicae
Jawab:
C.  Benar, merupakan jamur dalam pembuatan oncom
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB1  Pengenalan bioteknologi sederhana

17. Bentuk energi yang hanya ada sebagai energi tersimpan yang bisa lepas akhir interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom disebut sebagai energi....
A.  kimia
B.  nuklir
C.  Elektromagnetik
D.  mekanik
Jawab:
B.  Benar
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 7 KB1 tentang  Sumber Energi

18. Dalam sebuah pengantar mengalir muatan sebesar 50 coulomb selama 4 detik. Berapa besarnya arus yang mengalir dalam pengantar tersebut?
A.  50 ampere
B.  25 ampere
C.  12,5 ampere
D.  10 ampere
Jawab:
C.  Benar, dimana q = 50C, t = 4 detik, maka besarnya arus (I) yakni I=q/t atau 50/4 = 12,5
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 7 KB2 wacana Listrik dan Rangkaian Sederhana

19. Untuk meningkatkan nilai efisiensi nitrogen, mereduksi penyakit pada binatang ruminansia dan mengontrol kelembaban kotoran binatang biasanya peternak memakai ….
A.  zeolit
B.  benzoit
C.  pasir putih
D.  gibsum
Jawab:
A.  Benar, lantaran zeolit juga sanggup mengontrol kandungan amonia kotoran hewan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 8 KB1 wacana bahan-bahan di sekitar kita

20. Tanaman yang sanggup dipakai sebagai pengobatan kencing kerikil lantaran sifatnya yang diuretic adalah.
A.  kemangi.
B.  kunyit.
C.  keji beling.
D.  tumbuhan kecubung.
Jawab:
C.  Benar, keji kaca dipakai sebagai obat kencing kerikil .
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawab soal ini Anda sanggup membaca Modul 8 KB 2 wacana Pemanfaatan tumbuhan

21. Pernyataan berikut ini merupakan keterampilan proses
1.  observasi dan inferensi
2.  pengukuran dan estimasi
3.  komunikasi dan interprestasi
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 semua merupakan keterampilan proses, selain itu juga prediksi, berhipotesis, pengendalian variabel dan eksperimen

22. Seorang siswa melaksanakan penelitian wacana "Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman" Dilakukan dengan meletakkan tumbuhan A pada tempat dengan intensitas cahaya yang bervariasi yaitu pada intensitas yang rendah dan pada intensitas yang tinggi. Setiap tumbuhan diberikan perlakukan yang sama menyerupai jenis tanaman, jenis tanah yang dipakai dan ukuran pot. Pertanyaan yang benar wacana pernyataan di atas adalah....
1.  variabel kontrol : jenis tanah
2.  variabel terikat : pertumbuhan tanaman
3.  variabel bebas : cahaya
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 yakni benar. Variabel control merupakan variabel yang tidak diubah, menyerupai jenis tanah dan ukuran pot. Variabel terikat yakni kondisi yang mungkin dipengaruhi atau dikenai akhir perubahan. Variabel bebas merupakan suatu faktor atau kondisi dalam sebuah eksperimen yang secara khusus diubah oleh seorang peneliti

23. Fokus dalam Literasi Sains (PISA) tahun 2006 yakni literasi....
1. sains
2. tehnologi komputer
3. problem solving
Jawab:
Jawaban no 1, 2 dan 3 yakni benar. Semua tanggapan meruapakan literasi yang difokuskan pada literasi sains (PISA) 2006

24. Pernyataan berikut ini merupakan penilaian literasi sains....
1. tidak ditujukan untuk membedakan siswa literat atau tidak
2. merupakan proses yang kontinue dan terus menerus berkembang sepanjang hidup manusia
3. hanya melihat adanya benih-benih literasi dalam diri siswa
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 yakni benar, semua meruapakan pernyataan wacana literasi sains

25. Model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme adalah...
1.  model siklus belajar
2.  model pembelajaran generatif
3.  model pembelajaran interaktif
Jawab:
Jawaban semua benar, model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme selain 3 model tersebut juga model CLIS dan model taktik pembelajaran kooperatif

26. Aktivitas siswa dalam fase penjelasan pada ketika pembelajaran kontruktivisme adalah....
1.  siswa merumuskan kembali pengetahuan wacana konsep yang sedang dipelajari
2.  siswa secara berkelompok mendiskusikan planning penyelidikan
3.  siswa berkelompok melaksanakan penyelidikan untuk menguji rencananya
Jawab:
Jawaban semua benar, semua merupakan kegiatan dalam fase klarifikasi

