Pengertian Problematika Defisi Berdasarkan Para Jago Artikel Dakwah

Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah - Pengertian Problematika Istilah problema/problematika berasal dari bahasa Inggris yaitu "problematic" yang artinya duduk kasus atau masalah. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, problema berarti hal yang belum sanggup dipecahkan; yang mengakibatkan permasalahan. (Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Bulan Bintang, 2002), hal. 276)


Sedangkan hebat lain menyampaikan menyatakan bahwa "definisi problema/problematika adalah suatu kesenjangan antara cita-cita dan kenyataan yang diharapkan sanggup menuntaskan atau sanggup diharapkan atau dengan kata lain sanggup mengurangi kesenjangan itu." (Syukir, Dasar-dasarStrategi Dakwah Islami, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1983), hal. 65)

Jadi, problema ialah banyak sekali persoalan-persoalan sulit yang dihadapi dalam proses pemberdayaan, baik yang tiba dari individu Tuan Guru (faktor eksternal) maupun dalam upaya pemberdayaan masyarakat Islami secara eksklusif dalam masyarakat.

Problematika dakwah itu terbagi ke dalam dua faktor intern dan faktor ekstren :

1)    Faktor intern
Problematika datangnya dari dalam atau faktor intern cukup banyak, diantaranya :
  • Banyaknya paham atau fatwa yang berkembang di tengah-tengah masyarakat
  • Pengaruh adab istiadat yang sudah mendarah daging
  • Tingkat pengetahuan jama’ah yang tidak sama dalam suatu lembaga pengajian atau manjelis taklim.
  • Banyaknya orang-orang munafik yang berselimutkan Islam. Bicaranya Islam, membicarakan usaha tapi hati dan tingkahlakunya tidak berbeda dengan orang kafir, jikalau tidak dikatakan lebih buruk lagi. (Slamet, Prinsip-prinsip Metodologi Dakwah, (Jakarta : Usaha Nasional, 1994), hal. 78)

2)    Faktor ekstern
Yang menjadi hambatan atau problema dalam dakwah ini bukan saja faktor intern, tapi juga faktor ekstern. Hal ini meliputi diantaranya :
  • Pengaruh budaya gila baik itu melalui film, video, maupun dengan mediator orang gila itu sendiri yang tiba sebagai turis
  • Pengaruh Ideologi yang menjurus kepada mendiskreditkan Islam.
  • Aparat atau penegak aturan yang sudah terlanjur alergi terhadap Islam
  • Peraturan dan undang-undang yang kurang mendukung terhadap acara dakwah (Ibid., hal. 80)
Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah


Melihat banyak sekali problema-problema dakwah di atas baik secara intetern dan ekstern kita sanggup memahami dan mempelajarinya, sehingga kita sanggup menyikapi dan mengupayakan bagaiamana cara kita mengatasi problematika dakwah tersebut semoga terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan menuju terciptanya dakwah Islamiyah yang baik dan benar yang diridhoi Allah Swt.

Daftar pustakanya pada goresan pena Pengertian Problematika Defisi Menurut Para Ahli Artikel Dakwah saya tulis menyerupai footenote lengkap dengan halamannya pada kutipan sumber artikelnya.

0 Response to "Pengertian Problematika Defisi Berdasarkan Para Jago Artikel Dakwah"

Post a Comment