Apabila laman di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id mengalami hambatan tidak menampilkan info terbaru di browser laptop And silakan refresh dengan menekan tombol CTRL dan F5 bersamaan.
Kode Regrestasi
Kode pendaftaran bersifat unik dan tidak mempunyai kesamaan antara sekolah satu dengan lainnya. Kesalahan dalam penginputan aba-aba pendaftaran sanggup mengakibatkan gagal susukan aplikasi dapodik. Pastikan semua sekolah mempunyai aba-aba pendaftaran aplikasi dapodik
Peringatan! Jangan pernah mereset aba-aba pendaftaran milik sekolah apabila tidak ada seruan dari operator sekolah alasannya ialah akan mengakibatkan operator sekolah tidak sanggup melaksanakan sinkronisasi.
Gagal Registrasi dan Generate Prefill
Penyebab:
- Username dan password tidak sesuai
- Kode pendaftaran salah ketik
Solusi:
- Operator sekolah memastikan kesesuaian data username dan password kepada kkdatadik di dinas pendidikan.
- Operator kkdatadik melaksanakan reset password kalau diperlukan.
- Pada masalah tertentu kadang terjadi alasannya ialah data penambahan atau perbaikan pengguna belum masuk di server utama sehinga dinilai tidak sesuai, silakan dinantikan 1x24 jam sehabis melaksanakan poin di atas.
Registrasi Berhasil namun tidak sanggup login
Penyebab:
- Terdapat akun operator lebih dari 1 dengan email yang sama
Solusi:
- Operator kkdatadik memastikan bahwa akun operator sekolah yang aktif hanya 1 , kemudian akun yang lainnya harap dinonaktifkan
Registrasi Berhasil login hanya muncul GTK
Penyebab:
- Akun operator sama persis dengan akun GTK (username dan password)
Solusi:
- Operator kkdatadik mereset username dan password akun operator, pastikan berbeda dengan akun GTK
Tidak sanggup login akseptor didik
Penyebab:
- Akun login akseptor latih tidak berfungsi
Solusi:
- Akses sajian Pengaturan ⇛ administrasi pengguna ⇛ masukan kodereg ⇛ pilih sajian Buatkan login untuk PD
- Username memakai NISN dan Password menggunkan tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)
PTK Hilang
Penyebab:
- Salah pilih sekolah non-induk ketika merger PTK di vervalptk, sehingga data PTK dinonaktifkan
Solusi:
- Kirim email ke tim helpdesk dapodik di info.dikdasmen@kemdikbud.go.id dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id
Data PTK tidak ditemukan ketika TARIK PTK
Penyebab:
- Terlalu banyak parameter pencarian yang diinputkan
- Kata kunci salah ketika pencarian
Solusi:
- Cukup isi salah satu parameter cari misal nama saja atau nuptk saja
Tidak sanggup konfirmasi TARIK PTK
Penyebab:
- Gagal push data ke server utama (time out)
Solusi:
- Telah dibuatkan tools untuk membantu konfirmasi Tarik PTK di susukan administrasi kkdatadik dinas pendidikan
Salah Input NUPTK (Terkunci)
Penyebab:
- Salah input ketika pertama kali tambah data GTK
Solusi:
- Lakukan sinkronisasi, kalau terdapat perbedaan antara arsip NUPTK dan inputan di Dapodik maka dalam sajian validasi sentra akan terbaca status invalid. Sehingga kuncian data NUPTK dibukakan. Lakukan edit data NUPTK di aplikasi dapodik
- Operator Sekolah melaksanakan verifikasi melalui VervalPTK dengan mengajukan perubahan data.
- Operator kkdatadik mengapprove permohonan perubahan data yang diajukan pihak sekolah
- Apabila masih belum terproses perubahannya silakan hubungi tim helpdesk dapodikdasmen
Status BOS berkembang menjadi tidak
Penyebab:
- Belum mengisi data periodik sekolah
Solusi:
- Operator sekolah mengisi data periodik sekolah di data Rincian Sekolah. Pastikan pilih “Ya” pada status mendapatkan BOS.
Terkadang permasalahan mungkin saja berbeda disetiap tempat. Ini beberapa materi dari narasumber wacana pembinaan DAPODIK di Malang. Semoga sanggup menambah rujukan kita.
Materi 1Materi 2
Materi 3
Materi 4
0 Response to "Studi Kasus Aplikasi Dapodik 2018/2019"
Post a Comment