كُلُّ شَيْئٍ اِزْدَادَ فَقَدْ زَكَا
"Setiap sesuatu yang bertambah berarti berkembang".Dalam "Lisanul Arab", disebutkan bahwa asal kata zakat berdasarkan bahasa adalah;
اَلطَّهَارَةُ وَالنَّمَاءُ وَالْبَرَكَةُ وَالْمَدْحُ
"suci, tumbuh, berkah dan pujian"Dalam kitab-kitab Fikih zakat didefinisikan dengan ungkapan yang bermacam-macam. Intinya, sebagaimana diungkapkan oleh Imam Mawardi; "Zakat ialah istilah bagi pengambilan tertentu dari harta yang tertentu, berdasarkan sifat-sifat yang tertentu, untuk diberikan kepada golongan tertentu". Dalam Undang-undang RI nomor 38 Tahun 1999 wacana Pengolaan Zakat, yang dimaksud dengan zakat ialah "Harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim atau tubuh yang dimiliki oleh orag muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberika kepada yang berhak menerimanya".
Hukum Zakat
Zakat hukumnya fardlu 'ain dan merupakan kewajiban "ta'abbudi" yang terikat oleh syarat dan rukun. Di dalam Al-quran terdapat banyak ayat yang menyejajarkan perintah shalat dengan perintah zakat. Di antaranya adalah: وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ ٤٣
Artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku´lah beserta orang-orang yang ruku´” (QS. Al Baqarah:43).Namun demikian, kenyataan rukun Islam yang ketiga ini belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengelolaan dan pendistribusian zakat di masyarakat masih memerlukan bimbingan baik dari segi syariah maupun perkembangan zaman, terutama terkait dengan sumber-sumber harta yang wajib dikeluarkan zakatnya (al-amwal az-zakawiyah).
Baca Ramadhan Sadar Zakat, Infaq dan Shadaqah mengentas kemisikinan
Dalam memilih rincian harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, semenjak dulu hingga kini terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama. Ada yang meluaskan pendapatnya, sehingga semua harta yang sudah memmenuhi nisabnya termasuk ke dalam al-amwal az-zakawiyah. Ada pula yang menyempitkan pendapatnya, sehingga al-amwal az-zakawiyah itu bersifat permanen dan tidak berubah sesuai dengan ketentuan nash Al-quran dan hadis Nabi.
Itulah sebabnya sehingga aturan wacana zakat harta benda zamman modern kini semakin berkembang dan bermacam-macam bentuknya (zakat kontemporer), menyerupai zakat profesi, zakat perusahaan, hasil bumi dan lain-lain., masih menjadi kontroversi. Walaupun demikian, satu hal yang harus diperhatikan ialah sarana apapun yang sesuai dengan aliran Islam (syariah) apabila didalamnya terkandung unsur menumbuh kembangkan harta, maka harta yang dihasilkan tersebut harus dizakati.
Jenis zakat hasil perjuangan Kontemporer
Dalam istilah Fikih, zakat dibedakan menjadi dua, yaitu "zakat an-nafs" (zakat Jiwa atau zakat Fitrah) dan "zakat maal" (zakat harta). Zakat an-nafs didefinisikan sebagai berikut; اَلْمُرَادُ بِصَدَقَةِ الْفِطْرِ صَدَقَةُ النُّفُوْسِ، مَأْخُوْذَةٌ مِنَ الْفِطْرَةِ الَّتِى هِىَ أَصْلُ الْخِلْقَةِ
Artinya: "Yang dimaksud zakat fitrah ialah zakat (shadaqah) jiwa, (istilah) itu diambil dari kata fitrah yang merupakan asal dari kejadian". Sedangkan zakat Maal (harta) adalah; "Zakat yang dikenakan atas harta (maal) yang dimiliki seseorang atau forum dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan". Dalam Al-quran surat at-Taubah ayat 103 Allah berfirman; خُذۡ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡ صَدَقَةٗ تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٞ لَّهُمۡۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ١٠٣
Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kau membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kau itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. At-Taubah:103)Baca 4 Dasar Perbedaan Zakat dan Pajak: dari segi Istilah, Hukum, Objek, Pengelola
Ayat ini berisi petunjuk bahwa zakat itu diambil dari semua harta yang dimiliki, meskipun lalu sunnha Nabi mengemukakan rincian jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Imam nawai berkata: "Nabi hanya mewajibkan zakat atas harta yang berkembang dan diinvestasikan".
