Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Berguru Dalam Lingkungan Sekolah

Pengertian Lingkungan Sekolah - Lingkungan diartikan sebagai kesatuan ruang suatu benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk insan dan perilakunya yang mensugesti kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan insan serta mahluk hidup lainnya (Munib, 2005:76).


Pengertian Sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Di sekolah diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran dan latihan (Tu’u, 2004:18). Sekolah merupakan forum pendidikan formal yang sistematis melakukan kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka membantu siswa biar bisa megembangkan potensinya baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional maupun sosial (Syamsu Yusuf, 2001:54).

Sedangkan lingkungan pendidikan ialah aneka macam faktor yang kuat terhadap pendidikan atau aneka macam lingkungan daerah berlangsungan proses pendidikan. Kaprikornus lingkungan sekolah ialah kesatuan ruang dalam forum pendidikan formal yang memperlihatkan imbas pembentukan  sikap dan pengembangan potensi siswa.


Faktor-faktor dalam lingkungan sekolah
Menurut Slameto (2003:64) faktor-faktor sekolah yang mensugesti berguru meliputi :

a.    Metode mengajar
Metode mengajar ialah suatu cara atau jalan yang harus dilalui didalam mengajar. Metode mengajar sanggup mensugesti berguru siswa. Metode mengajar guru yang kurang baik akan mensugesti berguru siswa yang tidak baik pula. Agar siswa sanggup berguru dengan baik,maka metode mengajar harus diusahakan yang setepat, efisien dan efektif mungkin.

b.    Kurikulum
Kurikulum diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa. Kegiatan itu sebagian besar ialah menyajikan materi pelajaran biar siswa menerima, menguasai dan menyebarkan materi pelajaran itu. Kurikulum yang kurang baik akan kuat tidak baik pula terhadap belajar.

c.    Relasi guru dengan siswa
Proses berguru mengajar terjadi antara guru dengan siswa. Proses ini dipengaruhi oleh kekerabatan didalam proses tersebut. Relasi guru dengan siswa baik,  menciptakan siswa akan menyukai gurunya, juga akan menyukai mata pelajaran yang diberikannya sehingga siswa berusaha mempelajari sebaik-baiknya.Guru yang kurang berinteraksi dengan siswa dengan baik menjadikan proses belajar-mengajar itu kurang lancar.

d.    Relasi siswa dengan siswa
Siswa yang memiliki sifat kurang menyenangkan, rendah diri atau mengalami tekanan batin akan diasingkan dalam kelompoknya. Jika hal ini semakin parah, akan berakibat terganggunya belajar. Siswa tersebut akan malas untuk sekolah dengan aneka macam macam alasan yang tidak-tidak. Jika terjadi demikian, siswa tersebut memerlukan bimbingan dan penyuluhan. Menciptakan kekerabatan yang baik antar siswa akan memperlihatkan imbas kasatmata terhadap berguru siswa.

e.    Disiplin sekolah
Kedisiplinan sekolah bersahabat kaitannya dengan kerajinan siswa dalam sekolah dan belajar.Kedisiplinan sekolah meliputi kedisiplinan guru dalam mengajar, pegawai sekolah dalam bekerja, kepala sekolah dalam mengelola sekolah, dan BP dalam memperlihatkan layanan.
Seluruh staf sekolah yang mengikuti tata tertib dan bekerja dengan disiplin menciptakan siswa disiplin pula. Dalam proses belajar, disiplin sangat diperlukan untuk menyebarkan motivasi yang kuat. Agar siswa berguru lebih maju, maka harus disiplin di dalam berguru baik di sekolah, di rumah dan lain-lain.
 Lingkungan diartikan sebagai kesatuan ruang suatu benda Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar dalam Lingkungan Sekolah


f.    Alat pelajaran
Alat pelajaran bersahabat hubungannya dengan cara berguru siswa alasannya ialah alat pelajaran tersebut digunakan siswa untuk mendapatkan materi pelajaran dan digunakan guru waktu mengajar. Alat pelajaran yang lengkap dan sempurna akan mempercepat penerimaan materi pelajaran. Jika siswa gampang mendapatkan pelajaran dan menguasainya, berguru akan lebih ulet dan lebih maju. Mengusahakan alat pelajaran yang baik dan lengkap sangat diperlukan guna memperlancar kegiatan  belajar-mengajar.

g.    Waktu sekolah
Waktu sekolah ialah waktu terjadinya proses berguru mengajar disekolah. Waktu sekolah akan mensugesti berguru siswa. Memilih waktu sekolah yang sempurna akan memperlihatkan imbas yang kasatmata terhadap belajar. Sekolah dipagi hari ialah adalah waktu yang paling sempurna dimana pada ketika itu pikiran masih segar dan kondisi jasmani masih baik.

Dari uraian di atas, indikator-indikator dalam lingkungan sekolah ialah :
  • disiplin sekolah
  • relasi guru dengan siswa 
  • relasi siswa dengan siswa
  • fasilitas sekolah
Daftar Pustaka - Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar dalam Lingkungan Sekolah

Tu’u,Tulus.2004.Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.
   
Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

0 Response to "Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Berguru Dalam Lingkungan Sekolah"

Post a Comment