Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan - Akuntansi pertanggungjawaban sosial merupakan penerapan akuntansi dalam ilmu sosial, ini menyangkut pengaturan, pengukuran, analisis dan pengungkapan dampak kegiatan ekonomi dan sosial dari kegiatan yang bersifat mikro dan makro pada kegiatan pemerintah maupun perusahaan. Kegiatan pada tingkat makro bertujuan untuk mengukur dan mengungkapkan kegiatan ekonomi dan sosial suatu negara, meliputi akuntansi sosial dan pelaporan akuntansi dalam pembangunan ekonomi. Pada tingkat mikro bertujuan untuk mengukur dan melaporkan dampak kegiatan perusahaan terhadap lingkungan yang mencakup, financial, managerial social accounting dan social auditing.

   
Definisi akuntansi pertanggungjawaban sosial atau yang disebut juga akuntansi sosio ekonomi berdasarkan Ramanathan ibarat yang dikutip dan diterjemahkan oleh Katjep (1988 : 8-9) yaitu :

”Proses pemilihan variabel-variabel yang akan memilih tingkat kinerja sosial perusahaan, mengukur serta mekanisme pengukuran, secara sistematis menyebarkan isu yang mempunyai kegunaan untuk mengevaluasi kinerja sosial perusahaan, dan mengkomunikasikannya kepada banyak sekali kelompok masyarakat yang dipengaruhinya baik di dalam maupun diluar perusahaan”.

   
Menurut Harahap (1995 : 184): ”Ilmu Socio Economic Accounting (SEA) merupakan bidang ilmu akuntansi yang berfungsi dan mencoba mengidentifikasi, mengukur, menilai, melaporkan aspek-aspek Social Benefit dan  Social Cost yang ditimbulkan oleh lembaga”.
   
Definisi akuntansi pertanggungjawaban sosial berdasarkan Belkaoui (1999:339) yakni sebagai berikut : ”Proses pengurutan, pengukuran dan pengungkapan dampak yang besar lengan berkuasa dari pertukaran antara suatu perusahaan dengan lingkungan sosialnya”. Sedangkan berdasarkan Lee sebagaimana yang dikutip oleh Usmansyah (1989 : 33) menyatakan bahwa secara esensial konsep akuntansi pertanggungjawaban sosial yakni suatu ekspansi dari prinsip, praktek, dan terutama keahlian dari akuntan dan akuntansi konvensional.
   
Pertukaran antara perusahaan dan masyarakat, intinya terdiri dari penggunaan sumber-sumber sosial. Apabila acara perusahaan menimbulkan bertambahnya sumber sosial, maka kesannya yakni berupa faidah sosial.
   
Meskipun ada beberapa perbedaan dalam definisi perihal akuntansi pertanggungjawaban sosial, pada prinsipnya mempunyai persamaan dalam karakteristiknya ibarat yang ditulis oleh Lee dalam Usmansyah (1989:33) :
  1. Menilai dampak sosial dari kegiatan-kegiatan perusahaan.
  2. Mengukur efektifitas dari acara perusahaan yang bersifat sosial.
  3. Melaporkan hingga seberapa jauh perusahaan memenuhi tanggung jawab sosialnya.
  4. Sistem isu internal dan eksternal yang memungkinkan penilaian menyeluruh terhadap sumber daya.

Ruang Lingkup Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial
Brummet dalam Glautier dan Underdown (1986 : 477) membagi bidang-bidang yang menjadi tujuan sosial perusahaan menjadi lima, yaitu :

a)    Sumbangan terhadap keuntungan higienis (net profit contribution)
Dengan meningkatnya perhatian terhadap tujuan sosial perusahaan, seharusnya tidak mengurangi tujuan perolehan laba. Sebab perusahaan tidak sanggup melangsungkan usahanya tanpa perolehan keuntungan yang layak. Sebaliknya, harusnya hal tersebut menambah arti pentingnya perolehan keuntungan perusahaan. Artinya, ada kekerabatan yang terang antara tujuan sosial dan tujuan memperoleh laba. Kegagalan mengakui adanya problem sosial mungkin sanggup menghipnotis kinerja keuntungan perusahaan, baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka waktu yang panjang.

