Pengertian Media Vcd Dalam Pembelajaran, Definisi, Makalah, Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran - Salah satu media Audio-Visual ialah media VCD pembelajaran Menurut Brown ialah suatu media pada jadwal distribusi atau produksi untuk jadwal master yang dibuat dalam bentuk film atau video tape dan dipindahkan atau ditransfer pada disc atau kepingan plastik melalui proses yang tepat, yang dibuat menyerupai piringan hitam.( Borwn. Instruction, Tecnology, Media and Methods. New York : Mc. Graw Hill. 1977. Hlm 237)


Media VCD dalam Pembelajaran - Selain itu Heinich, juga mengemukakan pengertian VCD ialah sebuah disc plastik yang digunakan untuk merekam suara, gambar, dan bahkan simbol atau lambing, dan juga bunyi dan gambar tersebut bisa ditayangkan atau ditampilkan kembali melalui VCD player dan monitor televisi. (Heinich. Instuctional Media and The New Technologies of Instuction. New York : John Wiley and Sons. 1982. Hlm 238) 

Begitu juga dengan Locatis mengemukakan pengertian VCD ialah suatu benda yang diformat untuk jadwal televisi, yang fungsinya bisa merekam dan menampilkan informasi dalam bentuk audio visual. (Locatis. Media and Technology For Education and Training. Sydney : Colombus Toronto London Sydney. 1984. Hlm 210)
 
Dari beberapa pendapat tersebut sanggup disimpulkan bahwa media VCD pembelajaran ialah media berbentuk piringan lengkap audio visual yang berisikan materi pelajaran serta dimasuki dengan bunyi narator yang mempunyai kegunaan untuk menjelaskan objek yang telah divisualkan, biasanya mempunyai diameter 12 cm. sehingga manfaat VCD pembelajaran ialah sangat membantu guru dalam penyampaian ide-ide atau gagasan materi pelajaran yang diinformasikan kepada siswa dan antara guru dengan siswa mempunyai persamaan persepsi.
Jadi, media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan sanggup merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga sanggup mendorong terjadinya proses berguru pada siswa. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk berguru lebih baik dan sanggup meningkatkan performan mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Media sanggup berupa manusia, materi, atau tragedi yang membangun kondisi yang membuat siswa bisa memperoleh pengetahuan. Keterampilan atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks dan lingkungan sekolah juga merupakan media.

Langkah-langkah media VCD
Pemanfaatan media VCD pembelajaran ekonomi ini, juga mengacu pada mekanisme pemanfaatan media pembelajaran yang dikemukakan oleh Abidin yaitu: (Abidin Zainal. Aplikasi Media Dalam Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud. 1998. Hlm 77.)
1.    Langkah persiapan
Langkah persiapan dalam pemanfaatan media pembelajaran diarahkan untuk membuat terjadinya interaksi antara subyek didik dengan media pembelajaran, yaitu segala acara dan cara yang perlu dilakukan guru baik bekerjasama dengan dirinya sendiri, siswa, materi dan alat serta lingkungan biar nantinya siap untuk menciptakn terjadinya interaksi yang optimal sehingga mendukung acara pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan-kegiatan tersebut sanggup berupa : 
  • mempelajari petunjuk pemanfaatan dan  materi penyerta bagi guru atau siswa yang menempuh pembelajaran individual, 
  • mempelajari tujuan pembelajaran khusus terutama yang berkaitan dengan kemampuan dan isi yang perlu disampaikan, 
  • meempersiapkan dan menguasai materi yang akan disampaikan, 
  • mencatat hal-hal yang pokok yang perlu diperhatikan,
  • mempelajari urutan dan kekerabatan antara materi satu dengan materi lain, 
  • menugaskan kepada siswa untuk membaca, merangkum, mengobservasi, menginterview, atau kiprah lainnya sehubungan dengan pembelajaran yang akan dibahas.


