1. Sitologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji kehidupan pada….
A. tingkat set
B. tingkat jaringan
C. tingkat organ
D. tingkat sistem organ
E. tingkat individu
Pembahasan:
Sitologi mengkaji kehidupan pada tingkat sel (struktur dan fungsinya).
Jawaban :A
2. Cabang ilmu biologi yang mengkaji mikroorganisme adalah….
A. mikologi
B. bakteriologi
C. mikrobiologi
D. fisiologi
E. genetika
Pembahasan:
Mikrobiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mikroorga- nisme. Objek kajian ilmu tersebut biasanya semua makhluk hidup yang perlu dilihat dengan dukungan mikroskop.
Jawaban: C
3. Sebuah pabrik industri masakan sanggup menghasilkan natadecoco. Prinsip pembuatan natadecoco dipelajari dalam cabang biologi terapan, yaitu….
A. biokimia
B. biofisika
C. bioteknologi
D. mikrobiologi
E. paleontologi
Pembahasan:
Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang memanfaatkan makhluk hidup atau produk dari makhluk hidup (misalnya enzim, produk hasil metabolisme) untuk menghasilkan suatu produk (misalnya roti, keju, natadecoco) dan jasa (misalnya penguraian limbah minyak oleh basil atau bioremediasi).
Jawaban: C
4. Berikut ini yang termasuk aplikasi biologi pada dunia pertanian, yaitu….
A. fertilisasi in vitro
B. pembuatan vaksin virus flu burung
C. inseminasi buatan
D. kultur in vitro
E. transplantasi organ
Pembahasan:
Teknik kultur jaringan atau kultur in vitro merupakan salah satu bentuk aplikasi biologi yang bertujuan memperbanyak flora dalam waktu singkat dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Teknik ini dilakukan dalam kondisi aseptik di botol kultur dengan medium dan kondisi lingkungan tertentu.
Jawaban: D
5. Seorang siswa sangat tertarik dengan ilmu biologi. la bercita-cita ingin membuat binatang dengan sifat-sifat unggul yang sama dengan induknya dan sanggup berpendar di kegelapan malam. Untuk mewujudkan cita-cita- nya, sebaiknya siswa tersebut mempelajari salah satu cabang ilmu biologi, yaitu….
A. biokimia
B. biofisika
C. biofarmasi
D. bioteknologi
E. biodiversitas
Pembahasan:
Bioteknologi merupakan kelompok ilmu gabungan dan terapan yang memanfaatkan aplikasi teknologi untuk meningkatkan kualitas suatu organisme dengan cara memodifikasi fungsi biologi dari organisme tersebt dengan menyisipkan gen dari organisme Iain atau dengan merekayasa gen organisme itu.
Jawaban: D
Soal Pilihan Ganda Ruang Lingkup Biologi
1. Keterampilan membaca skala pada mistar merupakan keterampilan ...a. inferensiasi
b. pengamatan
c. klasifikasi
d. prediksi
e. mengukur
2. Pada dikala pulang sekolah panji menemukan suatu makhluk hidup, ciri-ciri yang memastikan makhluk hidup tersebut termasuk mamalia adalah?
a. Memiliki kelenjar susu
b. Benafas dengan insang
c. Bulu dengan warna yang mencolok
d. Memiliki paruh
e. Berkembang biak dengan telur
3. Variable bebas dari peryataan”Tinggi flora papaya tegantung jumlah air yang disiramkan pada flora tersebut yakni ...
a. usang penyiraman
b. Jumlah air
c. flora papaya
d. Tinggi tanaman
e. waktu penyiraman
4. Variable control dari pernyataan “semakain tinggi suhu perendaman biji, maka semakin cepat perkecambah biji semangka “ yaitu ...
a. kecepatan perkecambahan
b. kecepatan tumbuhnya akar
c. suhu perendaman biji
d. jumlah daun yang muncul
e. jumlah biji semangka
5. Variable terikat dari pernyataan “semakin tinggi temperature air semakin cepat telurnya masak” yakni ...
a. besarnya telur yang direbus
b. temperature
c. jumlah air
d. temperature air
e. waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur
6. Ikan mengeluarkan gelembung udara dikala berada dalam air hal ini merupakan salah satu cirri makhluk hidup yaitu ...
a. membutuhkan nutrisi
b.bernafas
c. beradaptasi
d. bereproduksi
e. tumbuh dan berkembang
7. Kingdom yang ditempati oleh insan adalah...
a. animalia
b. eubacteria
c. fungi
d. protista
e. plantae
8. Dalam biologi, tingkatan ruang lingkup yang dihuni oleh kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat dalam waktu tertentu dinamakan ...
