Bagaimana Mencari Mitra Dan Mempengaruhi Orang Lain

Bagaimana Mencari Kawan Dan Mempengaruhi Orang Lain

TEHNIK-TEHNIK DASAR DALAM MENANGANI MANUSIA

1.    Jika  Anda Ingin Mengumpulkan Madu, Maka Jangan Tendang Sarang Lebahnya
   
Dari konteks ini berbagai terdapat contoh-contoh dalam menangani manusia, tapi pola yang paling sangat rasional dan akan sangat gampang dipahami oleh kita diantaranya : 

  • B.F. Skinner, seorang psikolog populer di dunia, mengambarkan lewat pengalaman-pengalamannya bahwa seekor hewan yang diberi hadiah alasannya yaitu tingkah laris baik, akan mencar ilmu jauh lebih cepat dan menyimpan apa yang dipelajarinya dengan jauh lebih efektif dibandingkan dengan seekor hewan yang dieksekusi alasannya yaitu bertingkah laris buruk.
  • George B. Johnston dari Enid, Oklahoma, seorang coordinator keamanan untuk sebuah perusahaan rekayasa. Salah satu dari tanggung jawabnya yaitu memastikan bahwa para pekerja harus menggunakan topi pengaman pada ketika mereka berada ditempat kerja lapangan. Dia akan melaporkan kalau beliau melihat ada pekerja yang tidak mengenakan topi pengaman, memberikan secara panjang-lebar peraturan yang harus mereka patuhi. Hasilnya, beliau menerima penerimaaan yang tidak simpatikdari mereka yang merasa kesal, dan sering kali sehabis beliau pergi, para pekerja itu akan menanggalkan topi mereka.  Kemudian beliau mencoba untuk melaksanakan pendekatan yang berbeda. Saat berikutnya bila beliau menemukan para pekerja yang tidak menggunakan topi pengaman, beliau bertanya apakah topi itu tidak nyaman digunakan atau tidak cukup pas untuk mereka.  Kemudian beliau mengingatkan kepada para pekerja itu dengan nada yang menyenangkan bahwa topi itu dirancang untuk melindungi mereka dari kecelakaan dan menyarnakan mereka semoga topi itu selalu digunakan ditempat kerja. Hasilnya yaitu kesaadaran untuk mematuhi peraturan tanpa ada rasa kesal dan benci.
 Dari pola diatas coba kita sama-sama renungkan sejenak bahwa kekerasan tidak akan pernah menumbuhkan kesadaran . ibarat yang dikatakan Dr. Jhonson dewa sendiri tidak menghakimi 0rang hingga tiba pada ketika selesai hari-harinya.

Seperti yang dikatakan Dr. Jodnson: “ Tuhan sendiri tidak menghakimi orang hingga tiba pada selesai hari-harinya.”
Prinsip 1
Jangan mengkritik, mencerca, atau mengeluh.

2.    Rahasia Besar dalam Berhubungan dengan Manusia
Sifat dasar insan yaitu “hasrat untuk menjadi penting”
Apa yang anda inginkan ?????????????????
Lincoln pernah memulai satu suratnya dengan mengucapkan: “  setiap orang menyukai pujian” .
William James berkata: “prinsip paling dalam pada sifat dasa insan yaitu kebutuhan untuk dihargai ”.

Beda antara penghargaan dan sanjungan? Yang satunya ikhlas dan yang satunya tidak tulus.
Raja George V mempunyai seranagkaian pepatah yang menyampaikan “ajarkan saya bukan untuk mangajukan, juga bukan untuk mendapatkan kebanggaan murahan . memang itulah sanjungan kebanggaan murahan “.  
Prinsip 2.
Berikan penghargaan yang jujur dan tulus.


3.    “ Dia yang bisa melakukannya akan mempunyai seluruh dunia bersamanya. Dia yang tidak bisa, akan berjalan dalam jalan yang sepi”

William winter pernah berkata bahwa “ ekspresi diri yaitu kebutuhan mayoritas dari sifat dasar manusia”.
Prinsip 3.
Bangkitkan minat dalam diri orang lain



ENAM METHODE UNTUK MEMBUAT ORANG LAIN MENYUKAI ANDA

1)    Lakukan Ini dan Anda Akan Disambut Hangat di Mana Saja
Pernahkah anda berhenti dan berpikir bahwa seekor anjing yaitu satu-satunya hewan yang tidak perlu bekerja untuk menghidupi dirinya ? seekor betina harus memberi telur, sapi harus memperlihatkan susunya dan seekor burung kenari harus bernyanyi. Tapi seekor anjing tidak harus bekerja dan tidak memberi apa-apapun  kecuali cinta. 
  • Kalau kita ingin berkawan, maka biarkan diri kita melaksanakan sesuatu untuk orang lain. Baik hal-hal yang menyangkut energy, tidak egois dan pemikiran.
  • Kalau kita ingin mendapatkan kawan, mari kita menyapa orang dengan antusias dan bersemangat. 
  • Kalau anda ingin orang lain menyukai anda, kalau anda ingin membuatkan persahabatan sejati, kalau anda ingin menolong orang lain sekaligus menolong diri anda sendiri, simpan prinsip ini dalam diri anda. Yaitu: bersungguh-sungguh menaruh minat pada orang lain. 

2)    Cara Sederhana untuk Membuat Kesan Pertama yang Baik 

Charles schwab menyampaikan senyumnya bernilai sejuta dollar. Dan beliau mungkin mengakatakan yang sebenarnya. Karena kepribadian schwab, daya tariknya, kemampuan orang lain menciptakan orang lain menyukainya hampir semuanya menjadi penyebab dari suksesnya yang luar biasa, dan salah satu factor yang sangat menyenangkan dalam kepribadiannya yaitu senyumnya yang memikat. Pengaruh senyum itu memang sangat luar biasa.

Anda harus senang ketika  berjumpa dengan orang-orang, kalau anda mengharapkan mereka senang kepada anda.

Anda tidak ingin tersenyum ???? mengapa??? Ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, paksa diri anda untuk tersenyum. Kedua, bersikaplah seperti anda sedang bahagia. 
Nilai sebuah senyuman

Dia terjadi hanya sekejap, namun kenangan tentangnya adakala bertahan selamanya. 
  • Dia tidak bias dibeli, dimohon, dipinjam atau dicuri.. alasannya yaitu beliau yaitu sesuatu yang tidak berkhasiat sebelum diberikan kepada orang lain.
Prinsip  1
Tersenyumlah .


3)    Jika Anda Tidak Melakukan Ini, Anda Akan Menuju ke Jalan Kesulitan

Prinsip 2
Ingat bahwa nama seseorang bagi orang bersangkutan merupakan bunyi yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun.


4)    Cara Praktis Untuk Menjadi Pembicara yang Baik 

kalau anda ingin tahu bagaimana menciptakan orang lain menghindari dan mentertawakan anda di belakang anda,  atau bahkan merendahkan anda, ini resepnya:

jangan pernah mendengarkan siapapun dalam waktu yang lama,. Bicaralah tanpa putus-putusnya wacana diri anda, kalau anda mempunyai wangsit tatkala orang lain sedang berbicara, jangan tunggu lagi hingga beliau selesai, segera saja potong di tengah kalimatnya.
Prinsip 3 .
Jadilah pendengar  yang baik. Dorong orang lain untuk bicara wacana diri mereka.


5)    Bagaimana Menaruh Minat Orang Lain
Prinsip 4
Bicaralah mengenai minat orang lain.


6)    Bagaimana Membuat Orang Lain Segera Menyukai Anda
Chris seorang anak lelaki yang sangat pendiam dan pemalu, kurang mempunyai rasa percaya diri, jenis murid yang jarang sekali mendapatkan perhatian yang sepatutnya beliau peroleh.

Pada hari rabo chris sedang bekerja dengan rajin dimejanya. Disana ada api yang tersembunyi di dalam dirinya.  Nah ini yaitu cara dari chris untuk mendapatkan perhatian dari orang lain.
Prinsip 6.
Buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan ikhlas


1.    Anda Tidak Bisa Menang dalam Sebuah Debat
Anda tidak bias menang dalam sebuah debat. Anda tidak bias. Karena kalau anda kalah, anda akan kalah ; dan kalau anda menang, anda kalah juga. Mengapa ?????

Nah, misalkan anda menang atas pihak lawan dan bisa menembak argumennya sehingga penuh lubang, kemudian mengambarkan bahwa beliau non compos mentis. Lalu bagaimana ? ya, anda akan merasa senang. Tapi bagaimanan dengan beliau ? anda telah membuatnya merasa rendah diri. Anda telah melukai harga dirinya. Dia akan membenci kemenangan anda.

Prinsip 1.
Satu-satunya cara memperoleh manfaat sepenuhnya
Dari perdebatan yaitu menghindarinya.


2.    Cara Pasti untuk Menambah Musuh dan Bagaimana Menghindarinya
Anda sanggup menyampaikan kepada orang lain bahwa mereka salah dengan pandangan atau intonasi atau gerak arahan semahir andamampu ungkapkan dalam kata-kata dan bila anda sampaikan kepada mereka bahwa mereka salah, apakah mereka bias oke dengan anda? Tidak pernah! Karena anda sudah menghantam pribadi kecerdasan, penilaian, kebanggaan dan respek diri mereka. Hal itu malah akan menciptakan mereka ingin memukul balik. Dan itu tidak pernah menciptakan mereka ingin mengubah pikiran. Kemudian, anda mungkin bisa menantang mereka dengan semua kecerdikan dari plato atau imanuel khant, namun anda tidak akan bisa mengubah opini mereka., alasannya yaitu anda sudah melukai perasaan mereka.  

Prinsip 2
Tunjukkan penghargaan terhadap pendapat
Orang lain. Jangan pernah berkata “ Anda salah”


3.    Jika Anda Salah, Akuilah
Setiap orang ndeso sanggup saja mencoba mempertahankan keslahannya dan hampir semua orang ndeso melakukannya. Namun mengakui keslahan sendiri mengangkat seseorang ke atas kelompoknya dan memberinya perasaan mulia dan kegembiraan meluap-luap.
Prinsip 3.
Kalau anda salah, akuilah dengan segera dan dengan simpatik.


4.    Setetes Madu
Ingatlah apa yang dikatakan oleh Lincoln “ setetes madu menangkap lebih banyak lalatdaripada segalon empedu”.
Prinsip 4.
Mulailah dengan cara yang ramah



5.    Rahasia Socrates

    Dalam berbicara dengan orang lain, jangan memulainya dengan membahas dimana membahas hal-hal dimana anda berbeda. Mulailah dengan  menekankan dan teruslah menekankan hal-hal dimana anda oke dengannya. Teruslah mnekankan, kalau mungkin, bahwa anda berdua bekerjsama mempunyai tujuan selesai yang sama, dan bahwa satu-satunya perbedaan anda hanyalah dalam methodenya, bukan pada tujuannya.

Pembicara berbakat akan memperoleh pada permulaannya, sejumlah tanggapan “ya”. Jawaban ini memilih proses psikologis dari pendengar untuk bergerak kearah mengiyakan. Ini ibarat gerakan bola bilyar, mendorong ke satu arah, dan perlu sedikkit perjuangan untuk membelokkannya.

Prinsip 5.
Buatlah orang lain menyampaikan “ ya, ya” dengan segera.

6.    Katup Pengaman dalam Menangani Keluhan

Jika Anda tidak oke dengan mereka, Anda munkin terpengaruhi untuk menyela. Tetapi jangan. Iti berbahaya. Mereka tidak akan memperhatikan Anda ketika mereka sendiri masih mempunyai banyak wangsit sendiri yang menuntut di ekspresikan. Jadi, dengarkan saja dengan sabar dan dengan pikiran terbuka. Tuluslah dalam melaksanakan hal ini.beri semangat kepada merekauntuk mengeluarkan idemereka sepenuhnya.
Prinsip 6
Biarkan orang lain lebih banyak berbicara


7.    Bagaimana Memperoleh Kerja Sama
“ orang-orang itu telah menciptakan semacam tawar-menawar moral dengan saya,” kata seltz, “ dan selama saya bertanggung  jawab terhadap tugas saya di dalamnya, mereka juga berketetapan untuk bertanggung  jawab terhadap tugas mereka. Melakukan konsultasi dengan mereka  mengenai keinginan dan hasrat ng mereka butuhkan.”

Tak seorang pun yang suka merasa bahwa beliau sedang dijual atau diperintahkan untuk melaksanakan sesuatu. Kita jauh lebih suka kalau kita merasa  sendiri. Kita suka diajak berbicara wacana harapan, keinginan, dan pikiran kita.
Prinsip 7
Biarkan orang lain merasa bahwa wangsit itu merupakan idenya.


8.    Formula yang Berhasil Cemerlang Untuk Anda
Ingatlah bahwa orang lain bisa jadi mutlak salah. Akan tetapi mereka




JADILAH PEMIMPIN: BAGAIMANA MENGUBAH ORANG LAIN TANPA MENYINGGUNG ATAU MEMBANGKITKAN KEMARAHAN
1.    Kalau anda harus mencari kesalahan, inilah cara untuk memulainya.
Seorang mitra saya berada di gedung putih pada suatu selesai ahad selama pemerintahan Calvin Coolidge. Ketika beliau masuk ke ruangan kantor pribadi presiden, beliau mendengar Coolidge berkata kepaada salah seorang sekretarisnya, “cantik sekali baju yang anda pakai pagi ini, dan anda seorang perempuan muda yang sangat menarik.”

Itu mungkin kebanggaan paling emosional yang pernah diberikan oleh si pendiam Cal untuk seorang sekretaris sepanjang hidupnya. Begitu luar biasa, begitu tak terduga, sehingga ajah si sekretaris bersemu merah alasannya yaitu bingung. Kemudian Cal berkata kini janan jadi melamun begitu. Saya hanya menyampaikan itu untuk menciptakan anda mrasa enak. Mulai kini , saya harap anda sedikit lebih hati-hati dengan tanda baca anda.
Prinsip 1.
Mulailah dengan kebanggaan dan penghargaan yang jujur.


2.    Bagaimana mengkritik namun tidak di benci alasannya yaitu itu
Pada suatu siang Charles lewat disalah satu pabrik bajanya ketika memergoki beberapa pegawainya sedang merokok. Persis di atas kepala mereka terletak tanda yang menyampaikan “Dilarang Merokok”. Apakah Sachwab menunjuk tanda itu dan berkata “ tidak bisakah kalian membaca ?”  oh, tidak. Tidak demikkian cara schwab. Dia berjalan menghampiri orang-orang itu , menyerahkan kepada masing-masing mereka sebatang cerutu , kemudian berkata “ saya akan menghargai kalau kalian merokok di luar .“ mereka tahu bahwa schwab tahu mereka telah melanggar peraturan dan mereka mengaguminya alasannya yaitu beliau tidak menyampaikan apapun wacana hal itu, malahn member mereka hadiah kecil yang menciptakan mereka merasa penting.

Prinsip 2.
Beritahu kesalahan orang lain secara tidak langsung.


3.    Bicarakan kesalahan anda lebih dulu
Josephine Carnegie tiba ke new York untuk menjadi sekretaris. Dia berusia 19 tahun. Tamat Sekolah Menengan Atas 3 tahun sebelumny, dan pengalaman bisnisnya tidak kurang. Dia menjadi sekretaris yang bisa disana. Namun pada awalnya beliau perlu perbaikan. Suatu  hari tatkala beliau di kritik oleh pamannya . saya katakana kepada diri saya (pamannya berjulukan Dale Carnegie) tunggu dulu kamu dua kalli lebih bau tanah dari Josephine. Anda telah mempunyai pengalaman bisnis sepuluh kali lebih banyak darinya. Bagaimana kamu bisa mungkin mengharapkannya mempunyai pendapat sepertimu., penilakianmu, inisiatifmu meskipun semuannya itu hanya sedang-sedang saja. Dan ingat apa yang kamu lakukan pada usiamu yang 19 tahun, ingat kesalahan dan kecerobohan yang kamu buat, ingat kamu melaksanakan ini dan itu..

Setelah memikirkan itu semua dengan jujur dan tanpa memihak, saya menyimpulkan bahwa rata-rata kemampuan Josephine pada usia 19 tahun yaitu lebih baik dari saya dulu dan saya menyesal untuk mengakui, tidak member banyak kebanggaan pada Josephine.

