Buku Arif Memahami Bahasa Tubuh

Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh - memang benar insan tanpa bicarapun kita sudah tahu bagaimana wataknya, kepribadiannya, kita bisa melihat dari cara mereka melihat, berdiri, duduk, jalan, mereka bisa dilihat melalui bahasa tubuh yang mereka lakoni. langsung saja sahabat semua membaca cara pandai memahami bahasa tubuh



BAHASA PIKIRAN DAN BAHASA TUBUH
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Ketika sedang berbicara dengan orang lain jarang sekali kita bisa menyampaikan  suatu pesan yang sepenuhnya sempurna dengan hanya memakai untaian kata-kata.jadi mempunyai kesadaran yang baik mengenai bahasa tubuh akan memberi anda pemahaman yang simpel untuk meningkatkan interaksi anda dengan orang lain dalam kebanyakan situasi.

A.    Berkomunikasi tanpa kata-kata

Dalam interaksi sehari-hari kita kebanyakan melibatkan pengucapan kata-kata,secara alami kita kita telah dididik untuk mempercayai bahwa kemampuan berbahasa ialah kemampuan berkomunikasi yang  terpenting.bahasa tanpa kata-kata ini juga sama pentingnya bahkan terkadang lebih penting.kita berkomunikasi melalui:
  • Pakaian
  • Sikap
  • Ekspresi wajah
  • Kontak mata
  • Gerakan tangan,lengan dan kaki
  • Ketegangan tubuh
  • Jarak yang renggang
  • Sentuhan
  • Suara

Penelitian  klasik yang di lakukan oleh Mehrabian memberi tahu kita bahwa efek anda di tentukan oleh tiga faktor berikut:
  • Cara anda memandang
  • Cara anda bersuara
  • Cara anda berkata

Ringkasnya ialah bahasa tuibuh berbicara lebih keras dari pada kata-kata.
Makara menurut cara anda menilai ketiga faktor di atas orang-orang akan membuat keputusan wacana :
  • Apakah mereka menyukai anda
  • Apakah mereka mempercayai anda
  • Apakah mereka akan berpacaran dengan anda
  • Apakah mereka akan melaksanakan bisnis dengan anda

B.    Sadar atau tidak sadar
Kita semua menjalani kehidupan sehari-hari dengan mengirimkan pesan kepada dunia melalui bahasa tubuh kita.akan tetapi anda perlu mengingat dua hal di bawah ini
  • Sebagian dari isyarat itu di sengaja
  • Banyak  gerakan yang berada di luar kontrol


C.    Apa yang harus di cari-dua hal yang besar
Mari kita sederhanakan segala sesuatunya dari awal   dengan memakai poin-poin utama.tujuan tersebut ialah dua hal yang harus anda waspadai  sepanjang waktu selama berinteraksi .anda ingin mengetahui apakah orang yang berinteraksi  dengan anda itu memperlihatkan isyarat:
  • Nyaman atau tidak  nyaman
  • Bahasa tubuh yang terbuka atau tertutup

Gelagat-gelagat yang terkait dengan ketika orang tersebut merasa nyaman akan semakin di perkuat oleh bahasa tubuh yang terbuka.bahasa tubuh yang terbuka itu menyambut,santai,dan penuh perhatian.bahasa tubuh tersebut memperlihatkan tidak adanya rintangan  dalam bentuk apapun.sedangkan bahasa tubuh yang  tertutup  di sertai dengan gelagat-gelagat negatif ibarat gelisah,takut,gugup,permusuhan.

MEMANDANG
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Dalam pelajaran ke dua ini,kita akan memfokuskan pembahasan pada wajah dan mata lantaran dua anggota tubuh ini merupakan pusat  dari komunikasi non-verbal kita. Orang cenderung meyakini apa yang dikatakan  wajah anda daripada kata-kata  yang mereka dengar.titik sentra dari wajah ialah mata.mata mengungkap sebagian besar informasi,tempat kedua diduduki oleh ekspresi wajah kita.

Kita lebih banyak beromunikasi dengan mata kita dari pada dengan pecahan lain dari anggota tubuh kita.oleh lantaran itu kita bahas terlebih dahulu mengenai mata.