a. bioma
b. organisme
c. komunitas
d. populasi
e. ekosistem
9. Yoga mengamati flora semngka dan ia menyampaikan bahwa sebentar lagi flora itu akan berbunga. Pertanyaan tersebut termasuk ...
a. kesimpulan
b. observasi
c. variable control
d.hipotesis
e. perencanaan
10.Salah satu manfaat dari mempelajari biologi yakni ...
a. mengetahui aturan newton 2
b. mengetahui harga sayuran
c. sanggup menjelaskan proses fotosintesis
d. membuat mesin kedokteran
e. membuat alat komunikasi yang efektif
11.Terjadinya perkambangan zaman membuat insan mulai memperluas pengetahuannya dan tertarik untuk mempelajari banyak sekali bidang ilmu, salah satunya ilmu Biologi. Tujuan pengembangan ilmu pengetahuan yaitu untuk ...
a. Mengubah tatanan kehidupan makhluk hidup di bumi
b. Mengurangi jumlah penduduk di bumi
c. Mengeksploitasi seluruh kekayaan alam
d. Menciptakan jenis makhluk hidup baru
e. Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
12.Seorang pecinta alam yang sering naik turun gunung, masuk gua, atau melaksanakan banyak sekali pengamatan dan membukukan semua hasil observasinya. Hasil observasi tersebut kemudian menjadi acuan bagi para pecinta alam dan mungkin peneliti lainnya. Tindakan pecinta alam tersebut memeprlihatkan salah satu ciri sains, yaitu ...
a. Melakukan pengembangan menurut pengalaman empiris
b. Hasilnya cenderung bersifat subjektif
c. Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d. Menggunakan caar berguru yang logis
e. Sistematis, alasannya langkahnya urut dan bersifat kaku
13.Seorang ilmuwan kadang mendapat data yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam suatu penelitian. Walaupun demikian, ilmuwan tersebut tetap menampilkan hasil penelitian yang didapat apa adanya tanpa melaksanakan manipulasi. Hal tersebut memperlihatkan salah satu ciri sains, yaitu ...
a. Dikembangkan menurut pengalaman empiris
b. Hasil penelitian harus bersifat objektif
c. Memiliki objek kajian berupa benda konkret
d. Teori yang dihasilkan berlaku umum
e. Langkah-langkah penelitian harus sistematis
14.Di Papua, banyak sekali jenis kupu-kupu sekarang terancam punah jawaban adanya perburuan liar. Cabang ilmu biologi yang dibutuhkan untuk menyelamatkan kelangsungan hidup kupu-kupu tersebut yaitu ...
a. Entomologi
b. Botani
c. Fikologi
d. Sitologi
e. Imunologi
15.Seorang peneliti ingin meneliti perihal keanekaragaman jenis burung yang ada di Taman Nasional Gunung Merbabu. Cabang ilmu Biologi yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut yaitu ...
a. Lomnologi
b. Mikologi
c. Entomologi
d. Ornitologi
e. Herpetologi
16.Sekarang dijual banyak sekali jenis produk olahan susu di pasaran, salah satunya yaitu yoghurt. Produk olahan susu ini mempunyai nilai gizi cukup tinggi jadi sangat baik untuk kesehatan. Cabang ilmu Biologi yang dibutuhkan dalam pembuatan yoghurt ini yaitu ...
a. Biologi Molekuler dan Mikologi
b. Bioteknologi dan Mikologi
c. Bioteknologi dan Bakteriologi
d. Entomologi dan Parasitologi
e. Paleontologi dan Mikrobiologi
17. Cabang ilmu biologi yang mengkaji mikroorganisme adalah….
a. mikologi
b. bakteriologi
c. mikrobiologi
d. fisiologi
e. genetika
18.Bagus dan Yudi melaksanakan penelitian mengenai dampak insektisida terhadap biota perairan di sungai. Penelitian tersebut termasuk dalam cabang Biologi ...
