Metode Drill :: Pengertian, Prinsip, Tujuan, Syarat, Kelemahan Serta Macam Macamnya

Metode Drill - Pada Postingan ini sahabat akan di berikan klarifikasi ihwal Pengertian, Prinsip, Tujuan Syarat-syarat, Kelamahan, serta macam macam metode drill, Baiklah untuk mempersingkat waktu silahkan sahabat membaca ihwal Metode drill

1. Pengertian Metode Drill
Sebelum mendefinisikan ihwal metode drill terlebih dahulu mengetahui ihwal metode mengajar itu sendiri. Metode mengajar ialah cara guru menawarkan pelajaran dan cara murid mendapatkan pelajaran pada waktu pelajaran berlangsung, baik dalam bentuk memberitahukan atau membangkitkan.  


Oleh lantaran itu peranan metode pengajaran ialah sebagai alat untuk membuat proses mencar ilmu mengajar yang kondusif. Dengan metode ini diharapkan tumbuh aneka macam aktivitas mencar ilmu siswa sehubungan dengan mengajar guru, dengan kata lain terciptalah interaksi edukatif antara guru dengan siswa. Dalam interaksi ini guru berperan sebagai pelopor atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai peserta atau yang dibimbing. Proses interaksi ini akan berjalan dengan baik jikalau siswa lebih aktif di bandingkan dengan gurunya. Oleh karenanya metode mengajar yang baik ialah metode yang sanggup menumbuhkan aktivitas mencar ilmu siswa dan sesuai dengan kondisi pembelajaran.

Salah satu perjuangan yang dilarang ditinggalkan oleh guru ialah bagaimana guru memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang menghipnotis dalam proses mencar ilmu mengajar. Kerangka berpikir yang demikian bukanlah suatu hal yang aneh tetapi konkret dan memang betul-betul dipikirkan oleh guru.

Dari definisi metode mengajar, maka metode drill ialah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, biar siswa mempunyai ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. 

Dalam buku Nana Sudjana, metode drill adalah satu aktivitas melaksanakan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan biar menjadi bersifat permanen. Ciri yang khas dari metode ini ialah aktivitas berupa pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama. 

Dengan demikian terbentuklah pengetahuan-siap atau ketrampilan-siap yang setiap ketika siap untuk di pergunakan oleh yang bersangkutan.


2. Macam-Macam Metode Drill
Bentuk- bentuk Metode Drill sanggup direalisasikan dalam aneka macam bentuk teknik, yaitu sebagai berikut :

a. Teknik Inquiry (kerja kelompok)
Teknik ini dilakukan dengan cara mengajar sekelompok anak didik untuk bekerja sama dan memecahakan duduk perkara dengan cara mengerjakan kiprah yang diberikan.

b. Teknik Discovery (penemuan)
Dilakukan dengan melibatkan anak didik dalam proses aktivitas mental melalui tukar pendapat, diskusi.

c. Teknik Micro Teaching
Digunakan untuk mempersiapkan diri anak didik sebagai calon guru untuk menghadapi pekerjaan mengajar di depan kelas dengan memperoleh nilai tambah atau pengetahuan, kecakapan dan perilaku sebagai guru.

d. Teknik Modul Belajar
Digunakan dengan cara mengajar anak didik melalui paket mencar ilmu berdasarkan performan (kompetensi).

e. Teknik Belajar Mandiri
Dilakukan dengan cara menyuruh anak didik biar mencar ilmu sendiri, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 


3. Tujuan Penggunaan Metode Drill
Metode Drill biasanya dipakai untuk tujuan biar siswa :
  • Memiliki kemampuan motoris/gerak, ibarat menghafalakan kata-kata, menulis, mempergunakan alat.
  • Mengembangkan kecakapan intelek, ibarat mengalikan, membagi, menjumlahkan.
  • Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaan dengan yang lain. 



4. Syarat-Syarat Dalam Metode Drill
  • Masa latihan harus menarik dan menyenangkan.
    • Agar hasil latihan memuaskan, minat instrinsik diperlukan.
    • Tiap-tiap langkah kemajuan yang dicapai harus jelas.
    • Hasil latihan terbaik yang sedikit memakai emosi
  • Latihan –latihan hanyalah untuk ketrampilan tindakan yang bersifat otomatik.
  • Latihan diberikan dengan memperhitungkan kemampuan/ daya tahan murid, baik segi jiwa maupun jasmani.
  • Adanya pengerahan dan koreksi dari guru yang melatih sehingga murid tidak perlu mengulang suatu respons yang salah.
  • Latihan diberikan secara sistematis.
  • Latihan lebih baik diberikan kepada perorangan lantaran memudahkan pengarahan dan koreksi.
  • Latihan-latihan harus diberikan terpisah berdasarkan bidang ilmunya.



5. Prinsip Dan Petunjuk Menggunakan Metode Drill
  • Siswa harus diberi pengertian yang mendalam sebelum diadakan latihan tertentu. 
  • Latihan untuk pertama kalinya hendaknya bersikap diagnostik:
    • Pada taraf permulaan jangan diharapkan reproduksi yang sempurna.
    • Dalam percobaan kembali harus diteliti kesulitan yang timbul.
    • Respon yang benar harus diperkuat.
    • Baru kemudian diadakan variasi, perkembangan  arti dan kontrol
  • Masa latihan secara relativ singkat, tetapi harus sering dilakukan.
  • Pada waktu latihan harus dilakukan proses essensial.
  • Di dalam latihan yang pertama-tama ialah ketepatan, kecepatan dan pada balasannya kedua-duanya harus sanggup tercapai sebagai kesatuan.
  • Latihan harus mempunyai arti dalam rangka tingkah laris yang lebih luas.
    • Sebelum melaksanakan, pelajar perlu mengetahui terlebih dahulu arti latihan itu.
    • Ia perlu menyadari bahwa latihan-latihan itu berkhasiat untuk kehidupan selanjutnya.
    • Ia perlu mempunyai perilaku bahwa latihan-latihan itu diharapkan untuk melengkapi belajar. 


6. Keuntungan Atau Kebaikan Metode Drill
  • Bahan pelajaran yang diberikan dalam suasana yang sungguh-sungguh akan lebih kokoh tertanam dalam daya ingatan murid, lantaran seluruh pikiran, perasaan, kemauan dikonsentrasikan pada pelajaran yang dilatihkan.
  • Anak didik akan sanggup mempergunakan daya fikirannya dengan bertambah baik, lantaran dengan pengajaran yang baik maka anak didik akan menjadi lebih teratur, teliti dan mendorong daya ingatnya.
  • Adanya pengawasan, bimbingan dan koreksi yang segera serta pribadi dari guru, memungkinkan murid untuk melaksanakan perbaikan kesalahan ketika itu juga. Hal ini sanggup menghemat waktu mencar ilmu disamping itu juga murid pribadi mengetahui prestasinya. 



7. Kelemahan Metode Drill dan Petunjuk Untuk Mengurangi Kelemahan-Kelemahan Tersebut
a. Kelemahan Metode Drill
  1. Latihan Yang dilakukan di bawah pengawasan yang ketat dan suasana serius gampang sekali menjadikan kebosanan.
  2. Tekanan yang lebih berat, yang diberikan sehabis murid merasa bosan atau jengkel tidak akan menambah gairah mencar ilmu dan menjadikan keadaan psikis berupa mogok belajar/latihan.
  3. Latihan yang terlampau berat sanggup menjadikan perasaan benci dalam diri murid, baik terhadap pelajaran maupun terhadap guru.
  4. Latihan yangs selalu diberikan di bawah  bimbingan guru, perintah guru sanggup melemahkan inisiatif maupun kreatifitas siswa.
  5. Karena tujuan latihan ialah untuk mengkokohkan asosiasi tertentu, maka murid akan merasa asing terhadap semua struktur-struktur gres dan menjadikan perasan tidak berdaya. 


b. Petunjuk Untuk Mengurangi Kelemahan-Kelemahan Di Atas
  1. Janganlah seorang guru menuntut dari murid suatu respons yang sempurna, reaksi yang tepat.
  2. Jika terdapat kesulitan pada murid ketika saat merespon, mereaksi, hendaknya guru segera meneliti sebab-sebab yang menjadikan kesulitan tersebut.
  3. Berikanlah segera penjelasan-penjelasan, baik bagi reaksi atau respon yang betul maupun yang salah. Hal ini perlu dilakukan biar murid sanggup mengevaluasi kemajuan dari latihannya.
  4. Usahakan murid mempunyai ketepatan merespon kemudian kecepatan merespon.
  5. Istilah-istilah baik berupa kata-kata maupun kalimat-kalimat yang dipakai dalam latihan hendaknya dimengerti oleh murid. Metode Drill
Daftar Pustaka

Abu, Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV Amrico

Nana, Sudjana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.  Bandung: Sinar Baru

Muhaimin, Abdul Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya

Roestiyah, NK. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Winarno, Surakhmad. 1994. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar.  Bandung

0 Response to "Metode Drill :: Pengertian, Prinsip, Tujuan, Syarat, Kelemahan Serta Macam Macamnya"

Post a Comment