A.Prilaku mata

Mata begitu kuatnya sehingga sebuah tatapan yang biasanya beberapa detik menjadi lebih usang dari keadaan yang biasanya normal.bisa memperlihatkan isyarat yang sangat berpengaruh bahwa:
  • Pihak yang berbicara akan terus memalingkan pandangan dan kembali melaksanakan kontak mata untuk memastikan bahwa orang yang di ajak bicara masih mendengarkan dan melihat mata mereka apakah mereka masih tertarik terhadap pokok bahasan tersebut.
  • Seorang pendengar menunjukkkan bahwa mereka tertarik terhadap sebuah percakapan  dengan lebih sering memandang orang yang sedang bersamanya/
  • Jika mereka sedang merasa galau atau mereka tidak oke dengan perkataan tersebut atau sekedar merasa bosan mereka akan jarang melaksanakan kontak mata.
  • Jika pendengar terus memalingkan pandangan maka kemungkinan terjadi sesuatu yang serius, ini lantaran perhatiannya terpecah sepenuhnya.


B. Kedipan

Kita rata-rata berkedip antara 8-15 kali permenit.dari sudut pandang fisiologis,kita dirancang untuk berkedip semoga selaput mata terlumasi dengan baik.

Seseorang yanng berada dalam tekanan yang tiba tiba-tiba akan memperlihatkan rujukan kedipan mata yang cepat begitu juga dengan orang yang mungkin sedang berbohong,dengan di seratai dengan gelagat –gelagat yang lain,ketika seorang kembali ke keadaan yang normal maka rata-rata kedipannya juga akan menurun secara perlahan-lahan.semakin lambat seseorang berkedip dari pada rata-rata kecepatan sebuah kedipan normal,maka itu berarti mata tertutup lebih usang dari yang seharusnya.

Anda akan melihat bahwa bergotong-royong sebagian orang mengerjap-ngerjapkan kelopak mata mereka bila sedang berusaha  untuk menjelaskan sesuatu atau mersa malu mengenai sesuatu atau sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka dengar yang mereka tidak sukai.

C.  Aktivitas mata

1. Gerakan mata bolak-balik
Gerakan lain yang bisa kiita jumpai ialah seseorang  yanng menggerakkan  matanya dengan cepat dari sisi ke sisi.perilakku ini merupakan respons untuk menghindar .Mata yang bergerak cepat mengambarkan cita-cita untuk mencari jalan keluar atau suatu tunjangan ,mereka hanya ingin pergi dari daerah itu.

2. Membelalakkan mata dan menyipitkan mata

Apa bergotong-royong makna dari isyarat ini? Biasanya isyarat ini memperlihatkan semacam penolakan atas sesuatu atau isyarat untuk memperlihatkan dominasi yang sanggup di samakan dengan efek tindakan memandang melalui beling depan.ekspresi ini sering di sertai dengan tindakan mengerutkan alis dan lantaran itu sering di salah artiakan sebagai tanda kemarahan

D.Dimana harus memandang

Banyak orang merasa tidak nyaman untuk melaksanakan kontak mata  dan mereka juga tidak sepandai yang mereka bisa lantaran mereka entah dengan alasan apa kesulitan untuk mengetahui pecahan mana dari wajah seseorang yang harus dipandang.
  • secara umum,ketika kita sedang berbicara dengan orang absurd termasuk dalam urusan bisnis tatapan yang ideal ialah dengan membayangkan segitiga pada dahi  seseorang dengan dua ausut bawah yang berada sempurna di kedua belah mata.
  • pada tingkatan pergaulan sosial tatapn sanggup diarahkan kebawah mata dengan mengimajinasikan sebuah gambar segitiga di antara mata dan mulut.
  • pada tingkatan intim,ketika pria dan wanita ingin memperlihatkan bahwa mereka saling tertarik ,tatapan melintas mata dan mengarah ke bawah dagu menuju pecahan tubuh yang lainnya.
.

MENYIMAK
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Dalam setiap interaksi terdapat status ganda yang anda jalani.terkadang anda menjadi
  • Pendengar
  • Pembicara.

Jika anda ialah tipikal oranng kebanyakan anda akan cenderung lebih suka berbicara dari pada menyimak.

A.    Mendengarkan (menyimak) dengan segenap anggota tubuh

Mampu mendengarkan dan menanggapi dengan cara yang sanggup membantu anda untuk memahami persepektif orang lain .serta memperlihatkan tanda-tanda bahwa anda memang benar-benar sedang mendengarkan mereka merupakan langkah pertama dalam membangun sebuah hubungan.

B.    Mendengarkan bahasa tubuh

Mari kita amati kegiatan menyimak bahasa tubuh:
  • Melakkukan kontak mata yang baik. Kontak mata membantu pembicara semoga mempunyai rasa percaya diri bahwa sedang di dengarkan dan bahwa anda tertarik dengan pembicaraan tersebut.
  • Menggunakan gerakan kepala. Gerakan kepala merupakan pecahan yang menarik kaitannya sebagai sarana untuk memperlihatkan dorongan kepada seseorang untuk berbicara dan membentuk sebuah hubungan.sebagian besar gerakan tersebut ialah melalui gerakan menganggukan kepala.makna yang tersirat dari sebuah anggukan .
    • Anggukan pelan biasanya merupakan sebuah dorongan semoga pembicara melanjutkan perkataannya
    • Agak cepat anda sedang memberi tahu mereka bahwa anda paham
    • Sangat cepat anda setuju sepenuhnya (menumbuhkan emosi dalam diri anda) atau barangkali,anda ingin menginterupsi dan bertukar tugas menjadi pihak pembicara. 
    • Gerakan memiringkan kepala dalam sebuah percakapan,gerakan ini merupakan gerakan yang tidak mengancam yang memperlihatkan adanya ketertariakan terhadap sesuatu..
  • Menunjukkan bahasa tubuh.banyak orang yang gagal membangun sebuah kekerabatan dengan orang lain lantaran mereka tidak memperlihatkan melalui gerakan tubuh  bahwa mereka bena-benar terlibat.


LENGAN DAN TUNGKAI
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh 
A.    TANGAN
Kita akan memulai pembahasan ini dari tangan yang barangkali merupakan anggota tubuh yang yang paling sepontan.jadi di samping wajah,tangan kitapun merupakan pecahan yang paling ekspresif dan komunikatif dan pada dikala berbicara  kita sering menggunakannya secara alami sebagi ganti dari kata-kata

Dalam pelajaran ini kita akan membahas isyarat-isyarat yang di tunjukkan oleh tungkai dan lengan kita.
.
1.    Telapak tangan
Hampir secara eksklusif,posisi telapak tangan yang mengarah ke atas menang terhadap posisi telapak yang menghadap ke bawah.ketika anda memakai posisi telapak tangan menghadap ke atas  pda dikala sedang berbicara,sebagian besar pendengar anda mengartikan pesan tersebut secara nyata alasannya lantaran kami menghubungkan isyarat tangan terbuka ini dengan keramahan,kejujuran dan kepercayaan .karena prilaku ini biasanya merupakan sesuatu yang  tidak disadari,kita cenderung untuk mempercayai isyarat tersebut,kita cenderung menempatkan suasana  hati yang lebih  mendapatkan terhadap pesan yang di sampaikan orang lain.

Perilaku menghadapkan telapak tangan kebawah di gunakan untuk menujukkan domonasi atau otoritas. Misalnya anda sedang mengeluarkan perintah.
2.    apa intinya
Anda memakai posisi telapak tangan yang tertutup dan mengubahnya menjadi posisi mengepalkan  dengan telunjuk menuding.bagaimana reaksi anda?saya yakin niscaya anda mersa tidak nyaman.jika anda ialah pribadi yang gembira mempunyai perangai ini berusahalah untuk segera mengatasinya lantaran sikap ini hanya menumbuhkan kejengkelan.
3.    gaya merokok
Penelitian menegaskan bahwa orang yang sedang mempunyai oikiran yang positif  dan mungkin penuh rasa percaya diri sebagian besar akan menghembuskan asap rokok dengan ke arah atas.menghembuskan rokok ke arah yang bawah cenderung di kaitkan dengan negatifitas,kemarahan dan frustasi.
4.    gerakan untuk menenangkan diri
Ini merupakan kegiatan pengalihan yang di arahkan dari dalam
a)    Tangan menggengam satu sama lain
Tangan yang saling menggenggam satu sama lain itu mungkin akan terus bergerak-gerak ketika seseorang sedang berbicara dalam ritme tertentu tetapi kedua tangannya akan terus menerus saling menggenggam satu sama lain.orang tersebut sedang berupaya menekan perilakku negattif yang tidak bisa mereka perlihatkan.
b)    Menara tangan
Gerakan ini cenderung diterapkankedalam dua kedok.ketika duduk bila seseorang sedang berbicara,mereka cenderung memakai menara yang tinggi.siku berada di atas meja,kedua telapak tangan saling di tangkupkan dan ujung jari saling bersentuhan satu sama lain.jika seseorang sedang mendengarkan mereka cenderung untuk memakai menara yang lebih rendah yang bisa di letakkan di pangkuan di atas atau di antara dua lutut.biasanya posisi ini memperlihatkan sikap yang lebih kooperatif
c)    Tangan berada di belakang punggung
Dengan mengadopsi posisi ini  bisa di simpulkan bahwa posisi ini bergotong-royong bisa memberi anda rasa percaya diri yang lebih tinggi dan mengubah perasaan serta kesan anda bahwa orang bisa mempunyai anda.

