Pengertian Hak Tanggungan Makalah, Undang Undang, Eksekusi, Kasus, Ciri Dan Sifat

Pengertian Hak Tanggungan Makalah, Undang Undang, Eksekusi, Kasus, Ciri dan Sifat  - Pengertian Hak tanggungan: Pasal 33 ayat (3) Undang-undang Dasar 1945 menegaskan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang ada di dalam bumi dipakai untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat Indonesia.


Makalah Hak Tanggungan - Pelaksanaan Pasal 33 ayat (3) Undang-undang dasar 1945 yang berkenaan dengan tanah diatur dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 perihal Peraturan Dasar Pokok Agraria. Undang-undang ini mencabut Buku II KUH Perdata sepanjang mengenai bumi, air, dan kekayaan alam yang ada di dalamnya, kecuali ketentuan-ketentuan yang mengatur mengenai hipotik. Namun demikian ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Dengan meningkatnya pembangunan nasional yang bertitik berat pada bidang ekonomi, dibutuhkan penyediaan dana yang cukup besar, sehingga memerlukan forum hak jaminan yang berpengaruh dan bisa memberi kepastian aturan bagi pihak-pihak yang berkepentingan, yang sanggup mendorong peningkatan pertisipasi masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
  • Sejak berlakunya Undang-undang No. 5 Tahun 1960 perihal Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria hingga dengan ketika ini, ketentuan-ketentuan yang lengkap mengenai Hak Tanggungan sebagai forum hak jaminan yang sanggup dibebankan atas tanah berikut atau tidak berikut benda-benda yang berkaitan dengan tanah, belum terbentuk;
  • Ketentuan mengenai hipotik sebagaimana diatur dalam Buku II KUH Perdata Indonesia sepanjang mengenai tanah, dan ketentuan mengenai credietverband dalam staatsblad 1908-542 sebagaimana telah diubah dengan staatsblad 1937-190, yang berdasarkan Pasal 57 Undang-undang No. 5 Tahun 1960 perihal Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, masih diberlakukan sementara hingga dengan terbentuknya Undang-undang perihal Hak Tanggungan, dipandang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan-kebutuhan perkreditan, sehubungan dengan perkembangan tata ekonomi Indonesia;
  • Mengingat perkembangan yang telah dan akan terjadi di bidang pengaturan dan manajemen hak-hak atas tanah serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak selain hak milik, hak guna usaha, dan hak guna bangunan yang telah ditunjuk sebagai objek Hak Tanggungan oleh Undang-undang No. 5 Tahun 1960 perihal Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, hak pakai atas tanah tertentu yang wajib didaftar dan berdasarkan sifatnya sanggup dipindahtangankan, perlu juga dimungkinkan untuk dibebani Hak Tanggungan.  (Rachmadi Usman, 1999, Pasal-pasal Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah, Djambatan, Jakarta, hal. 41-42)

Berhubungan dengan hal tersebut dengan hal-hal tersebut diatas, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu membentuk Undang-undang yang mengatur Hak Tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah, sebagaimana dimaksud dalam UU No. 5 Tahun 1960 perihal Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, sekaligus mewujudkan unifikasi aturan tanah nasional. Pada tanggal 9 April 1996, dengan persetujuan DPR, Presiden Republik Indonesia telah mengesahkan Undang-undang No. 4 Tahun 1996 perihal Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-benda yang Berkaitan dengan Tanah. Undang-undang ini diundangkan dalam Lembaran Negara RI No. 3632.  (Subekti, 1996, Jaminan-jaminan untuk Pemberian Kredit, termasuk Hak Tanggungan, Menurut Hukum Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung, hal. 39)

Undang-undang No. 4 Tahun 1996 perihal Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-benda yang Berkaitan Dengan Tanah, yang secara resmi berdasarkan Pasal 30 Undang-undang tersebut yang selanjutnya disebut Undang-undang Hak Tanggungan (UUHT), ditetapkan untuk memenuhi ketentuan Pasal 51 UU No. 5 Tahun 1960 perihal Dasar Pokok-pokok Agraria, atau yang dikenal sebagai Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) Pasal 51 tersebut menyatakan:

“Hak Tanggungan yang sanggup dibebankan pada hak milik, hak guna perjuangan dan hak guna bangunan tersebut dalam Pasal 25, 33, dan 39 diatur dengan Undang-undang.”

Dengan berlakunya UUHT, maka ketentuan mengenai hipotek yang diatur dalam Buku II KUH Perdata sepanjang mengenai pembebanan Hak Tanggungan pada hak atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah, serta ketentuan perihal credietverband yang diatur dalam staatsblad 1908-542 dan staatsblad 1937-190 dinyatakan tidak berlaku lagi.