27. Kriteria yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan model pembelajaran terpadu berkenaan dengan perkembangan anak adalah....
1.  karakteristik mata pelajaran
2.  lingkungan sebagai sarana belajar
3.  kebutuhan anak
Jawab:
no 1,2 dan 3 yakni benar, masing-masing kriteria memperlihatkan sumbangan tersendiri

28. Pernyataan berikut ini merupakan tujuan dilakukannya pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup
1.  untuk mengetahui relasi kekerabatan makhluk hidup
2.  memudahkan dalam mempelajari organisme yang beranekaragam
3.  mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan cirinya semoga gampang dikenali
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 yakni benar. Salah satu tujuan utama dari pembagian terstruktur mengenai yakni untuk memudahkan kita dalam mempelajari organisme yang ada di alam ini, selain itu mengetahui relasi kekerabatan yang dimiliki oleh mahkluk hidup, contohnya kucing mempunyai relasi yang lebih bersahabat dengan harimau dibandingkan dengan biawak, lantaran berdasarkan persamaan ciri sama-sama melahirkan anak, menyusui dan bertulang belakang

29. Pernyataan berikut ini yakni benar wacana proporsi kelompok sayur-sayuran yang harus dikonsusi berdasarkan gizi seimbang:
1. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok karbohidrat
2. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah
3. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lauk pauk
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 yakni benar, proporsi sayuran berdasarkan gizi seimbang harus lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah dan lauk-pauk. Jawaban 1 salah, karbohidrat merupakan kelompok yang paling banyak dibandingkan kelompok buah, sayuran, lauk-pauk dan lemak.

30. Zat warna merupakan zat adiktif yang sering dibubuhi dalam kuliner siap saji. Dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh zat warna antara lain....
1. kerusakan otak
2. kelainan hati
3. asma
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua merupakan dampak yang ditimbulkan oleh zat warna

31. Pernyataan berikut ini yakni benar wacana RNA:
1.  mempunyai pita tunggal
2.  mengandung gula ribose
3.  berisi informasi dari satu gen
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua tanggapan merupakan ciri-ciri dari RNA

32. Contoh penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X adalah....
1. hemophilia
2. albino
3. fragile sindrom
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 yakni benar, merupakan penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X. Jawaban 2 salah, merupakan penyakit keturunan dimana alel resesif terpaut pada kromosom tubuh

33. Sistem penyimpanan energi potensial yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik biasanya ditemukan pada....
1.  bendungan
2.  pengairan
3.  pembangkit tenaga air
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 yakni benar

34. Bentuk energi berikut ini merupakan energi terbarukan....
1.  energi matahari
2.  energi nuklir
3.  energi angin
Jawab:
Semua tanggapan yakni merupakan energi terbarukan, selain itu yang termasuk energi terbarukan yang lain yakni energi laut, energi biomassa, energi air dan energi panas bumi

35. Pernyataan berikut ini yang benar wacana konsep listrik adalah....
1.  terdapat dua jenis muatan yaitu positif dan negatif
2.  muatan negatif yang dimiliki oleh elektron dalam suatu lintasan selalu mengelilingi inti yang bermuatan positif
3.  elektron-elektron sanggup keluar dari orbitnya dan bergerak dari atom ke atom lainnya sebagai elektron bebas
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 yakni benar, ketiganya merupakan konsep wacana listrik

36. Larutan yang sanggup dipakai sebagai indikator untuk memerahkan lakmus biru adalah....
1.  air cuka
2.  air hujan
3.  air sabun
Jawab:
Jawaban no 1 dan 2 yakni benar, disamping itu beberapa larutan yang bersifat asam lainnya yakni air jeruk, air tomat, air aki. Jawaban no 3 salah lantaran air sabun yakni basa yang akan membirukan lakmus merah

37. Pernyataan yang benar wacana sampah organik adalah....
1. sampah yang berasal dari alam baik tumbuhan maupun fauna
2. tidak gampang terurai dan mempunyai sifat kering
3. dalam jumlah banyak sanggup menimbulkan perkara lingkungan
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, sampah organik yakni sampah yang berasal dari tumbuhan dan fauna, meskipun sanggup diurai oleh decomposer namun dalam jumlah yang banyak tetap menimbulkan perkara lingkungan menyerupai pencemaran wangi dan sumber penyakit. Jawaban no 2 salah lantaran merupakan karakteristik dari sampah anorganik

