Pengertian Kompres Panas Definisi Cara Pemakaian Kompres Panas

Pengertian Kompres adalah kain pembebat dan sebagainya yang dibasahi dengan air (Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002) 

Pengertian Kompres Panas Definisi Cara Pemakaian Kompres Panas 
Panas yaitu hangat sekali/  bersuhu relatif tinggi (Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002)
Dari uraian diatas didapatkan pengertian dari kompres panas adalah kain pembebat dan sebagainya yang dibasahi dengan air hangat sekali atau bersuhu tinggi.

Prinsip Fisiologi Kompres Panas
Persepsi nyeri dipengaruhi oleh variabel fisiologis dan psikologis. Status gate  atau pintu gerbang berada pada  dorsal horn    subtansial gelantinose yang akan menghasilkan impuls nyeri dalam arti lain bahwa gerbang terbuka maka impuls sanggup bergerak bebas menuju jalur asending (ke atas) yang akan menghasilkan persepsi nyeri. Dengan santunan panas gerbang akan tertutup sebab adanya stimulasi dari serabut saraf A delta. Ketika gerbang tertutup impuls nyeri terhambat, hal ini akan mengurangi persepsi  nyeri (Mander R, 2004). 

Selain itu santunan panas sanggup mengakibatkan pembuluh darah melebar, sehingga akan memperbaiki peredaran darah di dalam jaringan tersebut. Dengan cara ini penyaluran zat asam dan materi masakan ke sel-sel akan diperbesar dan pembuangan za-zat akan diperbaiki. Kaprikornus akan timbul proses pertukaran zat yang lebih baik. Aktivitas sel akan meningkat sehingga mengurangi rasa sakit (Stevens, PJM, F, Bordui, WE, Van Der Meer, GI, Almekinders, J, Caris, & I, AG Van Der Weyde. 1999). 

Kompres panas merangsang sirkulasi dan meningkatkan lokalisasi materi purulen pada jaringan (Johnson JY, Temple JS, & Carr P, 2005). Kompres panas juga sanggup membuka anutan darah yang menjadikan relaksasi dari otot (Turana Y, 2003). Selain itu, kompres panas diketahui juga sanggup meminimalkan ketegangan otot. Akibatnya sesudah otot- otot relaks, rasa nyeri(dismenore) akan berangsur- angsur hilang (www.rileks.com, 2008).

Cara Pemakaian Kompres Panas  
1.  Kantong Pemanas  
  •  Tempatkan kantong pemanas dengan perlahan diatas area yang diobati. Hal tersebut untuk memungkinkan permulaan imbas vasodilatasi secara bertahap. 
  • Lepaskan kantong dan kaji klien terhadap adanya kemerahan kulit atau keluhan luka bakar sesudah 30 detik. Hal  ini bertujuan untuk mencegah luka bakar. 
  • Tempatkan  kantong dengan sempurna diatas area jikalau tidak ada masalah, dan kencangkan dengan plester. 
  • Kaji ulang area pengobatan setiap 5 menit dengan mengangkat sudut kantong. 
  • Setelah 20 menit, hentikan tindakan dan keringkan kulit.

2. Kompres Basah Hangat 
  • Tempatkan kompres pada luka selama beberapa detik. 
  • Angkat tepi kompres untuk melihat respon kulit awal terhadap terapi.    
  • Ganti kasa kompres setiap 5 menit, atau sesuai kebutuhan, untuk mempertahankan kehangatan, kaji area pengobatan setiap waktu. 
  • Tempatkan handuk di atas kompres. Kaji ulang area pengobatan tiap 5 menit. 
  • Setelah 20 menit, hentikan tindakan dan keringkan kulit. (Johnson JY, Temple JS, & Carr P, 2005).

 kain pembebat dan sebagainya yang dibasahi dengan air  Pengertian Kompres Panas Definisi Cara Pemakaian Kompres Panas
Daftar Pustaka Pengertian Kompres Panas Definisi Cara Pemakaian Kompres Panas  

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002).  Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka
Turana, Yuda. 2003. Hidroterapi. http://www.medicaholistik.com diakses tanggal 3 April 2008 
Johnson, JY, Temple, JS, & Carr, P. (1998).  Nurses Guide to Home Health Prosedures, Ester, M. (2005)(Alih Bahasa). Jakarta: EGC
Stevens, PJM, F, Bordui, WE, Van Der Meer, GI, Almekinders, J, Caris, & I, AG Van Der Weyde. (1992).  Verpleegkundige Zorg (Deel I), Tomawosa, JA. (1999) (Alih Bahasa). Jakarta: EGC
Mander, R. (1998). Pain Childbearing and Its Control, Sugiarto, B. (2003)(Alih Bahasa). Jakarta:EGC

0 Response to "Pengertian Kompres Panas Definisi Cara Pemakaian Kompres Panas"

Post a Comment