Menurut Pasal 1 angka 1 UUHT, Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-benda yang Berkaitan dengan Tanah, yang untuk selanjutnya disebut Hak Tanggungan adalah:

“Hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah sebagaimana dimaksud dalam UUPA, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan hutang tertentu, yang menawarkan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur-kreditur lain.”

Dari definisi diatas sanggup disimpulkan bahwa Hak Tanggungan merupakan forum jaminan yang berpengaruh alasannya yaitu Hak Tanggungan menawarkan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur lain.  (Rachmadi Usman, Op.Cit, hal. 70)


Ciri-ciri dan Sifat Hak Tanggungan

Dalam Penjelasan Umum Undang-undang Hak Tanggungan No. 4 Tahun 1996 dikemukakan bahwa sebagai forum hak jaminan atas tanah yang kuat, Hak Tanggungan harus mengandung ciri-ciri:

a. Droit de preferent, artinya menawarkan kedudukan yang diutamakan atau mendahului kepada pemegangnya (Pasal 1 angka 1 dan Pasal 20 ayat 1).
Dalam hal ini pemegang Hak Tanggungan sebagai kreditur memperoleh hak didahulukan dari kreditur lainnya untuk memperoleh pembayaran piutangnya dari hasil penjualan (pencairan) objek jaminan kredit yang diikat dengan Hak Tanggungan tersebut. Kedudukan kreditur yang mempunyai hak didahulukan dari kreditur lain (kreditur preferen) akan sangat menguntungkan kepada pihak yang bersangkutan dalam memperoleh pembayaran kembali (pelunasan) pinjaman uang yang diberikannya kepada debitur yang ingkar komitmen (wanprestasi).

b. Droit de suite, artinya selalu mengikuti jaminan hutang dalam tangan  siapapun objek tersebut berada (Pasal 7).
Dalam Pasal 7 UUHT disebutkan bahwa Hak tanggungan tetap mengikuti objeknya dalam tangan siapapun objek itu berada. Sifat ini merupakan salah satu jaminan khusus bagi kepentingan pemegang Hak Tanggungan. Meskipun objek dari Hak Tanggungan sudah berpindah tangan dan menjadi milik pihak lain, kreditur masih tetap sanggup memakai haknya melalui eksekusi, jikalau debitur cidera janji.

c. Memenuhi asas spesialitas dan publisitas sehingga sanggup mengikat pihak ketiga dan menawarkan kepastian aturan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Berdasarkan hal tersebut maka sahnya pembebanan Hak Tanggungan disyaratkan wajib disebutkan dengan terang piutang mana dan berapa jumlahnya yang dijamin serta benda-benda mana yang dijadikan jaminan (syarat spesialitas), dan wajib didaftarkan di Kantor Pertanahan sehingga terbuka untuk umum (syarat publisitas).

d. Praktis dan niscaya pelaksanaan eksekusinya
 Salah satu ciri Hak Tanggungan yang berpengaruh yaitu gampang dan niscaya dalam pelaksanaan eksekusinya jikalau debitur cidera janji. Meskipun secara umum ketentuan mengenai sanksi telah diatur dalam aturan program perdata yang berlaku, dipandang perlu untuk memasukkan secara khusus mengenai sanksi Hak Tanggungan dalam Undang-undang ini, yaitu yang mengatur mengenai forum parate executie sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224 HIR dan Pasal 258 Reglemen Hukum Acara untuk Daerah Luar Jawa dan Madura.  (M. Bahsan , Op.Cit, hal.23-25)

Hak Tanggungan mempunyai sifat tidak sanggup dibagi-bagi kecuali jikalau diperjanjikan dalam Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT), ibarat ditetapkan dalam Pasal 2 UUHT. Dengan sifatnya yang tidak sanggup dibagi-bagi, maka Hak Tanggungan akan membebani secara utuh objek Hak tanggungan. Hal ini mengandung arti bahwa apabila hutang (kredit) yang dijamin pelunasannya dengan Hak Tanggungan gres dilunasi sebagian, maka Hak Tanggungan tetap membebani seluruh objek Hak Tanggungan. (Subekti, Op.Cit, hal. 41)

Klausula “kecuali jikalau diperjanjikan dalam APHT” dalam Pasal 2 UUHT, dicantumkan dengan maksud untuk menampung kebutuhan perkembangan dunia perbankan, khususnya acara perkreditan. Dengan memakai klausula tersebut, sifat tidak sanggup dibagi-bagi dari Hak Tanggungan sanggup disimpangi, yaitu dengan memperjanjikan bahwa apabila Hak Tanggungan dibebankan pada beberapa hak atas tanah, maka pelunasan kredit yang dijamin sanggup dilakukan dengan cara angsuran. Besarnya angsuran sama dengan nilai masing-masing hak atas tanah yang merupakan cuilan dari objek Hak Tanggungan, yang akan dibebaskan dari Hak Tanggungan tersebut. Dengan demikian sehabis suatu angsuran dibayarkan, Hak Tanggungan hanya akan membebani sisa objek Hak tanggungan untuk menjamin sisa kredit yang belum dilunasi (Penjelasan Pasal 2 ayat (1) jo ayat (2) UUHT).

Sifat lain dari Hak Tanggungan yaitu Hak tanggungan merupakan accecoir dari perjanjian pokok, artinya bahwa perjanjian Hak Tanggungan bukan merupakan perjanjian yang berdiri sendiri, tetapi keberadaannya yaitu alasannya yaitu adanya perjanjian lain yang disebut dengan perjanjian pokok. Perjanjian pokok bagi perjanjian Hak Tanggungan yaitu perjanjian hutang piutang yang menimbulkan hutang yang dijamin itu. (Sutan Remi Syahdeini, 1996, Hak Tanggungan: Asas-asas, Ketentuan-ketentuan Pokok dan Masalah-masalah yang dihadapi Oleh Pihak Perbankan, suatu Kajian Mengenai UUHT, Airlangga University Press, Surabaya, hal. 20) Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam butir 8 Penjelasan Umum UUHT yang menawarkan klarifikasi bahwa alasannya yaitu Hak Tanggungan berdasarkan sifatnya merupakan ikatan atau accecoir pada suatu piutang tertentu, yang didasarkan pada suatu perjanjian hutang piutang atau perjanjian lain, maka kelahiran dan keberadaanya ditentukan oleh adanya piutang yang dijamin pelunasannya.


Objek Hak Tanggungan

Terhadap benda-benda (tanah) yang akan dijadikan objek Hak Tanggungan, maka harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  • Dapat dinilai dengan uang, alasannya yaitu hutang yang dijamin berupa uang;
  • Termasuk hak yang didaftar dalam daftar umum, alasannya yaitu harus memenuhi syarat publisitas;
  • Mempunyai sifat sanggup dipindah tangankan, alasannya yaitu apabila debitur cidera janji, benda yang dijadikan jaminan akan sanggup dijual di muka umum;
  • Perlu ditunjuk oleh Undang-undang sebagai hak yang sanggup dibebani dengan Hak Tanggungan. (Boedi Harsono, 1999, Hukum Agraria Indonesia, Sejarah Pembentukan UUPA, Isi dan Pelaksanaannya, Djambatan, Jakarta, hal. 40)

Berkaitan dengan hal tersebut, Pasal 4 UUHT telah memilih hak atas tanah yang sanggup dijadikan objek Hak Tanggungan, yaitu meliputi:
  • Hak Milik, Hak Guna Bangunan, dan Hak Guna Usaha sebagaimana  dimaksud dalam UUPA (Pasal 4 ayat (1) UUHT).
  • Hak Pakai atas Tanah Negara yang berdasarkan ketentuan yang berlaku wajib didaftar dan berdasarkan sifatnya sanggup dipindah tangankan. Terhadap hak pakai atas tanah negara, yang walaupun wajib didaftarkan, tetapi alasannya yaitu sifatnya tidak sanggup dipindah tangankan, maka hak pakai tersebut tidak termasuk dalam objek Hak Tanggungan.
  • Hak atas tanah berikut bangunan (baik yang berada di atas maupun di bawah tanah), tumbuhan dan hasil karya yang telah ada atau akan ada, yamg merupakan satu kesatuan dengan tanah tersebut, dan yang merupakan milik pemegang hak atas tanah. Pembebanan Hak Tanggungan atas bangunan, tumbuhan dan hasil karya tersebut, dan yang merupakan milik pemegang hak atas tanah. Pembebanan Hak Tanggungan atas bangunan, tumbuhan dan hasil karya tersebut diatas harus dinyatakan dengan tegas di dalam APHT (Pasal 4 ayat (4) UUHT). Apabila bangunan, tanaman, dan hasil karya sebagaimana disebut diatas tidak dimiliki oleh pemegang hak atas tanah, pembebanan Hak Tanggungan atas benda-benda tersebut hanya dilakukan dengan penandatanganan serta (bersama) pada APHT yang bersangkutan oleh pemiliknya atau yang diberi kuasa oleh pemilik benda-benda tersebut untuk menandatangani serta (bersama) APHT dengan sertifikat otentik. Yang dimaksud sertifikat otentik di sini yaitu Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) atas benda-benda di atas tanah tersebut yang dibebani Hak Tanggungan (Pasal 4 ayat (5) UUHT). (Subekti, Op.Cit, hal. 45-46)

Objek Hak Tanggungan menjadi lebih luas jikalau dikaitkan dengan Pasal 12 UU No. 16 Tahun 1985 perihal Rumah Susun, sebagaimana tertuang dalam Pasal 27 UUHT, yang menyatakan bahwa ketentuan Hak Tanggungan berlaku juga terhadap pembebanan hak jaminan atas rumah susun. Hak jaminan atas rumah susun tersebut meliputi:
  • Rumah susun yang berdiri atas tanah Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, Hak Pakai yang diberikan oleh negara; dan
  • Hak milik atas satuan rumah susun yang bangunannya berdiri di atas tanah hak-hak yang tersebut di atas.


 Subjek Hak Tanggungan

Yang dimaksud subjek Hak Tanggungan dalam hal ini yaitu pemberi dan pemegang Hak Tanggungan.

a.    Pemberi Hak Tanggungan
Pemberi Hak Tanggungan yaitu orang atau tubuh aturan yang mempunyai kewenangan untuk melaksanakan perbuatan aturan terhadap objek Hak Tanggungan. Kewenangan tersebut harus ada pada pemberi Hak Tanggungan pada ketika registrasi Hak Tanggungan (Pasal 8 UUHT).

Dari klarifikasi umum UUHT antara lain dijelaskan bahwa pada ketika pembuatan SKMHT dan APHT, harus sudah ada keyakinan pada Notaris atau PPAT yang bersangkutan bahwa pemberi Hak Tanggungan mempunyai kewenangan untuk melaksanakan perbuatan aturan terhadap objek Hak Tanggungan yang dibebankan. Meskipun kepastian mengenai dimilikinya kewenangan tersebut gres dipersyaratkan pada waktu tunjangan Hak Tanggungan itu didaftar.

b.    Pemegang Hak Tanggungan
Pemegang Hak Tanggungan yaitu orang atau tubuh aturan yang berkedudukan sebagai pihak yang berpiutang (Pasal 9 UUHT). Karena Hak Tanggungan sebagai forum hak atas tanah tidak mengandung kewenagan untuk menguasai secara fisik dan memakai tanah yang dijadikan pemberi Hak Tanggungan kecuali dalam keadaan yang disebutkan dalam Pasal 11 ayat (2) aksara c, maka pemegang Hak tanggungan sanggup dilakukan oleh Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum Indonesia atau Warga Negara Asing atau Badan Hukum Asing.



Proses Pembebanan Hak Tanggungan

Secara umum mekanisme tunjangan kredit dengan jaminan Hak Tanggungan yang diajukan calon debitur kepada kreditur, yang dalam hal ini yaitu pihak bank yaitu dengan melalui tahap sebagai berikut:

  • Calon debitur mengajukan permohonan kredit dan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan  dan telah ditentukan pihak bank dalam pengajuan kredit;
  • Calon debitur mengisi formulir permohonan kredit yang telah disediakan oleh pihak bank. Setelah formulir diisi dengan lengkap dan benar, formulir tersebut kemudian diserahkan kembali kepada bank;
  • Pihak bank kemudian melaksanakan analisis dan penilaian kredit atas dasar data yang tercantum dalam formulir permohonan kredit tersebut. Tujuan analisis ini yaitu untuk memastikan kebenaran data dan informasi yang diberikan dalam permohonan kredit. Selain itu, hasil analisis dan penilaian kredit ini dipakai sebagai dasar pertimbangan akan diterima atau ditolaknya permohonan kredit tersebut.;
  • Apabila terhadap hasil analisis dan penilaian kredit calon debitur dinyatakan layak oleh pihak bank untuk memperoleh kredit, maka kemudian dilakukan perundingan antara kedua belah pihak, yaitu pihak bank dan calon debitur. Negosiasi kredit ini antara lain mengenai maksimal kredit yang akan diberikan, keperluan kredit, jangka waktu kredit, biaya administrasi, denda, bunga dan sebagainya;
  • Apabila telah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak maka dilakukan penandatanganan perjanjian kredit yang berupa surat ratifikasi hutang dengan pengikatan jaminan, dalam hal ini berupa jaminan Hak Tanggungan, dihadapan PPAT dan pejabat bank;
  • Setelah dilakukan pengikatan jaminan Hak Tanggungan dan PPAT telah menawarkan keterangan bahwa calon debitur dinyatakan telah memenuhi persyaratan, gres kemudian bank merealisasikan kredit kepada calon debitur.  (Thomas Suyatno, 1993, Dasar-dasar Hukum Perkreditan Edisi Ketiga, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, hal. 32)

Pengikatan jaminan Hak Tanggungan yang dilakukan dalam perjanjian kredit yang dimaksud di sini yaitu melalui proses pembebanan Hak Tanggungan sebagaimana telah ditentukan dalam UUHT yaitu melalui dua tahap berupa:
  • Tahap tunjangan Hak Tanggungan yang dilakukan di hadapan PPAT;
  • Tahap registrasi Hak tanggungan yang dilakukan di Kantor Pertanahan Kabupaten atau Kota setempat, yang merupakan ketika lahirnya Hak Tanggungan.