38. Karakteristik limbah cair sanggup diketahui berdasarkan sifat-sifat dan karakteristik fisiknya, antara lain dari....
1. kekeruhan
2. bau
3. temperatur
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, sifat keruh air sanggup dilihat dengan mata secara eksklusif lantaran adanya partikel koloidal. Adanya zat-zat organik serta gabungan dari nitrogen, belerang dan fosfor yang berasal dari pembusukan protein yang dikandung limbah mengakibatkan dikeluarkannya gas-gas menyerupai sulfide yang berbau busuk. Limbah yang mempunyai temperatur tinggi akan mengganggu biota tertentu

39. Limbah kertas sanggup dimanfaatkan kembali (didaur ulang) untuk....
1. dibuat bubur pulp kembali untuk materi kertas
2. dihancurkan sebagai materi isolasi
3. diinsenerasi sebagai penghasil panas
Jawab:
Jawaban yang benar yakni 1, 2 dan 3, semua materi ini sanggup dimanfaatkan dari limbah kertas

40. Etika lingkungan neo-utilitarisme yakni budpekerti lingkungan yang menekankan, kecuali pada
1. usaha hak-hak binatang
2. menekankan kehidupan sebagai standar moral
3. kebaikan untuk seluruh makhluk
Jawab:
Jawaban 1 da 2 benar bukan merupakan budpekerti neo-utilitarisme, lantaran usaha hak-hak binatang termasuk pada budpekerti lingkungan zoosentrisme, dan menekankan kehidupan sebagai standar moral merupakan budpekerti lingkungan biosentrisme. Jawaban 3 benar kabaikan untuk seluruh makhluk

Selengkapnya, silahkan eksklusif saja klik disini

Soal UT PGSD PDGK4504 Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

1.  Secara universal pengertian bahasa adalah....
A.  suatu ungkapan berbentuk ujaran yang membedakan insan dari makhluk lainnya
B.  suatu lambang bunyi yang ditetapkan secara manasuka
C.  suatu lambang bunyi yang mempunyai pengertian
D.  suatu lambang bunyi yang bersifat konvensional
Jawab:
A.  Benar, pengertian bahasa secara universal yakni bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran yang sanggup membedakan insan dari makhluk lainnya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB1 MK PDGK4504/Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

2.  Ada yang menyebut, rumah, pondok, gubuk untuk konsep tempat tinggal. Variasi sebutan memperlihatkan bahasa bersifat....
A.  produktif
B.  sistematis
C.  unik
D.  mana suka.
Jawab:
D.  Benar, mana suka/arbitrer, tidak ada relasi logis antara lambang dengan yang dilambangkan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah MODUL1 KB 1.

3.  Fonem, suku kata, dan kata merupakan pecahan dari unsur segmental karena....
A.  fonem, suku kata, dan kata tidak selalu sanggup diujarkan
B.  fonem, suku kata, dan kata berfungsi membedakan arti
C.  sanggup ditulis dan dibunyikan secara deskriptif
D.  sanggup diujarkan dengan nada tinggi atau rendah
Jawab:
C.  Benar, fonem, suku kata, dan kata merupakan unsur segmental yang sanggup diujarkan dan dituliskan secara deskriptif
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah MODUL1 KB1.

4.  Bahasa yang dipakai oleh seorang pembaca informasi berfungsi sebagai....
A.  informasi
B.  kontrol sosial
C.  ekspresi
D.  adaptasi
Jawab:
A.  Benar, bahasa informasi merupakan salah satu bentuk informasi informasi, dengan demikian bahasa berfungsi sebagai alat pemberi informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul 1 KB1

5.  Bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai bahasa negara yang salah satu penggunaannya adalah....
A.  mempersatukan banyak sekali suku bangsa di Indonesia
B.  membaurkan diri di dalam masyarakat
C.  sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan
D.  alat dalam memberikan informasi kepada masyaraka
Jawab:
C.  Benar, Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar merupakan fungsi bahasa indinesia sebagai bahasa nasional
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini baca Modul 1 KB1.

6.  Sajian obrolan yang bertema “ Prestasi permainan bola Indonesia” pada stasion televisi swasta memakai ragam bahasa....
A.  goresan pena populer
B.  goresan pena ilmiah
C.  mulut ilmiah
D.  mulut populer
Jawab:
D.  Benar, obrolan wacana bola memakai ragam mulut popular, lantaran memakai istilah yang dikenal luas/umum
Pembahasan:
Untukmenjawab pertanyaan ini baca modul1 KB1.

