Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

SATU ALASAN LAGI UNTUK TERSENYUM

a. Anda yaitu Apa Yang Anda Pikirkan
“Jika anda hanya mempelajari metode-metode , Anda akan terikat dengan metode-metode itu, namun kalau Anda mempelajari prinsip-prinsip, Anda sanggup merancang metode-metode Anda sendiri”.


Saya percaya bahwa apa yang masuk ke pikiran kita dan orang-orang dengan siapa kita bergaul , menghipnotis pikiran kita . pemikiran-pemikiran kita menghipnotis tindakan-tindakan kita . tindakan-tindakan kita menghipnotis prestasi kita . dan prestasi kita sangat berperan dalam seberapa sukses serta senang masa depan kita. Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

Pesannya : berhati-hatilah dalam apa yang  Anda  masukkan ke dalam pikiran Anda, lantaran hal itu  akan menghipnotis tindakan-tindakan Anda  yang menghipnotis masa depan Anda.

b. Menyelesaikan Masalah
“ Takkan dapat  “melupakan” pikiran-pikiran negatif , usirlah pikiran-pikiran negatif itu dengan masukan-masukan yang positif”.

Anda sanggup mengendalikan pikiran Anda sendiri, tindakan Anda , dan emosi Anda , yang  artinya  bahwa Anda sanggup mengendalikan hidup  Anda. Cara terbaik untuk menghadapi problem sdslsh dengan menata kembali pikiran anda dan memandang problem itu sebagai kesempatan untuk tumbuh  atau menjadi lebih matang. Akan juga membantu kalau Anda ingat bahwa seandainya tak ada problem apapun di pekerjaan Anda ,kemungkinan besar Anda tidak dibutuhkan lagi. Kemungkinannya juga yaitu bahwa semakin besar kesulitannya , semakin Anda dibutuhkan untuk menanganinya . itulah alasan mengapa nama Anda terdaftar dalam slip gaji.

c. Perubahan Itu Mungkin Baik untuk Anda - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“Kita mendapat penghiburan dari mereka yang sependapat dengan kita , dan pertumbuhan dari mereka yang tidak sependapat dengan kita.

Di dunia zaman kini yang penuh dengan perubahan masyarakat maupun perubahan masyarakat maupun perusahaan , ketentraman kerja tidak terjamin lagi. Sementara kita harus menghadapi fakta bahwa perubahan itu tak terhindarkan , kita juga harus sadar  bahwa banyak perubahan yang positif dan memperlihatkan manfaat kepada individu maupun bisnis. Ada hal-hal yang sanggup Anda ubah dan ada hal-hal yang tak sanggup Anda ubah. Anda tidak sanggup mengubah suatu bisikan di hari kemarin. Jika anda bersedia mengubah cara berfikir Anda hari ini, Anda sanggup mengubah kehidupan Anda dan nafkah Anda untuk mengakibatkan hari esok Anda lebihbaik dan lebih cerah.

Pesan: analisalah situasi Anda . sudahkah Anda berupaya maksimal , dan apakah Anda telah berbuat sebaiknya dengan prosedur  yang kini ini ? kalau sudah , janganlah takut untuk mengambil dua langkah mundur  kalau hasilnya Anda sanggup maju tiga langkah.

“kata seorang boss dikala memecat seorang karyawannya , pandanglah sisi baiknya . kau kan selalu bilang ingin menjadi usahawan.


d. Gosip itu benar-benar menghancurkan

“Hati yang hangat jarang menghasilkan kepala yang panas”
Gosip selalu merusak hubungan ,terutama dengan orang yang Anda gosipkan. Umpamanya, begitu anda  menyampaikan sesuatu yang tak baik perihal seseorang , anda akan merasa tidak nyaman didekatnya  dan hubungan anda dengannya akan terpengaruh.

