Makalah Masa Kejayaan Islam

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
    Masa berkembang pesatnya kebudayaan islam, ditandai dengan berkembang luasnya lembaga-lembaga pendidikan Islam dan madrasah-madrasah formal serta universitas-universitas dalam aneka macam sentra kebudayaan islam. Lembaga-lembaga pendidikan, sekolah-sekolah dan universitas-universitas nampak mayoritas pengaruhnya dalam membentuk teladan kehidupan dan teladan budaya kaum muslimin. aneka macam ilmu
pengetahuan yang berkembang melalui forum pendidikan itu menghasilkan pembentukan dan pengembangan aneka macam macam aspek budaya kaum muslimin.

     jikalau masa sebelumnya, pendidikan hanya sebagai balasan terhadap tantangan dari teladan budaya yang telah berkembang dari bangsa-bangsa gres yang memeluk agama islam, akan tetapi kini harus merupakan balasan terhadap tantangan perkembangan dan kemajuan kebudyaan islam sendiri yang tumbuh sangat pesat. kebudayaan islam telah berkembang demikian cepatnya sehingga menjadi unggul dan dan bahkan menjadi puncak kebudayaan umat insan pada zaman itu. kebudayaan islam pada masa ini, bukan saja mendatang kesejahteraan bagi kam muslimin, tetapi juga mendatangkan kesejahteraan bagi umat insan pada umumnya, mendatangkan rahmat lil'aalamin.

    Dalam perkembangan kebudayaan islam, nampak adanya dua faktor yang saling mempengaruhi, yaitu faktor intern atau pembawaan dari aliran islam itu sendiri, dan faktor ekstern, aitu berupa rangsangan dan tantangan dari luar. Tetapi sebetulnya dampak dari luar tersebut, hanyalah berupa sekedar sebagai rangsangan atau tantangan saja, semoga potensi pembawaan dari aliran islam itu sendiri dapat tumbuh dan berkembang. yang paling memilih ialah jiwa dan semangat kaum muslimin, terutama para ahlinya dalam penghayatan dan pengalaman aliran islam sebagaimana terangkum dalam Al-Quran.

Untuk lebih lengkap makalahnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

0 Response to "Makalah Masa Kejayaan Islam"

Post a Comment