7.  Yang dimaksud berguru adalah....
A.  menjiplak tingkah laris seseorang yang dianggap positif
B.  perubahan sikap yang permanen sebagai hasil training dan penguatan
C.  mengupayakan kemampuan yang ada untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya
D.  berlatih memakai pengalaman yang didapat sendiri maupun orang lain
Jawab:
B.  Benar. Definisi berguru yakni perubahan sikap yang permanen sebagai hasil training dan penguatan
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

8.  Tujuan pembelajaran bahasa adalah....
A.  mengajak siswa berkomunikasi baik secara mulut maupun tertulis
B.  mempersiapkan siswa untuk bisa melaksanakan interaksi yang bermakna dengan lingkungannya
C.  semoga siswa sanggup mempunyai pengetahuan wacana teori bahasa sesuai target
D.  semoga siswa memperoleh nilai maksimal dalam pengetahuan bahasa
Jawab:
B.  Benar, tujuan berguru bahasa yakni mempersiapkan siswa untuk melaksanakan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah
Pembahasan:
Pelajari modul 1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

9.  Faktor di luar diri siswa(eksternal) yang menghipnotis keberhasilan berguru di antaranya adalah....
A.  lingkungan keluarga
B.  fisik siswa
C.  motivasi belajar
D.  psikis siswa
Jawab:
A.  Benar, lingkungan keluarga merupakan faktor eksternal (di luar diri siswa) .
Pembahasan:
Pelajari modul1 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

10. Kata menganga pada kalimat” Torehan luka itu semakin menganga” terdiri atas ...
A.  enam fonem
B.  delapan fonem
C.  tiga fonem
D.  tujuh fonem
Jawab:
A.  Benar, terdiri atas enam fonem yaitu /m,e,ng,a,ng,a/
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

11. Yang dimaksud dengan fonetik adalah....
A.  bunyi yang sanggup membedakan arti
B.  bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap insan serta proses terjadinya bunyi bahasa
C.  satuan bunyi yang terkecil yang bersifat membedakan arti
D.  satuan bunyi yang hanya mempunyai satu vokal
Jawab:
B.  Benar, fonetik yakni bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap insan serta proses terjadinya bunyi bahasa
Pembahasan:
Pelajari Modul2 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

12. Konsonan /d/ pada kata duduk termasuk....
A.  bilabial bersuara
B.  bilabial tak bersuara
C.  dental tak bersuara
D.  dental bersuara
Jawab:
C.  Benar, konsonan /d /pada kata duduk termasuk dental hambat tak bersuara
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini bacalah modul2 KB1

13. Mobil-mobilan dimainkanoleh adik. Morfem bebas yang sempurna pada kalimat tersebut adalah….
A.  mobil-mobilan.
B.  dimainkan
C.  oleh
D.  adik
Jawab:
D.  Benar, “adik” merupakan morfem bebas(dapat berdiri sendiri)
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

14. Pada kata ‘perjanjian’ terdapat jenis afiks....
A.  prefiks
B.  infiks
C.  konfiks
D.  sufiks
Jawab:
C.  Benar, kata perjanjian berasal dari kata kesepakatan dan konfiks per-an
Pembahasan:
Bacalah modul2 KB2 semoga Anda sanggup menjawab pertanyaan ini dengan benar.

15. Kata ‘melarikan’ dibuat dari kata....
A.  lari.
B.  larikan.
C.  berlari.
D.  melarikan.
Jawab:
B.  Benar, kata ‘melarikan’ berasal dari kata ’larikan’ prosedurnya yakni lari larikan melarikan
Pembahasan:
Untuk menjawab pertanyaan ini, bacalah modul 2 KB2.

16. Morfem terikat secara sintaksis pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” adalah....
A.  menyenangkan
B.  melihat
C.  pemandangan
D.  yang
Jawab:
D.  Benar, lantaran ,yang pada kalimat “Kami melihat pemandangan yang menyenangkan.” terikat secara sintaksis
Pembahasan:
Pelajari modul2 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

17. “Frase ‘dari mana ‘ saja pada kalimat “Teknik menulis kisah jenaka sanggup dimulai dari mana saja’ merupakan frase ...
A.  verbal
B.  ajektiva
C.  adverbial
D.  preposisional
Jawab:
D.  Benar, dari mana saja yakni frase preposisional lantaran mengandung kata depan dari
Pembahasan:
Bacalah modul 3 KB1 semoga Anda sanggup menjawab soal ini dengan benar.