Dr. Adrian Rogers dengan bijaksana memperlihatkan bahwa sebelum kita menyampaikan
Informasi apapun yang mungkin sanggup dianggap gosip , kita harus merenungkan tiga pertanyaan ini dengan seksama:
  1. Apakah itu benar ? kalau ujian yang pertama ini gagal, maka tidak perlu diteruskan lagi
  2. Sekalipun itu benar, apakah kau benar-benar perlu menceritakannya ? apakah ada orang yang akan terbantu ? apakah ada orang yang akan terluka ? apakah lebih baik tidak usah dibicarakan? Jika tak ada untungnya bagi siapapun, maka motif apakah yang kau miliki  untuk menceritakannya ? Didunia kita yang penuh dengan sinisme dan skeptisme, apakah memberikan informasi ini baik? Apakah lebih baik tidak usah dibicarakan? Apakah kau lebih baik kalau menceritakannya ? kalau anda menyadarinya ibarat ini, pasti kemungkinan anda menjadi tukang gosip akan sangat berkurang.
Akan anda temukan bahwa menghentikan penyebaran gosip itu sangat besar keuntungannya. Pertama, anda tidak merusak diri sendiri, yang artinya reputasi dan harga diri anda tidak akan cacat.itu baik. Kedua, anda tidak akan merusak reputasi orang lain. Ini artinya teman-teman bergaul anda akan lebih banyak. Karena kebanyakan dari kita tidak mau kehilangan teman, itu baik.

e. Kegagalan itu penting Demi Sukses - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“ kalau Anda mempunyai impian, Anda tidak perlu pergi kealam mimpi lewat obat-obatan dan alkohol “
Untuk meraih kemenangan , Anda harus berguru kalah “ kedengarannya ibarat nasehat yang janggal, namun orang yang mengucapkannya telah mendapat lebih dari $300 juta. Bahkan dalam perekonomian zaman sekarangpun , itu yaitu jumlah yang besar . inilah ceritanya :

Pada tahun 1958, frank dan carney memulai perjuangan menjajakan pizza dari toko kelontong milik keluarganya , target mereka yaitu membayar biaya pendidikan kuliah. Sembilan belas tahun kemudian, frank carney  menjual 3,100 toko “ fizza hut” dengan harga $300 juta . nasehat Carney kepada mereka yang gres mulai perjuangan kedengaran janggal, namun ia menjelaskan konsepnya begini : “ saya pernah terlibat dalam kira-kira 50 jenis perjuangan yang berbeda-beda dan kira-kira 15 diantaranya sukses. Itu artina , rata-rata keberhasilan saya yaitu 30 persen “. Inti yang ingin disampaikan oleh Frank yaitu : Anda perlu “ terus mengayunkan pukulan” kalau ingin berhasil memukul  dan bahkan lebih penting lagi yaitu melangkah mundur ketempatnya sehabis pukulan anda meleset. Carney menyampaikan bahwa pizza hut sukses lantaran ia berguru dari kekeliruan-kekeliruannya. Kaprikornus kegagalan yaitu pengalaman yang kita semua alami , pertanyaan:  Apakah anda membiarkan kegagalan itu menjatuhkan anda atau malah mendorong anda untuk sukses ?  kalau anda melaksanakan ibarat yang dilakukan Carney, anda akan memakai kegagalan-kegagalan Anda sebagai pengalaman belajar.

f.Mengatasi Rasa Takut

“ Rasa takut yaitu kamar gelap di mana yang negatif dikembangkan”.
Rasa takut telah dengan sempurna dijadikan akronim dari False Evidence Appearing Real (Bukti Palsu yang Tampaknya Nyata).sebenarnya , kalau kita berpikir bahwa sesuatu itu layak ditakuti , persepsi itu menjadi bentuk realita yang paling kejam. Sungguh gampang menjadi berani dikala kau tidak takut”. Demikian pula halnya, sungguh gampang membicarakan bagaimana mengatasi rasa takut kalau tidak banyak yang anda takuti. Rasa takut itu memang kasatmata bagi kebanyakan orang dan kita semua takutakan sesuatu mungkin kemiskinan, perceraian, penolakan, kematian, kegagalan,berbicara di depan umum, atau ditertawakan.