2.    Langkah Pelaksanaan
Tingkat ini merupakan tindak lanjut dari segala sesuatu yang dipersiapkan pada langkah persiapan termasuk acara yang telah ditetapkan dalam petunjuk pemanfaatan yang pada dasarnya merealisasikan terjadinya interaksi antara siswa dengan media dalam mencapai setiap tujuan pembelajaran yang sesuai dengan pola, prosedur, dan taktik pembelajaran yang digunakan serta menerapkan prinsip-prinsip berguru siswa aktif, proteksi motivasi dan lain-lain. Sedangkan acara ini sanggup berupa : 
  • mengkaitkan pelajaran yang kemudian dengan yang akan dipelajari dengan banyak sekali teknik penggunaan media, 
  • menyampaikan topik dan tujuan serta manfaat atau pentingnya topik yang akan dipelajari dengan sedapat mungkin dimediakan, 
  • diusahakan selalu dimonitor pemahaman mereka akan materi yang dipelajari melalui media  dengan tanya jawab atau cara lain, 
  • atau penyampaian permasalahan melalui media kemudian dibahas bersama, 
  • dapat juga media digunakan sebagai materi simpulan untuk mencocokkan pemahaman atau persepsi mereka, 
  • menutup pelajaran dengan cara merangkum, menyimpulkan memperlihatkan urutan keterhubungan materi satu dengan yang lain melalui media.


3.    Langkah Tindak Lanjut
Langkah tindak lanjut dalam pemanfaatan media pembelajaran ini dimaksudkan untuk menjajaki apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Juga dimaksudkan untuk pemantapan, pendalaman, dan menerima balikan dari materi yang telah disajikan melalui media. Termasuk juga dalam acara ini ialah mengadakan perbaikan atau remediasi bagi yang mengalami kesulitan dan memperlihatkan pengayaan bagi mereka yang telah mencapai dengan baik, sekaligus mendapatkan informasi masukan untuk perbaikan penggunaan media pembelajaran bila perlu diulangi pemanfaatannya. 

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu : 
  • mengadakan tes untuk mengetahui seberapa banyak tujuan pembelajaran yang dicapai, 
  • meminta masukan dari banyak sekali pihak ihwal komponen dan mekanisme pemanfaatan media melalui angket atau wawancara, 
  • memberikan kiprah untuk mendiskusikan, mengadakan observasi menyimpulkan, melaporkan atau tugas-tugas lain untuk pendalaman atau pemantapan materi yang disajikan, 
  • mengadakan balikan terhadap acara pembelajaran yang telah diikuti, 
  • mengadakan remediasi terhadap mereka yang mengalami kesulitan dengan pemanfaatan media yang sama atau yang telah dipersiapkan khusus untuk acara remedi.
 Menurut Brown ialah suatu media pada jadwal distribusi atau produksi untuk jadwal mast Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran, Definisi, Makalah, Menurut Para Ahli


Adapun manfaat media VCD pembelajaran ekonomi adalah: 
  1. Guru lebih gampang memberikan materi pembelajaran ekonomi ihwal acara ekonomi, sebab media VCD pembelajaran bisa menyajikan gambar bergerak dan bersuara (audio visual) sehingga siswa akan lebih cepat mendapatkan pesan dan merangsang untuk belajar.
  2. Media pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan pendapatan nasional  disampaikan melalui VCD pembelajaran akan lebih efektif dibandingakan dengan memakai pola atau media benda sebenarnya, sebab memakai pola atau media benda bahwasanya terlalu sulit dan rumit. Melalui media VCD pembelajaran pola gerakan-gerakan sanggup disajikan dengan cepat dan gampang diulang dan di “pause” sesuai dengan kebutuhan.
  3. Siswa lebih termotivasi dan terhibur dalam mendapatkan materi pelajaran yang disampaikan melalui media VCD pembelajaran, sehingga lebih gampang dalam memahami materi ihwal acara ekonomi.

Artikel Pengertian Media VCD dalam Pembelajaran ini dilengkapi dengan footenote untuk dijadikan rujukan dalam mengerjakan tugasnya.

0 Response to "Pengertian Media Vcd Dalam Pembelajaran, Definisi, Makalah, Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment