Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan Manfaat Karakteristik Sistem

Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan manfaat Karakteristik Sistem - Anderson dan Clancy (1991) mendefinisikan pengukuran kinerja sebagai:  “feedback from the accountant to management that provides information about how well the action represent the plans; it also identifies where managers may need to make corrections or adjustments in future planning and controlling activities.”


Sementara itu, Anthony, Banker, Kaplan, dan Young (1997) mendefinisikan pengukuran kinerja sebagai:  “the activity of measuring the performance of an activity or the entire value chain.”

Dari definisi-definisi di atas sanggup disimpulkan bahwa pengukuran kinerja ialah tindakan pengukuran yang dilakukan terhadap banyak sekali acara dalam rantai nilai yang ada pada perusahaan.  Hasil pengukuran tersebut lalu dipakai sebagai umpan balik yang akan memperlihatkan isu wacana prestasi pelaksanaan suatu planning dan titik di mana perusahaan memerlukan penyesuaian-penyesuaian atas acara perencanaan dan pengendalian.



Tujuan Pengukuran Kinerja
Pengukuran kinerja mempunyai tujuan pokok yaitu untuk memotivasi karyawan dalam mencapai target organisasi dan dalam mematuhi standar sikap yang telah ditetapkan sebelumnya, semoga membuahkan tindakan dan hasil yang diinginkan.

Adapun tujuan umum pengukuran kinerja adalah:

  1. untuk memilih bantuan suatu bab dari perusahaan terhadap organisasi secara keseluruhan.
  2. memberikan dasar untuk mengevaluasi kinerja masing-masing manajer.
  3. memotivasi para manajer untuk mengoperasikan divisinya secara konsisten sehingga sesuai dengan tujuan pokok perusahaan. 


Untuk itu sistem pengukuran kinerja harus memenuhi tuntutan sebagai berikut:

  1. Sistem tersebut harus mencerminkan pemahaman organisasi yaitu sistem pengukuran kinerja harus memonitor kinerja organisasi dan menggiring kinerja dalam tujuan utama organisasi.
  2. sistem pengukuran kinerja harus mengukur aspek kritis yang penting atau perbedaan-perbedaan dari kinerja organisasi untuk mencapai tujuan utama.


Manfaat Pengukuran Kinerja
Menurut Lynch dan Cross (1993), manfaat sistem pengukuran kinerja yang baik ialah sebagai berikut:

  • Menelusuri kinerja terhadap cita-cita pelanggan sehingga akan membawa perusahaan lebih erat pada pelanggannya dan menciptakan seluruh orang dalam organisasi terlibat dalam upaya memberi kepuasan kepada pelanggan;
  • Memotivasi pegawai untuk melaksanakan pelayanan sebagai bab dari mata-rantai pelanggan dan pemasok internal;
  • Mengidentifikasi banyak sekali pemborosan sekaligus mendorong upaya-upaya pengurangan terhadap pemborosan tersebut (deduction of waste);
  • Membuat suatu tujuan strategis yang biasanya masih kabur menjadi lebih nyata sehingga mempercepat proses pembelajaran organisasi;
  • Membangun konsensus untuk melaksanakan suatu perubahan dengan memberi “reward” atas sikap yang diperlukan tersebut.

Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan manfaat Karakteristik Sistem  Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan manfaat Karakteristik Sistem

Karakteristik Sistem Pengukuran Kinerja
Dengan munculnya bebagai paradigma gres di mana bisnis harus digerakkan oleh customer-focused, suatu sistem pengukuran kinerja yang efektif, paling tidak harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut:


  • Didasarkan pada masing-masing acara dan karakteristik organisasi itu sendiri sesuai perspektif pelanggan;
  • Evaluasi atas banyak sekali aktivitas, mengggunakan ukuran-ukuran kinerja yang customer-validated;
  • Sesuai dengan seluruh aspek kinerja acara yang mensugesti pelanggan, sehingga menghasilkan penilaian yang komprehensif;
  • Memberikan umpan balik untuk membantu seluruh anggota organisasi mengenali masalah-masalah yang mempunyai kemungkinan untuk diperbaiki.


Daftar Pustaka - Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan manfaat Karakteristik Sistem

Kaplan, Robert S. & David P. Norton. (1996). The Balanced Scorecard: translating strategy into action. Massachusetts: Harvard Business School Press.

0 Response to "Pengertian Pengukuran Kinerja Tujuan Manfaat Karakteristik Sistem"

Post a Comment