Guru K13 : Soal Biologi Tingkat Keanekaragaman Hayati + Jawaban

Soal Biologi Keanekaragaman Hayati disertai Jawaban. Keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi mata pelajaran biologi yang dipelajari di SMA/MA. Untuk mendalami materi tersebut, pada kali ini Admin akan membagikan soal atau pertanyaan ihwal keanekaragaman hayati lengkap dengan kunci jawaban.

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang mengatakan keseluruhan variasi gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme.

Contoh Soal Keanekaragaman Hayati:

1.Adanya ciri-ciri khusus pada setiap Individu mengakibatkan…
a.jumlah makhluk hidup bertambah banyak
b.jumlah makhluk hidup didunia tetap.
c.adanya keanekaragaman individu makhluk hidup
d.jumlah makhluk hidup di dunia berkurang
e.terjadinya keseragaman individu

Jawaban : C

2.Perubahan ukuran dan bentuk makhluk hidup terjadi lantaran factor lingkungan. Tetapi tidak diturunkan pada generasi berikutnya sering dikenal sebagai…
a.mutasi
b.variasi
c.metamorfosa
d.domestikasi
e.modifikasi

Jawaban : E

3.Untuk melestarikan SDA hayati ekosistem dilakukan dengan cara…
a.Penebangan dilakukan jikalau diharapkan mendirikan perumahan
b.Penebangan hanya boleh dilakukan pohon-pohon besar dan rindang
c.Penebangan hanya pada tumbuhan yang sanggup berkembang biak dengan cepat
d.Penebangan hutan dilakukan tidak demam isu penyerbukan
e.Menerapkan system TPTI (tebang pilih tumbuhan Indonesia)

Jawaban : E

4.Faktor-faktor berikut ini sanggup meningkatkan keanekaragaman hayati, kecuali….
a.klasifikasi
b.perkawinan antar spesies
c.adaptasi
d.interaksi gen dengan lingkungan
e.domestikasi

Jawaban : A

5.Keanekaragaman tingkat gen terdapat pada kelompok tanaman….
a.kelapa, nyiur dan pinang
b.padi, pisang dan mahoni
c.papaya, kelapa dan pinang
d.pisang raja, pisang kapok dan pisang tanduk
e.palem, mangga dan kelapa

Jawaban : D

Soal dan pembahasan keanekaragaman hayati :


UAN 2008
1.Kelompok tumbuhan yang mengatakan variasi individu dalam satu spesies terdapat pada …
A.Jambu, mangga, nanas
B.Kelapa, tomat, pinang
C.Terung, tomat, kentang
D.Mangga gadung, mangga manalagi, mangga golek
E.Jahe merah, lengkuas merah, kunyit putih

Jawaban : D
Pembahasan : Macam-macam keanekaragaman ada 3 , yaitu :
a)Keanekaragaman genetis mengatakan variasi individu dalam satu spesies, misalnya ialah mangga (mangifera indica) mempunyai varietas diantaranya ialah : mangga gadung, mangga golek, mangga manalagi dan lain-lain.
b)Keanekaragaman jenis/spesies, mengatakan perbedaan diantara jenis makhluk hidup, ibarat jambu biji (psidium guajava) berbeda spesies dengan mangga (mangifera indica) dan kelapa (cocos nucifera).
c)Keanekaragaman ekosistem, mengatakan variasi individu di dalam ekosistem yang berbeda-beda. Misalnya tumbuhan air ibarat teratai (Lotus sp.) mempunyai cirri morfologi yang berbeda dengan tumbuhan Xerofit ibarat kaktus.

