Pengertian Zat Besi Sumber Efek Samping Pemakaian Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Pengertian Zat Besi merupakan mineral yang diharapkan oleh semua sistem biologi di dalam tubuh. Besi merupakan unsur  esensial untuk sintesis hemoglobin, ketokolamin, produksi panas dan sebagai komponen enzim-enzim tertentu yang diharapkan untuk produksi adenosin tripospat yang terlibat dalam respirasi sel. 

 Pengertian Zat Besi Sumber Efek Samping Pemakaian Zat Besi Untuk Ibu Hamil
Zat besi disimpan dalam hepar, lien, dan sumsum tulang. Sekitar 70 zat besi yang ada di dalam badan berada dalam hemoglobin dan 30 % dalam mioglobin (simpanan oksigen intramuskuler), defisiensi zat besi akan  menjadikan anemia dan menurunkan jumlah maksimal O2 yang sanggup dibawa oleh darah. (Sue Jordan, 2004 : 271)

Sumber zat besi yang baik mencakup daging merah, telur, dan jenis sayuran tertentu (seperti bayam) dan sereal (gandum) atau biji-bijian yang utuh. Sebagian besar zat besi dalam makanan mempunyai bentuk Feri (Fe3+). Sekret lambung akan melarutkan dalam  bentuk Ferro, sehingga sanggup diserap oleh tubuh. Selain itu zat besi juga dijumpai dalam bentuk tablet, cair (lebih gampang diserap, tetapi sanggup menodai gigi bila tidak segera berkumur), dan parenteral (digunakan pada perempuan dengan kelainan gastrointestinal atau pada perempuan yang tidak sanggup menyerap atau menelan tablet zat besi). (Sue Jordan, 2004 : 272-279)

Efek samping pemakaian zat besi yaitu sanggup mengakibatkan mual, muntah, kram lambung, nyeri ulu hati, konstipasi, dan perubahan warna feses (feses menjadi berwarna hitam). Minum zat besi pada malam hari sebelum tidur sanggup mengurangi tanda-tanda mual. Konstipasi sanggup dikurangi dengan mengkonsumsi banyak serat (buah dan sayuran). (Sue Jordan, 2004 : 276-277)

Untuk meningkatkan persediaan zat besi selama kehamilan, semua ibu harus minum tablet tambah darah paling sedikit 90 tablet. Standar komplemen ini ialah 320 FeSO4 (60 mg elemental iron) dengan 500 mcg folid acid (Pusdiknakes, 2003 : 211)

Menurut Sue Jordan (2003) absorbsi zat besi mengalami peningkatan bila terdapat asam di dalam lambung. Keberadaan asam ini sanggup ditingkatkan dengan :
  • Minum tablet zat besi dengan makan daging atau ikan yang menstimulasi produksi asam lambung.
  • Memberikan tablet zat besi bersama tablet asam askorbat (Vitamin C) 200 mg atau bersama jus jeruk.

Tabel  1 Obat Dan Makanan Yang Mengurangi Absorbsi Zat Besi
 merupakan mineral yang diharapkan oleh semua sistem biologi di dalam badan Pengertian Zat Besi Sumber Efek Samping Pemakaian Zat Besi Untuk Ibu Hamil
Sumber : Sue Jordan (2003 : 278)


Daftar Pustaka Pengertian Zat Besi Sumber Efek Samping Pemakaian Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Jordan, Sue. (2003). Farmakologi Kebidanan. Jakarta : EGC.

Pusdiknakes. (2003).Asuhan Antenatal. Jakarta : JHPIEGO.

0 Response to "Pengertian Zat Besi Sumber Efek Samping Pemakaian Zat Besi Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment