Pengertian Agama Dan Pentingnya Bagi Manusia

 PENGERTIAN AGAMA DAN PENTINGNYA BAGI MANUSIA

1.    Pengerti Agama
       Menurut bahasa sansekerta; A = artinya; tidak, Gama = artinya; kacau/keluar, maksudnya orang yang beragama dan mentaati anutan agama ( khususnya agama islam ) pikiran dan hidup serta kehidupannya tidak kacau, perbuatannya tidak sembrono.
Menurut bahasa arab, agama dinamakan; Addin, Al-millah; kadang kala juga disebut  “Addain”  masing-
masing sebutan nama tersebut diatas mengandung pengrtian yang agak berbeda  berdasarkan harfiah maupun istilahnya  , Addin, pengertiannya  yaitu suatu hukum yang mengatur kehidupan pemeluknya yang seimbang antara Duniawi (Dunia) dan Ukhrawi (Akherat), sedangkan pengertisn Al-millah, yaitu hukum islam yang wawasannya lebih banyak tefokus kepada Ukhrawi. Dalam hal ini yaitu agam yang diturunkan kepada rasul-rasul Allah sebelum nabi kita Muhammad SAW, sedangkan pengertian Addain secara harfiahnya berartu hutang” Maksudnya orang yang memeluk gama islam ini banyak berhutang kepada Allah atas segala nikmat dankarunia-Nya yang berlimpah ruah kepada manusia.

2.    Pentingnya agama untuk manusia
       Kebutuhan hidup insan ini sanga banyak dalam kehidupannya sehari-hari baik yang bersifat duniawi maupun ukhrawi. Untuk itu diharapkan hukum yang mengatur yang bersifat flexibel dan diyakinkan kebenarannya. Manusia diberikan nalar dan pikiran oleh Allah sang pencipta. Tetapi, kemampuan nalar dan pikiran itu berbeda. Untuk itu perlu adanya hukum yang bersumber dari sang pencipta yang diyakini

Untuk lebih lengkap makalahnya silakan klik di bawah ini!!!
Download disini!

0 Response to "Pengertian Agama Dan Pentingnya Bagi Manusia"

Post a Comment