UAN 2008
2.Beberapa cara penulisan ilmiah :
1. Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan.
2. Kata pertama dimulai dengan abjad besar, kata kedua dimulai dengan abjad kecil.
3. Penulisan kata pertama dengan kata kedua disambung.
4. Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung.
5. Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus.
6. Nama penemunya dihentikan dicantumkan.
Cara penulisan binomial nomenclatur yang benar ialah …
A.1-2-3-5
B.1-2-3-6
C.1-2-4-5
D.2-3-5-6
E.2-4-5-6

Jawaban : C
Pembahasan : Penulisan ilmiah untuk nama spesies berdasarkan Caroleus Linaeus disebut dengan tatanama binomial nomenclature ialah sebagai berikut :
Untuk nama spesies kentang ialah : Solanum tuberosum atau Solanum tuberosum
Kaidah yang harus diikuti adalah:
1. Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan
2. Kata pertama dimulai dengan abjad besar, kata kedua dimulai dengan abjad kecil.
3. Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung.
4. Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus.


UAN 2007
3.Kucing, anjing, dan harimau mempunyai kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh lantaran itu, binatang tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu…
A.filum
B.kelas
C.ordo
D.famili
E.genus

Jawaban: C
Pembahasan: Berdasarkan jenis makanannya, kucing, anjing, dan harimau ialah pemakan daging, sehingga dikelompokkan kedalam tingkat takson yang sama, yaitu ordo carnivore.


UAN 2006
4.Dalam pembagian terstruktur mengenai jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat…
A.kelas
B.ordo
C.famili
D.genus
E.spesies

Jawaban: D
Pembahasan: Citrus maxima, Citrus aurantifolia, Citrus nobilis dalam pembagian terstruktur mengenai menempati takson spesies (nama jenis). Nama jenis (spesies) terdiri dari 2 kata, dimana, kata pertama ditulis denmgan abjad besar yang merupakan nama marga (genus). Sedangkan kata yang kedua ditulis dengan abjad kecil mengatakan nama jenisnya (spesiesnya).
Jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk keprok mempunyai nama depan yang sama, yaitu Citrus, berarti ketiganya berada dalam kelompok tingkat genus yang sama.


UAN 2005
5.Dalam system pengelompokkan tumbuhan, ada beberapa macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan dibawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus, adalah…
A.Aren, kelapa, pinang
B.Lengkuas, jahe, kunir
C.Kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau
D.Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras
E.Bawang merah, bawamng daun, bawang putih

Jawaban: A
Pembahasan: Pada keluarga palm-palman pada ketika masih muda mempunyai bentuk fisik yang mirip, tetapi pada fase tertentu perkembangan mulai mengatakan adanya perbedaan-perbedaan sehingga fase arif balig cukup akal sudah terang perbedaan bentuknya.


UAN 2005
6.Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka sanggup diperkirakan akan berakibat…
A.Populasi harimau naik, populasi rumput naik
B.Populasi harimau turun, populasi rumput turun
C.Populasi harimau naik, populasi rumput turun
D.Populasi harimau turun, populasi rumput naik
E.Semua populasi di padang rumput jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah

Jawaban: C
Pembahasan: Peristiwa ini merupakan proses rantai makanan, yaitu insiden makan dan dimakan dengan arah tertentu dimuali dari produsen → konsumen I→konsumen II→konsumen III→pengurai.


UAN 2004
7.Usaha-usaha berikut termasuk proses melestarikan SDA hayati, kecuali…
A.memelihara kebun botani
B.mencegah populasi
C.melakukan reboisasi hutan
D.mendaur ulang penggunaan nikel
E.menjaga plasma nuftah

Jawaban: D
Pembahasan: SDA dibedakan atas dua sumber, yaitu:
a)SDA hayati, yaitu semua SDA yang berasal dari makhluk hidup. Contohnya: flora, fauna, mikoroorganisme, fungi.
b)SDA nonhayati, yaitu SDA yang berasal dari benda tak hidup.


UAN 2003
8.Keanekaragaman jenis sanggup dilihat dari adanya perbedaan…
A.bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan penampilan
B.bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan factor pembawa sifat menurun
C.morfologi dan anatomi
D.tingkah laris dang en
E.morfologi dan tingkah laku

Jawaban: C
Pembahasan: Keanekaragaman jenis mengatakan seluruh variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar spesies. Diantara jenis itu pada tumbuhan muda mempunyai kemiripan bentuk fisik. Contoh: kelapa dan aren, salak dan sawit.


9.Si amang dikelompokkan sama dengan orang utan dan gorilla, yaitu pada tingkat ordo primate. Hal ini disebabkan lantaran siamang, orang utan, dan gorilla mempunyai korelasi yang sangat dekat. Pengklasifikasian makhluk hidup ibarat disebutkan diatas termasuk system…..
A.Buatan
B.Artificial
C.Filogenetik
D.Alamiah
E.Binomial nomenclature

Jawaban : C
Pembahasan: System pengklasifikasian makhluk hidup ada 3 yaitu:
1.System alamiah, yaitupengklasifikasian berdasarkan banyak sedikitnya persamaan terutama sifat morfologis. Misalnya: harimau, kuda, badak, dan kuda nil termasuk binatang yang berkaki empat
2.System artificial atau buatan yaitu mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan struktur morfologis yang gampang dilihat, terutama alat reproduksi dan habitat (tempat hidup) makhluk hidup. Contohnya: tumbuhan digolongkan pada perdu, semak, berkayu, tumbuhan air, tumbuhan darat, dll.
3.System filogenetik, yaitu pengklasifikasian berdasarkan jauh delatnya korelasi kekerabatan antar takson yang ditinjau dari perkembangan filogeninya. Contohnya: siamang dan orang utan lebih akrab kekerabatannya dibandingkan dengan siamang dan kucing.


10.Berikut ini sisten penamaan yang benar berdasarkan system binomial nomenclatur untuk tumbuhan durian adalah…
A.durio zibetinus
B.Durio zibetinus
C.durio zibetinus
D.Durio zibetinus
E.Durio zibetinus

Jawaban: B
Pembahasan: penulisan nama ilmiah yang benar untuk nama spesies durian ibarat yang ditunjukkan oleh system binomial nomenclatur ialah : Durio zibetinus atau Durio zibetinus. Peraturan system tatanama binomial nomenclature bias dilihat pada no.2.


11.Berikut ini rujukan konservasi alam secara eksitu,kecuali:
A.Beraneka macam fauna dan tumbuhan di taman safari, Cisarua, Bogor
B.Kebun koleksi tebu di Pasuruan, Jawa Timur
C.Penanaman aneka anggrek dan bunga lain di kebu Botani Bogor
D.Pemeliharaan aneka margasatwa di kebun binatang Gembiraloka, Jogjakarta
E.Pelestarian rino bercula satu di suaka margasatwa, Ujung Kulon

Jawaban: E
Pembahasan: konservasi alam terdiri dari 2 cara, yaitu:
A.Secara insitu, yang artinya pelestarian alam di dalam habitat aslinya, misalnya ialah pelestarian rino bercula satu di Ujung Kulon, pelestarian komodo di Pulau Komodo, dan pelestarian Raflesia arnoldi di Bengkulu.
B.Secara eksitu, yang artinya pelestarian alam di luar habitat aslinya, misalnya ialah kebun koleksi tebu di Pasuruan, Taman Safari di Cisarua Bogor, dan Kebun Botani di Bogor.


12.Berbagai kasus perubahan lingkungan melanda Negara kita antara lain:
1.Gempa dan tsunami melanda daerah Pangandaran dan daerah NAD
2.Banjir di Jakarta
3.Kabut panas dan hujan bubuk di Jateng
4.Timbulnya lumpur Lapindo di Porong Sidoardjo
5.Kebakaran hutan di beberapa hutan di Indonesia
Bencana yang sepenuhnya terjadi akhir kelalaian insan adalah…
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.2 dan 4
D.2 dan 5
E.4 dan 5

Jawaban: D
Pembahasan: Bencana alam yang terjadi di banyak sekali belahan bumi sanggup disebabkan lantaran kelalaian dari perbuatan insan yang secara disadari atau tidak sanggup merusak alam. Bencana alam yang ibarat itu diantaranya adalah: banjir dan kebakaran hutan.


