Soal Dan Tanggapan Tes Karakteristik Eksklusif (Tkp) Cpns 2018 Terbaru

Soal-soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan disertai dengan kunci jawabannya.

Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan abjad kepribadian para peserta cpns dalam aneka macam aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, bahan soal TKP meliputi: Integritas diri; Semangat berprestasi; Orientasi pada pelayanan; Kemampuan beradaptasi; Kemampuan mengendalikan diri; Kemampuan bekerja berdikari dan tuntas;
Kemauan dan kemampuan mencar ilmu berkelanjutan; Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain; Orientasi kepada orang lain; Kreativitas dan inovasi;
 Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi  Soal dan Jawaban Tes Karakteristik Pribadi (TKP) cpns 2018 Terbaru

Berikut 17 Soal dan Jawaban Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 2018 Terbaru

1. Ketika saya mengalami kegagalan dalam meminta maaf atas kesalahan yang saya lakukan pada kepala kantor saya akan:
A. Berusaha m eminta maaf lagi, hingga dimaafkan
B. Bimbang apakah meminta maaf lagi itu perlu
C. Tidak berani meminta maaf lagi
D. Berusaha meminta maaf lagi berharap dimaafkan
E. Meminta sumbangan orang lain menjadi penengah

2. Saat saya sedang tidak sibuk dan secara mendadak diminta menggantikan sobat yang sedang dirawat di rumah sakit maka saya:
A. Mempelajari kiprah tersebut sebelum menerima
B. Dengan segera menyanggupi untuk menggantikannya
C. Meminta beliau untuk mencari sobat lain yang sanggup mengganti
D. Mempertimbangkan untuk mendapatkan kiprah tersebut
E. Mencarikan sobat lain untuk mengganti

3. Bagi saya untuk menjadi pegawai negeri sipil yang sukses, saya harus melaksanakan ?
A. Mengikuti perintah dan instruksi pimpinan secara loyal dan penuh kepatuhan
B. Melakukan pekerjaan yang terbaik dengan standar kinerja yang tinggi
C. Mengembangkan hal-hal gres yang belum pernah diciptakan sebelumnya
D. Menciptakan kekerabatan baik dengan setiap orang, rekan kerja dan pimpinan
E. Bekerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan

4. Teman kantor saya yaitu orangtua salah seorang siswa Sekolah Menengan Atas yang lulus ujian nasional tidak sanggup menghadiri penerimaan ijazah di sekolah lantaran mereka harus keluar kota, saya akan :
A. Berpendapat sobat saya memiliki hak untuk mengatur acaranya
B. Meminta sobat saya untuk mempertimbangkan keberangkatannya ke luar kota
C. Meminta sobat saya untuk membatalkan rencananya ke luar kota
D. Anaknya disuruh mengambil ijazah itu secara langsung
E. Memahami bahwa seringkali terjadi program yang bersamaan waktu

5. Teman saya meminjam sepeda motor kepada saya untuk pergi ke daerah kerja, padahal sepeda motor tersebut hasil pinjaman dari sepupu saya, maka saya :
A. Mengatakan bahwa sepeda motor tersebut yaitu pinjaman
B. Meminjami sepeda motor dengan mengutip bayaran
C. Mengatakan bahwa saya tidak berani meminjamkan lantaran bukan milik saya
D. Mengantarkan sobat ke daerah kerja tanpa pemilik motor
E. Menolak untuk meminjami sepeda motor tersebut

6. Saya dituduh dan dimarahi oleh ketua kelompok saya sedangkan tuduhan itu tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Saya akan :
A. Menanggapi pertanyaan dari siapapun wacana isu itu
B. Mencari penyebar isu dan melawannya
C. Membiarkan saja isu berkembang
D. Menerangkan keadaan yang sesungguhnya
E. Menceritakan pada sobat dekat

7. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja mengatakan perilaku tidak peduli dengan kiprah yang diemban. Sikap saya adalah...
A. Bekerja sendiri yang penting kiprah selesai
B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
C. Melaporkan mereka pada pimpinan supaya diberi sanksi
D. Membagi kiprah secara adil dan memotivasi anggota untuk menyelesaikannya
E. Menasehati mereka supaya sadar akan penyelesaian kiprah yang diembannya

8. Saya ditawarkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya kantor. Saat ini saya gres saja dikaruniai bayi kembar yang masih membutuhkan perhatian saya. Keputusan saya yaitu ?
A. Menolak anjuran tersebut
B. Menerima anjuran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga merupakan tanggung jawab saya
C. Menerima anjuran tersebut dengan permohonan supaya keluarga sanggup ikut saya dengan pelengkap biaya hidup
D. Menolak anjuran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan kalau ada kesempatan lagi saya sanggup diikutkan
E. Menerima anjuran tersebut dan dengan berat hati meninggalkan keluarga

9. Menurut saya, sepuluh tahun sesudah saya diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi ?
A. Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional dalam bidangnya
B. Bukan PNS lagi
C. PNS masih sebagai pelaksana di unit yang pertama kali saya diterima
D. Belum tahu lantaran sepenuhnya tergantung pada nasib
E. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya

10. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Respon saya yaitu ?
A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
B. Dengan besar hati saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga wacana hasil keputusan rapat
D. Memberitahu sahabat saya dikantor wacana hasil keputusan rapat
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat lantaran bukan wewenang saya

11. Ketika saya naik sepeda motor di jalan mendekati gedung kantor, saya melihat kepala kantor berjalan kaki, saya akan :
A. Mengurangi kecepatan sambil mengucapkan salam
B. Berhenti meminta izin untuk mendahului
C. Berhenti sambil menawari untuk membonceng
D. Melewati begitu saja
E. Mengurangi kecepatan sambil minta izin mendahului

12. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Ketika saya berada di antara teman-teman akrab di kantor, saya ...
A. Suka mendapatkan masukan demi masukan dalam rangka pengembangan kiprah gres saya
B. Membicarakan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan kiprah gres saya
C. Membatasi pembicaraan supaya tidak menyangkut ke hal-hal kiprah gres saya
D. Akan merasa gelisah dan kurang bahagia bila mereka mulai membicarakan kiprah gres saya
E. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain bila mereka sudah mulai menyinggung kiprah gres saya

13. Jika ada kesempatan untuk berkompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka saya :
A. Mengalahkan pesaing dengan meningkatkan diri
B. Tidak ikut kompetisi
C. Ikut hanya kalau ada kemungkinan menang
D. Berusaha keras mengalahkan pesaing dengan mencari kelemahan mereka
E. Lebih baik tidak usah ikut lantaran khawatir akan kalah

14. Agar suatu kegiatan berhasil saya laksanakan, saya akan :
A. Minta bimbingan guru dalam melaksanakan kegiatan tersebut
B. Mempelajari jenis kegiatan tersebut sebelum memulai kegiatan
C. Mencontoh orang lain yang sukses mengerjakan pekerjaan serupa
D. Menyesuaikan dengan kondisi yang sedang berjalan
E. Menggunakan cara yang biasa saya pakai

15. Ketika terkait pada suatu kesanggupan untuk melaksanakan hal tertentu, pada umumnya saya:
A. Menolak kegiatan lain sebelum kiprah terselesaikan
B. Lebih banyak melaksanakan kegiatan lain yang baru
C. Hanya melaksanakan kegiatan yang relevan dengan kegiatan utama
D. Melakukan kegiatan lain sekedar sebagai selingan
E. Dalam waktu yang sama, melaksanakan aneka macam kegiatan

16. Pada ketika harus memecahkan suatu persoalan, maka biasanya pikiran saya :
A. Tetap terpusat pada masalah kalau gangguan relatif kecil saja
B. Praktis beralih kepada hal lain lantaran gangguan sedikit saja
C. Terpusat pada hal yang harus dipecahkan apapun gangguannya
D. Praktis beralih tanpa lantaran apapun
E. Praktis beralih ke hal lain oleh lantaran yang sangat mengganggu

17. Dalam suatu pertemuan kelompok saya tiba terlambat ketika pembicaraan sedang berlangsung hangat. Padahal saya ingin menyumbang ide. Hal yang saya lakukan yaitu :
A. Duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, gres lalu bicara
B. Menanyakan apakah saya boleh segera bicara
C. Segera bicara mengemukakan pendapat
D. Menunggu kesempatan untuk berbicara
E. Meminta waktu untuk berbicara

17 Soal PG dan tanggapan tes TKP diatas merupakan soal yang diambil dari simulasi cpns 2018 yang terbaru diposting di blog ini. 😅

0 Response to "Soal Dan Tanggapan Tes Karakteristik Eksklusif (Tkp) Cpns 2018 Terbaru"

Post a Comment