Untuk mengatasi rasa takut , kita harus berguru menilik rasa takut kita. Salah satunya yaitu berpidato yang banyak sekali ditakkuti oleh kebanyakan orang, kalau itu yaitu ketakutan anda, tanyakanlah kepada diri sendiri: mengapa saya takut berpidato ? apakah lantaran saya takut ditolak ? kalau ya, apakah menurutku saya akan ditolak ? apakah saya meyakini yang akan kukatakan ? apakah pidatoku layak?  Apakah saya besar hati akan komentar-komentar yang akan saya sampaikan?  Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan itu , rasa takut anda akan berkurang , lantaran anda telah mengeksplorasi pikiran bawah sadar anda  dengan pertanyaan-pertanyaan anda dan membuang beberapa rasa takut anda.

g. Jalan Menuju Kebesaran

“Masa depan tidak pernah terjadi begitu saja melainkan diciptakan”.
Anda tidak perlu menjadi besar dikala mulai , namun anda harus mulai untuk menjadi besar. Ini adal;ah suatu pernyataan yang ampuh dan berlaku disegala bidang upaya anda.

Ada sebuah dongeng perihal seorang cowok yang kurus kering pesakitan , yang benar-benar “si kurus kering” dikala sekolah menengah ia mengenakan kacamata yang tebal, penopang tulang belakang dan penopang bahu. Citra dirinya begitu jelek dan kekuatirannya akan penampilannya begitu besar sehingga ia putus sekolah. Masa depannya tidak baik tampaknya. Lalu suatu hari ia ia mengikuti kuliah kesehatan ia terinspirasi oleh apa yang didengarnya dan menjadi yakin bahwa ada yang sanggup diperbuatnya perihal kondisi fisiknya yang buruk. Ia menginginkan masa depan yang baik ketimbang masa lalunya, maka ia berolahraga selama berjam-jam setiap harinya. Dan hasilnya penampilannya perlahan-lahan berubah demikian gambaran dirinya maupun masa depannya dan ia juga membuka salah satu studio kesehatan yang pertama di Amerika lantaran ia ingin membagi manfaat yang sedang dinikmatinya kepada orang lain. Ia sukses secara keuangan , namun yang lebih penting , ia sukses dalam hidup itu sendiri. Dan ia sanggup mengalahkan laki-laki –pria yang lima puluh tahun lebih muda darinya. Kekuatannya serta daya tahannya benar-benar mengagumkan.

“Jika anda mempunyai ambisi yang besar , ambillah langkah yang sebesar-besarnya untuk memenuhinya, namun kalau langkah anda kecil , jangan kuatir apakah itu yaitu langkah terbesar yang mungkin kini ini”.

h. Identifikasi Masalahnya, Lalu Selesaikan - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“ Waspadalah terhadap solusi-solusimudah atau palsu terhadap masalah-masalah yang kompleks . dikala Anda melihat seorang yang menyarankan solusi-solusi ibarat itu, merundukklah”.

Masalah merupakan bab hidup kita sehari-hari. Renungkanlah ini: Seandainya tak ada problem , kebanyakan dari kita akan kehilangan pekerjaan. Realistisnya , semakin banyak problem yang kita miliki dan semakin besar maslah itusemakin besar nilai kita bagi pemberi kerja kita.

Banyak orang yang memakai metode-metode yang tidak produktif untuk menangani maslah : Mereka menolak untuk mengakui adanya problem –masalah itu, menyangkal tanggung jawab atas masalah-masalah , berpura-pura bahwa masalah-masalah itu  akan hilang dengan sendirinya kalau mereka mengabaikannya , atau bersikap hambar begitu saja terhadap masalah-masalah itu. Langkah pertama untuk memecahkan problem yaitu mengakui adanya problem itu. Berikutnya kita tentukan apakah problem itu tanggung jawab kita bukan . kalau jawabannya yaitu ya , kita harus menentukan seberapa serius dan / atau urgen problem itu. sehabis itu, kita eksklusif mengambil tindakan kalau masalahnya sederhana dan cepat sanggup diatasi , atau menyebarkan rencana tindakan dan memprioritaskannya kalau solusinya lebih sulit dan lebih memakan waktu.