13. Kupu-kupu yang menghisap sari-sari bunga merupakan interaksi yang termasuk simbiosis…
A.Mutualisme
B.Parasitisme
C.Komensalisme
D.Amensalisme
E.Kompetisi

Jawaban: A
Pembahasan: sismbiosis antara kupu-kupu dan bunga termasuk simbiosis mutualisme, lantaran korelasi antara keduanya bersifat saling menguntungkan.
-parasitisme: simbiosis yang menimbulkan satu individu untung sedangkan yang lain dirugikan. Contohnya: parasit dengan pohon mangga
-komensalisme: simbiosis yang menimbulkan satu individu untung sedangkan yang lain tidak dirugikan ataupun tidak diuntungkan. Contohnya: ikan hiu dengan ikan remora
-amensalisme: simbiosis yang menimbulkan satu individu rugi sedangkan yang lain tidak dirugikan. Contohnya: kuman dengan jamur Penicilium notatum. Jamur Penicilium notatum menghasilkan zat antibiotika yang sanggup menghambat atau membunuh kuman yang hidup disekelilingnya. Hubungan ini disebut juga antibiosis.
-kompetisi atau persaingan antara dua individu yang sama habitatnya atau nichenya.

Soal keanekaragaman hayati essay:

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati!
Jawaban: keanekaragaman hayati ialah keanekaragaman jenis makhluk hidup baik yang ada di daratan maupun di perairan. Dalam hal ini termasuk keanekaragaman spesies, varietas, genetik, dan ekosistem.

2. Mengapa sanggup timbul keanekaragaman genetik? Jelaskan!
Jawaban: lantaran adanya keragaman komposisi atau susunan genentik dalam satu spesies

3. Secara biogeografi, Indonesia sanggup dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu tempat oriental, Australian, dan tempat peralihan. Tuliskan daerah yang termasuk dalam kawasan-kawasan tersebut!
Jawaban:
- Kawasan Oriental: Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan
- Kawasan Peralihan : Sulawesi
- Kawasan Australian: Maluku, Papua, dan NTT

4. Apa penyebab keunikan biodiversitas Indonesia? Sebutkan!
Jawaban: Memiliki tumbuhan bertipe dan terdapat banyak tumbuhan dan fauna endemik

5. Sebutkan faktor-faktor yang menimbulkan Indonesia mempunyai biodiversitas tinggi!
Jawaban:
a. Indonesia terletak di wilayah tropis dngan kondisi iklim dua musim, yaitu demam isu hujan dan kemarau serta intensitas sinar matahari yang merata sepanjang tahun.
b. Indonesia merupakan negara kepulauan, kondisi ini menimbulkan isolasi geografis bagi makhluk hidup sehingga terdapat pulau-pulau yang mempunyai spesies-spesies khas dan tidak terdapat pada pulau lainnya (spesies endemik).
c. Wilayah Indonesia terbagi atas dua zona, yaitu zona Asia dan Zona Australia sehingga spesies makhluk hidup merupakan peralihan di antara wilayah tersebut.
d. Kondisi bahari di Indonesia sangat beragam, sehingga terumbu karang yang terdapat di bahari Indonesia juga sangat luas dengan segala jenis ikan, ataupun hewan.

Soal Uraian biologi ihwal keanekaragaman hayati beserta jawabannya

1. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman Hayati?

Jawab:
Keanekaragaman hayati merupakan pernyataan mengenai banyak sekali macam variasi atau bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang terdapat pada banyak sekali tingkatan makhluk hidup.