Menurut Pasal 1 angka 4 UUHT disebutkan bahwa PPAT yaitu pejabat umum yang diberi wewenang untuk menciptakan sertifikat pemindahan hak atas tanah, sertifikat pembebanan hak atas tanah, dan sertifikat tunjangan kuasa pembebanan Hak Tanggungan. Dalam klarifikasi umum angka 7 dijelaskan pula bahwa dalam kedudukan sebagaimana tersebut dalam Pasal 1 angka 4, maka sertifikat yang dibentuk oleh PPAT merupakan sertifikat otentik.

a.    Tahap Pemberian Hak Tanggungan
Sesuai dengan sifat Accecoir dari Hak Tanggungan, Maka pembebanan Hak Tanggungan didahului dengan perjanjian yang menimbulkan kekerabatan aturan hutang piutang yang dijamin pelunasannya, yang merupakan perjanjian pokoknya. Hal ini yaitu sebagaimana tersebut dalam Pasal 10 ayat (1) UUHT yang menyatakan bahwa tunjangan Hak Tanggungan didahului dengan komitmen untuk menawarkan Hak Tanggungan sebagaimana jaminan pelunasan hutang tertentu, yang dituangkan di dalam dan merupakan cuilan tidak terpisahkan dari perjanjian hutang piutang yang bersangkutan.

Menurut ketentuan Pasal 10 ayat (2) UUHT tunjangan Hak Tanggungan yang wajib dihadiri oleh pemberi Hak Tanggungan, pemegang Hak Tanggungan dan dua orang saksi, dilakukan dengan pembuatan APHT yang dibentuk oleh PPAT sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku. APHT yang dibentuk oleh PPAT tersebut merupakan sertifikat otentik (Penjelasan Umum angka 7 UUHT).

Terhadap objek Hak Tanggungan berupa hak atas tanah yang berasal dari konversi hak usang yang telah memenuhi syarat didaftarkan akan tetapi pendaftarannya belum dilakukan, artinya hak atas tanah tersebut belum bersertifikat, tunjangan Hak Tanggungan dilakukan bersamaan dengan permohonan registrasi hak atas tanah yang bersangkutan. Hak usang yang dimaksud disini yaitu hak yang kepemilikan atas tanah berdasarkan aturan budpekerti yang telah ada akan tetapi proses manajemen dalam konversinya belum simpulan dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  (M. Bahsan, Op. Cit, hal. 31)

Terhadap objek Hak Tanggungan yang terdiri lebih dari satu bidang tanah dan diantaranya ada yang letaknya diluar tempat kerjanya, untuk pembuatan tunjangan APHT yang bersangkutan PPAT memerlukan ijin dari Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Propinsi. Dengan ketentuan bahwa bidang-bidang tanah tersebut harus terletak dalam satu tempat kerja Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota (Pasal 3 ayat (2) Peraturan Menteri Agraria No. 15 Tahun 1961 dan Pasal 3 Keputusan Direktur Jenderal Agraria No. SK. 67/DDA/1968).   (Bambang Setijoprodjo dalam Lembaga Kajian Hukum dan Bisnis Fakultas Hukum USU Medan, 1996, Persiapan Pelaksanaan Hak Tanggungan di Lingkungan Perbankan (Hasil Seminar), Citra Aditya Bakti,Bandung,  hal. 58-59)

Selanjutnya Undang-undang memutuskan isi yang sifatnya wajib untuk sahnya APHT. Dengan tidak mencantumkannya secara lengkap hal-hal yang wajib disebut dalam APHT. Maka mengakibatkan sertifikat yang bersangkutan menjadi batal demi hukum. Dalam Pasal 11 ayat (1) UUHT disebutkan hal-hal yang wajib dicantumkan dalam APHT, yaitu:
  1. Nama dan identitas pemberi dan pemegang Hak Tanggungan;
  2. Domisili pihak-pihak sebagaimana dimaksud pada angka 1, dan apabila di antara mereka ada yang berdomisili di luar Indonesia, baginya harus pula dicantumkan suatu domisili pilihan di Indonesia. Apabila domisili pilihan itu tidak dicantumkan dalam APHT maka kantor PPAT tempat pembuatan APHT dianggap sebagai domisili yang dipilih;
  3. Penunjukan secara terang hutang atau hutang-hutang yang dijamin pelunasannya dengan Hak Tanggungan dan mencakup juga nama dan identitas debitur yang bersangkutan;
  4. Nilai tanggungan;
  5. Uraian yang terang mengenai objek Hak Tanggungan, yakni mencakup rincian mengenai sertfikat hak atas tanah yang bersangkutan, atau bagi tanah yang belum terdaftar sekurang-kurangnya memuat uraian mengenai pemilikan, letak, batas-batas, dan luas tanah.

