Pengertian Pembelajaran Kelompok - Kelompok merupakan salah satu pembelajaran dimana siswa berguru dalam kelompok-kelompok kecil yang mempunyai kemampuan yang berbeda (Anonim, 2004:11). Sedangkan berdasarkan Ibrahim, dkk (2000: 5-6) pembelajaran kelompok merupakan pembelajaran yang dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kelompok. Siswa bekerja dalam situasi pembelajaran kelompok didorong atau dikehendaki untuk berhubungan pada suatu kiprah dan mereka harus mengkoordinasi usahanya menuntaskan tugasnya.
Menurut Ibrahim, dkk (2000: 6) model pembelajaran kooperatif biasanya mempunyai unsur-unsur sebagai berikut:
- Para siswa harus mempunyai persepsi bahwa mereka sehidup dan sepenanggungan bersama.
- Para siswa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi.
- Para siswa harus berpandangan bahwa mereka memilki tujuan yang sama.
- Para siswa harus menyebarkan kiprah dan tanggung jawab yang sama besarnya dengan anggota kelompok lain.
- Para siswa akan diberikan suatu penghargaan yang akan ikut kuat terhadap evaluasi seluruh anggota kelompok.
Sedangkan berdasarkan Roger dan David Johnson dalam Lie (2007: 31-35) menyampaikan bahwa dalam pembelajaran kooperatif terdapat lima unsur pembelajaran yang harus diterapkan, yaitu:
a. Saling ketergantungan positif
Keberhasilan kelompok sangat tergantung pada perjuangan anggotanya. Untuk membuat kelompok kerja yang efektif, pengajar perlu menyusun kiprah sedemikain rupa sehingga anggota kelompok harus menuntaskan tugasnya sendiri supaya yang lain sanggup mencapai tujuan mereka..
b. Tanggung jawab perseorangan
Unsur ini merupakan akhir eksklusif dari unsur yang pertama. Dimana kiprah dan penilaian dibentuk berdasarkan rancangan pembelajaran kooperatif dan setiap siswa akan merasa bertanggung jawab untuk melaksanakan yang terbaik. Kunci keberhasilan metode ini yaitu persiapan guru dan penyusunan tugasnya.
c. Tatap muka
Setiap kelompok harus diberikan kesempatan bertatap muka dan berdiskusi. Kegiatan interaksi akan memperlihatkan kesempatan para pembelajar untuk membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota.
d. Komunikasi antar anggota
Unsur ini juga menghendaki pelajar dibekali dengan aneka macam keterampilan berkomunikasi. Keberhasilan suatu kelompok tergantung pada kesediaan para anggotanya untuk saling mendengarkan dalam mengutarakan pendapat mereka.
e. Evaluasi proses kelompok
Pengajar perlu menjadwalkan waktu khusus bagi kelompok untuk mengevaluasi proses kerja kelompok dan hasil kerjasama mereka, supaya bisa berhubungan dengan lebih efektif.
Adapun tahap-tahap dalam pembelajaran dengan metode kelompok antara lain sanggup dilihat pada tabel di bawah ini :
Tabel 2. 1 : Tahap-tahap dalam pembelajaran kerja kelompok
Fase | Tingkah laris guru |
Fase – 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa. Fase – 2 Menyajikan informasi. Fase – 3 Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar. Fase – 4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar. Fase –5 Evaluasi Fase – 6 Memberikan penghargaan | Guru memberikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar. Guru menyajikan isu kepada siswa dengan mendemonstrasikan atau lewat materi bacaan. Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok berguru dan membantu setiap kelompok supaya melaksanakan tansisi secara efisien. Guru membimbing kelompok-kelompok berguru pada ketika mereka mengerjakan tugas. Guru mengevaluasi hasil berguru perihal materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil belajarnya. Guru mencari cara untuk menghargai upaya-upaya hasil berguru individu maupun kelompok |
Berdasarkan tahap-tahap di atas sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode kerja kelompok harus dilakukan secara teratur supaya prestasi belajar sanggup meningkat.
Daftar Pustaka - Pengertian Pembelajaran Kelompok Definisi Metode
Ibrahim M, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Surabaya
Daftar Pustaka - Pengertian Pembelajaran Kelompok Definisi Metode
Ibrahim M, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Surabaya
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Kelompok Definisi Metode"
Post a Comment