Evaluasi pembelajaran dimulai dari melakukan acara tes formatif dan sumatif. Tes formatif dilakukan setiap ahad dalam bentuk ulangan, atau yang lebih dikenal sebagai nama ulangan harian.
Ulangan harian (UH) atau yang kini kita kenal dengan istilah Penilaian Harian (PH) untuk pembelajaran tematik dilakukan setiap sesudah menuntaskan satu subtema. Tema 2 pembelajaran di kelas 5 juga terdiri dari 3 buah subtema. Nah, pada kesempatan kali ini admin bakal bagikan contoh soal ulangan harian pada subtema 3 di tema 2.
Adapun muatan pelajaran yang dipadukan dalam terdiri dari PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Selanjut nya berikut ini bahan yang dibelajarkan pada subtema 3 di tema 2 kelas 5 SD.
Adapun bahan pembelajaran untuk setiap muatan pelajaran pada subtema 3 yakni sebagai berikut :
- Bahasa Indonesia : Penggunaan kalimat tanya
- PKn : Bentuk-bentuk tanggung jawab di masyarakat
- IPA : Cara memelihara kesehatan organ pernapasan
- IPS : Jenis perjuangan ekonomi masyarakat
- SBdP : Gambar kisah dan teknik membuat gambar
Selanjut nya berikut ini contoh soal ulangan harian subtema 3 yang sanggup anda gunakan dalam melakukan evaluasi harian di kelas 5 SD/MI sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013.
Soal evaluasi harian yang admin sajikan disini lebih banyak memakai soal uraian dan tanpa pilihan ganda. Hal ini sengaja saya buat sebagai contoh bagi guru-guru untuk melakukan evaluasi dengan soal pada model soal hight order thinking skill.
Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 SD/MI Kurikulum 2013
1. Melaksanakan kiprah piket merupakan bentuk . . . . di lingkungan sekolah.
2. Kebersihan lingkungan sekitar merupakan tanggung jawab . . . .
3. Pelaksanaan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab akan membuat kehidupan masyarakat yang . . . .
4. Bagaimana cara melakukan kiprah piket kelas dengan penuh tanggung jawab?
5. Berikan empat contoh hak warga masyarakat !
Bacalah tentang dibawah ini, sebelum menjawab soal nomor 6 – 10
Petani yang Baik Hati
Di sebuah desa yang berjulukan Wanagiri, hiduplah seorang petani dengan istrinya. Kesehariannya Pak Tani bekerja di sawah dari pagi sampai sore. Ia pun bekerja dengan sepenuh hati dan tidak pernah mengeluhkan pekerjaannya. Selain bekerja di sawah Pak Tani juga memelihara beberapa itik. Itik tersebut dirawat dengan baik.
Setiap hari sepulang dari sawah, Pak Tani selalu memberi makan pada itiknya. Ia pun tidak pernah melupakan itik tersebut. Sehingga pada suatu ketika, hasil sawah Pak Tani tidak terlalu bagus. Karena padi-padinya banyak dimakan tikus. Akibatnya penghasilan Pak Tani berkurang drastis, dan di rumah tidak ada lauk lagi.
Istrinya pun menyarankan semoga Pak Tani menjual beberapa itik-itik mereka. Namun, dia menolak apa yang disarankan istrinya. “Kita masih sanggup memanfaatkan telur itik tersebut untuk lauk” kata Pak Tani.
Itik tersebut pun tidak jadi di jual. Alangkah kagetnya mereka dikala mendapati telur-telur itik itu menjelma emas. Emas-emas itu keluar dari badan itik. Mereka sangat bahagia. Emas-emas itu ditukarkan dengan kebutuhan hidup mereka. Sekarang Pak Tani tidak lagi kekurangan. Ia menjadi seorang yang kaya raya di desanya.
6.Mengapa hasil panen Pak Tani tidak bagus?
7. Apa yang dilakukan Istri Pak Tani dikala kehabisan lauk ?
8. Bagaimana menurutmu perilaku Pak Tani?
9. Kapan Pak Tani pulang dari sawah?
10.Dimana Pak Tani dan istrinya tinggal?
11. Kabut asap sanggup menyebabkan iritasi pada . . .
12. Ketika terjadi kabut asap pembakaran , yang baik dilakukan yakni . . . .
13. Alveolus dalam paru-paru merupakan kawasan terjadinya . . . .
14. Sebutkan tiga cara untuk menjaga kesehatan organ pernapasan !
15. Bagaimana pepohonan mempunyai kegunaan dalam memelihara kesehatan organ pernapasan manusia?
16. Kegiatan menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup merupakan acara . . . .
17. Manusia dalam hidupnya selalu berinteraksi dengan orang lain, ini menunjukkan insan sebagi makhluk....
18. Pak Gusti membuka perjuangan toko kelontong. Masyarakat sanggup memperoleh kebutuhan sehari-hari di toko Pak Gusti. Dalam acara ekonomi, Pak Gusti berperan sebagai . . . .
19. Berikan 3 cara yang dilakukan dalam membuat persaingan perjuangan yang sehat!
20. Apakah perbedaan agen dengan produsen ?
21. Membuat gambar kisah dengan memakai pensil dan crayon, berarti memakai teknik . . . .
22. Gambar yang disertai dengan pesan singkat semoga pembaca terpengaruh disebut . . . .
23. Sebelum mewarnai gambar kisah terlebih dahulu membuat . . . .
24. Sebutkan 3 ciri-ciri gambar kisah !
25. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat gambar kisah !
Demikian artikel pendidikan terbaru, yang termuat pada hari ini khususnya terkait dengan kurikulum 2013 k13 edisi revisi terbaru dengan judul Soal Penilaian Harian Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019
0 Response to "Soal Evaluasi Harian Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Sd/Mi Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019"
Post a Comment