b)    Sumbangan terhadap sumber daya insan (human resources contribution)
Ini memperlihatkan perihal kekerabatan perusahaan dengan para pegawainya, yaitu semua yang terlibat dalam kegiatan perusahaan. Meliputi : pengangkatan pegawai, acara pelatihan, pemberian upah dan honor secara layak, kebijakan promosi jabatan dan rotasi tugas, keamanan kerja, pelayanan kesehatan yang memadai, lingkungan kerja yang nyaman, dan lain-lain.

c)    Sumbangan terhadap publik (public contribution)
Meliputi bidang-bidang yang menampakkan kegiatan perusahaan terhadap (kelompok) individu di luar perusahaan, yang antara lain meliputi: kegiatan kemanusiaan umum, praktek peluang kesempatan kerja yang adil, pembayaran pajak kepada pemerintah dan sebagainya.

d)    Sumbangan terhadap lingkungan (environmental contribution)
Meliputi pemberian perhatian terhadap aspek lingkungan produksi yang meliputi pemakaian sumber daya, proses produksi, dan produksi yang meliputi kegiatan daur ulang, penanggulangan pencemaran dan pemeliharaan lingkungan daerah perusahaan berdiri dan beroperasi.

e)    Sumbangan terhadap barang atau jasa (product or service contribution)
Meliputi aspek kualitatif produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan. Misalnya mengenai kegunaannya, daya tahannya, pengamanan dan pelayanannya yang diupayakan sebaik mungkin sesuai kiprah yang diemban, serta meliputi pula kepuasan pelanggan, kejujuran perusahaan dalam periklanan, kelengkapan dan kejelasan dalam pemberian segel dan pembungkusan.
   
Di sisi lain,  The Committee on Accounting for Corporate Social Performance dari National Association of Accountants  yang dikutip oleh Edward dan Black (1976 : 549 – 550) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan ruang lingkup dari dampak sosial perusahaan, yang keberadaannya sanggup diadaptasi dengan jenis perusahaan, yaitu :

a.    Community Involvement :
  • General Philanthropy
  • Public and Private Transportation
  • Health Service
  • Housing
  • Aid in Personal and Bussiness Problem
  • Community Planning and Improvement
  • Volunteer Activities.
  • Specialized Food Program
  • Education

b.    Human Resources :
  • Employment Practices.
  • Training Programs.
  • Promotion Policies
  • Employment Continuity
  • Remuneration
  • Working Conditions
  • Drugs and Alcohol
  • Job Enrichments
  • Communications

c.    Physical Resources and Environmental Contribution
  • Air
  • Water
  • Sound
  • Solid Waste
  • Use of Scare Resources
  • Aesthetics

d.    Product or Service Contribution
  • Completeness and Clarity of Labeling, Packing, and Market Representation
  • Warranty Provisions
  • Responsiveness to Customer Complains.
  • Consumer Education
  • Product Quality
  • Product Safety
  • Content and Frequency of Advertising
  • Constructive Research.

Sedangkan berdasarkan Harahap (2002 : 198 – 200), keterlibatan sosial perusahaan yang diadaptasi dengan keadaan di Negara Indonesia yaitu :

