Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi

Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Definisi - Kontrasepsi adalah tindakan atau perjuangan yang bertujuan untuk   mencegah terjadinya konsepsi atau pembuahan (Notohardjo, R. 1998). Kontrasepsi suntik 3 bulanan ialah alat kontrasepsi berupa cairan yang berisi hanya hormon progesteron dan disuntikkan kedalam tubuh perempuan secara periodik yaitu 3 bulan sekali (Depkes RI. 2002).

Mekanisme Kerja Kontrasepsi Suntik
Mekanisme kerja kontrasepsi suntik sanggup dijelaskan sebagai berikut:  
  1. Menghalangi pengeluaran FSH dan LH FSH dan LH akan menghipnotis ovarium, sehingga tidak terjadi pelepasan ovum.
  2. Mengentalkan lendir servik. Sehingga spermatozoa akan sulit menembus serviks. 
  3. Terjadi perubahan peristaltik tuba fallopi. Akan menghambat terjadinya konsepsi 
  4. Mengubah suasana endometrium, sehingga tidak tepat untuk implantasi hasil konsepsi. (Manuaba, IBG.1998)

Efektifitas Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Efektivitas tinggi, kesuburan sanggup kembali sehabis beberapa usang dan cocok untuk ibu-ibu sedang menyusui bayinya. Angka kegagalan adalah  0,3 kehamilan dari 100 pemakai pada tahun pertama pemakaian (Namiruddin, R. 2002).

Keuntungan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Kontrasepsi suntik 3 bulanan mempunyai beberapa laba antara lain sangat efektif untuk pencegahan kehamilan jangka panjang, tidak besar lengan berkuasa pada kekerabatan suami istri klien dan tidak mempunyai efek terhadap ASI (jadi sanggup dipakai pada ibu meneteki), (Syaifuddin, AB. 2004). Juga sanggup menurunkan bencana penyakit jinak payudara serta sanggup dipakai usia >35 thn hingga perimenopause.

Kekurangan  Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Selain mempunyai kelebihan kontrasepsi suntik 3 bulanan juga mempunyai beberapa kekurangan antara lain : Klien sangat tergantung pada daerah sarana pelayanan kesehatan, kontrasepsi suntik juga tidak sanggup tidak boleh sewaktu-waktu sebelum suntikan dan tidak menjamin santunan terhadap penularan penyakit menular seksual, hepatitis B, atau virus HIV. Selain itu kembali kesuburan sehabis penghentian pemakaian cukup usang dan pada  penggunaan jangka panjang sanggup menurunkan kepadatan tulang (densitas). (Syaifuddin, AB. 2003)     

Indikasi  Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Aspek umum pemakaian kontrasepsi suntik 3 bulanan antara lain  menginginkan penjarangan kelahiran  untuk paling sedikit satu tahun, menginginkan kontrasepsi kerja usang yang sangat efektif,  metodenya  yang bersifat langsung dan  tidak terkait dengan senggama, memerlukan kontrasepsi bebas estrogen sehingga tidak mengganggu proses laktasi (menyusui), serta bagi perempuan yang kurang sanggup dipercaya atau kurang motivasi dalam minum pil (Speroff, L. 2005). 

Kontrasepsi suntik 3 bulanan juga sanggup diberikan pada penerima yang mempunyai penyakit sel sabit dan gangguan kejang. Selain itu juga pada penerima yang mempunyai riwayat maupun menderita hipertensi ringan atau yang tekanan darah yang  terkendali baik (Glasier, A. 2005).

Kontra Indikasi Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Kontrasepsi suntik 3 bulan tidak  boleh diberikan pada ibu hamil atau diduga hamil, klien yang mengalami perdarahan genital yang tidak terjelaskan. menginginkan  pemulihan fertilitas yang cepat, mengalami kesulitan dengan suntikan, dan mengalami depresi berat (Speroff , L. 2005). Selain itu juga jangan diberikan pada klien yang menderita kanker  payudara atau riwayat kanker payudara, dan diabetes mellitus yang disertai komplikasi (Syaifuddin, AB. 2004).
Maupun pada penerima karsinoma  traktus genitalis dan yang mengalami perdarahan absurd uterus (Hanafi, H. 2002).

Efek Samping Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Seperti pada kebanyakan  kontrasepsi hormonal yang ada, kontrasepsi suntik 3 bulanan menjadikan beberapa imbas samping. Umumnya penerima mengalami gangguan siklus haid, baik siklus haid yang memanjang atau memendek, perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting ), dan kadang tidak haid sama sekali (Syaifuddin, AB. 2003).  Selain itu juga terjadi perubahan berat tubuh (peningkatan/ penurunan),  timbul depresi dan jerawat. Pada beberapa penerima juga mengeluhkan adanya keputihan,  rambut rontok, pusing/ sakit kepala/ migrain, mual dan muntah, serta  adanya perubahan libido/ dorongan seksual (Depkes RI. 2002).

Waktu penyuntikan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Suntikan kontrasepsi sanggup diberikan dikala saat tertentu yaitu sedang menstruasi (sampai hari ke 7), kalau tidak sedang menstruasi atau menstruasi hari ke 8 atau lebih, boleh disuntik, namun menggunakan santunan ganda (kondom) selama  2x24 jam. Bisa juga diberikan  pada klien sedang menyusui (segera sehabis nifas, 6 mingggu) dan kalau tidak menyusui , berikan segera sehabis nifas (6 ahad post partum) (Rifayani, S. 2006).  

 tindakan atau perjuangan yang bertujuan untuk Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi

Jadwal Kunjungan Kontrasepsi suntik 3 bulanan
Akseptor kontrasepsi suntik  3 bulanan harus tiba untuk mendapat suntikan, yaitu:
  • Pada dikala jadual ulangan penyuntikan 3 bulan untuk Depo Provera, dan 1 bulan untuk kontrasepsi suntik 1 bulanan 
  • Bila berhalangan, sanggup tiba sebelum waktu kunjungan berikutnya. 2.3.10.3  Bila tidak sanggup pada jadual berikutnya, pakai santunan ganda (kondom, spermisida,  hingga sanggup tiba untuk suntikan). (Rifayani, S. 2006)  
Daftar Pustaka Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi
Depkes RI. 2002.  Pedoman Penanggulangan Efek Samping/ Komplikasi Kontrasepsi. Jawa Timur: Bagian Proyek Peningkatan Upaya Kesehatan SM-PEA.

Manuaba, IBG. 1998.  Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Namiruddin, R. 2002. Capaian Kesehatan . Available from http//www.google.com/ridwanamiruddin.wordpress. diakses 12 April 2008.

Syaifuddin, A.B, Biran Affandi, Enriquito R. 2003.  Buku Panduan Mudah Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: YBPSP

Speroff, L, Philip D Darney. 2005. Pedoman Klinis Kontrasepsi (Ed 2). Jakarta: EGC.

Glasier, A & Ailsa Gebbie (Ed). 2006.  Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi (Ed 4). Jakarta : EGC

Rifayanni, S. 2006. Keluarga Berencana Available from http//www.google.com/ diakses 31 Maret 2008.

0 Response to "Pengertian Kontrasepsi Suntik 3 Bulanan Makalah Definisi"

Post a Comment