Selain hal tersebut di atas, dalam APHT sanggup dicantumkan janji-janji yang sifatnya fakultatif dan tidak mempunyai dampak terhadap sahnya APHT (Pasal 11 ayat (2) UUHT). Dalam hal ini pihak-pihak bebas memilih untuk menyebutkan atau tidak menyebutkan janji-janji tersebut dalam APHT. Dalam dimuatnya janji-janji itu dalam APHT yang kemudian di daftar pada Kantor Pertanahan, maka janji-janji terdebut juga mempunyai kekuatan mengikat terhadap pihak ketiga.  (Rachmadi Usman, Op. Cit, hal. 110)

Adapun janji-janji yang disebutkan dalam APHT sebagaimana tersebut dalam Pasal 11 ayat (2), antara lain:
  1. Janji yang membatasi kewenangan pemberi Hak Tanggungan untuk menyewakan objek Hak Tanggungan dan/ atau memilih atau mengubah jangka waktu sewa di muka, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pemegang Hak Tanggungan;
  2. Janji yang membatasi kewenangan pemberi Hak Tanggungan, kecuali dengan persetujuan tertulis lebih dahulu dari pemegang Hak Tanggungan;
  3. Janji yang menawarkan kewenangan kepada pemegang Hak Tanggungan berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri yang tempat hukumnya mencakup objek Hak Tanggungan apabila debitur sungguh-sungguh cidera janji;
  4. Janji yang menawarkan kewenangan kepada pemegang Hak Tanggungan untuk menyelamatkan objek Hak Tanggungan, jikalau hal itu diharapkan untuk pelaksanaan sanksi atau untuk mencegah menjadi hapusnya atau dibatalkannya hak yang menjadi objek Hak Tanggungan alasannya yaitu tidak dipenuhi atau dilanggarnya ketentuan Undang-undang;
  5. Janji bahwa pemegang Hak Tanggungan pertama mempunyai hak untuk menjual atas kekuasaan sendiri objek Hak Tanggungan apabila debitur cidera janji;
  6. Janji yang diberikan oleh pemegang Hak Tanggungan pertama bahwa objek Hak Tanggungan tidak akan dibersihkan dari Hak Tanggungan;
  7. Janji bahwa pemegang Hak Tanggungan tidak akan melepaskan haknya atas objek Hak Tanggungan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pemegang Hak Tanggungan;
  8. Janji bahwa pemegang Hak Tanggungan akan memperoleh seluruh atau sebagian dari ganti rugi yang diterima pemberi Hak Tanggungan untuk pelunasan piutangnya apabila objek Hak Tanggungan dilepaskan dari haknya oleh pemberi Hak Tanggungan atau dicabut haknya untuk kepentingan umum;
  9. Janji bahwa pemegang Hak Tanggungan akan memperoleh seluruh atau sebagian dari uang asuransi yang diterima pemberi Hak Tanggungan untuk pelunasan piutangnya, jikalau objek Hak Tanggungan diasuransikan;
  10. Janji bahwa pemegang Hak Tanggungan akan mengosongkan objek Hak Tanggungan pada waktu sanksi Hak Tanggungan;
  11. Janji bahwa sertifikat hak atas tanah yang telah dibubuhi catatan pembebanan Hak Tanggungan tetap berada di tangan kreditur hingga seluruh kewajiban debitur dipenuhi sebagaimana mestinya.

Ada komitmen yang dihentikan untuk dilakukan, yaitu komitmen yang disebutkan dalam Pasal 12 UUHT, yaitu dihentikan diperjanjikan tunjangan kewenangan kepada debitur untuk mempunyai objek Hak Tanggungan apabila debitur cidera janji. Ketentuan tersebut diadakan dalam rangka melindungi kepentingan debitur dan pemberi Hak Tanggungan lainnya, terutama jikalau nilai objek Hak Tanggungan melebihi besarnya hutang yang dijamin. Oleh alasannya yaitu itu pemegang Hak Tanggungan dihentikan untuk serta merta menjadi pemilik objek Hak Tanggungan jikalau debitur cidera janji.

b. Tahap Pendaftaran Hak Tanggungan
Menurut Pasal 13 UUHT, pamberian Hak Tanggungan wajib didaftarkan ke Kantor Pertanahan selambat-lambatnya 7 hari kerja sehabis penandatanganan APHT. PPAT wajib mengirimkan APHT yang bersangkutan dan berkas lainnya yang diharapkan kepada Kantor Pertanahan.

Dengan pengiriman oleh PPAT berarti sertifikat dan berkas lain yang diharapkan itu disampaikan ke Kantor Pertanahan melalui petugasnya atau dikirim melalui pos tercatat. PPAT wajib memakai cara yang paling baik dan kondusif dengan memperhatikan kondisi di tempat dan kemudahan yang ada, serta selalu berpedoman pada tujuannya untuk didaftarkannya Hak Tanggungan itu secepat mungkin. Berkas lain yang dimaksud di sini yaitu mencakup surat-surat bukti yang berkaitan dengan objek Hak Tanggungan, dan identitas pihak-pihak yang bersangkutan, termasuk di dalamnya sertifikat hak atas tanah dan/ atau surat-surat keterangan mengenai objek Hak Tanggungan. PPAT wajib melaksanakan ketentuan tersebut alasannya yaitu jabatannya. Sanksi atas pelanggarannya akan ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur jabatan PPAT.   (Bambang Setijoprodjo dalam Lembaga Kajian Hukum Bisnis Fakultas Hukum USU Medan, Op.Cit, hal. 69 )

Pendaftaran Hak Tanggungan dilakukan oleh Kantor Pertanahan atas dasar data di dalam APHT serta berkas registrasi yang diterimanya dari PPAT, dengan dibuatkan buku tanah Hak Tanggungan. Bentuk dan isi buku tanah Hak Tanggungan telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Agraria No. 3 Tahun 1997.(J. Satrio, 1998, Hukum Jaminan, Hak Jaminan Kebendaan, Hak Tanggungan, Buku 2, Citra Aditya Bakti, Bandung, hal. 143)  Dengan dibuatnya buku tanah tersebut, Hak Tanggungan lahir dan kreditur menjadi kreditur pemegang Hak Tanggungan, dengan kedudukan mendahului dari kreditur-kreditur lain.

Menurut Pasal 13 ayat (4) UUHT tanggal pembuatan buku tanah Hak Tanggungan yaitu hari ke-7 sehabis penerimaan secara lengkap surat-surat yang diharapkan bagi registrasi Hak Tanggungan. Jika hari ke-7 jatuh pada hari libur, buku tanah yang bersangkutan diberi tanggal hari kerja berikutnya. Kepastian tanggal buku tanah itu dimaksudkan biar pembuatan buku tanah Hak Tanggungan tidak berlarut-larut sehingga sanggup merugikan pihak-pihak yang berkepentingan dan mengurangi jaminan kepastian hukum.

Dalam hal hak atas tanah yang dijadikan jaminan belum bersertifikat terlebih dahulu sebelum dilakukan registrasi Hak Tanggungan. Waktu hari ketujuh yang ditetapkan sebagai tanggal buku tanah Hak Tanggungan tersebut dalam hal yang demikian, dihitung semenjak selesainya registrasi hak atas tanah yang bersangkutan.

Untuk menawarkan kekuatan eksekutorial yang sama dengan putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan aturan yang tetap, sertifikat Hak Tanggungan diberi irah-irah dengan membubuhkan pada sampulnya kalimat “DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA” (Pasal 14 ayat (2) dan (3) UUHT). Dengan pencantuman irah-irah tersebut pada sertifikat Hak Tanggungan, maka untuk itu sanggup dipergunakan Lembaga Parate Eksekusi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224 HIR dan 258 Rbg.

Setelah sertifikat Hak Tanggungan simpulan dibuat, kemudian sertifikat Hak Tanggungan tersebut diserahkan kepada pemegang Hak Tanggungan yang bersangkutan.


Eksekusi Hak Tanggungan

Salah satu ciri dari Hak Tanggungan yaitu gampang dan niscaya dalam  pelaksanaan eksekusinya apabila dikemudian hari debitur wanprestasi. Eksekusi Hak Tanggungan yaitu terjadi apabila debitur cidera komitmen sehingga objek Hak Tanggungan kemudian dijual melalui pelelangan umum berdasarkan cara yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dan pemegang Hak Tanggungan berhak mengambil seluruh atau sebagian dari kesannya untuk pelunasan piutangnya dengan hak mendahului daripada kreditur-kreditur lain.  (Habib Ajie, 2000, Hak Tanggungan Sebagai Lembaga Jaminan Atas Tanah, Mandar Maju, Bandung, hal. 22) Menurut Pasal 20 ayat (1) UUHT, sanksi Hak Tanggungan dilakukan berdasarkan:
  • Hak pemegang Hak Tanggungan pertama untuk menjual objek Hak Tanggungan atas dasar kewenangan dan komitmen yang disebut dalam Pasal 6 UUHT;
  • Titel eksekutorial yang terdapat dalam sertifikat Hak Tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (2) UUHT.

Berdasarkan Pasal 6 UUHT disebutkan bahwa apabila debitur cidera janji, pemegang Hak Tanggungan pertama mempunyai hak untuk menjual objek Hak Tanggungan atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan tersebut. Penjualan objek Hak Tanggungan sanggup juga dilakukan di bawah tangan asalkan atas kesepakatan pemberi dan pemegang Hak Tanggungan.

Penjualan barang secara prosedural ini dimungkinkan sanggup diperoleh harga yang tertinggi sehingga menguntungkan semua pihak. Hal ini dilakukan sehabis lewat 1 (satu) bulan semenjak diberitahukan secara tertulis oleh pemberi atau pemegang Hak Tanggungan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di tempat yang bersangkutan atau media masa setempat, serta tidak ada pernyataan keberatan (Pasal 22 ayat (2) dan (3) UUHT).

Eksekusi Hak Tanggungan dengan titel eksekutorial sanggup dilakukan alasannya yaitu berdasarkan Pasal 14 ayat (2) UUHT, sertifikat Hak Tanggungan sebagai tanda atau alat bukti adanya Hak Tanggungan yang memuat irah-irah yang berbunyi “DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA”. Dengan irah-irah tersebut, sertifikat Hak Tanggungan mempunyai kekuatan eksekutorial yang sama dengan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan aturan yang tetap.

Dari uraian tersebut di atas sanggup disimpulkan bahwa pelaksanaan sanksi objek Hak Tanggungan sanggup dilakukan melalui 3 (tiga) cara, yaitu:

a.    Parate Eksekusi (Pasal 14 ayat (2) UUHT)
Dalam hal ini kreditur pemegang Hak Tanggungan harus memperlihatkan bukti bahwa debitur ingkar komitmen dalam memenuhi kewajibannya dan dengan menyerahkan sertifikat Hak Tanggungan yang bersangkutan sebagai dasarnya. Permohonan sanksi ini diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri. Eksekusi kemudian dilakukan atas dasar perintah dan dengan Pimpinan Ketua Pengadilan Negeri tersebut, melalui pelelangan umum yang dilakukan oleh Kantor Lelang Negara.

 dan kekayaan alam yang ada di dalam bumi dipakai untuk sebesar Pengertian Hak Tanggungan Makalah, Undang Undang, Eksekusi, Kasus, Ciri dan Sifat


b.    Pelelangan Umum (Pasal 6 UUHT)
Pelaksanaan pelelangan umum berdasarkan pada Pasal 6 UUHT ini lebih gampang daripada “Parate Eksekusi”, alasannya yaitu dalam pelelangan ini tidak diharapkan perintah Ketua Pengadilan Negeri untuk melaksanakan penjualan terhadap objek Hak Tanggungan yang bersangkutan. Pelelangan ini pribadi sanggup dilakukan alasannya yaitu dimilikinya kekuatan eksekutorial yang termuat pada irah-irah sertfikat Hak Tanggungan tersebut, sehingga dalam hal ini kreditur pemegang Hak Tanggungan pribadi sanggup mengajukan seruan penjualan objek Hak Tanggungan yang bersangkutan kepada Kantor Lelang Negara.

c.    Penjualan di Bawah Tangan (Pasal 6 UUHT)
Dalam keadaan tertentu apabila melalui pelelangan umum diperkirakan tidak akan menghasilkan harga tertinggi, maka atas kesepakatan pemberi dan pemegang Hak Tanggungan, dimungkinkan sanksi dilakukan dengan cara penjualan di bawah tangan, jikalau dengan cara demikian itu akan sanggup diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan semua pihak. Penjualan di bawah tangan terhadap objek Hak Tanggungan ini wajib dilakukan berdasarkan ketentuan PP No. 14 Tahun 1997 perihal registrasi tanah, yaitu harus dilakukan dihadapan PPAT yang menciptakan aktanya dan diikuti dengan pendaftarannya di Kantor Pertanahan.

Pada Artikel Pengertian Hak Tanggungan Makalah, Undang Undang, Eksekusi, Kasus, Ciri dan Sifat, menggunakan footenote sebagai referensinya, semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Hak Tanggungan Makalah, Undang Undang, Eksekusi, Kasus, Ciri Dan Sifat"

Post a Comment