Pengertian Tugas Definisi Berdasarkan Para Ahli, Konsep, Struktur

Pengertian Peran adalah serangkaian sikap yang dibutuhkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal.  Peran didasarkan pada preskripsi ( ketentuan ) dan cita-cita tugas yang menunjukan apa yang individu-individu harus lakukan dalam suatu situasi tertentu semoga sanggup memenuhi harapan-harapan mereka sendiri atau cita-cita orang lain menyangkut peran-peran tersebut. ( Friedman, M, 1998 : 286 )   Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur

Peran adalah - Stres Peran
Stres tugas terjadi kalau suatu struktur sosial, menyerupai keluarga membuat tuntutan-tuntutan yang sangat sulit, mustahil atau tuntutan-tuntutan yang menyebabkan konflik bagi mereka yang menempati posisi dalam struktur sosial masyarakat. (Friedman, M, 1998 : 287 )


Struktur Peran
Struktur tugas sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu: 
a. Peran Formal ( Peran yang Nampak Jelas )
Yaitu sejumlah sikap yang bersifat homogen. Peran formal yang standar terdapat  dalam keluarga. Peran dasar yang membentuk posisi sosial sebagai suami-ayah dan istri-ibu yaitu tugas sebagai provider ( penyedia ); pengatur rumah tangga; menunjukkan perawatan; sosialisasi anak; rekreasi; persaudaraan (  memelihara kekerabatan keluarga paternal dan maternal ); terapeutik; seksual.

b. Peran Informal ( Peran Tertutup )
Yaitu suatu tugas yang bersifat implisit ( emosional ) biasanya tidak tampak ke permukaan dan dimainkan hanya untuk memenuhi kebutuhan emosional individu dan untuk menjaga keseimbangan dalam keluarga, peran-peran informal memiliki tuntutan yang berbeda, tidak terlalu dan didasarkan pada atribut-atibut kepribadian anggota keluarga individual. Pelaksanaan peran-peran informal yang efektif sanggup mempermudah pelaksanaan peran-peran formal. 

Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Peran

a. Kelas sosial
Menurut Komarovsky (1964) di dalam Friedman, M (1998) dalam studi kualitatifnya wacana pekerja terampil berkerah putih dan pekerja kasar, dalam keluarga mereka ditemukan bahwa semakin tinggi pendidikan suami, semakin besar keakraban dan persahabatan dalam perkawinan. Sedangkan kelas sosial sendiri sanggup di  bagi menjadi Keluarga Kelas   9 Bawah dan Keluarga Kelas Menengah (Friedman, M, 1998 : 303-304 )   

 serangkaian sikap yang dibutuhkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang dibe Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur


b. Bentuk-bentuk keluarga 
  • Keluarga Inti ( Konjugal )
 Terdiri dari suami, istri, dan anak mereka. 
  • Keluarga Orientasi.
 Unit keluarga yang di dalamnya seseorang dilahirkan. 
  • Keluarga Besar. 
Kelurga inti dan orang-orang yang bekerjasama ( oleh darah ) yaitu keluarga  inti ditambah sanak keluarga       ( kakek/nenek, tante, paman dan sepupu ). (Friedman, M, 1998 : 12 )
c. Latar Belakang Keluarga
d. Tahap Siklus Kehidupan Keluarga 
c. Model-model Peran 
d. Peristiwa Situasional yang Khususnya Masalah Kesehatan  atau Sakit (Friedman, M, 1998 : 302)


Daftar Pustaka - Pengertian Peran Definisi Menurut Para Ahli, Konsep, Struktur

Friedman, Marilyn M. (1992). Family Nursing. Theory & Practice. 3/E. Debora Ina R.L. (1998) ( alih bahasa ). Jakarta: EGC

0 Response to "Pengertian Tugas Definisi Berdasarkan Para Ahli, Konsep, Struktur"

Post a Comment