Pengertian Modal Berdasarkan Para Jago Definisi Dalam Akuntansi

Pengertian Modal Menurut Para Ahli Definisi dalam Akuntansi - Dengan perkembangan teknologi yang makin jauhnya spesifikasinya dalam perusahaan serta makin banyaknya perusahaan yang menjadi besar maka faktor produksi modal memiliki arti penting yang lebih menonjol lagi. Arti faktor produksi modal dalam sejarah perkembangan sesuai dengan perkembangan artian modal itu sendiri secara ilmiah. Definisi Modal

Berbagai Jenis pengertian modal :
1.    Modal Abstrak – Konkrit
Modal abstrak  / capital value suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu ialah relatif permanen, sedangkan modal konkrit / capital goods mengalami perubahan atau pergantian.

2.    Modal Aktif – Pasif
Modal aktif ialah modal yang tertera disebelah debet dari neraca yang menggambarkan bentuk – bentuk dimana seluruh dana yang diperoleh perusahaan diutamakan. Sedangkan modal pasif ialah modal yang tertera disebelah kredit dari neraca yang menggambarkan sumber – sumber dimana dana yang diperoleh.(Bambang Riyanto, Dasar – dasar Pembelanjaan Perusahaan  ( Yogyakarta : Yayasan Badan Penerbit UGM, 1991 ), hal. 11 - 17)
       
Pembagian modal aktif :
  1. Berdasarkan cara dan lamanya perputaran, modal aktif dibedakan antara aktiva lancar dan aktiva tetap. Perbandingan atau perimbangan antara kedua aktiva tersebut akan memilih struktur kekayaan.
  2. Berdasar atas fungsi bekerjanya aktiva, modal aktif dibedakan dalam modal kerja ( working capital assets ) dan aktiva, modal aktif dibedakan dalam modal kerja ( working capital assets ) dan aktiva tetap ( fixed capital assets )
 Menurut Para Ahli Definisi dalam Akuntansi  Pengertian Modal Menurut Para Ahli Definisi dalam Akuntansi

Pembagian modal pasif :
  1. Dilihat dari asalnya, modal pasif dibedakan atas modal sendiri dan modal abnormal atau modal tubuh perjuangan dan modal kreditur / hutang.
  2. Ditinjau dari lamanya penggunaan, modal pasif dibedakan antara modal jangka panjang dan modal jengka pendek.
  3. Berdasarkan syarat solvabilitas dalam korelasi dengan jaminan, modal pasiva sanggup dibedakan antara modal sendiri dan modal asing.
  4. Berdasarkan syarat rentabilitas dalam korelasi dengan peghasilan / pendapatan, modal pasiva dibedakan antara modal dengan pendapatan tetap ( modal obligasi ) dan modal pendapatan tidak tetap ( modal saham ).


Daftar Pustaka: Pengertian Modal Menurut Para Ahli Definisi

Bambang Riyanto, Dasar – dasar Pembelanjaan Perusahaan  ( Yogyakarta : Yayasan Badan Penerbit UGM, 1991 ), hal. 11 - 17

0 Response to "Pengertian Modal Berdasarkan Para Jago Definisi Dalam Akuntansi"

Post a Comment