  1. Lingkungan hidup, antara lain : pengawasan terhadap imbas polusi, perbaikan pengrusakan alam, konservasi alam, keindahan lingkungan, pengurangan bunyi bising, penggunaan tanah, pengelolaan sampah dan air limbah, riset dan pengembangan lingkungan, kolaborasi dengan energi, antara lain : konservasi energi yang dilakukan perusahaan, penghematan energi dalam proses produksi dan lain-lain.
  2. Sumber Daya insan dan Pendidikan, antara lain : keamanan dan kesehatan karyawan, pendidikan karyawan, kebutuhan keluarga dan rekreasi karyawan, menambah dan memperluas hak-hak karyawan, perjuangan untuk mendorong partisipasi, perbaikan pensiun, beasiswa, santunan pada sekolah, pendirian sekolah, membantu pendidikan tinggi, riset dan pengembangan, pengangkatan pegawai dari kelompok miskin, peningkatan karir karyawan dan lain-lain.
  3. Praktek Bisnis yang Jujur, antara lain : memperhatikan hak-hak karyawan wanita, jujur dalam iklan, kredit, servis, produk, jaminan, selalu mengontrol kualitas produk, dan lain-lain, pemerintah dan universitas, pembangunan lokasi rekreasi dan lain-lain.
  4. Membantu Masyarakat Lingkungan, antara lain : memanfaatkan tenaga jago perusahaan dalam mengatasi problem sosial di lingkungannya, tidak campur tangan dalam struktur masyarakat, membangun klinik kesehatan, sekolah, rumah ibadah, perbaikan desa/kota, sumbangan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan, perbaikan perumahan desa, santunan dana, perbaikan sarana pengangkutan, pasar dan lain-lain.
  5. Kegiatan Seni dan Kebudayaan, antara lain : membantu forum seni dan budaya,sponsor kegiatan seni dan budaya, penggunaan seni dan budaya dalam iklan, merekrut tenaga yang berbakat seni dan olah raga, dan lain-lain.
  6. Hubungan dengan Pemegang Saham, antara lain : sifat keterbukaan direksi pada semua persero, peningkatan pengungkapan isu dalam laporan keuangan, pengungkapan keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial, dan lain-lain.
  7. Hubungan dengan Pemerintah, antara lain : mentaati peraturan pemerintah, membatasi kegiatan lobbying, mengontrol kegiatan politik perusahaan, membantu forum pemerintah sesuai dengan kemampuan perusahaan, membantu secara umum perjuangan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat, membantu proyek dan kebijakan pemerintah, meingkatkan produktivitas sektor informal, pengembangan dan penemuan administrasi dan lain-lain.

Tujuan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial.
Tujuan akuntansi pertanggungjawaban sosial berdasarkan Belkaoui (1992:434), ”...is to measure and disclosure the costs and benefits to society created by the production-related activities of bussines enterprises”. Sedangkan berdasarkan Ramanathan yang dikutip oleh Usmansyah (1988 : 21-22) menyatakan ada tiga tujuan akuntansi pertanggungjawaban sosial yaitu :
  • Untuk mengidentifikasikan dan mengukur sumbangan sosial netto periodik dari suatu perusahaan, yang meliputi bukan hanya biaya dan manfaat yang diinternalisasikan ke dalam perusahaan, namun juga yang timbul dari eksternalitas yang menghipnotis bagian-bagian sosial yang berbeda.
  • Untuk membantu memilih apakah praktek dan seni administrasi perusahaan yang secara pribadi menghipnotis sumber daya relative dan keadaan sosial yakni konsisten dengan prioritas-prioritas sosial pada satu sisi dan aspirasi-aspirasi individu pada sisi lainnya.
  • Untuk menyediakan dengan cara yang optimal bagi semua kelompok sosial, isu yang relevan mengenai tujuan, kebijakan, program, kinerja dan sumbangan perusahaan pada tujuan-tujuan sosial.

Informasi yang dihasilkan dari proses akuntansi pertanggungjawaban sosial tidak hanya bemanfaat bagi anggota masyarakat dalam menilai kinerja sosial perusahaan, tetapi juga akan membantu administrasi mencapai tujuan, yaitu dengan meyakini adanya suatu perkembangan yang lebih menyeluruh yang telah diberikan kepada kebutuhan bisnis secara total dan penghargaan publik. Laporan sosial ini juga akan membantu administrasi berpikir mengenai akibat-akibat dari tindakan mereka sehingga administrasi sanggup mengambil keputusan dengan lebih baik.


Pengukuran dan Pelaporan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial
Menurut Glautier dan Underdown (1986 : 484 – 485) ada tiga pendekatan yang sanggup digunakan untuk ajaran pengukuran dalam pelaporan akuntansi pertanggungjawaban sosial, yaitu :

