Pengertian Status Sosial Ekonomi

Pengertian Status Sosial Ekonomi - Status sosial ekonomi berasal dari tiga buah kata yang mempunyai makna yang berbeda-beda. status yaitu penempatan orang pada suatu jabatan tertentu sedangkan status sosial yaitu sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang insan sebagai makluk sosial dalam masyarakatnya sedangkan Ekonomi adalah  berasal dari kata ekos dan nomos yang berarti rumah tangga. Yang secara harfiah keadaan rumah tangga. (http://www.dot//Status//com)

Sedangkan pendapat lain menyampaikan bahwa status sosial ekonomi merupakan faktor fisik yang sanggup menghipnotis hasil pada belum dewasa (http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=Nzk2NQ)

Dalam lingkungan masyarakat kita melihat bahwa ada pembeda-bedaan yang berlaku dan diterima secara luas oleh masyarakat. Di sekitar kita ada orang yang menempati jabatan tinggi menyerupai gubernur dan wali kota dan jabatan rendah menyerupai camat dan lurah. Di sekolah ada kepala sekolah dan ada staf sekolah. Di RT atau RW kita ada orang kaya, orang biasa saja dan ada orang miskin.

Perbedaan itu tidak hanya muncul dari sisi jabatan tanggung jawab sosial saja, namun juga terjadi jawaban perbedaan ciri fisik, keyakinan dan lain-lain. Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan insan yang satu dengan yang lain.

Hurlock (1981) menyatakan bahwa masa kritis pertumbuhan hasil berguru yaitu pada usia sekolah dimana anak membentuk kebiasaan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Meskipun pada usia ini hasil berguru akan gampang untuk dibentuk, seringkali proses pembentukan ini dihalangi oleh faktor-faktor, baik internal maupun eksternal.Salah satu faktor eksternal yang turut berperan dalam menghambat pembentukan hasil berguru yaitu SES. Siswa dengan SES rendah menjadi yakin bahwa dirinya tidak sanggup berhasil di sekolah. Selain itu, teman-teman dan saudara-saudara mereka juga tidak pernah menuntaskan sekolah sehingga bagi mereka merupakan problem yang biasa saja (Garcia, 1991 dalam Woolfolk, 1993) Status sosial ekonomi

 berasal dari tiga buah kata yang mempunyai makna yang berbeda Pengertian Status Sosial Ekonomi

Latar belakang siswa yang kurang menguntungkan mungkin menjadi penyebab rendahnya tingkat kecerdasan mereka, tetapi mereka tetap mempunyai peluang untuk berhasil jikalau mempunyai hasil yang tinggi untuk berguru (Stipek dan Ryan, 1997). Faktor-faktor yang besar lengan berkuasa terhadap hasil berguru meliputi aspek budaya, keluarga, sekolah, dan langsung siswa (Wlodkowski, 1990). Siswa dengan latar belakang yang kurang beruntung hidup di tengah lingkungan kemiskinan yang tidak selalu mementingkan pendidikan sebab ada kebutuhan lain yang lebih didahulukan. Sikap orang renta terhadap pendidikan anak serta permasalahan dalam keluarga sebagai jawaban dari permasalahan ekonomi juga menghambat anak dalam menumbuhkan hasil berguru (Limyati, 1999 dalam http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=Nzk2NQ)

Dari pengertian di atas maka penulis sanggup menyimpulkan bahwa orang yang mempunyai status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah. Status sosial ekonomi

0 Response to "Pengertian Status Sosial Ekonomi"

Post a Comment