B.    LENGAN

Terdapat banyak sekali  perbedaan sikap seseorang yang bisa disampaikan oleh setiap inci pecahan tubuh.
1)    Tangan  di wajah /kepala
Ketika sedang tertekan atau mersa tidak nyaman kita akan sering melaksanakan gerakan untuk menenangkan diri yang mencakup tindakan tangan menyentuh wajah,kepala atau rambut.misalnya bila kita sedang meraasa gelisah kita mungkin akan akan menyisir rambut dengan tangan.
2)    Rasa bosan
Ciri-ciri gerakan tangan ke wajah ialah gerakandimana tangan menopang rahang dengan siku berada di atas meja.umumnya semakin sering anda melihat tangan menutupi rahang ini berarti semakin bosan dan tidak tertarik orang tersebut.

Meskipun demikian, kepala tangan yang menopang dagu ialah sesuatu yang berbeda : ibarat halnya kedua tangan terbuka yang menutupi seluruh pipi atau rahang, keduanya juga menopang kepala. Makara ketika anda berulang kali melihat para audiens menopang kepalanya dengan cara ibarat ini, maka ini merupakan sebuah tanda ancaman ketika kebetulan anda sedang memberikan sebuah persentasi kerja, menjadi pembicara dalam sesi pelatihan, atau berpidato.

Untuk bisa menyidik isyarat kebosanan, anda perlu menatap mata dan mengamati gerakan tangan ke arah wajah. Jika anda melihat kebawah, atau sedikit terpejam, atau terlihat sedikit muram “ hal itu ibarat berkata”  tolong hentikan pertarungan ini , maka hampir bisa dipastikan bahwa anda perlu bergantian haluan untuk mencoba kembali membanguninteraksi.

3.Penolakan atau perbedaan pendapat

Terkadang, anda menjumpai seseorang yang menutupi mulutnya pada jari-jari tangan menutupi lisan dengan ibu jari menekan pipi. Biasanya sikap ini memperlihatkan bahwa seseorang mempunyai perbedaan pendapat dengan apa yang dikatakan oleh si pembicara atau tidak percaya bahwa si pembicara berkat  jujur. Tangan secara tidak sadar bergerak ke arah mulut.

Bentuk lain dari sikap ini ialah ketika anda melihat seseorang yng menaruh jari tangannya di lisan mereka. Sikap ini biasanya memperlihatkan bahwa seorang tersebut sedang merasa tidak nyaman atau tertekan.

4. posisi-posisi lengan
Kita akan membahas pososi-posisi lengan dan apa yang ditunjukkannya, dan juga apa pengaruhnya terhadap otakanda ketika lengan anda tetap berada dalam posisi tertentu.
a.    Lengan dilipat
Lengan dianggap sebagai pecahan tubuh yang menarik dalam ilmu bahasa tubuh lantaran lengan dalam posisi dilipat mempunyai kapasitas untuk membentuk sebuah “penghalang” antarindividu yang protektif dan menutup komunikasi.

Mendekapkan lengan (bersedekap) ialah gerakan yang bisa anda temui diseluruh dunia. Seperti yang sudah disebutkan sebelimnya, biasanya sikap ini memperlihatkan adanya rasa tidak nyaman pada diri anda, dan pastinya, anda memperlihatkan ketidak nyamanan itu kepada orang yang melihat nya.

Kapanpun kita, sebagai manusia, mencicipi kegelisahan atau tekanan, kita cenderung untuk menarik lengan kita, lengan akan selalu berada lurus di sisi tubuh atau disilangkan/ dilipat didepan dada. Sikap ini memberi kita posisi pertahanan dan yang tidak kalah pentingnya rasa nyaman. Kita tidak hanya selalu mempertimbangkan isyarat-isyarat yang kita tangkap, tetapi juga isyarat- isyarat yang kita berikan, oleh lantaran itu kita harus berhati-hati ketika mengambil sikap menyilang lengan (bersedekap) bahkan meskipun dikala itu kita sedang menggigil kedinginan.
b.    Menyilangkan lengan
Hal penting mengenai isyarat menyilangkan lengan ialah bahwa tingkah laris dan sikap mental orang tersebut sudah tetap dalam posisi teersebut selama ia terus bersikap demikian.

Jenis tindakan menyilangkan lengan lain yang juga sering dijumpai ialah posisi dimana lengan digenggam. Tangan memegang dengan erat pecahan atas kedua lengan seperti untuk memastikan bahwa lengan tetap berada diposisi atas, sehingga ia tidak akan lari. Tindakan ini sama dengan tindakan mencengkram lengan kursi. Orang tersebut mungkin mencicipi suatu kegelisahan yang sangat berpengaruh atau bersiap mengantisipasi bencana yang tidak menyenangkan, atau merasa sangat keras kepala mengenai sesuatu.

Tindakan menyilangkan lengan memberikan adanya suatu perasaan tidak nyaman atau kekehawatiran, akan tetapi ibu jari yang mengarah ke atas memperlihatkan rasa percaya diri.
c.    Menyilangkan salah satu lengan
Anda akan menyilangkan sebelah lengan anda hanya satu lengan saja. Dengan hanya meng gunakan satu lengan saja, kita bisa membentuk satu penghalang defensif dengan cara menyilangkan tangan memegang lengan yang satunya.sikap ini lazim dilakukan oleh kaum wanita dan anda akan sering melihat ketika ada sekelompok orang yang sedang bercakap-cakap, khususnya ketika mereka belum terlalu saling mengenal satu sama lain.
5.    Tangan ke  leher
Tangan dengan sendirinya bergerak ke leher dalam banyak kesempatan ketika kita sedang merasa gelisah.perempuan cenderung lebih sering menyentuh lehernya dari pada laki-laki.sebagai gerakan untuk me nenangkan diri,kita akan menyentuh pecahan depan leher  atau biasanya dilakukan oleh kaum pria memijat pecahan belakang leher.laki-laki biasanya akan menutupi pecahan sempurna di bawah dagunya dengan tangan mereka untuk merangsang ujung-ujung saraf.

C.    KAKI

Sebagaiman dari lengan kita juga bisa mengambil banyak informasi dari gerakan kaki,khususnya ketika gerakan itu disertai dari lengan untuk membentuk kumpulan  isyarat-isyarat yang penting.
a)    Kaki yang jujur
Yang kita sebut sebagi gerakan yang yang di sengaja akan sangat terang terlihat pada betis dan kaki.misalnya bila anda sering berbicara dengan seseorang yang menghadap ke arah anda,kemudian ia mengganti arah salah satu kakinya ke arah luar dengan satu kaki yang lain masih menghadap ke arah anda meskipun percakapan anda berjalan dengan baik,ini mengambarkan isyarat bahwa ia harus pergi.
b)    Ke arah anda atau ke  arah lain?
Ketika sedang duduk akan sangat membantu bila kita anggap saja betis tidak di silangkan  mengikuti ke arah mana kaki menghadap.jika kedua kaki berada di lantai dan salah satu atau keduanya tidak menghadap ke arah anda,maka anda belum mencapai tahapan interaksi di mana setiap orang yang terlibat di dalamnya bisa merasa nyaman.

Gerakan yang lazim kita lakukan ialah ketika kita sedang duduk dan memperlihatkan isyarat-isyarat bahwa kita ingin pergi.seringkali gerakan ini tidak ita sadari.ita akan mengatur posisi kaki kita semoga mengarah ke pintu keluar.tangan akan bertumpu pada lengan dingklik dan kita berusaha untuk pergi.

D.     TUNGAKAI
Sebagaimana kaki yang bisa memperlihatkan petunjuk mengenai maksud kita yang bergotong-royong atau dimana bergotong-royong kita ingin berada,tungkai juga mengungkap banyak hal.