Pemecahan problem merupakan bab yang sangat penting dari kita dikala kita tumbuh menuju kedewasaan atau meningkat ke jenjang karier berikutnya diperusahaan.

i. Pengharapan Akan Masa Depan
“ segala menjadi paling baik bagi mereka yanng memanfaatkan  segala tragedi dengan sebaik-baiknya”.

Dr. John Maxwell menyampaikan bahwa kalau ada pengharapan akan masa depan, ada kuasa di masa sekarang. Alasannya sederhana : pengharapan akan masa depan mempunyai dampak dramatis pada pemikiran  anda hari ini. Pemikiran anda hari ini menentukan prestasi anda hari ini, dan prestasi anda hari ini mempunyai imbas eksklusif terhadap masa depan anda.

Masa kemudian anda itu penting lantaran membawa anda ke mana anda berada kini , namun sepenting apapun masa kemudian anda , tidaklah sepenting cara anda memandang masa depan. Bersahabatlah dengan masa kemudian anda biar sanggup memfokuskan perhatian pada hari ini , yang akan mengakibatkan hari-hari esok Anda bahkan lebih baik lagi.

j. Pusatkanlah Perhatian Pada Tanggung Jawab Anda - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

Perhatikanlah apa yang dikerjakan orang lain,namun pusatkanlah perhatian pada prestasi anda sendiri.jika rekan-rekan sekerja terlambat dan malas-malasan, pandanglah itu sebagai kesempatan untuk memperlihatkan bantuan lebih besar dan menaiki tangga karir dengan lebih cepat lagi.

Ingatlah, kalau anda memegang posisi kepemimpinan, tanggung jawab anda yaitu menentukan orang yang tepat, kemudian melatih serta memperlihatkan wangsit kepeda mereka untuk memakai mereka. Peter Drucker mengatakannya dengan baik: “kepemimpinan yaitu meningkatkan visi seseorang , meningkatkan prestasi seseorang hingga standar yang lebih tinggi, membangun  kpribadian melampaui keterbatasan-keterbatasannya yang normal “. Percayailah konsep itu,maka keefektifan kepemimpinan Anda  dan presentasi orang Orang-orang Anda sangat meningkat
.

j. Mencari Solusi-solusi yang Sama-sama Menguntungkan

“Seorang pemenang itu cukup besar untuk mengakui kekeliruan-kekeliruannya, cukup cerdas untuk memetik manfaat darinya, an cukup besar lengan berkuasa untuk mengoreksinya”.

Setiap problem ada solusinya, namun solusi-solusi terbaik selalu sama-sama menguntungkan,itulah kepemimpinan yaang baik. Kaprikornus periksalah alternatif-alternatif yang anda miliki, ekplorasilah apa masalahnya dan tanyakanlah kepada diri sendiri, apakah solusinya ada dalam maslahnya ? dalam kebanyakan kasus, ya demikianlah adanya

k. Cobalah Mungkin Anda Bisa - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“semua orang mendengar hanya apa yang dipahaminya”.
Seperti kisah seorang perempuan berusia sembilan puluh tahun yang, dikala ditanya apakah ia sanggup bermain piano, ia menjawab bahwa ia tidak tahu.”apa maksudnya,  anda tidak tahu “. Ia ditanya. Sang perempuan menjawab sambil tersenyum, “saya belum pernah mencobanya”. Itu yaitu balasan yang baik yang saya harap akan membuka mata,telinga,serta pedoman sementara orang. Banyak dari kita yang mempunyai bakat yang belum pernah kita manfaatkan lantaran kita belum pernah “mencoba” untuk melaksanakan hal yang spesifik.

Saran: lain kali apabila ada seseorang yang bertanya kepada anda apakah anda sanggup melaksanakan sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya, janganlah eksklusif menjawab ”tidak” . Renungkanlah . mungkin anda harus mecobanya siapa tahu ? mungkin anda mempunyai bakat yang tidak anda sadari.

 l. Mengapa Anda Berada di Mana Anda Berada

“Pilihlah....bukannya kebetulan.... yang menetukan takdir manusia”.
Suatu keputusan penting yang sanggup Anda ambil bahkan selagi Anda membaca kata-kata ini yaitu merenungkan apa yang dikatakan thomas Sikking : “ Anda bukanlah produk rumahtangga berantakan, perekonomian yang hancur, dunia yang berada dalam kekacauan perang , kelompok minoritas, keluarga pemabuk, atau lingkungan yang miskin . Anda yaitu produk dari proses berfikir Anda sendiri dan apapun yang anda pikirkan hari ini akan menentukan hari esok Anda.

