Sibos Pintar merupakan aplikasi terbaru keluaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah). Aplikasi yang bersifat desktop online ini ditujukan sebagai sistem warta bos dan progam indonesia berakal yang bertujuan untuk melaksanakan validasi data peserta Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).
1. Cara Instal Aplikasi SIBOS PINTAR
Sibos Pintar merupakan aplikasi desktop online. Karena merupakan sebuah aplikasi desktop maka SIBOS PINTAR butuh diinstal dalam komputer (laptop). Online alasannya untuk mengoperasikannya komputer harus terhubung dengan jaringan internet.
Sebelum mengintal, terlebih dahulu unduh aplikasi ini. Untuk mengunduh sanggup melalui situs resmi kemenag ataupun melalui mirror download yang disedikan . Silakan kunjungi alamat berikut untuk mengunduhnya.
- Unduh memalui situs resmi, kunjungi https://madrasah.kemenag.go.id/sibospintar
- Unduh melalui mirror download, kunjungi: Download Aplikasi SIBOS PINTAR
Setelah berhasil mengunduh, langkah-langkah untuk menginstal adalah:
- Buka folder hasil unduhan "Setup SIBOS_PINTAR_2018_09_12", file masih berupa .rar
- Ekstrak file tersebut dengan memakai aplikasi ekstrak menyerupai WinRar, Winzip, atau 7Zip
- Setelah berhasil diekstrak, buka folder hasil ekstrak, terdapat dua file
- Klik dua kali pada file "Setup" atau "SetupSIBOSPINTAR"
- Muncul jendela instalasi SetupSIBOSPINTAR
- Klik "Next"
- Muncul "Select Instalation Folder"
- Biarkan apa adanya kemudian klik "Next". Tetapi kalau ingin sanggup juga melaksanakan perubahan lokasi pemasangan dan pilihan penggunaan (user).
- Muncul "Confirm Installation", klik Next
- Proses instalasi berlangsung, tunggu hingga selesai
- Muncul "Installation Complete" yang membuktikan pemasangan aplikasi berhasil. Klik Close
- Aplikasi SIMBOS PINTAR siap digunakan.
Cara lebih mendetail, tonton video tutorial di bab bawah artikel.
2. Cara Membuka dan Login Sibos Pintar
Untuk memakai aplikasi SIBOS PINTAR, sesudah berhasil melaksanakan instalagi, kita tinggal membuka aplikasinya dan melaksanakan login.
Untuk login, berikut userID dan password standar yang digunakan:
- UserID : NSM masing-masing madrasah
- Password : User12345 (perhatikan, karakter "U" kapital)
Untuk membuka dan mulai menggunakannya, langkah-langkahnya adalah:
- Klik hidangan "Start"
- Cari ikon SIBOS PINTAR
- Jika tidak muncul, ketik kata "sibos" pada kolon Search Program di hidangan Start
- Klik kegiatan SIBOS PINTAR
- Muncul jendela login
- Masukkan UserID (NSM) dan password (User12345)
- Terbuka jendela Pilih Login
- Klik tanda plus pada "Daftar Ijin Akses"
- Karena merupakan admin madrasah maka yang tersedia hanya satu kanal yakni "Modul Admin Lembaga" madrasah yang bersangkutan. Klik pada modul tersebut
- Klik "Pilih"
- Terbuka aplikasi Sibos Pintar untuk madrasah yang bersangkutan
- Gunakan menu-menu di sebelah kiri atas untuk menggunakan. Klik pada hidangan untuk menampilkan submenu-submenu yang tersedia.
Untuk cara pengoperasian selanjutnya silakan unduh petunjuk penggunaan aplikasi Sibos Pintar di artikel Download Aplikasi SIBOS PINTAR
3. Video Tutorial Cara Instal dan Login
Agar lebih memahami cara melaksanakan instalasi dan login di aplikasi Sibos Pintar sila tonton video tutorial berikut ini.
4. Tips Tambahan Terkait Login Sibos Pintar
Karena terkait dengan kerahasian data madrasah dan mencegah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, menyarankan dua hal terkait dengan login Sibos Pintar. Keduanya adalah:
- Tambahkan admin madrasah selain admin madrasah standar yang telah ada
- Ubah password login admin madrasah
Tambahkan admin madrasah selain admin madrasah standar yang telah ada
Aplikasi Sibos Pintar memungkinkan untuk menambah admin madrasah gres selain admin yang telah ada. Sehingga nantinya aplikasi sanggup dibuka dengan memakai beberapa admin sekaligus.
Kenapa harus menambahkan admin madrasah gres selain admin yang telah ada?
Dengan menambahkan admin baru, kalau salah satu akun tidak sanggup dipakai untuk login (semisal lupa password) masih sanggup login dengan memakai akun lainnya. Dan dari akun lain tersebut kita sanggup melaksanakan reset password pada akun yang lupa password.
Baca Juga:
Kenapa harus mengubah password login?
Karena terkait kerahasiaan data dan untuk menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengutak-atik data Sibos Pintar. Semisal saja, ada pihak yang login ke akun madrasah kita dan menghapus data-data siswa yang sudah kita masukkan.
Jika sesudah mengganti password malah lupa?
Kan masih ada akun satunya lagi yang sanggup dipakai untuk login dan mereset password yang lupa tadi.
Cara menambahkan admin gres cukup mudah.
- Klik kanan Daftar Admin Lembaga
- Muncul "Tambah Baru", klik
- Masukkan email, kemudian klik OK
- Masukkan nama admin, kemudian klik OK
- Masukkan password yang akan digunakan, kemudian klik OK
- Selesai
Untuk mengganti dan mereset password admin lembaga, caranya:
- Klik kanan pada user/admin yang akan diganti atau direset passwordnya
- Muncul menu, klik "Reset Password"
- Masukkan password yang diinginkan, kemudian klik OK
- Ulangi masukkan password yang diinginkan tadi, kemudian klik OK
Dengan memahami cara instal dan login aplikasi Sibos Pintar, sekaligus ditambah dengan tips khusus terkait dengan login ke aplikasi ini dibutuhkan para operator madrasah sanggup segera melaksanakan pendataan Sibos Pintar ini, mengingat waktu yang tersedia cukup singkat yakni hingga 30 September saja.
0 Response to "Cara Instal Dan Login Aplikasi Sibos Pintar"
Post a Comment