Yang dimaksud harta atau kekayaan ialah segala sesuatu yang dimiliki (disimpan, dihimpun, dikuasai) dan sanggup diambil keuntungannya sesuai dengan kebiasaannya. Sedangkan harta yang wajib dizakati berdasarkan para ulama fikih harus memenuhi beberapa syarat, yaitu;
- Milik penuh (Milku at-taam)
- Berkembang ( An-namaa')
- Cukup nisab
- Lebih dari kebutuhan (Al-hajjah al-ashliyyah)
- Bebas dari hutang
- Cukup satu tahun (Al-haul)
- Binatang ternak menyerupai unta, kambing dan lembu;
- Uang, emas dan perak;
- Hasil pertanian dan buah-buahan, terutama yang berupa makanan pokok;
- Urudl Tijarah atau barang dagangan yang diperjual belikan;
- Harta karun (rikaz).
Dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 38 tahun 1999 wacana Pengelolaan Zakat, kategori harta yang dikenai zakat adalah;
- Emas, perak dan uang;
- Perdagangan dan perusahaan;
- Hasil pertanian, hasil perkebunan dan hasil perikanan;
- Hasil pertambangan;
- Hasil peternakan;
- Hasil pendapatan dan jasa;
- Rikaz.
Batas nisab dan besar zakat bagi zakat kontemporer
Secara umum, ada dua pendekatan dalam memilih jenis-jenis harta yang wajib dizakati, yaitu; Pendekatan global (Ijmali); "segala macam harta yang dimiliki dan telah memenuhi persyaratan zakat," dan Pendekata terurai (Tafsili); "menjelaskan jenis-jenis harta tertentu yang telah memenuhi persyaratan zakat yang wajib dikeluarkan zakatnya". Dengan pendekatan Ijmali, maka semua jenis harta yang belum ada rujukan kongkretnya pada zaman Rasulullah saw. tetapi lantaran perkembangan ekonomi menjadi benda yang bernilai,dapat menjadi objek zakat yang penting. Inilah yang dimaksud sebagai sumber zakat kontemporer yang berdasarkan para ulama ketentuan batas nisab dan besar zakat yang harus dikeluarkannya sanggup ditetapkan berdasarkan cara "qiyas" (analogi) sebagai salah satu dalil syar'i (adillah syar'iyyah). Disamping itu kaidah-kaidah fiqih (qawaid fiqhiyyah) dan tujuan syari'ah (maqasid syari'ah) juga dipergunakan untuk memutuskan ketentuan hhukumnya.Di antara rujukan zakat kontemporer berikut ketentuan nisab dan kadar zakat yang dikeluarkannya adalah;
1. Tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari;
- Biji-bijian (jagung, kacang, kedelai dan lain-lain),
- Tanaman hias (Anggrek dan segala jenis bunga-bungaan),
- Rerumputan (rumput hias, ebu, bambu dan lain-lain),
- Buah-buahan (mangga, jeruk, rambutan, durian, pisang, kelapa dan lain-lain),
- Sayr-sayuran (bawang, wortel, cabai dan lain-lain),
- Segala jenis tumbuh-tumbuhan yang bernilai ekonomis,
2. Logam mulia selain emas dan perak, seperti;
- Intan, berlian dan lain-lain;
3. Perusahaan, perdagangan, pendapatan dan jasa, meliputi;
- Perusahaan (industri, perjuangan perhotelan, restoran dan lain-lain),
- Perdagangan (import/eksport. kontraktor, real estate, penerbitan, swalayan, super market dan lain-lain),
- Jasa konsultan (Notaris, komisioner, travel biro, salon, transportasi, pergudangan, perbengkelan, akuntan, dokter, pengacara, dll),
- Pendapatan (gaji, honorarium, jasa produksi, dll),
