GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
1. S… Self-Esteem/ Member Nilai Pada Diri Sendiri - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Memberi servis bukan sekedar bersikap patuh
Haraga diri yang tinggi yaitu unsur paling fundamental bagi keberhasilan organisasi yang menyediakan jasa apapun. Jika para karyawan merasa lezat wacana diri mereka sendiri dan kepada siapa mereka bekerja, pandangan positif seprti itu bisa menular kepada para konsumen
- Sesuatu yang baik bermula dari tingkat atasan/ kepemimpinan melalui teladan
- Perlakuan para karyawan sebagaimana anda ingin mereka memperlakukan para konsumen
Pertimbangkanlah untuk terlebih dahulu mempekerjakan orang-orang yang positif
Pekerjakanlah orang-orang yang positif dan pecatlah mereka yang bersikap negatif. Ada pepatah “lebih gampang mengganti insan dari pada mengubah manusia”. Dengan kata lain, sama sulitnya memecat seseorang yang bersikaf negative hanya administrasi konslinglah yang bisa mengubah pendekatan itu.
Pekerjakanlah orang-orang yang positif dan pecatlah mereka yang bersikap negatif. Ada pepatah “lebih gampang mengganti insan dari pada mengubah manusia”. Dengan kata lain, sama sulitnya memecat seseorang yang bersikaf negative hanya administrasi konslinglah yang bisa mengubah pendekatan itu.
Para manajer yang bakir menginvestasikan waktu untuk mempekerjakan orang yang sempurna ditempat pertama. Ini butuh waktu untuk menyelenggarakan advertensi, menguraikan harapan-harapan anda wacana donasi servis kepada konsumen. Butuh waktuuntuk menyidik lamaran. Dan tentu saja, butuh waktu untuk mewawancarai para pelamar. Tetapi lebih baik menginvestasikan waktu itu untuk memperoleh orang terbaik dari pada menempatkan seseorang yang belum anda ketahui secara niscaya kalau administrasi mendapatkan pendekatan “cukup bersahabat yaitu cukup baik” dalam mendapatkan karyawan itu akan menggunakan perilaku ayng sama terhadap konsumen. Kalau anda tidak yakin bahwa orang tersebut akan sesuai dan mempunyai standar-standar yang sama tinggi dengan anda. . . jangan terima mereka, sekalipun kalau itu berarti perdebatan dan biaya untuk advertensi ulan
Terimalah orang-orang dengan energy tinggi, atusiasme dan pandangan yang positif. Sebenarnya anda juga ingin mendapatkan orang-orang sebanyak mungkin pengalaman dan keahlian. Tetapi ada kemungkinan untuk mengasah keahlian orng-orang guna memperoleh pengalaman jauh lebih sulit mengubah sikap.
- Taruhlah minat pada pekerjaan anda untuk membuatnya semenarik mungkin.
Dalam organisaiyang mempokuskan diri pada service, training di lakukan terus menerus. Memeng harus demikian lantaran servis merupakan produk yang tidak nyata. Tidak menyerupai produk-produk lain, servis tidak mengenal waktu-hidup dan hanya di anggap baik menurut apa yang sampaikan setiap saat.
- Sukses hari ini tidak menjamin sukses hari esok.
2. E… Exceed Expectations/ Melampaui yang Diharapkan - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Tentukan, penuhi, dan lampauilah yang diharapkan untuk menguasai pasar
Propaganda iklan yang paling terperinci tidak ada gunanya kalau hanya membuat suatu impian konsumen yang tidak realistis, dan oleh lantaran itu organisasi tersebut tidak akan bisa menunjukkan tingkat pelayanan yang di janjikan. Organisasi-organisasi yang bakir selalu menetapkan standar pelayanankonsumen yang tinggi dan secara terang mengkomunikasikan standar-standar itu kepada para konsumen dan staf. Mereka tidak menjanjikan apapun yang tidak sanggup mereka berikan , dan berusaaha keras untuk memenuhi harapan-harapan yang mereka ciptakan di antara konsumen. Lebih dari pada itu dan mengubah para konsumen yang dengan gampang terpuaskan menjadi konsumen yang sangat gembira.
Melampaui yang diharapkan konsumen tidak selalu menghabiskan lebih banyak uang, bahkan sanggup mempunyai pengaruh yang sebaliknya.
- Peneliti pertanda bahwa servis mendongkrak standar dasar
Survey The Profit Impact Of Marketing Stategy (PIMS) yang di selaenggarakan di amerika serikat menunjukkan bukti penting yang besar lengan berkuasa bahwa persepsi servis konsumen sanggup bener-bener terjadi pada batas dasar hasil-hasil financial.
- Anda tidak sanggup membantah persepsi konsumen
Sebagai sebuah perusahaan yang memfokuskan konsumen, Stu Leonard sang managing director, secara teratur mengadakan breakfast meeting bersama para konsumen untuk mendapatkan opini-opini mereka wacana took yang ia kelola pada salah satu pertemuan, seorang perempuan menyampaikan ikannya tidak mengecewakan elok tetapi akan jauh lebih baik kalau dalam keadaan segar. Stu Leonard bertanya apa maksud komentar itu lantaran kenyataannya setiap pagi ikan-ikan tersebut di peroleh dalam keadaan segar. Wanita itu membantah mustahil segar, lantaran ikan-ikan tersebut di kemas di dalam bungkusan plastic dan stirofoam.
Dari pada mencoba meyakinkannya bahwa konsumen perempuan itu mempunyai persepsi yang tidak sempurna wacana peroduk tersebut, took itu menetapkan mengadakan percobaan. Karena keluhan konsumen ini, ketika ikan segar tiba pada hari berikutnya, sebagian di kemas menyerupai biasa, sementara sebagian lagi ditaruh begitu saja pada potongan-potongan es. Betapa terkejutnya administrasi ketika mengetahui bahwa ikan yang sama yang ditaruh pada potongan-potongan es menghasilkan duakali penjualan dalam satu ahad pertama saja.
- Rekor masa kemudian tidaklah cukup……!!!!!!!!!!!!!!!
Namun, penting juga di ingat bahwa rekor tersebut tidak cukup menjamin kesetiaan konsumen. Betapapun hebatnya rekor yang anda peroleh dari seorang konsumen pada kali pertamanya, konsumen lebih tertarik dengan perhatian individu yangdi terima atau tidak diterima pada suatu saat.
Konsumen manapun jauh lebih tertarik dengan apa yang secara personal terjadi terhadap mereka pada suatu saat, tidak peduli betapapun inpresifnya rekor suatu organisasi.
- Antisipasilah perubahan impian pasar
- Konsistensi yaitu koncinya
3. R… Recover/ Rebut Kembali - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Keluhan yaitu peluang …….. bukan masalah!
- Bagaimana menggapai keluhan konsumen
- Mencari tau apa yang bergotong-royong dipikiran konsumen anda-survei, grup focus, mengungkap problem dasar
Itu tanggapan standar untuk pertanyaan standar, bahkan kalau makanannya mendekati sedang-sedang saja….. atau lebih buruk. Anda akan lebih bahagia menunjukkan suatu sasaranseandainya mereka bertanya: “adakah yang kami bisa lakukan biar hidup anda lebih nikmat?”
Ia tidak begitu mengancam dan kans-nya punkurang, anda barangkali cenderung member sejumlah saran. Pertanyaan yang lebih berdaya guna dalam hal ini yaitu pertanyaan seperti:
“Bagaimana saya sanggup membantu anda”
“Bagaimana kami sanggup melakukannya dengan lebih baik”
- Menguji standar penyampaian servis anda sendiri
Berpura-puralah menjadi seorang konsumen, kemudian teleponlah perusahaan anda, dan lihat apa yang terjadi apakah telpon di jawab dengan sempurna dan menyenangkan? Haruskah anda menunggu cukup lama? Apakah anda di suruh berputar-putar? Bagaimana perasaan anda sesudah pengalaman itu?