2. Apakah yang menimbulkan keanekaragaman hayati di Indonesia cukup tinggi? Jelaskan oleh Anda.

Jawab:
Karena Indonesia mempunyai letak geografis yang strategis, yaitu di antara dua benua dan dua samudra yang mempunyai perbedaan karakteristik keanekaragaman hayati selain itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang mempunyai iklim tropis.

3. Bagaimanakah persebaran binatang di Indonesia? Jelaskan.

Jawab:
Persebaran binatang di Indonesia terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu wilayah barat, wilayah timur, dan wilayah peralihan.

4. Apakah yang menimbulkan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia harus mulai dilakukan kini juga?

Jawab:
Karena kerusakan lingkungan dan habitat semakin parah, oleh karenanya mulai dari kini perjuangan pelestarian keanekaragaman hayati harus dilakukan.

5. Tuliskan contoh-contoh tempat yang dijadikan sebagai lokasi pelestarian in situ dan pelestarian exsitu.....

• Pelestarian in situ misalnya Taman asional Ujung Kulon dan Taman nasional Way Kambas.
• Pelestarian ek situ misalnya kebun binatang.

6. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman gen dan sebutkan rujukan keanekaragaman yang dipengaruhi oleh gen.

Jawab:
Keanekaragaman gen merupakan keanekaragaman susunan gen yang sanggup menimbulkan variasi dalam satu spesies.

7. Jelaskan perbedaan antara binatang yang berada di Indonesia belahan barat dan Indonesia belahan timur. Sebutkan contohnya!

Jawab:
Hewan Indonesia belahan barat mempunyai kemiripan binatang dari asia, dengan ciri banyak terdapat mammalia besar. Hewan Indonesia belahan timur mempunyai kemiripan dengan binatang dari Australia dengan ciri banyak terdapat binatang marsupialia.

8. Manfaat apa saja yang sanggup didapat oleh insan dari keanekaragaman hayati di Indonesia.

Jawab:
Beberapa keanekaragaman hayati sanggup dimanfaatkan sebagai materi sandang, pangan, papan, dan obat-obatan.

9. Jelaskan perbedaan keanekaragaman hayati pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem.

Jawab:
Keanekaragaman gen menimbulkan variasi dalam spesies dan keanekaragaman spesies. Keanekaragaman tingkat spesies menimbulkan keanekaragaman tingkat ekosistem. Jenis spesies pada suatu ekosistem akan berbeda pada ekosistem yang lain.

10. Faktor apa yang paling besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman tingkat ekosistem?

Jawab:
Faktor lingkungan abiotik

11. Jelaskan pembagian wilayah penyebaran fauna Indonesia berdasarkan Wallace!

Jawab:
Keanekaragaman fauna Indonesia terbagi menadi hewan-hewan Indonesia belahan barat, peralihan, dan belahan timur.

12. Sebutkan lima rujukan tumbuhan dan fauna endemik Indonesia!

Jawab:
Flora endemik, misalnya bunga bangkai dan salak. Fauna endemik, misalnya anoa dan babi rusa.

13. Menurut Wallace, Indonesia dibagi menjadi tiga zona. Sebutkan tiga zona tersebut, bersama rujukan hewannya.

Jawab:
Zona Oriental, misalnya orang utan; zona peralihan, misalnya anoa; dan zona Australia, misalnya walabi.

14. Mengapa terjadi keanekaragaman tingkat ekosistem?

Jawab:
Keanekaragaman tingkat ekosistem terjadi lantaran adanya keanekaragaman tingkat populasi penyusun suatu ekosistem.

15. Apa yang akan terjadi jikalau suatu populasi binatang punah? Jelaskan!

Jawab:
Jika suatu populasi binatang punah maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem. Terutama meningkatnya jumlah populasi masakan (mangsa) spesies tersebut.

Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan Buku K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 : Soal Biologi Tingkat Keanekaragaman Hayati dilengkapi kunci Jawaban

Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini supaya yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.



0 Response to "Guru K13 : Soal Biologi Tingkat Keanekaragaman Hayati + Jawaban"

Post a Comment