Penilaian terhadap hasil mencar ilmu penerima didik merupakan salah satu aktivitas rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil mencar ilmu dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan mencar ilmu penerima didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai banyak sekali bentuk dan instrumen penilaian.
Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang mayoritas dipakai dalam menilai hasil mencar ilmu penerima didik. Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan balasan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari balasan yang disediakan, dan tes tanpa pilihan balasan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya.
Tes dengan pilihan balasan sering dikritik alasannya ialah dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan balasan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan balasan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, jikalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah.
Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal. Oleh alasannya ialah penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi.
Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan dibutuhkan sanggup menawarkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil mencar ilmu penerima didik dan memberi informasi yang valid. Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya ialah itu bentuk evaluasi lain ibarat portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.
Lebih lengkapnya mengenai panduan penulisan soal SMP/MTs ini bisa rekan guru unduh melalui tautan link berikut ini.
Home » ebook »
mts »
panduan »
Pendidikan »
smp »
Soal
» E-Book Ihwal Panduan Penulisan Soal Untuk Smp/Mts
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "E-Book Ihwal Panduan Penulisan Soal Untuk Smp/Mts"
Post a Comment