Ptk Pai Smp Kelas Vii Pendidikan Agama Islam

 PTK PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas VII - Sebelumnya saya sudah memposting ptk ptk yang lainnya seperi ptk bahasa indonesia sd, fiqih ma, penjasorkes smp, serta yang lagi terkenal di baca kan orang ptk ipa sd. dan kali ini saya memposting  PTK PAI SMP  untuk Kelas VII gampang mudahan bermanfaat untuk kita semua

Judul :

Peningkatan pemahaman materi PAI dengan melaksanakan pendampingan diluar jam Efektif KBM Pada Kelas VII SMPN 03 Batu 

BAB I
PENDAHULUAN



A. LATAR BELAKANG

Agama merupakan hal yang sangat urgen dalam kehidupan, baik itu anak-anak, remaja, remaja ataupun orang tua. Jika seseorang tidak memahami pedoman agama dengan baik, maka tak heran bila perbuatan dan perilakunya sangat jauh dari dikatakan baik. Apabila seorang insan tidak dibekali ilmu agama semenjak dini maka di masa mendatang akan sulit untuk mempelajari mulai dari awal, namun itu tidak bisa digeneralisir tapi pada umumnya memang menyerupai itu. Apalagi remaja, kata ini tidak aneh bagi setiap insan sebab pada masa inilah pembentukan huruf dari setiap insan ditentukan. Remaja identik dengan kondisi labil dan penuh gejolak baik yang baik maupun yang buruk, tinggal tergantung pemahaman merka masing-masing.

Pada masa inilah banyak sekali anjuran dan tantangan dihadapkan bagi eorang remaja, apabila dalam pembentukan pemahaman mereka baik dan tertata untuk disiapkan menjadi anak yang holeh maka tidak akan terlalu khawatir namun bila instruksi itu tidak ada dan kontrol yang kurang maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mencoba banyak sekali hal yang menantang dan cenderung negatif. Karenanyalah pendidikan agama bagi remaja sangatlah penting utnutk meluruskan banyak sekali persepsinya yang salah dan memperlihatkan modal keimanan untuk mengarungi hidupnya dimasa mendatang. Ironisnya sebagian pihak hanya menumpukan pendidikan agama di sekolah yang hanya ada 2 jam pelajaran dalam seminggu. Disisi lain keluarga kurang memperhatikan kemampuan mereka dalam memahami anaknya ihwal kebutuhan tersebut maka ini menjadi problem yang krusial bagi sekolah dalam memperlihatkan bimbingan dan perhatian pada sisi agama.

Didalam kelas rata-rata terdapat 40 siswa yang dibimbing oleh seorang guru agama, memang secara klasikal itu bisa tetapi akan sangat sulit dalam membentuk tabiat dan huruf mereka menjadi lebih berakhlakul karimah sebab itu harus ada perjuangan ekstra keras dalam memperhatikan mereka dengan mengadakan pendampingan secara langsung dan pendekatan secara persuasif. Karena itu dalam penelitian tindakan kelas ini akan di bahas mengenai ”Peningkatan pemahaman materi PAI dengan melaksanakan pendampingan diluar jam Efektif KBM”. Harapanya dari penelitian ini sanggup mengungkapkan membuatkan permasalahan remaja yang tidak kunjung selesai beserta pendekatannya yang dirasa efektif.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka rumusan masalahnya yakni :
  1. Apakah pendidikan agama islam sangat signifikan dalam membentuk huruf jiwa anak didik ?
  2. Apa dan bagaimana cita-cita mereka untuk perkembangan agama dalam perubahan paradigma berfikir dan sikap sehari-hari ?
  3. Seberapa penting efek dari pendampingan diluar jam KBM dalam meningkatkan pemahaman Agamanya ?

C. TUJUAN PENELITIAN PTK PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas VII

Berdasarkan pada permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk :
  • Mengetahui apakah metode pendampingan sanggup meningkatkan pemahaman Agama dari siswa.
  • Mengetahui seberapa efektif perubahan yang didapat dari seorang siswa sesudah mengikuti banyak sekali perlakuan dari pendekatan tersebut.

D. MANFAAT PENELITIAN

Dari banyak sekali penelitian dan pendekatan ini diperlukan menghasilkan manfaat konkret dari semua pihak, adapun beberpa manfaat tersebut yaitu :
1.    Siswa
Dengan pendekatan ini diperlukan siswa bisa mengatasi banyak sekali masalahannya sekaligus bisa merubah banyak sekali sikap negatif menjadi konkret khsususnya di bidang moral dan agamanya.
2.    Peneliti (guru)
Metode ini akan sanggup mengungkap pentingnya pendekatan pada para siswanya supaya mempunyai kepribadian dan akhlakul karimah.
3.    Lembaga
Akan membantu kinerja sekolah secara riil dalam merubah tingkah laris dan kepribadian siswa secara konkret sesuai dengan visi dan misis sekolah

E. HIPOTESIS TINDAKAN

Dari uraian latar belakang dan rumusan problem diatas, penulis sanggup mengambil kesimpulan sementara (hipotesis) bahwa dengan adanya pendekatan dan pendampingan diluar sekolah, siswa bisa merubah sikap dan kepribadiaannya seiring dengan pemahaman agama yang diberikan secara intensif.

BAB II
KAJIAN  PUSTAKA
PTK PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas VII


A.    Pengertian PAI

Agama merupakan kebutuhan dasar setiap insan sebab merupakan naluri yang terdalam dari setiap insan.  Karenanyalah dalam kehidupan sehari-hari, khususnya seorang siswa seharusnya dibelakali pemahaman agama islam yang kokoh supaya hidupnya terarah dengan baik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan perjuangan sadar dan bersiklus untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan sampai mengimani pedoman islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan.  Hal itu juga dibarengi dengan tuntutan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama sampai terwujud kesatuan dan persatuan bangsa (Kurikulum PAI, 3: 2002). PAI yang hakikatnya merupakan sebuah proses itu, dalam perkembangannya juga dimaksudkan sebagai rujukan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah maupun di luar sekolah secara informal.

Kaprikornus berbicara ihwal PAI maka sanggup dimaknai dalam dua pengertian : sebagai sebuah proses penanaman pedoman agama islam, amupun sebagai materi kajian yang menjadi materi proses itu sendiri. Menurut Zakiyah Daradjat (1987: 87) Pendidikan Agama Islam yakni suatu perjuangan untuk membina dan mengasuh akseptor didik supaya senantiasa sanggup memahami pedoman Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan,yang pada jadinya sanggup mengamalkan serta mengakibatkan islam sebagai pandangan hidup.

Tayar Yusuf (1986: 35) mengartikan Pendidikan  Agama Islam sebagai perjuangan sadar generasi renta untuk mengalihkan pengalaman, pengetahuan, kecakapan dan keterampilan kepada generasi muda supaya kelak menjadi insan bertaqwa kepada Allah SWT, sedangkan berdasarkan A. Tafsir Pendidikan Agama Islam Adalah bimbingan yang diberikan seseorang kepada seseorang supaya ia berkembang secara maksimal sesuai dengan pedoman Islam. Adapun istilah pendidikan dalam islam pada umumnya mengacu pada istilah al Tarbiyah, al Ta’dib, dan al Ta’lim. namun dari ketiga istilah tersebut yang lebih terkenal dan sering dipakai yakni kata al Tarbiyah. Dalam kontek yang lebih luas kata al Tarbiyah mempunyai empat unsur pendekatan, yaitu (1) memelihara dan menjaga Fitrah anak didik menjelang remaja (baligh). (2) mengembangkan seluruh potensi memuju kesempurnaan. (3) mengarahkan seluruh fitrah menuju kesempurnaan. (4) melaksanakan pendidikan secara bertahap.  

Menurut As Syaibaniy mengemukakan ihwal pendidikan islam sebagaai proses mengubah tingkah laris individu akseptor didik pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitar dan proses tersebut dilakukan dengan cara pendidikan dan pengajaran sebagai suatu acara asasi dan profesi diantara sekian banyak profesi asasi dalam masyarakat.  Sehingga dari har tersebut sanggup ditarik suatu kesimpulan bahwasnnya pendidikan islam merupakan suatu sistem yang memungkinkan seseorang (peserta didik) sanggup mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi pedoman islam. PTK PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas VII

Sebelumnya saya sudah memposting ptk ptk yang lainnya seperi  PTK PAI Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Pendidikan Agama Islam


0 Response to "Ptk Pai Smp Kelas Vii Pendidikan Agama Islam"

Post a Comment