- Uang simpanan, deposito, tabanas, taska, simpeda, simaskot, tahapan, giro, dll,
4. Hewan ternak jenis unggas, seperti;
- Ayam, bebek, burung dan lain-lain,
5. Harta terpendam Rikaz dan barang tambang (ma'adin)
Menurut mazhab Hanafi wajib mengeluarkan zakatnya sebesar 20% baik yang telah maupun belum mencapai nisab. Sedangkan jumhur ulama (Malikiyah, Syafi'iyah, dan Hanabilah) zakat rikaz ialah 20% tanpa ada nisab, kecuali mazhab Syafi'iyah, sedangkan zakat ma'adin ialah 2,5% sesudah mencapi nisab, yaitu senilai nisab emas murni.Baca Bedanya zakat dengan infaq
Hikmah Zakat
Zakat merupakan ibadah yang mempunyai dimensi ganda; transedental dan horizontal. Karena itu zakat mempunyai banyak hikmah baik yang berkaitan dengan korelasi insan dengan Tuhannya, maupun korelasi sosial kemasyarakatan antar manusia. Secara rinci hikmah zakat sebagai berikut;- Sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensukuri nikmat-Nya, menumbuhkan watak mulia dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, menghilangkan sifat kikir, rakus dan matrealistis, menumbuhkan ketenangan hidup, sekaligus membersihkan dan membuatkan harta yang dimiliki.
- Karena zakat merupakan hak mustahiq, maka zakat berfungsi untuk menolong, membantu dan membina mereka, terutama fakir miskin, kearah kehidupan yang lebih baik dan sejahtera, sehingga mereka sanggup memenuhi kebutuhan hidup dengan layak, sanggup beribadah kepada Allah SWT. dan terhindar dari ancaman kekufuran, sekaligus menghilangkan sifat iri, dengki dan hasad yang biasa timbul saat melihat orang yang hidup berkecukupan.
- Sebagai pilar pembangunan untuk mewujudkan sistem kemasyarakatan Islam yang berdiri diatas prinsip-prinsip "al-wahdah" (persatuan), "al-musawah" (persamaan derajat dan hak), "al-ukhuwah" (persaudaraan), dan "at-ta'awun" (saling membantu).
- Menjadi unsur penting dala mewujudkan keseimbangan dalam distribusi harta, keseimbangan dalam kepemilikan harta dan keseimbangan tanggung jawab individu dalam masyarakat.
- Sebagai salah satu sumber dana bagi pembangunan sarana dan prasarana yang harus dimiliki umat Islam, menyerupai sarana ibadah, pendidikan, kesehatan, sosial maupun ekonomi, sekaligus sarana peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya insan muslim.
- Untuk memasyarakatkan etika bisnis yang benar sesuai syariat Islam. Sebab zakat ukan saja berarti membersihkan harta yang kotor, tetapi mengeluarkan potongan dari hak orang lain dari harta yang kita usahakan dengan baik dan benar sesuai ketentuan Allah SWT maupun Snnah rasulullah saw.
Dalam kondisi masyarakat yang menyerupai itu, tidak akan tumbuh lagi ancaman latent komunis dan paham atau aliran yang sesat dan menyesatkan. Sebab dengan dimensi dan fungsi ganda zakat, problem yang dihadapi paham kapitalisme dan sosialisme sudah terjawab. Akhirnya, sesuai dengan akad Allah, kalau zakat dilaksanakan dan ditata dengan benar berdasarkan ketentuan agam, akan tercipa sebuah masyarakat ideal yaitu "Baldatun Thayyibatun wa Rabbun ghafur".
0 Response to "Zakat Kontemporer : Hukum, Jenis, Nisab Dan Hikmah"
Post a Comment