Umumnya baik pada pria maupun wanita lengan dan tungkai  yang di silangkan memperlihatkan bahwa mereka sedang menghadapi masalah.terkadang pecahan tubuh yang di silangkan ialah pada pecahan pergelangan kaki bukan seluruh tungkai kaku.perempuan cenderung merapatkan kedua lututnya dengan kedua tangan yang munkin di letakkan di atas pangkuannya.sedangkan pria cenderung merenggangkan kedua tungkainya dengan tangan yang berada di samping kursi.


BERBOHONG
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

A.    JENIS-JENIS KEBOHONGAN

Spektrum menyampaikan kebohongan sangatlah luas mulai dari tidak mengerjakan rumah hingga kebohongan basa-basi.untungnya sebagian besar ke bohongan yang kita katakan lebih merupakan kebohongan tipe  basa-basi dan  bukannya kebohongan serius yang bisa menghancurkan struktur masyarakat. Memberi tahu pihak tuan rumah yang mengundang kita makan malam bahwa sup buntut  warung depan meskipun secara tidak sengaja  anda barusan melihat bungkusny a ketika anda sedang mengambil sebotol anggur di dapur.terpaksa berbohong ibarat ini kadang jauh lebih baik dari pada kita merusak sebuah hubungan.pada dasarnya kita tidak ingin membuat seseorang merasa jelek mengenai diri  mereka sendiri  atau membuat mereka  malu.

Sebuah pengecualian  terkadang kita akan menjumpai  sebuah keadaan dimana seseorang menyampaikan sesuatu yang jelas-jelas merupakan sebuah kebohongan kepada kita  tetapi mereka meyakininya sebagai sebuah kebenaran.

B.    SENYUM YANG MENGUNGKAP

Semua penelitian memperlihatkan bahwa,secara keseluruhan,faktanya justru berkebalikan orang-orang yang suka berbohong malah jarang tersenyum.

Bukan berarti bahwa para pembohong itu tidak tersenyum: ereka hanya jarang tersenyum,dengan keyakinan bahwa,secara umum orang mengharapkan kita untuk sering tersenyum bila mereka sedang berbohong,sehingga dengan demikian,mereka akan terhalang untuk melakukannya.

Ketika seseorang tersenyum,mereka akan memakai senyum “palsu”jika sedang berbohong.senyum palsu muncul dengan cepat dan berlangsung usang dari sebuah senyuman  tulus,untuk kemudian ,tiba-tiba menghilang begitu cepat dari pandangan.

C.    MATA
 1.    Arah tatapan mata
Arah tatapan bisa mengungkap banyak hal kita terlebih dahulu mengujinya dengan mengamati sikap dasar seseorang .para hebat setuju bahwa kedua sisi otak bertanggung jawab terhadap fungsi-fungsi tertentu .
Berikut ini ialah pembagian yang lebih terang dari fungsi sisi otak kanan dan sisi otak kiri:
  • Ketika anda mencari tanggapan untuk sebuah pertanyaan dari gudang informasi yang tersimpan dalam otak ,otak kiri anda akan lebih aktif.
  • Jika anda berbohong dan sehabis itu anda lupa,akan tetapi anda membutuhkan imajinasi semoga bisa membuat tanggapan yang fiktif,maka ini saatnya otak kanan yang bekerja.
Jadi,jika seseorang menatap kekanan ketika mereka menjawab pertanyaan anda,mereka mungkin berkata jujur dan bila tatapan mereka condong ke kiri,mereka mungkin berbohong lantaran tanggapan tersebut berasal dari sisi otak sebelah kanan yang imajinatif.

2.    Berkedip
Anda mungkin akan semakin sering berkedip ketika anda sedang berbohong ini akhir adanya peningkatan aktifitas kognitif yang di hubungkan dengan pertanyaan menekan seperti mempercepat segala sesuatunya.peningkatan jumlah kedipan ini tidak selalu disebabkan oleh kebohongan,hal ini bisa pula terjadi ketika  anda sedang berada di bawah tekanan atau sedang lelah.

C.    MULUT
a.    Menutupi lisan
Dalam situasi yang melibatkan adanya unsur kebohongan ,tangan mungkin bergerak menuju mulut.terkadang kepalan tanganlah yang di gunakan untuk menutupi lisan alih-alih memakai telapak tangan yang terbuka.sikap ini sering kali di jumpai ketika seseorang pendengar sedang mendengarkan anda bicara  dan ia beranggapan bahwa anda menyembunyikan sesuatu mereka akan menutup mulutnya dengan kepalan tangan lantaran mereka sedang berusaha menahan dorongan alam bawah sadar untuk menentang anda.
b.    Sedikit wacana bibir
kita semua sekali waktu memperlihatkan  bibir yang tertutup rapat ketegangan ini biasanya mengambarkan bahwa kita sedang mencoba untuk tidak memperlihatkan rasa bersalah lantaran kita telah berbohong.
D.    TANGAN
Dari aneka macam penelitian diketahui bahwa ketika seseorang sedang berbohong,gerakan-gerakan tangannya cendrung semakin menyimpang dari sikap dasar yang normal.tangan akan melongo bukannya bergerak-gerak ini berkebalikan dengan apa yang di pikirakan oleh sebagian pembohong.
Kedua tangan biasanya di sembunyikan.oleh lantaran itu alam bawah sadar mungkin dengan sendirinya akan mencari daerah persembunyian.

E.    TUNGKAI
a.pergelangan kaki
Dalam situasi yang menekan, anggota tubuh pecahan bawah ibarat pergelangan kaki mungkin akan saling menyilang satu sama lain dengan posisi “pergelangan kaki yang mengunci.”yang menarik ialah bahwa,dalam situasi ini, kaki cenderung tidak banyak bergerakdan sikap ini biasa menyertai gerakan tangan dan lengan secara terbatas sebagaimana yang sering dijumpai pada kumpulan sikap ibarat ini-isyarat bahasa tubuh yang tertutup.
b. variasi
terkadang,anda akan melihat variasi dari posisi diatas, dimana orang tersebut benar-benar mengunci kakinya pada kaki dingklik (sebuah posisi yang tidak masuk akal pada laki-laki). Perilaku ini sering kaki disertai dengan menggenggam erat pegangan kursi-jika ada-atau bila tidak, sikap mungkin disertai dengan posisi lengan yang saling disilangkan atau mungkin gerakan-gerakan yang terlihat berlebihan.

F.    VOKAL
1.    berbicara lebih pelan
Pada orang yang sedang berbohong, pengucapan kata-kata dilakukan secara lebih pelan daripada rata-rata pengucapan kata-kata yang normal. Ini lantaran seseorang harus bergantung pada ingatan mereka, bukan pada kebenaran itu s endiri.
2.     diam atau jeda
Orang yang berbohong mungkin akan memakai jeda atau membisu sejenak disela-sela pembicaraan .
3.    rujukan pernapasan
Seseorang mungkin saja bisa memperlihatkan sikap santai ketika ia sedang merasa tidak nyaman-entah itu ia sedang berdiri atau duduk-akan tetapi, isyarat naik turunnya rongga dada bisanya  mustahil untuk disembunyikan, khususnya bila dibarengi adanya kegiatan bahu.
4.      menelan ludah
Kita melakukannya setiap waktu.menelan ludah mungkin menjadi sebuah dilema lantaran reaksi akhir stres menjadikan tenggorokan menjadi kering. Meskipun demikian, kegiatan menelan ludah yang berlebihan dan memperlihatkan adanya rasa  ketidaknyamanan yang besar.
5.    salah ucap atau ragu-ragu
Kemungkinan terdapat banyak “eee” dan “um” yang menandai sebuah percakapan yang banyak mengandung kebohongan. Ini bertentangan dengan percakapan yang berjalan lancar dan tidak dibuat-buat.


6.    nada suara
Nada bunyi bisa menjadi suatu penanda yang sangat baik untuk memperlihatkan terjadinya perubahan emosi  seseorang lantaran pecahan yang satu ini cenderung menjadikan naiknya nada bunyi dan sangat sulit untuk disembunyikan. Karena itu, bunyi orang yang berbohong  cenderung menjadi lebih tinggi, dan mungkin lebih keras, dibandingkan dengan bunyi biasa.


SIFAT-SIFAT YANG MENYENANGKAN
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

Sifat  menyenangkan yang anda miliki akan memilih kesuksesan anda,baik dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi bertemu anda.sudah terbukti dari waktu ke waktu bahwa sikap menyenangkan inilah yang membentuk dasar dari kekerabatan yang infinit dan berkualitas dalam semua bidang.