18.  Frase bertingkat pada kalimat ‘Ratih gres pulang sekolah’ adalah....
A.  Ratih
B.  gres pulang
C.  Ratih gres pulang
D.  Ratih pulang
Jawab:
B.  Benar, gres pulang merupakan frase bertingkat yang berhukum, MD
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

19. Kalimat “ Sementara menunggu anaknya ia mengikuti kursus menjahit semoga sanggup memanfaatkan waktu.” Terdiri atas....
A.  satu klausa
B.  dua klausa
C.  satu kalimat tunggal
D.  tiga klausa
Jawab:
D.  Benar, kalimat di atas yakni kalmat beragam yang terdiri atas tiga klausa:i)Ia menunggu anaknya, 2) Ia mengikuti kursus menjahit, dan 3) Ia sanggup memanfaatkan waktu
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

20. Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun. Pola kalimat tersebut adalah....
A.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P
B.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P O
C.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P O pel
D.  Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun S P K
Jawab:
C.  Benar, Berdasarkan fungsi/kategorinya kalimat tersebut dipilih menjadi Jaksa menuntut beliau dua puluh tahun sehingga polanya menjadi S P O Pel
Pembahasan:
Bacalah modul3 KB2 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

21. Menurut Yuwono wacana adalah....
A.  Satuan makna antar pecahan di dalam suatu bangun bahasa
B.  satuan bahasa yang terkecil yang sanggup membedakan arti
C.  satuan fonem yang hanya mempunyai satu puncak atau vokal
D.  kumpulan kata yang bermakna lengkap dan diakhiri oleh kesenyapan
Jawab:
A.  Benar, Yuwono mendefinikan wacana sebagai satuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 dengan saksama semoga Anda sanggup menjawab soal ini.

22. Kekerasan terhadap anak tidak cukup tidak boleh dengan komitmen pribadi atas belum dewasa sendiri. Komitmen demikian tentu saja sangat berarti , tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan acuh publik, atas kekerasan terhadap anak , anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun. Elemen inti pada wacana tersebut adalah....
A.  Kekerasan terhadap anak tidak cukup tidak boleh dengan komitmen pribadi atas belum dewasa sendiri
B.  Komitmen demikian tentu saja sangat berarti
C.  tapi secara kolektif masyarakat juga perlu digugah untuk bangkitnya kesadaran dan acuh publik, atas kekerasan terhadap anak
D.  anak siapa pun, oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun
Jawab:
A.  Benar, elemen pada dasarnya yakni “Kekerasan terhadap anak tidak cukup tidak boleh dengan komitmen pribadi atas belum dewasa sendiri”
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

23. Dialek bahasa Sunda Buhun tentunya berbeda dengan dialek bahasa Sunda pada umumnya.Dalam bahasa Sunda Buhun setiap kalimat atau kata-kata tertentu mendapat tekanan yang agak panjang, sehingga terdengar menyerupai manja dan agak kaku serta naik turun. Kutipan wacana tersebut memenuhi persyaratan kohesi dan koherensi. Kekohesifan wacana tersebut ditunjukkan oleh....
A.  Tanda titik yang membuktikan bahwa wacana tersebut terdiri atas dua kalimat
B.  adanya pengulangan pada frase bahasa Sunda Buhun
C.  dibubuhinya tanda koma pada kalimat-kalimat dalam wacana tersebut
D.  pengulangan pada kata dan sebanyak dua kali
Jawab:
B.  Benar, alat kohesi yakni pengulangan, dan pengulangan tersebut terdapat pada frase bahasa Sunda Buhun sebagai penjelasan yang padu
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

24. Di antara hal berikut yang termasuk ciri wacana mulut adalah....
A.  terdapat tanda kutip pada kalimat yang didialogkan
B.  taat azas dalam penerapan karakter kapital
C.  adanya alih tutur
D.  selalu memakai bahasa baku
Jawab:
C.  Benar, ciri wacana mulut yakni adanya penutur, petutur, alih tutur, bahasa tutur, serta konteks.
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

25. Sebuah wacana yang dibawakan oleh dua pelaku tergolong ke dalam jenis wacana....
A.  polilog
B.  dialog
C.  monolog
D.  prolog
Jawab:
A.  Benar, wacana polilog dibawakan oleh lebih dari dua orang pembicara/pelaku
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

26. Bahasa kisah jenaka harus baik, tampak hidup, dan sanggup memberi pesona gres bagi pembaca. Unsur bahasa yang dinilai tidak hanya sekedar unsur mekanik, menyerupai ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan struktur kalimat, tetapi juga bagaimana bahasa kisah jenaka itu yummy dibaca, komunikatif, hidup, dan memberi kesejukan baru. Dari sisi pemaparannya, jenis wacana tersebut adalah....
A.  argumentasi
B.  eksposisi
C.  narasi
D.  deskripsi
Jawab:
B.  Benar , wacana di atas berjenis eksposisi lantaran bersifat memperlihatkan informasi dan instruksi
Pembahasan:
Bacalah modul4 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

