Pengertian Metode Berdasarkan Para Ahli

Pengertian metode berdasarkan para jago - Banyak pendapat sama dengan banyak arti, banyak pemahaman,  meskipun demikian tidak ada masalahnya selama perbedaan itu akan menghasilkan sebuah pemikiran yang super tepat, benar dan baik. Begitu juga Pengertian metode berdasarkan para jago beliau menghasilkan pendapat yang berbeda

Pengertian Metode - Mengajar yaitu salah satu kiprah utama guru, yang disebut dengan fungsi instruksional. Dalam memakai fungsi instruksional itu, penggunaan dan  penerapan metode pengajaran merupakan salah satu faktor yang penting yang ikut andil dalam acara  belajar mengajar .


Metode (method), secara harfiah berarti cara. Selain itu metode atau metodik berasal dari bahasa Greeka, metha, (melalui atau melewati), dan hodos (jalan atau cara), jadi metode bisa berarti jalan atau cara yang harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu.

Secara umum atau luas  metode atau metodik berarti ilmu perihal jalan yang dilalui untuk mengajar kepada anak didik supaya sanggup tercapai tujuan berguru dan mengajar. Prof. Dr.Winarno Surachmad (1961), menyampaikan bahwa metode mengajar yaitu cara-cara pelaksanaan dari pada murid-murid di sekolah.

Pasaribu dan simanjutak (1982), menyampaikan bahwa metode yaitu cara sistematik yang dipakai untuk mencapai tujuan. Kaprikornus metode pelajaran yaitu suatu cara yang dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.

Dalam acara berguru mengajar seorang guru tidak harus terpaku dalam memakai aneka macam metode (variasi metode) semoga proses berguru mengajar atau pengajaran berjalan tidak membosankan, tetapi bagaimana memikat perhatian anak didik. Namun di sisi lain  penggunaan aneka macam metode akan sulit membawa keberuntungan atau manfaat dalam acara berguru mengajar, kalau penggunaannya tidak sesuai dengan situasi dan kondisi yang mendukungnya, serta kondisi psikologi anak didik. Maka dari itu disini guru di tuntut untuk pandai-pandai dalam menentukan metode yang tepat, (Syaiful Bahri, D. 2002).

Berkaitan dengan metode yang tepat, dalam hal ini pasiburi dan simanjutak, menyampaikan bahwa dalam nenentukan metode mana yang akan di ikuti oleh guru dalam penggunaan metode guru harus memperhatikan aneka macam macam faktor, diantaranya yaitu:
  1. Metode dan tujuan sekolah 
  2. Metode dan materi pengajaran 
  3. Metode dan tangga-tangga belajar
  4. Metode dan tingkat perkembangan 
  5. Metode dan keadaan perseorangan 
  6. Dasar tertinggi dari metode


Selain itu Prof Dr. Winarno S, menyampaikan ada 5 macam yang mensugesti penggunaan metode mengajar antara lain: tujuan aneka macam jenis dan fungsinya, anak didik yang aneka macam tingkat kematangannya, situasi yang aneka macam macam keadaan, akomodasi yang aneka macam kualitasnya, eksklusif guru seta kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda.

Semoga dengan adanya Pengertian metode berdasarkan para jago ini sobat semua sanggup mengakibatkan referensia atau materi bacaan, jangan lupa baca artikel yang lain di blog ini.

0 Response to "Pengertian Metode Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment