Lengkap - Unduh Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

A.Pengertian Pembelajaran Tematik 

Pembelajaran tematik atau pembelajaran terpadu yakni suatu konseppembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikanpengalaman yang bermakna pada anak. Dalam model ini, guru pun harusmampu membangun bab keterpaduan melalui satu tema.Pembelajaran tematik sangat menuntut kreatifitas guru dalam memilihdan menyebarkan tema pembelajaran. Tema yang dipilih hendaknyadiangkat dari lingkungan kehidupan penerima didik, supaya pembelajaran menjadihidup dan tidak kaku.

 Pembelajaran tematik atau pembelajaran terpadu yakni suatu konseppembelajaran yang melib Lengkap - Unduh Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017
Lengkap - Unduh Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

Demikian halnya pembelajaran menjadi ilustrasi dancontoh-contoh yang menarik dalam pembelajaran. 10 Dalam pembelajaran iniguru harus bisa mempunyai pemahaman yang luas ihwal tema yang akan dipilih dalam mata pelajaran. Sehingga saling bekerjasama antara satu denganyang lainnya. Karena pembelajaran tematik ini merupakan suatu pembelajaranyang menggabungkan antara materi pelajaran dengan pengalaman belajar. Disamping itu guru harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkanprogram pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, peralatan yangdiperlukan untuk pelaksanaan berguru harus sudah tersedia, baik di lingkunga nsekolah maupun di luar.

Definisi lain mengatakan, Pembelajaran tematik yakni pembelajaran yang dirancang menurut tema-tema tertentu. Dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari aneka macam mata pelajaran. Sebagai contoh, tema “Air” sanggup ditinjau dari mata pelajaran fisika, biologi, kimia, dan matematika. Lebih luas lagi, tema itu sanggup ditinjau dari bidang studi lain, menyerupai IPS, bahasa, dan seni. Pembelajaran tematik menyediakan keluasan dan kedalaman implementasi kurikulum, memperlihatkan kesempatan yang sangat banyak pada siswa untuk memunculkan dinamika dalam pendidikan. Unit yang tematik yakni epitome dari seluruh bahasa pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk secara produktif menjawab pertanyaan yang dimunculkan sendiri dan memuaskan rasa ingin tahu dengan penghayatan secara alamiah ihwal dunia di sekitar mereka.

Pembelajaran tematik merupakan taktik pembelajaran yang diterapkan bagi anak kelas awal sekolah dasar. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar,  konsep berguru dan pembelajaran bermakna, maka acara pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik.

Pembelajaan tematik yakni pembelajaran tepadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  menyampaikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema yakni pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
Dengan tema diharapkan akan  menyampaikan banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Siswa gampang memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
  2. Siswa bisa mempelajari pengetahuan dan menyebarkan aneka macam kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
  3. pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
  4. kompetensi dasar sanggup dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman eksklusif siswa;
  5. Siswa bisa lebih mencicipi manfaat dan makna berguru lantaran materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
  6. Siswa lebih bernafsu berguru lantaran dapat  berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk menyebarkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
  7. guru sanggup menghemat waktu lantaran mata pelajaran yang disajikan secara tematik sanggup dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan,  waktu selebihnya sanggup dipakai untuk acara remedial, pemantapan, atau pengayaan.

B. Tujuan Pembelajaran Tematik

Sebelum kita mengetahui tujuan pembelajaran tematik, maka kita pelajari dulu ihwal tujuan pertolongan tema yang diantaranya adalah:
  1. Menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh
  2. Memperkaya perbendaharaan kata anak
  3. Pemilihan tema dalam acara pembelajaran hendaknya dikembangkan dari hal-hal yang paling bersahabat dengan anak,sederhana, serta menarik minat anak.
  4. Mampu mengenal aneka macam konsep secara gampang dan jelas.
  5. Memudahkan anak untuk memusatkan perhatian pada satu tema.
  6. Anak sanggup mempelajari pengetahuan dan menyebarkan aneka macam bidang pengembangan.
  7. Pemahaman terhadap materi lebih mendalam dan berkesan.
  8. Belajar terasa bermanfaat dan bermakna.
  9. Anak lebih bernafsu berguru lantaran sanggup berkomunikasi dalam situasi nyata.
  10. Dapat menghemat waktu lantaran bidang pengembangan disajikan terpadu.

Setelah kita mengetahui tujuan pertolongan tema, maka kita sanggup mengetahui / memahami ihwal tujuan pembelajaran tematik. Tujuan pembelajaran tematik ialah :
  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfatkan informasi.
  3. Menumbuhkembangkan perilaku positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diharapkan dalam kehidupan.
  4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial menyerupai kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.

Pada perkembangannya penggunaan buku tematik khususnya untuk tingkat sekolah dasar pemerintah telah menerbitkan buku sebagai pegangan guru maupun siswa. Buku tematik sendiri semenjak diterbitkan oleh pemerintah sampai ketika ini telah mengalami dua kali revisi atau perubahan. Cetakan pertama yaitu pada tahun 2013, cetakan kedua pada tahun 2014, dan cetakan ketiga yaitu tahun 2017 ini.
Baca juga ya - 19 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional 2018

Berikut Lengkap - Unduh Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

Buku Tematik Pegangan Guru kelas 1 SD/MI edisi Revisi 2017

 Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1Unduh Buku Tematik Tema 1 Diriku Pegangan Guru AktifUnduh
2Unduh Buku Tema 2 Kegemaranku Pegangan GuruAktifUnduh
3Unduh Buku Tema 3 Kegiatanku Pegangan GuruAktifUnduh
4Unduh Buku Tema 4 Keluargaku Pegangan GuruAktifUnduh

Buku Tematik Pegangan Guru Kelas 4 SD/MI Revisi 2017

1Unduh Buku Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Pegangan Guru AktifUnduh
2Unduh Buku Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pegangan GuruAktifUnduh
3Unduh Buku Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pegangan GuruAktifUnduh
4Unduh Buku Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pegangan GuruAktifUnduh
5Unduh Buku Tema 5 Pahlawanku Pegangan GuruAktifUnduh

Demikian yang sanggup Soal Terbaru bagikan untuk adik adik semua. Tidak semua latihan soal itu di atas tersedia lantaran masih dalam proses pembuatan harap maklum. Selamat belajar!


Sumber : Bukupaket.com, ilmu-pendidikan.net

0 Response to "Lengkap - Unduh Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017"

Post a Comment