Jika ada orang yang menyiksa Anda di masa kemudian boleh saja  Anda menyalahkan mereka karenanya , namun janganlah membiarkan mereka meusak masa kini Anda dan masa depan Anda . kendalikanlah pikiran Anda dan masa depan Anda. Bertekadlah untuk mempunyai hari esok yang lebih baik.

“ Menjadi terkenal itu penting ;kalau tidak , mungkin orang tidak menyukai Anda”.

m. Berkomunikasi dengan Efektif - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“ Bukan apa yang Anda ketahui atau siapa yang Anda kenal. Apa Anda  adanyalah yang penting”.
Seperti yang dikatakan Nido bahwa penting untuk memperhatikan ekspresi wajah dari orang yang berbicara dengan kita. Sunggguh sulit menyembunyikan kebingungan dan biasanya cukup gampang untuk mengetahui apakah wajah tersebut memahami . ia mnyarankan biar pertama-tama kita minta umpan balik; kedua, kita dengarkan pertanyaan-pertanyaannya dengan seksama, alasannya kalau jika tak ada pertanyaan , kemungkinan besar ia tidak mengerti. Ketiga, kita harus memakai bahasa sederhana yang jelas. Ini hanyalah sebuah kapsul kecil perihal bagaimana berkomunikasi dengan benar dengan orang-orang yang berasal dari kebudayaan yang berada , namun ini yaitu permulaan yang baik.

“Wanita suka menangis dikala menonton film drama lantaran alasannya yang sama ibarat laki-laki suka berteriak dikala orang yang tidak dikenalnya mencetak skor”

n. Hal-hal Sepele yang Positif

“ Karakter yaitu jumlah total dari ribuan upaya harian untuk berupaya sebaik-baiknya yang ada di dalam diri kita “.

Kebohongan mungkin efektif untuk masa sekarang, namun jelas-jelas tidak mempunyai masa depan.
Siapaun yang mendapat pengetahuan namun tidak mengamalkannya yaitu ibarat seseorang yang membajak sawah namun tidak menanam.

Anda tak sanggup menaiki tangga sukses kaki dengan kaki dingin.
Anda akan terikat pada metode-metode itu, namun kalau Anda mempelajari prinsip-prinsip, Anda sanggup merancang metode-metode Anda sendiri.(RALPH WALDO EMERSON)
Jika Anda ingin mengangkat saya, Anda harus berada di daerah yang lebih tinggi.(RALPH WALDO EMERSON)
Kebanyakan dari apa yang terjadi kepada diri Anda terjadi lantaran Anda sendiri.
Ucapan kita mengungkapkan pikiran kita dan mencerminkan harga diri kita; tindakan-tindakan mencerminkan huruf kita, kebiasaan kita, dan meramalkan masa depan kita.(WILLIAM ARTHUR WARD).
Taktik yaitu seni menyulut api dibawah orang tanpa menciptakan darah mereka mendidih.
Imajinasi yaitu bayangan pendahuluan perihal atraksi-atraksi kehidupan yang akan datang.
Kita semua dibentukoleh apa yang diperlukan orang lain dari kita. Kita hidup entah lebih tinggi atau lebih rendah dari apa yang diyakini orang lain perihal kita dan apa yang sanggup kita lakukan.

