- Nama kurikulum tidak bermetamorfosis kurikulum nasional akan tetapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
- Penilaian perilaku KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKN namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
- Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD, maka yang diambil ialah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot evaluasi harian, dan evaluasi simpulan semester itu sama.
- Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode ketika mengajar dan apabila dipakai maka susunannya tidak harus berurutan.
- Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran.
- Perubahan terminologi ulangan harian menjadi evaluasi harian, uas menjadi evaluasi simpulan semester untuk semester 1 dan evaluasi simpulan tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi UTS, pribadi ke evaluasi simpulan semester.
- Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai dan materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik evaluasi (jika ada).
- Skala evaluasi menjadi 1-100. Penilaian perilaku diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
- Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial ialah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
BUKU KERJA GURU
A. BUKU KERJA 1 :1. SKL, KI, dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM
B. BUKU KERJA 2 :
1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA 3 :
1. Daftar Hadir
2. Daftar Nilai
3. Penilaian Akhlak/Kepribadian
4. Analisis Hasil Ulangan
5. Program Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
7. Jadwal Mengajar
8. Daya Serap Siswa Hb tidak
9. Kumpulan Kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA 4 :
1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Ini lah item-item yang harus di sediakan dan dipersiapkan oleh seorang guru, sudah adakah disetiap kita? Kalau belum ayo segera kita mulai mempersiapkannya, dan kalau sudah mari sama-sama ditingkatkan lagi.
Penting Untuk Di Ketahui, Daftar Perubahan Istilah Dalam Kurikulum 2013 Terbaru
Berdasarkan PERMEN No 53/2015 dinyatakan tidak BERLAKU dan dirubah mnjdi PERMEN No 23/2016 wacana PENILAIAN revisi Kurikulum 13- Istilah KKM berubah istilah dengan KBM ( Ketuntasan Belajar Minimal )
- Istilah UH berubah istilah dengan PH ( Penilaian Harian ).
- Istilah UTS berubah istilah dengan PTS ( Penilaian Tengah Semester )
- Istilah UAS berubah istilah dengan PAS ( Penilaian Akhir Semester ) Gasal/Genap
- Istilah UKK berubah PAT ( Penilaian Akhir Tahun ) PAT materi soalnya mencakup semester GANJIL 25 % dan semester *GENAP 75 %
a. Semester Ganjil = 55
b. Semester Genap = 65
--------------------------------------
120 : 2 = 60 Tuntas
--------------------------------------
Siswa dinyatakan TIDAK NAIK KELAS
- Terdapat 3 nilai Mapel yang KBMnya tidak TUNTAS.
- Nilai Pengetahuan Ki.3 harus Tuntas.
- Nilai Ketrampilan Ki.4 harus Tuntas.
- Ki.1 dan Ki.2 harus BAIK.
Ki 1 dan Ki 2 Observasi guru dalam jurnal yang ditulis yang KURANG dan yang AMAT BAIK
- Sikap dikatakan Tuntas, bila predikat minimal B (baik)
- Pengetahuan dan Keterampilan , dikatakan Tuntas bila predikat Minimal C.
- K-13: Sebuah mapel dikatakan Tuntas , bila Pengetahuan dan keterampilan Tuntas.
- 2006: Sebuah mapel dikatakan tuntas bila pengetahuan dan keterampilan (jika ada keterampilan), dan perilaku tuntas.
- Tidak perlu galau dengan Prefikat C pada mapel Pengetahuan dan Keterampilan, sebab C berarti sudah Tuntas.
- Predikat untuk Pengetahuan dan Keterampilan, didasarkan pd KKM masing2 sekolah. Contoh: bila KBM 75, maka < 75. = D (tidak tuntas), 75-82. = C (tuntas dengan Cukup), 83 - 90. = B (tuntas dengan Baik), 91-100. = A (tuntas dengan Sangat Baik)
- Jadi jangan menaik-naikkan nilai untuk mengejar B, atau menurunkan KBM dari yang sudah ditetapkan masing2 sekolah.
- Predikat pengetahuan dan keterampilan tidak kuat pada SNMPTN.
- Permendikbud No.20 Th 2016 wacana STANDAR KOPETENSI LULUSAN ( Permendikbud No.54 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU ).
- Permendikbud No.21 Th 2016 wacana STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH ( Permendikbud No.65 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU ).
- Permendikbud No.22 Th 2016 wacana STANDAR PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH ( Permendikbud No.54 Th.2013 dinyatakan TIDAK BERLAKU ).
- Permendikbud No.23 Th 2016 wacana STANDAR PENILAIAN ( Permendikbud No.66 Th.2013 dan Permendikbud No.104 tahun 2014 dinyatakan TIDAK BERLAKU ).
- Permendikbud No.24 Th 2016 wacana KOPETENSI INTI dan KOPETENSI DASAR
- Sharing kebijakan Revisi Kurikulum 13 serta dasar aturan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no.20.21.22.23.24 tahun 2016
Jenjang SD
Jenjang SMP
Jenjang SMA
Materi Pokok
Jenjang SMK
0 Response to "Daftar Perubahan Kurikulum 2013 Terbaru Tahun Aajaran 2018/2019"
Post a Comment