a.Ekotoksikologi
b.Ekologi
c.Parasitologi
d.Ekofisiologi
e.Bioteknologi
19.Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ...
a.Sistem Organ
b.Sel
c.Organel
d.Organ
e.Jaringan
20.Segerombol semut, serumpun bambu, dan beberapa ekor bajing yang hidup di tepi sungai sesuai dengan konsep Ekologi merupakan suatu ...
a.Bioma
b.Individu
c.Komunitas
d.Populasi
e.Ekosistem
21.Seorang dokter melaksanakan transplantasi ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi kehidupan tingkat ...
a.Bioma
b.Sel
c.Jaringan
d.Organ
e.Individu
22.Perhatikan uraian di bawah ini!
1) Komunitas
2) Individu
3) Populasi
4) Ekosistem
5) Bioma
Berdasarkan uraian di atas, urutan tingkatan organisasi makhluk hidup dari tingkat paling rendah ke lebih tinggi yaitu nomor ...
a.3) – 2) – 1) – 4) – 5)
b.2) – 1) – 3) – 5) – 4)
c.2) – 3) – 5) – 4) – 1)
d.2) – 3) – 1) – 4) – 5)
e.2) – 4) – 3) – 5) – 1)
23.Seorang peneliti melaksanakan penelitian dengan menanam jagung di tiga petak yang kondisinya berbeda. Petak pertama diberi air kelapa dengan konsentrasi 250 ppm, petak kedua diberi air kelapa dengan konsentrasi 500 ppm, dan petak III tidak diberi air kelapa. Ketiga petak tersebut disiram dengan air secukupnya dan memeperoleh intensitas cahaya yang sama. Volume air dan intensitas cahaya dalam penelitian tersebut merupakan variebel...
a.pengganggu
b.bebas
c.terikat
d.kontrol
e.manipulasi
24.Seorang peneliti gagal dalam suatu penelitian. Peneliti tersebut kemudian mencari penyebab kegagalan dan mencobanya lagi hingga berhasil. Sikap ilmiah yang diperlihatkan oleh peneliti tersebut yaitu ...
a.Memiliki rasa ingin tahu
b.Ulet dan gigih
c.Jujur terhadap fakta
d.Bertanggung jawab
e.Terbuka dan fleksibel
25.Dalam suatu laporan penelitian, teori dan konsep-konsep yang berkaitan dengan topic penelitian disajikan dalam cuilan ...
a.Hasil dan pembahasan
b.Pendahuluan
c.Tinjauan pustaka
d.Daftar pustaka
e.Metode penelitian
26.Ilmu perihal darah dikenal sebagai ....
a.Ginekologi
b.Andrologi
c.Dermatologi
d.Psikologi
e.Hematologi
27.Ilmu perihal struktur dalam makhluk hidup dikenal sebagai ....
a.Anatomi
b.Ekologi
c.Fisiologi
d.Morfologi
e.Zoologi
28.Ilmu perihal faal dalam badan suatu makhluk dikenal sebagai ....
a.Anatomi
b.Ekologi
c.Fisiologi
d.Morfologi
e.Zoologi
29.Ilmu perihal segala sesuatu perihal pembiusan dalam suatu operasi dikenal sebagai ....
a.Evolusi
b.Anaestesi
c.Anatomi
d.Zoologi
e.Morfologi
30.Ilmu perihal perubahan secara lambat pada makhluk hidup yaitu ....
a.Evolusi
a.Revolusi
b.Fisiologi
c.Anatomi
d.Morfologi
Kunci Jawaban Ruang Lingkup Biologi
1 | .E | 11. | E | 21 | .D |
2. | A | 12 | .A | 22 | .D |
3 | .B | 13 | .B | 23 | .D |
4 | .E | 14 | .A | 24 | .B |
5 | .E | 15 | .D | 25 | .C |
6 | .B | 16 | .C | 26 | .E |
7 | .A | 17 | .C | 27 | .A |
8 | .C | 18 | .A | 28 | .C |
9 | .D | 19 | .B | 29 | .B |
10 | .C | 20 | .C | 30 | .A |
Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan Buku K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13: Soal dan Pembahasan Ruang Lingkup Biologi
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini biar yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.
0 Response to "Guru K13: Soal Dan Pembahasan Ruang Lingkup Biologi"
Post a Comment