Kompetensi Yang harus Dikuasai Guru Bahasa Indonesia
PPG dalam jabatan (PPGDJ) merupakan program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan untuk guru yang mengajar pada satuan pendidikan (sekolah) dan memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV tetapi belum memperoleh sertifikat pendidik . Program ini sering disebut sebagai acara sertifikasi masa kini. Kaprikornus bagi guru yang belum menerima sertifikat pendidik tidak lagi didapat melalui PLPG akan tetapi sanggup memperoleh nya melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.
Sejak awal registrasi nya tahun 2017 kemudian sampai sekarang, PPGDJ selalu menjadikan respon yang cukup besar bagi para guru khusus nya guru bahasa Indonesia . Hal itu terlihat dari banyaknya guru yang terdaftar dalam acara PPGDJ. Namun tidak semua pendaftar bisa pribadi jadi penerima PPGDJ.
Pasal nya untuk bisa menjadi penerima PPGDJ guru harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online (pretest). Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes talenta dan minat.
Mengingat banyak nya penerima yang tidak lulus, guru perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi pretes PPGDJ. Karena mengikuti pretest dengan doa dan persiapan yang baik akan jauh lebih yummy dari pada hanya mengandalkan keberuntungan.
Kisi – kisi ini bisa jadi teladan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru bahasa indonesia dan sebagai modal untuk membantu persiapan Bapak / Ibu guru untuk mengikuti pretest PPG pada kesempatan berikutnya. Karena kisi – kisi pretest PPGDJ masih mengacu pada kisi – kisi pretest PPGDJ yang terbit pada tahun sebelum nya.
Nah untuk mengetahui lingkup materi yang akan diujikan sebagai bekal persiapan menghadapi pretest PPGDJ nanti. Kali ini admin akan di paparkan kisi – kisi soal pretest untuk guru bahasa Indonesia yang admin jadikan pedoman persiapan admin dalam menghadapi pretest pada bulan Mei kemarin sehingga admin bisa lulus. Berikut kisi – kisi nya :
KISI-KISI SELEKSI PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
NO | SUB KOMPETENSI | CAPAIAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Bakat | Kemampuan Penalaran dan Pemecahan masalah | 1. Berpikir analitis kritis |
2. Berpikir Kreatif | |||
3. Pengambilan keputusan secara etis | |||
Perlakuan terhadap siswa | 4. Menghargai perbedaan individu | ||
5. Memotivasi siswa | |||
6. Bersahabat | |||
Kemampuan Penyesuaian Diri | 7. Terbuka terhadap perubahan yang positif | ||
8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak | |||
2 | Minat | Minat terhadap profesi tertentu: | 9. Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non- kependidikan dengan perasaan senang |
10. Sikap positif terhadap profesi guru | |||
Minat terhadap tugas-tugas spesifik guru | 11. Intensitas keterlibatan guru dalam bidang literasi & kegiatan ilmiah | ||
12. Intensitas keterlibatan guru dalam kegiatan layanan sosial | |||
13. Intensitas berkomunikasi secara persuasif |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES POTENSI AKADEMIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Verbal | Hubungan kata | 1. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
2. sanggup menentukan sepasang kata yang mempunyai kekerabatan analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem | |||
3. sanggup menentukan satu kata yang mempunyai ciri atau sifat yang berbeda dengan 4 pilihan kata yang lain | |||
Analitis | 4. sanggup menarik kesimpulan menurut seperangkat pernyataan yang berupa fakta-fakta yang saling berhubungan | ||
Logis | 5. sanggup menarik kesimpulan dari dua premis yang diberikan | ||
2 | Numeric | Deret | 6. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per satu angka) |
7. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar) | |||
8. sanggup menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret angka dengan 2 pola tertentu | |||
Aritmatika | 9. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan pengurangan) |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan pembagian) | |||
11. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana memakai desimal dan pecahan | |||
12. dapat menemukan solusi dari soal cerita yang memerlukan strategi operasi hitung | |||
3 | Figural | Hubungan Bentuk | 13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 4 |
14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola pencerminan dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 3 | |||
Serial | 15. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan bentuk/warna dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3 | ||
16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola rotasi berlawanan arah jarum jam dan perubahan bentuk dengan awal stimulus sebanyak 4 | |||
4 | Verbal | Hubungan kata | 17. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
18. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES : PEDAGOGIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Merencanakan pembelajaran | Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan; | 1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan penerima sanggup merumuskan indikator kompetensi |
2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi penerima sanggup merumuskan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) | |||
Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan penilaian pembelajaran; | 3. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan, penerima sanggup tetapkan materi pembelajaran yang diperlukan. | ||
4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup tetapkan proses pembelajaran yang sesuai. | |||
5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup tetapkan sumber belajar/media pembelajaran yang diperlukan. | |||
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
6. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) dan proses pembelajaran yang telah ditentukan, penerima sanggup tetapkan jenis penilaian yang tepat | |||
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus. | 7. Dengan mencermati silabus, penerima sanggup menganalisis keterkaitan antar komponen silabus | ||
8. Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan, penerima sanggup menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tepat. | |||
2 | Melaksanakan pembelajaran | Melaksanakan pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan abjad siswa | 9. Melalui paparan kasus, penerima sanggup memperlihatkan pilihan pemecahan duduk kasus pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan potensi siswa. |
10. Melalui paparan kasus, penerima sanggup memperlihatkan pilihan pemecahan duduk kasus pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan abjad siswa. | |||
3 | Menilai dan mengevaluasi pembelajaran | Melaksanakan penilaian otentik-holistik yang meliputi ranah sikap, | 11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
pengetahuan, dan keterampilan; dan | holistik terhadap aspek sikap | ||
12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek pengetahuan | |||
13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek keterampilan | |||
Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. | 14. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menganalisis hasil penilaian pembelajaran | ||
15. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menentukan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
1. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat. |
2. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat. |
3. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
4. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat. |
5. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat. |
6. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
7. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
8. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
9. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
10. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
11. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi. |
12. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis. |
13. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik |
14. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik. |
15. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa |
16. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa |
17. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak |
18. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa. |
19. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi. |
20. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa morfologi. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
21. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis. |
22. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik. |
23. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa |
24. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak |
25. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa |
26. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik |
27. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi kedudukan bahasa Indonesia dengan tepat. |
28. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu. |
29. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (beku/ frozen style) |
30. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (formal) |
31. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (informal) |
32. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi nentukan jenis ragam tingkat keformalan (akrab) |
33. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
34. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis) |
35. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).. |
36. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai tumpuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).. |
37. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai tumpuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis). |
38. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca). |
39. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis). |
40. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara). |
41. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis). |
42. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
43. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis). |
44. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai tumpuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).. |
45. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca). |
46. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi teori struktural berdasarkan cuplikan naskah cerpen yang disajikan. |
47. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi pantun yang tepat berdasarkan ciri- cirinya |
48. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi syair yang tepat berdasarkan ciri- cirinya |
49. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi gurindam yang tepat berdasarkan ciri-cirinya |
50. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi genre (prosa) yang tepat. |
51. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi genre (puisi) yang tepat. |
52. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Mengidentifikasi genre (drama) yang tepat. |
53. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun) |
54. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: gurindam) |
55. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi baru:Soneta) |
56. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia (Prosa lirik: Kaba Minangkabau). |
57. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat) |
58. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: dongeng) |
59. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: novel) |
60. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: cerpen) |
61. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. | Mengapresiasi teks drama Indonesia |
Demikian info terbaru dari blog pendidikan terbaru, terkait dengan Kisi – Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Bahasa Indonesia
0 Response to "Kisi – Kisi Soal Pretest Seleksi Ppg Dalam Jabatan Untuk Guru Bahasa Indonesia"
Post a Comment