Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D

Pengertian Rumah Sakit Menurut Para AhliRuma sakit adalah suatu organisasi tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosa serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien (American Hospital Association; 1974 dalam Azwar, 1996).


Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D - Wolper dan Pena (dalam Azwar, 1996) menyatakan bahwa rumah sakit ialah daerah dimana orang sakit mencari dan mendapatkan pelayanan kedokteran serta daerah dimana pendidikan klinik untuk mahasiswa kedokteran, perawat dan banyak sekali tenaga profesi kesehatan lainnya diselenggarakan. Association of Hospital Care (dalam Azwar, 1996) menjelaskan bahwa rumah sakit ialah suatu sentra dimana pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan dan penelitian kedokteran diselenggarakan.

Fungsi Rumah Sakit

  1. Fungsi rumah sakit berdasarkan sistem kesehatan nasional dalam Djojodibroto (1997) adalah: menunjukkan pelayanan referensi medik spesialistik dan subspesialis
  2. menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan pasien 
  3. sarana pendidikan dan training di bidang kedokteran dan kedokteran gigi jenjang diploma, dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi seorang andal konsultan, magister, doktor dan pendidikan berkelanjutan bidang kedokteran.

Karakteristik Rumah Sakit
Djojodibroto (1997) menyatakan bahwa organisasi rumah sakit memiliki sejumlah sifat atau karakteristik yang tidak dipunyai organisasi lainnya, antara lain:
  1. sebagian besar tenaga kerja rumah sakit ialah tenaga profesional
  2. wewenang kepala rumah sakit berbeda dengan wewenang pimpinan perusahaan
  3. tugas-tugas kelompok profesional lebih banyak dibandingkan kiprah kelompok manajerial
  4. beban kerjanya tidak bisa diatur
  5. jumlah pekerjaan dan sifat pekerjaan di unit kerja beragam
  6. hampir semua kegiatannya bersifat penting
  7. pelayanan rumah sakit sifatnya sangat individualistik. Setiap pasien harus dipandang sebagai individu yang utuh, aspek fisik, aspek mental, aspek sosiokultur dan aspek spiritual harus menerima perhatian penuh 
  8. pelayanan bersifat pribadi, cepat dan tepat
  9. pelayanan berjalan terus menerus selama 24 jam dalam sehari.

Macam Rumah Sakit
Djojodibroto (1997) membagi  rumah sakit menjadi beberapa macam, yaitu menurut:
1.    Pemilik
Rumah sakit sanggup dibedakan atas dua macam, yaitu rumah sakit pemerintah (goverment hospital) dan rumah sakit swasta (privat hospital).

2.    Filosofi yang dianut
Rumah sakit sanggup dibedakan atas dua macam, yaitu rumah sakit yang tidak mencari laba (non-profit hospital) dan rumah sakit yang mencari laba (profit hospital).

3.    Jenis pelayanan yang diselenggarakan.
Rumah sakit sanggup dibedakan atas dua macam, yaitu rumah sakit umum (general hospital) yang menyelenggarakan semua jenis pelayanan kesehatan dan rumah sakit khusus (specially hospital).

4.    Lokasi rumah sakit
Rumah sakit dibedakan atas beberapa macam, tergantung dari pembagian sistem pemerintah yang dianut,  contohnya rumah sakit sentra jikalau lokasinya di ibukota negara, rumah sakit propinsi jikalau lokasinya di ibukota propinsi dan rumah sakit kabupaten jikalau lokasinya di ibukota kabupaten.

Azwar(1996) menyatakan bahwa rumah sakit di Indonesia jikalau ditinjau dari kemampuan yang dimiliki dibedakan menjadi lima macam, yaitu:
1.    Rumah sakit tipe A
Rumah sakit kelas A adalah rumah sakit yang bisa menunjukkan pelayanan kedokteran seorang andal dan subspesialis secara luas. Rumah sakit kelas A  ditetapkan sebagai daerah pelayanan rumah sakit referensi tertinggi (top referral hospital) atau rumah sakit pusat.

2.    Rumah sakit tipe B
Rumah sakit kelas B ialah rumah sakit yang bisa menunjukkan pelayanan kedokteran seorang andal luas dan subspesialis terbatas. Rumah sakit kelas B didirikan di setiap ibukoata propinsi (propincial hospital) yang menampung pelayanan referensi dari rumah sakit kabupaten. Rumah sakit pendidikan yang tidak termasuk kelas A juga diklasifikasikan sebagai rumah sakit kelas B.

3.    Rumah sakit tipe C
Rumah sakit kelas C ialah rumah sakit yang bisa menunjukkan pelayanan kedokteran seorang andal terbatas, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kebidanan dan kandungan. Rumah sakit kelas C akan didirikan di setiap ibukota kabupaten (regency hospital) yang menampung pelayanan referensi dari puskesmas.

Pengertian Rumah Sakit Menurut Para Ahli Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D


4.    Rumah sakit tipe D
Rumah sakit kelas D ialah rumah sakit ynag bersifat transisi sebab pada satu ketika akan ditingkatkan menjadi rumah sakit kelas C.  Kemampuan rumah sakit kelas D hanya menunjukkan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Rumah sakit kelas D  juga menampung pelayanan referensi yang berasal dari puskemas.

5.    Rumah sakit Tipe E
Rumah sakit kelas E ialah rumah sakit khusus (spesial hospital) yang menyelenggarakan  satu macam pelayanan kedokteran saja, contohnya rumah sakit kusta, rumah sakit paru, rumah sakit kanker, rumah sakit jantung, rumah sakit ibu dan anak, rumah sakit gigi dan verbal dan lain sebagainya.


Daftar Pustaka Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D

Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Djojodibroto, Darmanto R. 1997. Kiat Mengelola Rumah Sakit. Jakarta: Hipokrates

0 Response to "Pengertian Rumah Sakit Definisi Fungsi Macam Karakteristik Tipe A B C D"

Post a Comment