27. Pendekatan whole language yakni salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa....
A.  dengan memperbanyak latihan berbicara
B.  secara utuh (tidak terpisah-pisah)
C.  dengan memperbanyak latihan tatabahasa
D.  dengan memperbanyak berkomunikasi baik mulut maupun tulis sesuai konteks
Jawab:
B.  Benar , Pendekatan whole language yakni pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

28. Guru menyuruh anak membaca puisi secara keseluruhan, kemudian tiap satu baris kelas membacakan perbait, selanjutnya bergantian tiap siswa membaca puisi perbaris secara bergantian. Dalam pendekatan whole language guru tersebut menerapkan prinsip....
A.  interaksi sosial
B.  keterpaduan antarketerampilan berbahasa
C.  keutuhan dalam penggunaan bahasa sesuai konteks
D.  dari keseluruhan mengarah kepada bagian-bagian
Jawab:
D.  Benar, pembelajaran tersebut dimulai dari keseluruhan (puisi) bergerak ke bagian-bagian (bait/baris)
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

29 Guru meminta siswa kelas dua SD menuliskan tiga kalimat mengenai perjalanannya dari rumah ke sekolah, kemudian masing-masing siswa membaca tulisannya. Kegiatan guru tersebut yakni penerapan pembelajaran....
A.  menulis jurnal
B.  membaca pemahaman
C.  menulis terbimbing
D.  membaca terbimbing
Jawab:
A.  Benar, menulis jurnal yakni menulis pengalaman pribadi dengan memperhatikan kaidah-kaidah menulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

30. Dalam pendekatan Whole Language siswa bekerja dan berguru sesuai dengan kemampuannya serta membuatkan tanggung jawab dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai....
A.  pengarah atau moderator selama pembelajaran berlangsung
B.  model dalam pembelajaran semoga sanggup ditiru oleh siswa
C.  perencana pembelajaran, perancang kelas, dan fasilitator bagi siswa
D.  pengatur dan penguasa kelas dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran
Jawab:
C.  Benar, dalam PWL guru berperan sebagai perancang aktifitas siswa, korektor, fasilitator, dan menyiapkan kelas sebagai sumber belajar
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

31. Tujuan pembelajaran bahasa yang memakai pendekatan komunikatif adalah....
A.  terbinanya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca
B.  terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa
C.  bisa mengkomunikasikan materi pembelajaran yang disajikan
D.  bisa menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia
Jawab:
B.  Benar, tujuan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa yakni terbina dan terkembangkannya kemampuan komunikatif siswa baik mulut maupun tulis
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

32. Pembelajaran bahasa yang selalu menyertakan pengalamn kasatmata (kehidupan sehari-hari) yakni pembelajaran bahasa yang memakai pendekatan....
A.  kontekstual
B.  integratif
C.  Whole language
D.  konseptual
Jawab:
A.  Benar, pembelajaran kontekstual yakni pembelajaran bahasa yang memakai konteks pengalaman kasatmata dalam berbahasa.
Pembahasan:
Bacalah modul 5 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

33. Guru meminta tiap siswa membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi yang tertera di papan tulis. Kegiatan guru tersebut menerapkan pendekatan kontekstual komponen....
A.  pemodelan
B.  bertanya
C.  inkuiri
D.  refleksi
Jawab:
B.  Benar, kegiatan guru pada pembelajaran di atas yakni menerapkan komponen kemampuan bertanya bagi siswa
Pembahasan:
Bacalah modul5 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

34. Bu Tuti memperdengarkan teladan pembacaan puisi dari radio kaset yang telah disiapkannya semoga siswa sanggup menirukan cara membaca puisi yang baik . Pemilihan media kaset dalam pembelajaran tersebut menerapkan prinsip.....
A.  mudah
B.  menarik
C.  murah
D.  fungsional
Jawab:
D.  Benar, pemilihan kaset untuk berlatih membaca puisi sangat fungsional lantaran sanggup menarik minat siswa dan memperkuat latihan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

35. Satu prinsip penggunaan media visual yang harus diperhatikan guru berkaitan dengan visual yang diproyeksikan adalah....
A.  guru harus pintar menggambar
B.  guru harus mempunyai CD drama
C.  baik gambar maupun goresan pena harus terperinci sehingga gampang ditangkap/dibaca
D.  sajian materi sebaiknya memakai metode bermain peran
Jawab:
C.  Benar, gambar dan goresan pena yang terperinci menjadi prinsip utama pada penggunaan media visual yang diproyeksikan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

