Sergur id - Selamat tiba di blog Pendidikan terbaru, pada kesempatan yang berbahagia ini admin bakal share mengenai Kisi –Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Kelas SD. Namun sebelumnya, silahkan anda baca terlebih dahulu ulasan berikut ini:
Kompetensi Yang Perlu Dikuasai Guru Kelas SD
PPG dalam jabatan (PPGDJ) merupakan program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan untuk guru yang mengajar pada satuan pendidikan (sekolah) dan memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV tetapi belum memperoleh sertifikat pendidik . Program ini sering disebut – sebut sebagai acara sertifikasi masa kini. Makara bagi guru yang belum menerima sertifikat pendidik tidak lagi didapat melalui PLPG akan tetapi sanggup memperolehnya melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.
Sejak awal registrasi nya tahun 2017 lalu sampai sekarang, PPGDJ selalu menimbulkan respon yang cukup besar bagi para guru khususnya guru sekolah dasar. Hal itu terlihat dari banyaknya guru yang terdaftar dalam acara PPGDJ. Namun tidak semua pendaftar bisa pribadi jadi penerima PPGDJ.
Pasalnya untuk bisa menjadi penerima PPGDJ guru harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online (pretest). Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes talenta dan minat.
Mengingat banyak nya penerima yang tidak lulus, guru perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi pretes PPGDJ. Karena mengikuti pretest dengan persiapan akan jauh lebih yummy daripada mengandalkan keberuntungan.
Kisi – kisi ini bisa jadi pola kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik dan sebagai modal untuk membantu persiapan Bapak / Ibu guru untuk mengikuti pretest PPG pada kesempatan berikutnya. Karena kisi – kisi pretest PPGDJ masih mengacu pada kisi – kisi pretest PPGDJ yang terbit pada tahun sebelumnya.
Nah untuk mengetahui lingkup materi yang akan diujikan sebagai bekal persiapan menghadapi pretest PPGDJ nanti. Kali ini akan di paparkan kisi – kisi soal pretest untuk guru kelas SD. Berikut kisi – kisinya :
KISI-KISI SELEKSI PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
NO | SUB KOMPETENSI | CAPAIAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Bakat | Kemampuan Penalaran dan Pemecahan masalah | 1. Berpikir analitis kritis |
2. Berpikir Kreatif | |||
3. Pengambilan keputusan secara etis | |||
Perlakuan terhadap siswa | 4. Menghargai perbedaan individu | ||
5. Memotivasi siswa | |||
6. Bersahabat | |||
Kemampuan Penyesuaian Diri | 7. Terbuka terhadap perubahan yang positif | ||
8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak | |||
2 | Minat | Minat terhadap profesi tertentu: | 9. Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non- kependidikan dengan perasaan senang |
10. Sikap positif terhadap profesi guru | |||
Minat terhadap tugas-tugas spesifik guru | 11. Intensitas keterlibatan guru dalam bidang literasi & kegiatan ilmiah | ||
12. Intensitas keterlibatan guru dalam acara layanan sosial | |||
13. Intensitas berkomunikasi secara persuasif |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES POTENSI AKADEMIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Verbal | Hubungan kata | 1. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
2. sanggup menentukan sepasang kata yang mempunyai korelasi analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem | |||
3. sanggup menentukan satu kata yang mempunyai ciri atau sifat yang berbeda dengan 4 pilihan kata yang lain | |||
Analitis | 4. sanggup menarik kesimpulan menurut seperangkat pernyataan yang berupa fakta-fakta yang saling berhubungan | ||
Logis | 5. sanggup menarik kesimpulan dari dua premis yang diberikan | ||
2 | Numeric | Deret | 6. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per satu angka) |
7. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar) | |||
8. sanggup menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret angka dengan 2 pola tertentu | |||
Aritmatika | 9. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan pengurangan) |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan pembagian) | |||
11. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana memakai desimal dan pecahan | |||
12. dapat menemukan solusi dari soal cerita yang memerlukan strategi operasi hitung | |||
3 | Figural | Hubungan Bentuk | 13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 4 |
14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola pencerminan dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 3 | |||
Serial | 15. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan bentuk/warna dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3 | ||
16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola rotasi berlawanan arah jarum jam dan perubahan bentuk dengan awal stimulus sebanyak 4 | |||
4 | Verbal | Hubungan kata | 17. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
18. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES : PEDAGOGIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Merencanakan pembelajaran | Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan; | 1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan penerima sanggup merumuskan indikator kompetensi |
2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi penerima sanggup merumuskan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) | |||
Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan penilaian pembelajaran; | 3. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan, penerima sanggup tetapkan materi pembelajaran yang diperlukan. | ||
4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup tetapkan proses pembelajaran yang sesuai. | |||
5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup tetapkan sumber belajar/media pembelajaran yang diperlukan. | |||
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
6. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) dan proses pembelajaran yang telah ditentukan, penerima sanggup tetapkan jenis penilaian yang tepat | |||
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus. | 7. Dengan mencermati silabus, penerima sanggup menganalisis keterkaitan antar komponen silabus | ||
8. Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan, penerima sanggup menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tepat. | |||
2 | Melaksanakan pembelajaran | Melaksanakan pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa | 9. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menunjukkan pilihan pemecahan dilema pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan potensi siswa. |
10. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menunjukkan pilihan pemecahan dilema pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan karakter siswa. | |||
3 | Menilai dan mengevaluasi pembelajaran | Melaksanakan penilaian otentik-holistik yang meliputi ranah sikap, | 11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
pengetahuan, dan keterampilan; dan | holistik terhadap aspek sikap | ||
12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek pengetahuan | |||
13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek keterampilan | |||
Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. | 14. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menganalisis hasil penilaian pembelajaran | ||
15. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menentukan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Guru Kelas SD
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
1. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menerapkan konsep relasi dan fungsi linear dalam pemecahan masalah | Menganalisis konsep aljabar dalam pemecahan masalah |
2. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah | Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah |
3. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah | Menerapkan persamaam linear dalam pemecahan masalah |
4. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menggunakan konsep persamaan/pertidaksamaan kuadrat dalam pemecahan masalah | Menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah |
5. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menerapkan Konsep sudut secara kontektual | Menerapkan konsep sudut dalam kehidupan sehari- hari |
6. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Sifat- sifat bangun datar | Memecahkan masalah geometri dan pengukuran |
7. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan bayangan titik-titik terhadap transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi) | Menerapkan masalah geometri dan pengukuran |
8. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menganalisis masalah yang berkaitan dengan Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit | Menerapkan masalah pengukuran luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari |
9. | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan statistika | Menerapkan masalah yang berkaitan dengan statistika |
10. | Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menuntaskan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata. | Memecahkan matematisasi horizontal untuk menuntaskan dilema matematika sosial dalam dunia nyata. | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika sosial |
11. | Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menuntaskan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata. | Menggunakan matematisasi vertikal untuk menuntaskan masalah dalam dunia nyata. | Menggunakan logika/penalaran untuk menuntaskan masalah sehari-hari |
12. | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika | Menggunakan bilangan untuk memecahkan masalah sehari-hari |
13. | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi kecepatan | Menyelesaikan masalah pengukuran kecepatan |
14. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengemukakan hakikat pemerolehan bahasa melalui ilustrasi kasus |
15. | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menentukan penggunaan huruf kapital yang benar dalam kalimat |
16. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar melalui sajian kalimat |
17. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menjelaskan menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
18. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menerapkan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi |
19. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mendefinisikasikan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah |
20. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Membedakan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus |
21. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menjelaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan |
22. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi |
23. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia | Memparafrasekan puisi menjadi prosa |
24. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita | Mengisi puisi yang rumpang |
25. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama | Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita |
26. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia | Mendeskripsikan kalimat kritikan secara santun yang terdapat di dalam cerita |
27. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita | Menganalisis apa yang disimak |
28. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama | Menguasai teknik menyimak |
29. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalam pelaksanaan demokrasi. |
30. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalm dunia pendidikan. |
31. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menganalisis prinsip-prinsip HAM. | Menganalisis penegakan hukum di Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan. |
32. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menganalisis prinsip-prinsip HAM. | Penerapan penegakan aturan di Indonesia |
33. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia. |
34. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia |
35. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Memberikan pengertian tentang nilai dalam konteks pendidikan kewarganegaraan. |
36. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menunjukkan sifat positif dalam menghargai kebudayaan nasional |
37. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia |
38. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia |
39. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945 |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
40. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945 |
41. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945 |
42. | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar. | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan UUD 1945 |
43. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung. | Menelaah beberapa tanda-tanda alam biotik. |
44. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung. | Merancang penelitian ihwal tanda-tanda alam biotik |
45. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Meningkatkan perawatan/ pemeliharaan lingkungan alam sekitar |
46. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam biotik |
47. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam. | Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam biotik |
48. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar. | Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam biotik. |
49. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar. | Menilai hasil observasi beberapa gejala alam biotik. |
50. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam abiotik. | Menganalisis beberapa tanda-tanda alam abiotik. |
51. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik atau biotik. | Merancang penelitian tentang gejala alam abiotik atau biotik. |
52. | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam banyak sekali situasi kehidupan sehari-hari. | Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam abiotik. | Melakukan observasi tentang tanda-tanda alam abiotik. |
53. | Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari. | Hukum IPA yang digunakan dalam kegiatan sehari- hari |
54. | Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari. | Menelaah beberapa gejala alam abiotik atau biotik |
55. | Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari. | Menerapkan IPA dengan cara menjaga kesehatan tubuh |
56. | Menganalisis hukum-hukum IPA yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam bernagai situasi kehidupan sehari-hari. | Hukum IPA dalam berbagai situasi kehidupan sehari- hari |
57. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS |
58. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS |
59. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD |
60. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD |
61. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS |
62. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
63. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS |
64. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS |
65. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa |
66. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa |
67. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa |
68. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Menemukan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari |
69. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Mengaplikasikan materi, struktur, dan konsep keilmuan dalam masyarakat |
Demikian warta terbaru dari blog pendidikan terbaru, terkait dengan Kisi –Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Kelas SD
0 Response to "Kisi –Kisi Soal Pretest Seleksi Ppg Dalam Jabatan Untuk Guru Kelas Sd"
Post a Comment