Pengertian Media Definisi Berdasarkan Para Andal Pendidikan Pengajaran

Pengertian Media Menurut Para Ahli - Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa Arab media ialah mediator atau pengantar pesan dari pengirim kepada akseptor pesan. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses berguru mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau ekspresi (Arsyad, 2000).


Definisi Media Menurut Para Ahli Soeharto (2003), berdasarkan asal katanya, media berasal dari kata/bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang secara harfiah berarti mediator atau pengantar. Media ialah mediator atau pengantar pesan dari pengirim ke akseptor pesan.

Sedangkan Pengertian Media berdasarkan Aqib (2002), media pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga sanggup mendorong proses belajar. Bentuk-bentuk media dipakai untuk meningkatkan pengalaman berguru biar menjadi lebih kongkret. Pengajaran dengan memakai media tidak hanya sekedar memakai kata-kata (simbol verbal).

Menurut Brown ialah suatu media pada aktivitas distribusi atau produksi untuk aktivitas master yang dibuat dalam bentuk film atau video tape dan dipindahkan atau ditransfer pada disc atau cuilan plastik melalui proses yang tepat, yang dibuat ibarat piringan hitam.( Borwn. Instruction, Tecnology, Media and Methods. New York : Mc. Graw Hill. 1977. Hlm 237)
Arti Media adalah merupakan suatu wadah atau sarana dalam memberikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media ialah segala bentuk dan kanal yang sanggup dipakai dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.     Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 11)

Hamalik menyatakan bahwa media pendidikan ialah alat, metode dan teknik yang dipakai dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik. Media Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. 1994. Hlm 12)
Danim menyatakan bahwa media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau komplemen yang dipakai oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa dengan peserta didik. (Sudarman, Danim. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara,. 1995. Hlm 97)
Wildbur schraman menyebutkan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.

 Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti  Pengertian Media Definisi Menurut Para Ahli Pendidikan Pengajaran


Lislie. J. Briggs menjelaskan bahwa media ialah sarana fisik untuk memberikan bahan atau isi pengajaran, ibarat buku, film, slide dan lain-lain. (Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm 197)
Heinich dkk menyampaikan bahwa medium sebagai mediator mengantarkan informasi antara sumber dan akseptor pesan. (Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo Persada. 2002. Hlm 4)

Daftar Pustaka Pengertian Media Definisi Menurut Para Ahli Pendidikan Pengajaran
Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.



Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: SIC.

0 Response to "Pengertian Media Definisi Berdasarkan Para Andal Pendidikan Pengajaran"

Post a Comment