36. Contoh penggunaan media dengar pada pembelajaran menyimak adalah....
A.  Pak Soleh meminta siswa memperhatikan gerakan pemain drama dari video yang diputarnya
B.  Pak Dodi meminta siswa memperhatikan dan menulis runningtet atau informasi berjalan yang disaksikan siswa
C.  Siswa mendengarkan informasi terkini dari tape recorder untuk diceritakan kembali inti-inti beritanya
D.  Bu Lis meminta siswa memperagakan gerakan pantomim menyerupai teladan yang dilihat melalui video
Jawab:
C.  Benar, tape recorder yakni salah satu media dengar yang paling baik
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

37. Contoh penggunaan media teks untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah....
A.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menuliskan kembali isi teks.
B.  Siswa diminta membaca teks yang telah diberikan kemudian diminta menceritakan kembali isi teks di depan kelas.
C.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta membuat rangkuman isi teks
D.  Siswa diminta mendiskusikan teks yang telah diberikan guru kemudian diminta menganalisis ejaan dan tanda baca yang terdapat pada teks.
Jawab:
B.  Benar, Setelah membaca teks, siswa menceritakan isi teks = keterampilan berbicara
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

38.  Seorang siswa yang mempunyai kemampuan membaca yang tinggi diminta guru untuk membaca teks informasi dengan baik sebagai model. Dalam pembelajaran tersebut guru memakai media....
A.  lingkungan dalam pembelajaran berbicara
B.  video dalam pembelajaran menyimak
C.  insan dalam pembelajaran membaca
D.  gambar dalam pembelajaran menulis
Jawab:
C.  Benar, Siswa sebagai model berperan sebagai media, membaca informasi merupakan materi pembelajaran membaca
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB2 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

39. Contoh penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis adalah...
A.  Guru memperdengarkan pembacaan informasi wacana lingkungan alam kemudian siswa diminta menuliskan inti beritanya
B.  Siswa diminta mlihat gambar pemandangan yang ada di papan tulis kemudian diminta menuliskannya dalam bentuk puisi
C.  Siswa diminta mencatat hal-hal yang diamati di halaman sekolah kemudian menyusunnya menjadi sebuah karangan.
D.  Siswa diminta menulis ringkasan dari teks yang dibaca
Jawab:
C.  Benar, Halaman sekolah yang menjadi objek pengamatan merupakan media lingkungan
Pembahasan:
Bacalah modul6 KB3 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

40. Yang dimaksud dengan penilaian kinerja dalam pembelajaran bahasa yakni penilaian terhadap....
A.  proses kegiatan siswa dalam kegiatan berbahasa
B.  kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal bahasa
C.  hasil yang diperoleh siswa dalam tes bahasa
D.  kumpulan hasil/pengalaman berguru bahasa siswa
Jawab:
A.  Benar, penilaian kinerja, menilai proses kegiatan berbahasa siswa (performance assessment)
Pembahasan:
Bacalah modul7 KB1 semoga Anda sanggup mengerjakan soal ini dengan benar.

41. Pedoman penskoran di atas sempurna dipakai untuk penilaian hasil kerja siswa dalam....A.  Membaca berita
B.  Membaca puisi
C.  Menulis puisi
D.  Menulis berita
Jawab:
D.  Benar, teladan penilaian di atas sempurna untuk menilai hasil kerja siswa dalam menulis berita
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul7 KB1

42. Penggunaan bahasa yang bersifat produktif terdapat pada kalimat berikut....
A. Pak Sunu menyuruh siswanya membaca novel untuk materi rangkuman
B.  Cristina menyimak dengan tekun diskusi panel wacana penggunaan EYD di televisi
C.  Beni berhasil menjadi juara dalam perlombaan membaca puisi
D.  Bu Lis menjadi pembicara pada seminar Hari Guru di UTCC
Jawab:
D.  Benar, menjadi pembicara memakai kemampuan memberikan ide/pikiran secara mulut yaitu kegitan berbahasa yang produktif
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

43. Yang dimaksud prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus adalah....
A.  komponensilabus seluruh ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)
B.  terdapat relasi logis antara kompetensi dasar, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian
C.  seluruh materi dan kegiatan yang tercantum dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan
D.  komponen-komponen silabus disusun berurutan secara logis sehingga gampang ldilaksanakan
Jawab:
C.  Benar, kebenaran dan berani bertanggung jawab menjadi tuntutan dalam prinsip ilmiah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

44. Jika kompetensi dasarnya membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengarkan, maka indikator awalnya adalah....
A.  menyusun pandangan gres pokok menjadi ringkasan sesuai judul teks
B.  menceritakan hasil ringkasan dengan bahasa sendiri di depan kelas
C.  mengembangkan karangan dari pandangan gres pokok yang ditemukan
D.  menuliskan pandangan gres pokok setiap paragraf yang dibaca
Jawab:
D.  Benar, menuliskan pandangan gres pokok setiap paragraf yang dibacamenjadi indikator awal dalam membuat ringkasan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

45. Jika kompetensi dasarnya sanggup memceritakan kembali dongeng yang didengarnya dengan bahasa sendiri , maka langkah-langkah pembelajaran yang sistematis adalah....
A.1) mendengarkan dongeng, 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
B.1) mendengarkan dongeng, 2) mendongeng di depan kelas 3)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 4)menyusun kembali menjadi dongeng,
C.1) mendongeng di depan kelas 2)mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 3)menyusun kembali menjadi dongeng, 4) mendengarkan dongeng
D.1) mencatat bagian-bagian penting dongeng dengan bahasa sendiri , 2)menyusun kembali menjadi dongeng, 3)mendengarkan dongeng, 4) mendongeng di depan kelas
Jawab:
A.  Benar, langkah-langkah pembelajaran yang sistematis untuk mencapai kompetensi tersebut diawali dengan mendengarkan dongeng dan diakhiri dengan mendongeng di depan kelas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul8 KB1

46. Ada beberapa prinsip untuk menjadikan kelas sebagai sumber belajar, di antaranya pelajaran terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi dalam hal ini adalah....
A.  memadukan topik pembelajaran bahasa dengan topik bidang studi lain
B.  memakai semua komponen bahasa dalam satu kali pembelajaran
C.  menyatukan pembelajaran bahasa dengan sastra
D.  menggabungkan pembelajran antartingkatan kelas
Jawab:
A.  Benar, yang dimaksid pembelajaran terintegrasi yakni memadukan topik pembelajaran bahasa dengan mata pelajaran lain (dapat disebut pendekatan terpadu atau tematik
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor ini bacalah modul8 KB1

47. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi sastra yakni memperlihatkan pengalaman menginterpretasi karya sastra kepada siswa. Artinya siswa dapat....
A.  membuat karya sastra sesuai kemampuan siswa
B.  memrbangun kebiasaan untuk bahagia membaca karya sastra
C.  mencicipi apa yang dituangkan dalam karya sastra
D.  menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Jawab:
D.  Benar, menginterpretasi yakni menemukan makna dari karya sastra yang disajikan
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

48.  Pembelajaran apresiasi sastra untuk siswa SD kelas rendah harus sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu....
A.  lebih banyak gambar untuk mengkongkretkan cerita
B.  Sastra yang disajikan terdapat dalam buku teks yang disediakan
C.  berisi wacana kehidupan sehari-hari , dongeng, dan kisah lucu yang sederhana.
D.  sastra yang disajikan merupakan salah satu pengalaman guru
Jawab:
C.  Benar, kebutuhan siswa berkaitan dengan karakteristik siswa yaitu bersahabat dengan dunianya
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

49. Salah satu kriteria materi pembelajaran apresiasi sastra SD kelas rendah yakni keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah....
A.  sesuai dengan kurikulum yang berlaku
B.  sesuai dengan kesiapan guru
C.  sesuai dengan kejiwaan siswa, usia, dan lingkungan siswa
D.  sesuai dengan tingkat pengetahuan masing-masing siswa di kelas tersebut
Jawab:
C.  Benar, yang dimaksud kesesuaian dalam sastra yakni sesuai dengan kejiwaan, usia, dan lingkungan siswa
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1

50. Berikut ini yakni materi-materi sastra yang sesuai dikembangkan di SD kelas rendah kecuali....
A.  membaca puisi berjudul “Terima Kasih Ibu” dan mendeklamasikannya
B.  membaca dongeng “Asal-Muasal Ikan Mujair, dan “ menyebutkan para pelakunya
C.  membaca drama pendek berjudul “ Kura-kura dan Monyet”, dan memperagakan ucapan salah satu tokohnya
D.  menentukan tabiat tokoh pelaku utama dan pelaku sampingan dalam sebuah novel terkenal
Jawab:
D.  Benar, materi tersebut terlalu tinggi/ sulit untuk siswa SD kelas rendah.
Pembahasan:
untuk menjawab soal ini bacalah modul9 KB1


format doc dokumen pdf silahkan klik disini


Demikian yang terbaru, terkait dengan Soal UT:  Soal Ujian UT PGSD Semester 9 lengkap degan Kunci Jawaban

0 Response to "Soal Ut: Soal Ujian Ut Pgsd Semester 9 Lengkap Degan Kunci Jawaban"

Post a Comment