Kerukunan Antar Umat Beragama

 Kerukunan Antar Umat Beragama
  • Jelaskan konsep Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam, sebutkan dalilnya.
Konsep Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam ialah kemanfaatan aliran agama yang diikutinya berlaku secara universal, tidak terbatas pengikutny asaja, tetapi untuk seluruhan ala mini. Hal ini di kuatkan oleh firman allah SWT. Seperti yang tercantum dalam (QS. Al-Anbiya’107 dan 108).

Artinya:

    “Dan tiada kami mengutus kau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. Katanlah : “Sesungguhnya yang di wahyukan kepadaku gotong royong Tuhanmu ialah Tuhan yang Esa, maka hendaklah kau berserah diri (kepada-Nya)”,  

  • Jelaskan pengertian Ukhuwah Islamiyah.
Ukhuwa Islamiah ialah yang sanggup di terjemahkan sebagai persaudaraan dalam Islam, atau supaya lebih mengerakkan dan tidak beku atau terhenti, sanggup di beri makna dalam kata kerja, sehingga dapat  di artikan sebagai semangat persaudaraan dalam Islam.

  • Jelaskan pengertian Ukhuwah Insaniyah.
Ukhuwah Insaniyah ialah semangat persaudaraan dalam kemanusiaan yang terwujud di dalam sikap-sikap murah hati, bersediah menolong, adil, peduli sesama dan semua tindakan yang mengarah pada penggukapan rasa kaksih syang. 

Dan juga pelaksanaan persaudaraan yang di sertai dengan perilaku hati yang nrimo dan terjalin secara baik di tingkat individu, komunitas (masyarakat), Negara, dan bahkan dunia. Seperti yang tercantum dalam (QS. Al-Hujurat:13 ).

Artinya:

 “ Wahai seluruh amnesia, sesungguhnya kami telah menciptakna kmau terdiri (dan bersumber) dari lealki dan wanita, dan kami jadikan kau sekalian Berbangsa-bangsa dan Bersuku-suku, supaya kau semua saling kenal mengenal (bekerja sama). Sesungguhnya ynag paling mulia di antara kau di sisi Tuhan ialah yang bertaqwa. Sesungguhanya Tuhan Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” 

  •  Jelaskan konsep kebersamaan dalam pluralitas agama.
Konsep kebersamaan dalam pluralitas agama ialah setiap manusai yang hidup bersama di masyarakat akan menyadari lingkungan yang serba plural, berbeda, dan tidak sama dengan dirinya. Dan bahkan masyarakat yang homegen pun, perbedaan antar individu niscaya ada, karna perbedaan insan ialah kehendak tuhan.
Jelaskan konsep Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam Kerukunan Antar Umat Beragama

  • Jelaskan bagaimana cara menciptakan keahlian yang sedang Anda geluti (profesi yang nantinya Anda geluti) sanggup menjadi rahmat bagi orang lain, mahkluk lain, maupun bagi alam semesta.
Cara menciptakan keahlian yang nantinya saya geluti (profesi yang nantinya saya geluti) sanggup menjadi rahmat bagi orang lain, mahkluk lain, maupun bagi alam semesta. Berati saya udah memilik perilaku untuk menghormati arang lain atau sesama, sesuai dengan profesi yang saya miliki kini karna dengan berahklak berati kita udah mendapat kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Dan membuatkan pengetahuan serta memanfaatkannya.  Kerukunan Antar Umat Beragama

0 Response to "Kerukunan Antar Umat Beragama"

Post a Comment