  • Pendekatan Deskriptif ( the descriptive approach)
    Pendekatan deskriptif dipandang sebagai pendekatan yang umum digunakan. Dalam laporan sosial deskriptif, isu mengenai semua acara sosial perusahaan dilaporkan dalam bentuk uraian (deskriptif). Makara pada pendekatan ini, aktifitas-aktifitas sosial perusahaan dalam pelaporannya tidak dikuantifikasikan dalam satuan uang..
  • Pendekatan biaya yang dikeluarkan (the cost of outlay approach)
    Pendekatan biaya yang dikeluarkan menggambarkan semua aktivitas-aktivitas sosial perusahaan dikuantifikasikan dalam satuan uang dan menjadi hal yang sebaliknya dari pendekatan deskriptif. Sehingga laporan yang dihasilkan oleh pendekatan biaya yang dikeluarkan mempunyai kemampuan untuk diperbandingkan antara laporan suatu tahun tertentu, dengan laporan tahun yang lain. Sedangkan kelemahannya yakni tidak disajikannya manfaat yang diperoleh sehubungan dengan telah dikeluarkannya biaya untuk suatu kegiatan.
  • Pendekatan biaya manfaat (the cost benefit approach)
    Pendekatan biaya manfaat mengungkapkan baik biaya maupun manfaat dari aktivitas-aktivitas sosial perusahaan. Pendekatan biaya manfaat mungkin merupakan pendekatan yang paling ideal. Namun, dalam kenyatannya sulit untuk menerapkannya, antara lain sebab tidak adanya alat ukur manfaat dari yang dihasilkan atas biaya yang telah dikeluarkan untuk aktivitas-aktivitas sosial perusahaan.

Menurut Ansry Zulfikar ibarat yang dikutip oleh Sonhaji (1989:9) memperlihatkan beberapa teknik pengukuran yang sanggup digunakan antara lain :

1.    Penilaian Pengganti
Jika nilai dari sesuatu tidak sanggup pribadi ditentukan, maka kita sanggup mengestimasikannya dengan nilai suatu pengganti, yaitu sesuatu yang kira-kira mempunyai kegunaan yang sama dengan yang diukur.

2.    Teknik Survey
Teknik ini meliputi cara-cara untuk mendapatkan isu dari mereka yang dipengaruhi, yaitu kelompok masyarakat yang dirugikan atau yang mendapatkan manfaat. Pengumpulan isu yang paling gampang yakni dengan bertanya pribadi kepada anggota kelompok masyarakat yang ada.

3.    Biaya Perbaikan dan Pencegahan.
Untuk biaya-biaya sosial tertentu sanggup dinilai dengan mengestimasi pengeluaran yang dilakukan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan.

4.    Penilaian dari Penilai Independen.
Penilai-penilai yang independen sanggup mempunyai kegunaan untuk menilai barang-barang tertentu. Hal ini analog dengan penilaian pengganti yang dilakukan oleh jago dari luar perusahaan.

5.    Putusan Pengadilan
Putusan pengadilan, contohnya denda akhir dari suatu kegiatan yang sering memperlihatkan nilai sosial.

Bentuk laporan tanggung jawab sosial hingga dikala ini belum ada yang baku. Di Amerika, yang merupakan kiblat akuntansi di negara kita, praktek pelaporannya masih dilaksanakan dengan tidak seragam antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Ada yang hanya menyajikan isu sosial yang bersifat kualitatif sebagai catatan kaki atau keterangan embel-embel pada klarifikasi laporan keuangan. Ada yang menjalankannya dengan sederhana dan ada yang menjalankannya dengan kompleks.

Menurut Estes ibarat yang dikutip oleh Sonhaji (1989 : 9) menemukan adanya majemuk praktek pelaporan akuntansi sosial untuk pihak luar. Tiga tingkat cara pelaporan social responsibility accounting forum masyarakat, diantaranya yakni :

1.    Praktek yang sederhana
Laporan ini hanya terdiri dari uraian yang tidak disertai dengan data kuantitatif,baik satuan uang maupun satuan yang lainnya.

2.    Praktek yang lebih maju
Selain yang ditunjukkan dalam metode yang sederhana ibarat di atas, juga memakai data kuantitatif untuk memperlihatkan apa yang sudah dicapai perusahaan

3.    Praktek yang paling maju.
Bentuk laporan yang selain berupa uraian data kualitatif dan kuantitatif perusahaan juga menyusun laporannya dalam bentuk neraca.

