Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (Ppt)

Model pembelajaran yaitu kerangka konseptual yang dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan berguru yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells). Sedangkan berdasarkan Arends dalam Trianto, menyampaikan “model pembelajaran yaitu suatu perencanaan atau suatu teladan yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.
Model pembelajaran yaitu kerangka konseptual yang dipakai sebagai pedoman dalam melakuk Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (PPT)
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam aktivitas pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.

Tujuan penggunaan model pembelajaran sebagai taktik bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan sanggup membantu penerima didik membuatkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen.

Model pembelajaran memiliki empat ciri khusus yaitu:

  1. Rasional teoretis logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  2. Landasan pemikiran wacana apa dan bagaimana siswa berguru (tujuan pembelajaran yang akan dicapai).
  3. Tingkah laris mengajar yang diharapkan supaya model tersebut sanggup dilaksanakan dengan berhasil.
  4. Lingkungan berguru yang diharapkan supaya tujuan pembelajaran itu sanggup tercapai.

Memilih atau memilih model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran, sifat dari bahan yang akan diajarkan, dantingkat kemampuan penerima didik. Di samping itu, setiap model pembelajaran memiliki tahap-tahap (sintaks) yang sanggup dilakukan siswa dengan bimbingan guru. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagaimana yang diterapkan pada kurikulum 2013, sebaiknya dipadukan secara sinkron dengan langkah/tahapan kerja (syntax) model pembelajaran.

Kurikulum 2013 memakai 3 (tiga) model pembelajaran utama (Permendikbud No. 103 Tahun 2014) yang diharapkan sanggup membentuk sikap saintifik, sikap sosial serta membuatkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah: model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), dan model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning). Disamping model pembelajaran di atas sanggup juga dikembangkan model pembelajaran Production Based Education (PBE) sesuai dengan karakteristik pendidikan menengah kejuruan.

Tidak semua model pembelajaran sempurna dipakai untuk semua KD/materi pembelajaran. Model pembelajaran tertentu hanya sempurna dipakai untuk bahan pembelajaran tertentu. Sebaliknya bahan pembelajaran tertentu akan sanggup berhasil maksimal kalau memakai model pembelajaran tertentu. Oleh alhasil guru harus menganalisis rumusan pernyataan setiap KD, apakah cenderung pada pembelajaran penyingkapan (Discovery/Inquiry Learning) atau pada pembelajaran hasil karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning).

Untuk memudahkan bapak/ibu guru, guna menciptakan model pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 berikut Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013  dalam format power point dan docx sebagai panduan.

Pendekatan Saintifik (PPT)
Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PPT)
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PPT)
Strategi Pembelajaran Discovery (PPT)
Strategi Pembelajaran Inquiri (PPT)

Link download Komplit satu folder Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 PPT dan DOC

0 Response to "Materi 4 Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (Ppt)"

Post a Comment