Pengertian Kecemasan Definisi Tingkat Teori Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Kecemasan Definisi Tingkat Teori Menurut Para Ahli - Kecemasan merupakan respon individu terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan dan dialami oleh semua makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Kecemasan merupakan pengalaman subjektif dari individu dan tidak sanggup di observasi secara pribadi serta merupakan suatu keadaan emosi tanpa objek yang spesifik. Kecemasan pada individu sanggup menunjukkan motivasi untuk  mencapai sesuatu dan merupakan sumber penting dalam perjuangan memelihara keseimbangan hidup. Kecemasan adalah respon emosi tanpa objek yang spesifik yang secara subjektif dialami dan di komunikasikan secara interpersonal.


Definisi Kecemasan adalah kebingungan, kekhawatiran pada sesuatu yang akan terjadi dengan penyebab yang tidak terperinci dan dihubungkan dengan perasaan tidak menentu dan tidak berdaya. (Suliswati, 2005).

Ansietas sangat berkaitan denga perasaan tidak niscaya dan tidak berdaya. Keadaan emosi ini tidak mempunyai objek yang spesifik. Ansietas berbeda dengan rasa takut,yang merupakan evaluasi intelektual terhadap sesuatu yang berbahaya. (Wiscarz, gail, 1998)

Ansietas ialah keadaan dimana seorang mengalami perasaan gelisah/cemas dan aktivasi sistem syaraf otonom dalam berespon terhadap ancaman yang tidak jelas, tak spesifik. Seseorang yang mengalami ansietas tidak sanggup mengidentifikasi ancaman. Ansietas sanggup terjadi tanpa rasa takut namun ketakutan biasanya tidak terjadi tanpa ansietas. (Capernito, Linda jual,1999)


Tingkat Kecemasan Menurut Peplauada empat tingkat kecemasan yang di alami oleh individu yaitu ringan, sedang, berat dan panik.

1.  Kecemasan Ringan
 Dihubungkan dengan ketegangan yang di  alami sehari-hari. Individu masih waspada serta lapang persepsinya meluas, menajamkan indra. Dapat memotivasi individu untuk berguru dan bisa memecahkan problem secara efektif dan memenghasilkan pertumbuhan dan kreativitas.

2.  Kecemasan Sedang
 Individu terfokus hanya pada pikiran yang menjadi perhatiannya, terjadi penyempitan lapangan persepsi, masih sanggup melaksanakan sesuatu dengan instruksi orang lain.

3.  Kecemasan Berat
 Lapangan persepsi individu sangat  sempit. Pusat perhatiannya pada detil yang kecil (spesifik) dan tidak sanggup berpikir ihwal hal-hal lain. Seluruh prilaku dimaksudkan untuk mengurangi kecemasan dan perlu banyak perintah/arahan untuk terfokus pada area lain. 

4.  Panik
 Individu kehilangan kendali diri detil perhatian hilang. Karena hilangnya kontrol, maka tidak bisa melaksanakan apapun meskipun dengan perintah. Terjadi peningkatan kegiatan motorik, berkurangnya kemampuan bekerjasama dengan orang lain, penyimpangan persepsi dan hilangnya pikiran rasional, tidak bisa berfungsi secara efektif. Biasanya disertai dengan disorganisasi kepribadian. (Suliswati, 2005)

Faktor Predisposisi
  • Dalam pandangan psikoanalitik ansietas ialah konflik emosional yang terjadi antara dua elemen kepribadian-id dan superego
  • Menurut pandangan interpersonal ansietas timbul dari perasaan takut terhadap tidak adanya penerimaan dan penolakan interpersonal. (Wiscarz, Gail,1998)

Kecemasan terjadi sebagai akhir dari ancaman terhadap harga diri atau identitas diri yang sangat fundamental bagi keberadaan individu. (Suliswati, 2005)

Pengertian Kecemasan Definisi Tingkat Teori Menurut Para Ahli  Pengertian Kecemasan Definisi Tingkat Teori Menurut Para Ahli

Teori-Teori Dalam Kecemasan

1)  Teori Interpersonal
 Sulivan mengemukakan bahwa kecemasan timbul akhir ketidak mampuan untuk bekerjasama interpersonal dan sebagai akhir penolakan.

2)  Teori Prilaku
 Teori prilaku menyatakan bahwa kecemasan merupakan hasil putus asa akhir banyak sekali hal yang mensugesti individu dalam mencapai tujuan yang di inginkan.

3)  Teori Keluarga
 Studi pada keluarga dan epidemiologi menunjukkan bahwa kecemasan selalu ada pada tiap-tiap keluarga dalam banyak sekali bentukdan sifatnya heterogen.

4)  Teori Biologik
 Otak mempunyai reseptor khusus terhadap benzodiazepin, reseptortersebut berfungsi membantu regulasi kecemasan. (Suliswati, 2005)

Daftar Pustaka - Pengertian Kecemasan, Definisi, Tingkat, Teori Menurut Para Ahli

Suliswati. 2005. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC.

Capernito, Linda Juall. (1995). Nursing Care Plans and Documentation, Monica Ester (1999 (Alih bahasa), Jakarta : EGC.

0 Response to "Pengertian Kecemasan Definisi Tingkat Teori Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment