Pengertian Metode Latihan Drill Terbimbing Definisi Kelebihan Dan Kekurangan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Metode Latihan Terbimbing Definisi Kelebihan dan Kekurangan Menurut Para Ahli - Menurut Roestiyah (2001), metode latihan yaitu suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan  biar siswa mempunyai ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi  dari apa yang telah dipelajari. Menurut Sagala (2003) Metode latihan (drill) atau metode pembinaan merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu, selain itu sebagai sarana untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan. Metode latihan biasanya dipakai dengan tujuan biar siswa:

  • Memiliki keterampilan motoris/gerak: menyerupai meghafalkan kata-kata, menulis, mempergunakan alat/ mempergunakan suatu benda
  • Mengembangkan kecakapan intelek, menyerupai mengalikan, membagi, menjumlahkan, mengurangi, menarik akar dalam hitungang mencongak. Mengenal benda/bentuk dalam pelajaran matematika, ilmu pasti, ilmu kimia, tanda baca dan sebagainya.
  • Memeiliki kemampuan menghubungkan sesuatu keadaan dengan hal lain, menyerupai kekerabatan alasannya akhir banyak hujan banjir, penggunaan lambang/simbol di dalam peta dan lain-lain (Roestiyah, 2001).

1. Keunggulan Metode Latihan
  • Membiasakan siswa berafiliasi berdasarkan paham demokrasi, memperlihatkan kesempatan kepada mereka untuk membuatkan perilaku musyawarah dan bertanggung jawab.
  • Kesadaran akan adanya kelompok menjadikan rasa kompetitip yang sehat, sehingga membangkitkan kemauan berguru yang sungguh-sungguh.
  • Guru tidak perlu mengawasi masing-masing murid secara individual cukup dengan memperhatikan kelompok saja atau ketua-ketua kelompoknya.
  • Melatih ketua kelompok menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan membiasakan anggota-anggotanya untuk melaksanakan kiprah kewajiban sebagai warga yang patuh pada aturan.

2. Kelemahan Metode Latihan
  • Sulit untuk menciptakan kelompok yang homogen, baik intelegensi, talenta dan minat atau kawasan tempat tinggal.
  • Murid-murid yang oleh guru telah dianggap homogen, sering tidak merasa cocok dengan anggota kelompoknya itu.
  • Pengetahuan guru wacana pengelompokkan itu kadang kala masih belum mencukupi.

Langkah-langkah Penggunaan Metode Latihan Terbimbing (Roestiyah, 2001)
  • Menjelaskan maksud dan tujuan latihan terbimbing pada siswa.
  • Guru harus lebih menekankan pada diagnosa, lantaran latihan permulaan belum bisa mengharapkan siswa mendapat keterampilan yang sempurna.
  • Mengadakan latihan terbimbing sehingga timbul response siswa yang berbeda-beda untuk peningkatan keterampilan dan penyempunaan kecakapan siswa.
  • Memberi waktu untuk mengadakan latihan yang singkat biar tidak meletihkan dan membosankan dan guru perlu memperhatikan response siswa apakah telah melaksanakan latihan dengan tepat dan cepat.
Pengertian Metode Latihan Terbimbing Definisi Kelebihan dan Kekurangan Menurut Para Ahli Pengertian Metode Latihan Drill Terbimbing Definisi Kelebihan dan Kekurangan Menurut Para Ahli
  • Meneliti kendala atau kesukaran yang dialami siswa dengan cara bertanya kepada siswa, serta memperhatikan masa latihan dengan mengubah situasi sehingga menjadikan optimisme dan rasa besar hati pada siswa yang sanggup menghasilkan keterampilan yang baik.
  • Guru dan siswa perlu memikirkan dan mengutamakan proses-proses yang pokok dan tidak banyak terlibat pada hal-hal yang tidak diperlukan.
  • guru perlu memperhatikan perbedaan individual siswa, sehingga kemampuan dan kebutuhan siswa masing-masing sanggup berkembang.
Daftar Pustaka Pengertian Metode Latihan Terbimbing Definisi Kelebihan dan Kekurangan Menurut Para Ahli

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta



Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Surabaya: Alfabeta

0 Response to "Pengertian Metode Latihan Drill Terbimbing Definisi Kelebihan Dan Kekurangan Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment