Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Berguru Siswa

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
Pada bab pembahasan ini, penulis mencoba menguraikan faktor-faktor yang sanggup mempengaruhi prestasi berguru siswa. Faktor-faktor yang penulis maksudkan ialah sebagai berikut :

a. Faktor Intern
Faktor intern yaitu faktor yang tiba dalam individu itu sendiri. Faktor intern ini terdiri dari :
1) Faktor Jasmaniah
Faktor jasmaniah merupakan salah satu faktor yang sanggup mempengaruhi prestasi berguru dimana faktor tersebut berafiliasi dengan jasmaniah atau kondisi tubuh siswa. Sehingga apabila kondisi tubuh siswa tergantung akan mempengaruhi hasil belajarnya. Olehnya itu, jasmani harus dijaga supaya selalu dalam kondisi yang prima.
2) Faktor Psikologis
  • Faktor eksteren ialah merupakan salah satu faktor intern yang sanggup mempengaruhi prestasi berguru siswa, Faktor psikologis ini berkenaan dengan kondisi kejiwaan siswa.
  • Faktor ekstern ialah faktor yang berasal dari luar individu yang sanggup mempengaruhi prestasi belajar.


Slameto (1987), mengemukakan bahwa ada tiga bab faktor ekstern, yang sanggup mempengaruhi prestasi berguru yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
  1. Keluarga
  2. Sekolah
  3. Masyarakat.
Prestasi belajar yang dicapai oleh seseorang siswa merupakan hasil interaksi banyak sekali faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa ialah minat belajar.


Minat sanggup mendorong seseorang siswa untuk sanggup belajar dengan baik. Siswa yang memiliki minat berguru yang tinggi akan menghasilkan prestasi berguru yang tinggi pula. Dimana siswa mengatakan adanya rasa bahagia dan melalui mau berguru tanpa ada imbas dari siapapun. Karena mereka melaksanakan semua itu didasari atas niat yang suci dan ikhlas.

Dari keterangan di atas sanggup disimpulkan bahwa seseorang yang berminat dalam berguru sanggup dilihat dalam acara belajarnya, adanya rasa senang, sanggup dilihat dari frekwensi belajarnya.
Hubungan minat dengan prestasi berguru sanggup digambarkan sebagai berikut:
Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa


Siswa yang berminat dalam pelajaran akan merasa bahagia dan penuh perhatian dalam belajar, dia akan dengan suka rela aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa yang demikian sudah barang tentu akan menguasai bahan pelajaran dengan baik sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat pula.


Slameto, 1987, Belajar dan Fajktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara.

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Berguru Siswa"

Post a Comment