o. Pendidikan Itu Penting - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“ Dalam pergumulan itu sendirilah Anda definisikan diri sendiri”.
James Truslow Adams menyampaikan bahwa jelaslah ada dua pendidikan: Yangsatu mengajar kita mencari nafkah dan yang lain mengajar kita bagaimana seharusnya kita hidup. Untuk mendapat kedua pendidkan ini, ada tiga hal penting yang harus dipenuhi: kita membutuhkan informasi, pengetahuan, dan hikmat.kitamendapatkan informasi dari suratkabar dan majalah . kita mendapat pengetahuan dari buku-buku yang baik, ensiklopedia, kuliah, seminar. Hikmat yaitu penggunaan penggunaan yang benar dari kebenaran dalam pengetahuan yang kita miliki dan memungkinkan kita mendapat informasi dan pengetahuan kemudian menggunakannya untuk mengambil keputusan-keputusanyang baik.

p. Berpenampilan untuk Sukses

“ Jika Anda tidak positif terhadap diri sendiri, kapasitas Anda untuk mempercayai orang lain akan terbatas.

Yang menjadi salah satu problem utama dimasyarakat kita dizaman kini ini yaitu kurangnya kepercayaan diri yang banyak dirasakan orang dalam penampilannya.dan ini sangat terbukti bahwa penampilan yang rapi dan pakaian yang pantasberdampak eksklusif terhadap tingkah laris dan prestasi. Ini juga sangat penting dalam mendapat pekerjaan , dan akan berdampak terhadap masa depan anda dengan perusahaan yang mempekerjakan Anda. Orang yang akan mempekerjakan anda akan membentuk persepsi perihal anda dalam waktu kira-kira tiga detik,dan persepsi itu yaitu suatu faktor dalam setiap keputusan-keputusan yang diambil perihal anda selama beberapa bulan.tapi sayangnya cukup banyak penduduk kita yang sepertinya sengaja berpakaian untuk menciptakan dirinya tidak menarik dan, oleh karenanya , kurang disukai sebagai karyawan, rekan,, teman, atau pasangan.

r. Menangani Kritik - Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum

“ Tak seorangpun sepenuhnya menghargai nilai kritik yang membangun selain orang yang mengritik”.
Seperti yang dikatakan oleh Aristoteles bahwa kritik dimaksudkan sebagai standar dalam mengukur kemauan. Addison menyampaikan bahwa sungguh menggelikan kalau ada orang yang mengritik pekerjaan orang lain sementara ia sendiri tidak pertanda dirinya dengan prestasinya sendiri. Dunia ini sangat suka mengritik, namun sekali-sekali memang ada gunanya. Tanyakanlah kepada diri sendiri: apakah kepentingan orang yang mengritik ini terhadapku ? Seorang AyahatauIbu,guru, pemberi kerja , atau pelatih, mempunyai kepentingan terhadap prestasi Anda. Sayangnya banyak dari mereka tidak tahu cara yang efektif untuk membangun seseorang sambil memperlihatkan saran-saran yang sanggup membawa perbedaan.

“Kritik yang jujur sungguh sulit diterima , terutama kalau diucapkan oleh seorang sanak saudara, teman,kenalan, atau orang absurd (FRANKLIN P. JONES).


s. Ingatan Itu Penting

“Jadilah ibarat sebuah penghapus.... akuilah kekeliruan-kekeliruan Anda, belajarlah dari kekeliruan-kekeliruan Anda , kemudian hapuskanlah kekeliruan-kekeliruan Anda itu dari ingatan Anda”.

Dr. Hermawan memperlihatkan bahwa kebanyakan orang biasanya sanggup mengingat kira-kira sepertiga dari yang mereka ketahui. Namun , sehabis sebulan latihan setiap hari untuk mengingat banyak sekali informasi, mereka sanggup meningkatkan secara dramatis, entah dalam mengingat lokasi geografis , fakta historis , atau tragedi pribadi yang terjadi bertahun-tahun sebelumnya. Ini pertanda bahwa kalau kita memang mempunyai “ ingatan yang buruk”, mungkin ini yaitu lantaran ingatan yang tak dilatih atau malas. Latihlah ingatan Anda. Anda akan mendapat kegembiraan , lebih efektif , lebih produktif , dan lebih senang , dalam prosesnya.


Tulisan diambil dari sebuah buku Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum karya Zig Ziglar bukunya sangat manis untuk dibaca silahkan beli ditoko buku terdekat

0 Response to "Satu Alasan Lagi Untuk Tersenyum"

Post a Comment