Aplikasi Evaluasi Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 Sd)

Excel - Selamat tiba di blog Pendidikan terbaru, nah kali ini admin bakal share mengenai sebuah aplikasi evaluasi pendidikan khususnya untuk Kurikulum 2013 yang di buat memakai ms. excel (format .xls). Salah satu aspek penting dalam proses acara berguru mengajar di sekolah yakni penilaian. Secara sederhana evaluasi yakni proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik. Penilaian juga berfungsi sebagai feedback bagi guru untuk mengukur sejauh mana strategi, metode dan pendekatan yang dipakai efektif dan sanggup membantu siswa memahami bahan pelajaran.
Selamat tiba di blog Pendidikan terbaru Aplikasi Penilaian Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 SD)
Aplikasi Penilaian Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 SD)

Dalam Kurikulum 2013 dipakai beberapa tehnik evaluasi antara lain evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan dan evaluasi keterampilan. Penilaian perilaku terbagi menjadi dua yaitu evaluasi perilaku sosial dan penilain perilaku spiritual. Penilaian pengetahuan sanggup dilakukan melalui tes tulis, tes verbal dan tes penugasan. Sedangkan evaluasi keterampilan  sanggup dilakukan dengan cara evaluasi kinerja (praktek), evaluasi proyek dan evaluasi fortofolio. Berdasarkan waktu pelaksanaannya, evaluasi terbagi menjadi 3 bab yaitu Penilain Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester(PAS)/Penilaian Akhir Tahun (PAT). 

Berdasarkan pengalaman di lapangan, pelaksanaan evaluasi kurikulum 2013 terasa lebih kompleks  dan banyak menyita waktu   jika dibandingkan dengan evaluasi pada kurikulum KTSP/KBK. Apalagi guru belum begitu menguasai langkah - langkah evaluasi kurikum 2013 sehingga proses evaluasi menjadi kurang optimal. Hal ini sesungguhnya sanggup dimaklumi alasannya pelaksanaan K13 masih dalam proses di sekolah-sekolah.

Menimbang dan mengingat kepada hal tersebut di atas, penulis mencoba berbagi aplikasi evaluasi harian untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian. Penyusunan aplikasi berpedoman kepada Buku Panduan Penilaian SD/MI yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI. Namun alasannya keterbatasan waktu, gres aplikasi evaluasi kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 yang sanggup di bagikan.

Aplikasi ini sanggup dipakai secara pribadi di komputer / laptop namun alangkah lebih baik nya bila format penilaiannya di print out sehingga guru sanggup mengisi nilai secara manual  dan juga menjaga hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai komputer atau laptop eror atau terjangkit virus. 

Jika anda berminat memakai aplikasi ini silahkan download melalui link di bawah ini :

Aplikasi Penilaian Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 SD)


Demikian aplikasi excel terbaru dari blog pendidikan, perihal Aplikasi Penilaian Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 SD)

0 Response to "Aplikasi Evaluasi Harian K13 Revisi Terbaru (Kelas 1,2,3,4,5,6 Sd)"

Post a Comment