9 Poin Penting Dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
- Nama kurikulum tidak bermetamorfosis kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
- Penilaian perilaku KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKN namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
- Jika guru menciptakan evaluasi perilaku pada setiap muatan pelajaran, hanya menjadi rujukan aja bagi wali kelas
- Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yg diambil ialah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot evaluasi harian, dan evaluasi final semester itu sama.
- Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode ketika mengajar dan apabila dipakai maka susunannya tidak harus berurutan.
- Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan acara pembelajaran. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi evaluasi harian, uas menjadi evaluasi final semester untuk semester 1 dan evaluasi final tahun untuk semester 2, dan sudah tidak ada lagi uts, pribadi ke evaluasi final semester.
- Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai dan materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik evaluasi (jika ada).
- Skala evaluasi menjadi 1-100. Penilaian perilaku diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
- Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial ialah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
PR Guru begitu banyak. Masihkah guru dianggap leha-leha saja ???
Poin Penting Dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 |
Kelengkapan yg seharusnya dimiliki guru :
BUKU KERJA GURU
A. BUKU KERJA 1 :
1. SKL, KI, dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM
B. BUKU KERJA 2 :
1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA 3 :
1. Dafta Hadir
2. Daftar Nilai
3. Penilaian Akhlak /Kepribadian
4. Analisis Hasil Ulangan
5. Program Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
7. Jadwal Mengajar
8. Daya Serap Siswa
9. Kumpulan Kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA 4 :
1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Inilah item2 yg harus disediakan dan dipersiapkan oleh seorang guru. Ayo sharing, pendidik tdk boleh saling pelit ... teruslah saling bagi warta dan sharing keilmuan.. jalin terus silaturahim.. bukan alasannya ialah kepentingan duniawi sesaat tapi ikhlas pke hati.
Daftar Perubahan Istilah Dalam Kurikulum 2013 Terbaru neh*
👇🏼
Berdasarkan PERMEN No 53/2015 dinyatakan tidak BERLAKU dan dirubah mnjdi PERMEN No 23/2016 wacana PENILAIAN revisi Kurikulum 13
1. Istilah KKM berubah istilah dgn KBM (Ketuntasan Belajar Minimal)
2. Istilah UH berubah istilah dengan PH (Penilaian Harian).
3. Istilah UTS berubah istilah dgn Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester)
4. Istilah UAS berubah istilah dgn PAS (Penilaian Akhir Semester) Gasal/Genap
5. Istilah UKK berubah PAT (Penilaian Akhir Tahun)
PAT materi soalnya mencakup semester GANJIL 25 % dan semester *GENAP 75 %
> KENAIKAN KELAS LIHAT KBM (60)
a. Semester Ganjil = 55
b. Semester Genap = 65
--------------------------------------
120 : 2 = 60 Tuntas
--------------------------------------
Siswa dinyatakan TIDAK NAIK KELAS
1. Terdapat 3 nilai Mapel yang KBM nya tidak TUNTAS.
2. Nilai Pengetahuan Ki.3 harus Tuntas.
3. Nilai Ketrampilan Ki.4 harus Tuntas.
4. Ki.1 dan Ki.2 harus BAIK.
KKM (KBM) semua mapel sama.
Ki 1 dan Ki 2 Observasi guru dalam jurnal yang ditulis yang KURANG dan yang AMAT BAIK
- Sikap dikatakan Tuntas, jikalau predikat minimal B (baik)
- Pengetahuan dan Keterampilan , dikatakan Tuntas jikalau predikat Minimal C.
- K-13: Sebuah mapel dikatakan Tuntas , jikalau Pengetahuan dan keterampilan Tuntas.
- 2006: Sebuah mapel dikatakan tuntas jikalau pengetahuan dan keterampilan (jika ada keterampilan), dan perilaku tuntas.
- Tidak perlu galau dg Predikat C pada mapel Pengetahuan dan Keterampilan, krn C berarti sdh Tuntas.
- Predikat untuk Pengetahuan dan Keterampilan, didasarkan pd KKM masing-masing sekolah.
Contoh:
jikalau KBM 75,
maka
< 75. = D (tidak tuntas)
75-82. = C (tuntas dg cukup)
83 - 90. = B (tuntas dg baik)
91-100. = A (tuntas dengan sangat baik)
7) Kaprikornus jangan menaik-naikkan nilai untuk mengejar B, atau menurunkan KBM dari yg sdh ditetapkan masing2 sekolah.
8) Predikat pengetahuan dan keterampilan tidak besar lengan berkuasa pada SNMPTN.
REMIDI ---> Materi yang pernah diujikan.
- Permendikbud No.20 Th 2016 wacana STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Permendikbud No.54 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU).
- Permendikbud No.21 Th 2016 wacana STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH (Permendikbud No.65 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU).
- Permendikbud No.22 Th 2016 wacana STANDAR PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH (Permendikbud No.54 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU).
- Permendikbud No.23 Th 2016 wacana STANDAR PENILAIAN (Permendikbud No.66 Th.2013 dan Permendikbud No.104 tahun 2014 dinyatakan TIDAK BERLAKU).
- Permendikbud No.24 Th 2016 wacana KOMPETENSI INTI dan KOMPETENSI DASAR
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini supaya yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.
0 Response to "Guru K13 : Poin - Poin Penting Dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018"
Post a Comment