Menurut Diller ibarat yang dikutip oleh Harahap (2003 : 371) ada beberapa teknik pelaporan akuntansi pertanggungjawaban sosial yaitu :
  • Pengungkapan dalam syarat kepada pemegang saham baik dalam laporan tahunan atau bentuk laporan lainnya.
  • Pengungkapan dalam catatan atas laporan keuangan
  • Dibuat dalam asumsi embel-embel contohnya melalui adanya asumsi (akun) penyisihan kerusakan lokasi, biaya pemeliharaan lingkungan, dan sebagainya.

Faktor Penyebab Munculnya Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial.
Revolusi Industri pada pertengahan periode XVIII yang ditandai dengan penemuan mesin-mesin industri membawa dampak perubahan terhadap perkembangan akuntansi. Pertama, adanya perubahan cara produksi dari industri rumah tangga menuju ke sistem pabrik, sedangkan yang kedua yakni bertambah panjangnya periode produksi. Sistem pabrik menuntut modal yang besar, sedangkan pada tahap ini tubuh perjuangan komplotan tidak lagi sanggup memenuhi kebutuhan modal. Lalu terbentuklah tubuh perjuangan yang lain yaitu perseroan terbatas. Bentuk ini dianggap paling memuaskan sebab dana tidak mempunyai batas waktu atau jatuh tempo dan relatif lebih gampang untuk ditambah, disamping mempunyai tanggung jawab yang terbatas.

Dengan berkembangnya tubuh perjuangan berbentuk PT, maka semakin banyaklah masyarakat dan institusi yang menjadi pemodal. Fungsi pendanaan kemudian terpisah dari fungsi manajemen. Inilah yang kemudian dikenal orang sebagai revolusi manajemen. Dalam situasi ini, para pemegang saham tidak lagi bisa mencukupi sendiri isu yang mereka butuhkan dan mereka tidak lagi terlibat dalam kegiatan manajemen. Hal ini menjadikan kebutuhan untuk menciptakan laporan keuangan sebagai sarana pertanggungjawaban dari manajer kepada para pemegang saham.

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan

Perusahaan dalam melakukan kegiatan operasinya secara pribadi atau tidak pribadi berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Dikatakan oleh Usmansyah (1989 : 6) bahwa sumber-sumber ekonomi yang digunakan oleh perusahaan semuanya berasal dari masyarakat dan lingkungannya. Oleh sebab itu perusahaan harus memperlihatkan pertanggungjawaban atas semua sumber daya yang telah digunakan serta hasil-hasil yang telah dicapainya.
   
Pada periode XX yang ditandai dengan teknologi yang massive sehingga menghipnotis pertumbuhan ekonomi dan ekspansi perjuangan untuk meningkatkan produktivitas. Di bawah sistem kapitalis, perusahaan-perusahaan besar mengeksploitasi sumber daya alam dan insan untuk menghasilkan keluaran maksimum dengan satu tujuan yaitu maksimalisasai keuntungan atau maksimalisasi kesejahteraan para pemegang saham. Masyarakat melihat perusahaan yang berlaba besar berperan aktif dalam proses perusakan lingkungan dan kemerosotan nilai-nilai kemanusiaan. Krisis lingkungan hidup yang dikeluhkan oleh masyarakat cukup umur ini pada hakekatnya yakni pengejahwantahan krisis wawasan manusia. Masyarakat yang semakin kritis menuntut semoga perusahaan mempertanggungjawabkan semua yang telah mereka terima dari lingkungan sosialnya dalam suatu laporan pertanggungjawaban sosial, lebih dari sekedar suatu kewajiban moral  yang selama ini berlaku di masyarakat.

Daftar Pustaka - Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan

Usmansyah. 1989. Telaah alternatif Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial di Indonesia. Akuntansi, No.10 (Oktober).

Harahap, Sofyan Syafri. 2002. Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Belkaoui, Ahmed R. 1999. Teori Akuntansi. Terjemahan. Yogyakarta : AK Group.

Glautier, MWE., B> Underdown. 1986. Accounting Theory and Practice. Third Edition. London : Pitman Publishing Ltd.

Sonhadji, Achmad. 1989. Akuntansi sosial : Peranannya dalam Mengukur Tanggung Jawab sosial Perusahaan, Suatu tinjauan Analitis. Akuntansi, No.10 (Oktober).

0 Response to "Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Artikel Makalah Tujuan"

Post a Comment