Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli - Media berasal dari kata “Medium”,  yang berasal dari bahasa latin “Medium” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media ini mengarah pada sesuatu yang menjadi penghantar untuk meneruskan suatu informasi dari sumber informasi kepada akseptor informasi.


Pengertian Media Pembelajaran - Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam memberikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media ialah segala bentuk dan susukan yang sanggup digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.     Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 11)


Banyak batasan-batasan yang diberikan dalam menunjukkan pengertian media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai susukan yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Batasan yang lain juga diberikan oleh Asosiasi pendidikan Nasional atau Education Association (NEA) yang membatasi media merupakan bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun Audio-Visual serta peralatannya serta media hendaknya sanggup dimanipulasi, sanggup didengar, dilihat dan dibaca. (Sadiman. Media Pendidilkan Pengertian, Pengembanagn dan Pemanfaatan. Jakarta : CV. Raja Wali .1984. Hlm 6)
Beberapa jago telah menunjukkan batasan mengenai pengertian media, yaitu antara lain:
  • Hamalik menyatakan bahwa media pendidikan ialah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik. Media Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. 1994. Hlm 12)
  • Danim menyatakan bahwa media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau suplemen yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa dengan peserta didik. (Sudarman, Danim. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara,. 1995. Hlm 97)
  • Wildbur schraman menyebutkan bahwa media ialah teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.
  • Lislie. J. Briggs menjelaskan bahwa media ialah sarana fisik untuk memberikan bahan atau isi pengajaran, menyerupai buku, film, slide dan lain-lain. (Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm 197)
  • Heinich dkk menyampaikan bahwa medium sebagai mediator mengantarkan informasi antara sumber dan akseptor pesan. (Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo Persada. 2002. Hlm 4)

Dari beberapa pendapat di atas, sanggup disimpulkan bahwa: 
  1. Media merupakan wadah atau mediator pesan yang oleh sumber pesan atau pengaruhnya ingin diteruskan kepada sasaran atau akseptor pesan.
  2. Materi yang ingin disampaikan ialah pesan instruksional.
  3. Tujuan yang ingin dicapai ialah terjadinya proses berguru pada akseptor pesan (anak didik). (Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm 197-198)

Sebelum istilah media digunakan dan popular, dalam dunia pendidikan sudah berkembang kata atau istilah yang bermakna sama yang sudah digunakan. Pertama digunakan istilah “alat peraga” lalu “Audio Visual Aids”, lalu selanjutnya disebut “Instrucsional Materials” yang alhasil kini ini digunakan ialah “Media Pembelajaran”. Gagne dan Brings. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 14)  menyampaikan bahwa media pembelajaran ialah alat secara fisik untuk memberikan isi pengajaran.
Artikel Pengertian Media Pembelajaran berdasarkan Para Ahli dilengkapi dengan footnote biar dijadikan sebagai referensi. semoga bemanfaat

0 Response to "Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment