Pada kurikulum 2013 ada 3 kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang siswa, yaitu:
1. Kemampuan kognitif (pengetahuan)
2. Kemampuan afektif (sikap)
3. Kemampuan psikomotorik (keterampilan)
Salah satu materi matematika peminatan yang sanggup diterapkan pada kehidupan sehari-hari ialah trigonometri. Contohnya: cara menghitung tinggi suatu benda tanpa harus mengukur langsung.
Caranya ialah sebagai berikut:
Langkah pertama:
Sediakan alat dan materi sebagai berikut:
- Busur derajat
- Pipa
- Benang
- Jarum pentul
- Lem plastik atau lem pipa.
- Meteran
Langkah kedua:
Bentuklah alat sederhana untuk menghitung sudut elevasi terhadap klimaks benda yang akan diukur tingginya, dan alat sederhana itu kita sebut KLINOMETER SEDERHANA. Perhatikan gambar klinometer sederhana berikut ini.
Langkah ketiga:
Siswa A bangkit di depan benda yang akan di ukur tingginya. Kemudian ukur dan catatlah jarak siswa A ke tiang bendera memakai meteran, misalkan diperoleh $x$ centimeter. Kemudian ukur juga tinggi siswa A (yang diukur dari mata siswa A ke kakinya ya...😍😍😍), misalkan $t_1$ centimeter.
Langkah keempat:
Dengan memakai klinometer sederhana, siswa A memandang puncak tiang bendera. Akibatnya, klinometer akan mengatakan sudut tertentu, misalkan $\alpha$.
Langkah kelima:
Hitunglah sudut elevasi yang terbentuk misalkan $\theta$.
$\theta = 90^o - \alpha$.
Langkah keenam:
Hitunglah tinggi tiang bendera (misalkan $t_2$) dengan rumus sebagai berikut:
$t_2 = x.\tan \theta + t_1$
Berikut ini salah satu video penerapan trigonometri memakai klinometer sederhana.
1. Kemampuan kognitif (pengetahuan)
2. Kemampuan afektif (sikap)
3. Kemampuan psikomotorik (keterampilan)
Salah satu materi matematika peminatan yang sanggup diterapkan pada kehidupan sehari-hari ialah trigonometri. Contohnya: cara menghitung tinggi suatu benda tanpa harus mengukur langsung.
Caranya ialah sebagai berikut:
Langkah pertama:
Sediakan alat dan materi sebagai berikut:
- Busur derajat
- Pipa
- Benang
- Jarum pentul
- Lem plastik atau lem pipa.
- Meteran
Langkah kedua:
Bentuklah alat sederhana untuk menghitung sudut elevasi terhadap klimaks benda yang akan diukur tingginya, dan alat sederhana itu kita sebut KLINOMETER SEDERHANA. Perhatikan gambar klinometer sederhana berikut ini.
Langkah ketiga:
Siswa A bangkit di depan benda yang akan di ukur tingginya. Kemudian ukur dan catatlah jarak siswa A ke tiang bendera memakai meteran, misalkan diperoleh $x$ centimeter. Kemudian ukur juga tinggi siswa A (yang diukur dari mata siswa A ke kakinya ya...😍😍😍), misalkan $t_1$ centimeter.
Langkah keempat:
Dengan memakai klinometer sederhana, siswa A memandang puncak tiang bendera. Akibatnya, klinometer akan mengatakan sudut tertentu, misalkan $\alpha$.
Langkah kelima:
Hitunglah sudut elevasi yang terbentuk misalkan $\theta$.
$\theta = 90^o - \alpha$.
Langkah keenam:
Hitunglah tinggi tiang bendera (misalkan $t_2$) dengan rumus sebagai berikut:
$t_2 = x.\tan \theta + t_1$
Berikut ini salah satu video penerapan trigonometri memakai klinometer sederhana.
0 Response to "Penerapan Trigonometri (Matematika Peminatan) Dalam Kehidupan Sehari-Hari"
Post a Comment