A.    Penampilan
Orang-orang sering menyampaikan bahwa ketika  bertemu seseorang,hal yang pertama kali mereka lihat ialah pakaian oarang tersebut dan kemudian secara tidak sadar menilai daya tarik fisik mereka.penelitian juga memperlihatkan bahwa daya tarik fisik dan penampilan tidak sanggup di pungkiri,memiliki efek besar dalam evaluasi seseorang terhadap kepada orang lain

B.    Senyum
Senyum yang anda berikan tidak tidak selalu harus  senyum yang lebar.cukup senyuman yang tulus.bahkan meskipun segala sesuatunya tidak berjalan dengan terlalu baik,dan anda tetap memaksa untuk tersenyum yang  pastinya dilakukan setengah hati orang yang mempunyai tenggang rasa akan menangkapnya dan bisa memahami alasannya dari perasaan anda yang bercampu aduk.

C.    Ekspresi pada mata
Ekspresi pada mata anda juga sanggup memberikan banyak hal dan orang bisa mendeteksi adanya kehangatan,simpati,dan kepedulian melalui mata.ketika anda memperlihatkan perhatian kepada orang lain mereka akan lebih merasa di hargai.

D.    Menyimak
Menyimak merupakan hal penting terkait dengan alasan mengapa seseoarang  di anggap menarik dan lantaran itu aktifitas menyimak mempunyai peringkat yang sangat tinggi pada urutan sifat-sifat yang menyenangkan.

Semua penelitian memperlihatkan bahwa perempuan  akan terpesona bila bertemu dengan seorang pria yang mendengarkan.


KEBOCORAN
Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh

A.    perubahan pikiran dah tubuh
Agar kita bisa lebih memahami kebocoran yang sifatnya negatif ini saya merasa bahwa akan sangat membantu anda bila kita mengamati sejenak pikiran-pikiran yang negatif atau kegelisahan serta perubahan-perubahan samar yang berlangsung dalam pikiran dan tubuh anda.perubahan ini akan mempengaruhi:
  • Pikiran anda
  • Emosi anda
  • Bagaimana tubuh anda merasa  secara fisik
  • Perilaku anda.


B.    Apa yang anda pikirkan,itulah yang anda rasakan
Dalam skenario yang lain anda mungkin menyadari adanya tanda-tanda takut –melawan-melarikan diri ketika anda sedang menunggu di ruang resepsionis lantaran tubuh anda memang menyuruh anda untuk bertindak demikian.hal ini membawa anda kembali pada apa yang menjadi penyebabnya-emosi anda-dan memperlihatkan anda kesempatan untuk mengubah pikiran anda sebelum masuk ke dalam ruangan. 

Bahasa tubuh ketika memberikan pidato atau persentasi
Jika anda sedang memberikan pidato atau persentasi,anda akan mengetahui betapa pentingnya angka 93% (55% visual dan 38% paralanguage)
  • cobalah untuk tidak berdiri ibarat sebuah manekin khususnya bila terdapat podium.lakukan gerakan semoga audiens tetap terjaga.
  • jika terdapat podium,cobalah untuk tidak memegangnya dengan erat-erat seperti anda sedang memegang sebuah pegangan tangga sikap ini memperlihatkan kegugupan.
  • jaga semoga kepala anda tetap tegak.
  • perlihatkan lengan anda dengan telapak  tangan menghadap ke atas.
  • jika anda mengacu terhadap layar,jangaan lupa untuk menjaga semoga tubuh pecahan depan tetap menghadap kepada audiens.berbaliklah sedikit kemudian tunjuk poin yang anda maksud.
  • cobalah untuk tidak melihat ke bawah baik untuk meliihat catatan atau lantai
  • sesekali lakukan kontak mata dengan semua audiens dengan cepat.
  • perhatikan bahasa tubuh negatif yang di tunjukkan oleh para audiens dengan mengamati setiap kebocoran.kemudian bertindaklah,baik dengan melibatkan satu atau banyak audiens,dengan mengubah topik atau bahkan enghentikan sejenak program untuk istirahat.

Tulisan diambil dari sebuah buku Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh  karya James Borg bukunya sangat cantik untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat

0 Response to "Buku Arif Memahami Bahasa Tubuh"

Post a Comment