Maka sehabis itu, ketika saya ingin memberitahu Josephine untuk satu kesalahhan yang dibentuk nya, saya biasa memulainya dengna berkata “ kamu sudah buat kesalahan, tapi kesalahan itu tidak jauh lebih jelek dari dari bannyak kesalahan yang pernah saya perbuat atau lakukan. Kita dilahirkan dengan kemampuan menilai. Hal itu datanng klewat pengalaman dank au ternyata lebih baik dari saya ketika saya seusiamu. Saya sudah menciptakan kesalahan yang begitu banyak, saya kini mempunyai sedikit kehendak untuk mengkritikmu atau siapapun.

Nyaris sama seklai tidak sulit untuk mendengarkan wacana keslahan kkita kalau orany yang mengkritik memulai dengan mengakui bahwa beliau juga masih jauh dari sempurna.
Prinsip 3.
Bicarakan kesalahan anda sebelum anda mulai mengkritik orang lain. 

4.    Tak seorang pun yang suka diperintah
Prinsip 4.
Ajukan pertanyaan , bukan memberi  perintah secara langsung. 


5.      Bagaimana memacu orang lain menuju sukses
Mengapa kita tidak menggunakan penalaran ketika yang sama ketika berusaha mengubah orang lain dengan cara yang kita gunakan ketika berusaha mengubah anjing?? Mengapa kita tidak menggunakan kebanggaan daripada cacian ???  mari kita memuji, bahkan untuk kemajuan yang sekecil apapun.
Kemampuan akan layu alasannya yaitu kritiknamun kemampuan akan berkembanng di bawah dorongan.

Prinsip 5.
Pujilah peningkatan sekecil apapun, dan pujilah setiap perbaikan. Jadilah ikhlas dalam dalam penerimaan anda dan murah dalam kebanggaan anda.


6.    Buat kesalahan kelihatan gampang diperbaiki
Sampaikan kepada anak anda, pasangna anda, atau orany yang anda anggap penting dalam hidup anda . bahwa beliau itu orang ndeso atau tolol pada suatu hal tertentu. Seorang yang tidak berbakat untuk itu dan mengerjakan selalu salah. Maka anda sudah menghancurkan hamper setiap semangat untuk perjuangan meningkatkan diri. Sebaliknnya, gunakan tehnik yang berlawanan murah ahtilah dengan dorongan anda , jadikan hal itu kelihatan gampang dikerjakan, biarkan orang lain tahu bahwa anda mempunyai kepercayaan bahwa diamampu untuk melaksanakan hal itu, bahwa beliau mempunyai talenta yang belum dikembangkan untuk keterampilan itu kemudian lihatlah beliau akan berlatih hingga fajar muncul di jendela semoga sanggup menjadi unggul.

Prinsip 6.
Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan kelihatan untuk gampang diperbaiki.


7.    Membuat orang lain senang mengerjakan apa yang anda inginkan
Seorang laki-laki yang harus menolak banyak usul untuk berbicara di depan public. Undangna yang diberikan oleh kawan-kawan, usul yang tiba dari mereka yang menghormatinya ; dan bagaimanapun beliau melaksanakan penolakan itu dengan sangat bijaksana. Sehingga mereka yang mengundangnya setidaknya merasa puas dengna penolakannya. Bagaimana beliau melakukannya?????? Buka dengan sekedar menyampaikan fakta bahwa beliau sangat sibuk, terlalu ini atau itu. Tidak, yang dilakukan sehabis mengekspresikan penghargaannya atas undangangan itu dan menyesal alasannya yaitu tidak bisa mendapatkan memenuhinya. Dia menyarankan seorang pembicara pengganti. Dengan kata lain, beliau tidak member orang lain itu sedikitpun waktu untuk merasa kecewa mengenai penolakan itu. Dia segera mengubah pikiran orang itu kepada pembicara lain yang bisa mendapatkan usul itu.

Prinsip 7.
 Buta orang lain senang mengerjakan apa yang anda sarankan.

Bagaimana Mencari Kawan Dan Mempengaruhi Orang Lain : Jalan Pintas Untuk Menjadi Populer Hanya Cukup Dengan Menjadi Kemapuan Dalam Berbicara :

Tulisan diambil dari sebuah buku karya Dale Carnegie, bukunya sangat bagus untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat

0 Response to "Bagaimana Mencari Mitra Dan Mempengaruhi Orang Lain"

Post a Comment