Manfaat Dan Resiko Reksa Dana Bagi Investor

Manfaat dan Resiko Reksa Dana Bagi Investor  - Reksa Dana mempunyai manfaat bagi investor, antara lain:  (Bodie, Zvi, Alex Kane & Alan J. Marcus, Op.Cit., Hal. 75)
  • Terdapat jalan masuk untuk melaksanakan investasi pada instrumen-instrumen investasi yang sulit dilakukan sendiri ibarat saham, obligasi, dan lainnya.
  • Jumlah dana yang diharapkan untuk investasi relatif kecil
  • Prosedur investasi sangat mudah
  • Biaya transaksi murah
  • Adanya kesempatan untuk melaksanakan diversifikasi investasi yang sulit dilakukan sendiri, contohnya alasannya keterbatasan dana yang dimiliki investor.
  • Pengelolaan investasi pada portofolio reksa dana dilakukan secara profesional oleh manajer investasi yang telah berpengalaman serta manajemen investasi yang dilakukan oleh bank kustodian sehingga investor relatif terbebas dari pekerjaan menganalisa, memonitor serta mengelola manajemen investasi yang rumit.
  • Hasil investasi dari reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif bukan merupakan objek pajak alasannya kewajiban pajak telah dipenuhi oleh reksa dana.
  • Likuiditas upaya reksa dana tergolong tinggi alasannya reksa dana sanggup dibeli dan dicairkan setiap hari bursa melalui manajer investasi.

Disamping manfaat diatas, investor juga perlu mengetahui sejumlah resiko yang dihadapi reksa dana, yaitu: (Eko Priyo Pratomo & Ubaidillah Nugraha, Op.Cit., Hal. 84)
Resiko berkurangnya nilai unit penyertaan
Resiko ini dipengaruhi oleh melemahnya harga dari imbas (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang termasuk dalam portofolio investasi reksa dana tersebut.
Resiko likuiditas
Resiko ini menyangkut kesulitan yang dihadapi oleh Manajer lnvestasi bila sebagian besar pemegang unit penyertaan reksa dana menjual kembali (redemption) unit-unit yang dipegangnya. Manajer Investasi akan mengalami kesulitan untuk menyediakan uang tunai atas redemption tersebut.
Manfaat dan Resiko Reksa Dana Bagi Investor Manfaat dan Resiko Reksa Dana Bagi Investor


Resiko wanprestasi
Merupakan resiko terburuk, dimana timbul ketika perusahaan asuransi yang mengasuransikan kekayaan reksa dana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah daripada nilai pertanggungjawaban dikala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ibarat wanprestasi dari perusahaan investasi atau manajer investasi, bank kustodian, biro pembayaran, musibah dan sebagainya.

Eko Priyo Pratomo & Ubaidillah Nugraha, Op.Cit., Hal. 84
Bodie, Zvi, Alex Kane & Alan J. Marcus, Op.Cit., Hal. 75

0 Response to "Manfaat Dan Resiko Reksa Dana Bagi Investor"

Post a Comment