- Pentingnya mendengarkan dengan seksama-jangan berperasangka apa pun
- Ketika semuanya gagal-bagaiman harus membayar
4. V… Vision/ Visi - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Rencanakan masa depan kini juga
- Memperhitungkan hingga kapan konsumen bernilai bagi anda
- Membuat teknologi yang bermanfaat bagi anda, bukan merugikan anda
Teknologi sama baiknya menyerupai operator sampah yang masuk sama dengan sampah yang keluar. Menginvestasikan teknologi mahal tidak cukup membuat anda semakin profitable dan efisien kalau teknologi itu tidak sesuai dengan impian konsumen. Penjelasan sederhana saja: orang tidak selalu terkagum-kagum akan kehebatan “teknologi tinggi”, dan boleh jadi orang malah lebih menyukai pendekatan “sentuhan tinggi” gaya usang yang menyentuh pada servis konsumen.
- Bagaimana bisnis besar sanggup menunjukkan servis yang lebih bersifat personal
- Menciptakan budaya perusahaan yang mendukung keunggulan servis
Akibatnya adalah: “kalau tidak ada konsumen, saya tidak punya pekerjaan. Lalu apa yang saya bisa lakukan untuk membuat diri saya berarti bagi konsumen maupun bos?”
Para pemimpin harus secara konstan mengkomunikasikan visi mereka. Akio marita, managing director sony, tidak memandang perusahaannya sebagai bisnis elektronika. Memeng aneka macam produk stereo dan walkmen yang populer itumerupakan penggalan integral dari bisnis ini, tetapi ia dengan terang mempunyai visi sony sebagai perusahaan hiburan terkemuka didunia, dan itulah sebabnya mereka menginvestasikan 3,5 milyar dolar membeli Columbia pictures. Para karyawan sony secara konsisten diingatkan kearah mana organisasi terebut.
- Nilai dari “repeat business” dan “frequency marketing”
5. I… Improve/ Peningkatan - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Lakukan peningkatan secara kontinyu ; kalau tidak, anda memberi peluang kepada pesaimg untuk menyusul anda
- Berubahlah kini …………… atau hancur!
Kalau perubahan dilakukan demi sekedar perubahan saja, itu menggelikan. Factor kunci yaitu secara konstan melihat kebutuhan dan impian konsumen biar benar-benar responsive terhadap perubahan di ruang pasar.
Semakin bau tanah organisasi tua, semakin sulit organisasi itu berubah dan beradaptasi, keberhasilan masa kemudian tidak menjamin keberhasilan yang sama di masa mendatang.
- Memberi karyawan kesempatan untuk terlibat dalam perencanaan
- Hal-hal kecil membuat perbedaan besar – “moments of truth”
- Lakukan investasi dalam member staf anda training dalam menunjukkan servis yang unggul
- Mempertahankan momentum
6. C… Care/ Perhatian - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- System yang gampang dan ramah – mempermudah bekerjasama bisnis dengan anda
- Kualitas – mendekati cukup tidak berarti cukupbaik!
- Apa yang diukur di lakukan
- Jaminan servis
- Menambah nilai dengan melaksanakan sedikit ekstra
- Beberapa saran untuk member tip dan mendengarkan
7. E… Empowr/ Pemberdayaan - GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses)
- Membuat karyawan bertanggung jawab (responsible) dan bisa merespons (response-able)
Kalau para karyawan diharapkan benar-benar merasa punya tanggung jawab, perusahaan juga harus membangun iklim yang membuat setiap orang didalamnya merasa bisa melaksanakan respon.
- Cara menyampaikan “ya” tanpa alasan menyampaikan “tidak”
- Beranilah membuat kesalahan dan belajarlah dari kesalahan itu
- Piramida administrasi terbalik – mendukung karyawan
- Insentif, pengakuan, dan penghargaan
- Membuat semua orang menjadi anggota yang berharga dalam tim.
Tulisan diambil dari sebuah buku GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS ( 7 taktik sederhana menuju sukses) karya Catherine DeVrye, bukunya sangat elok untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat
0 Response to "Good Service Is Good Business : 7 Taktik Sederhana Menuju Sukses"
Post a Comment