Pengertian Tabiat Definisi Berdasarkan Para Hebat Dan Ulama

Pengertian Akhlak - Perkataan budpekerti berasal dari  bahasa Arab  jama'  dari “khuluqun” yang berdasarkan lughat diartikan: kebijaksanaan pekerti, perangai, tingkah laris atau tabiat.

Adapun secara terminologi yang dikemukakan oleh ulama akhlak adalah sebagai berikut:
اَلأَخْلاَقُ هُوَ تَقْيِيْمُ اْلأَعْمَالِ اْلإِنْسَانْيَّةِ عَلَى ضَوْءِ تَحْدِيْدِهِ لِقِيْمَةِ كُلٍّ مِنَ الْخَيْرِ وَالشَّرِّ

“Akhlak ialah Munculnya perbuatan insan atas dasar cahaya batasan insan untuk munculnya suatu kasus yang baik dan buruk”.
Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli
Selain definisi diatas ada ulama’ lain yang beropini bahwa :
  • Ilmu budpekerti ialah ilmu yang memilih batas antara baik dan buruk, antara yang terpuji dan tercela, perihal perkataan atau perbuatan insan lahir dan batin.
  • Ilmu budpekerti ialah ilmu pengetahuan yang memperlihatkan pengertian perihal baik dan buruk, ilmu yang mengajarkan pergaulan insan dan menyatakan tujuan mereka yang terakhir dari seluruh perjuangan dan pekerjaan mereka. (Hamzah Ya’qub, Etika Islam Pembinaan Akhlaqulkarimah Suatu Pengantar, Bandung, CV. Diponegoro, 1991, hlm. 12.)

Kaprikornus Ilmu Akhlak merupakan ilmu yang memilih batas antara baik dan buruk, terpuji dan tercela, perihal perkataan atau perbuatan insan lahir dan batin. Dengan lain perkataan, ilmu budpekerti adalah,
  1. Menjelaskan arti baik dan buruk.
  2. Menerangkan apa yang seharusnya dilakukan.
  3. Menunjukkan jalan untuk melaksanakan perbuatan.
  4. Menyatakan tujuan di dalam perbuatan. (Barmawie Umary, Materi akhlak, Solo: Ramadhani, 1993, hlm. 1.)

Kaprikornus ilmu budpekerti ialah ilmu yang mempersoalkan baik buruknya amal, dan amal terdiri dari perkataan, perbuatan atau kombinasi keduanya dari segi lahir dan batin.

Sedangkan berdasarkan Agus Sudjanto pengertian Akhlak sebagai berikut:

Akhlak ialah suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menandakan apa yang seharusnya dilakukan oleh setengah insan kepada lainnya menyatakan tujuan yang harus dituju oleh insan dalam perbuatan mereka dan memperlihatkan jalan untuk melaksanakan apa yang harus diperbuat. (Agus Sudjanto, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997, hlm. 12.)

Pengertian Akhlak merupakan kelakuan yang timbul dari hasil perpaduan antara hati nurani, pikiran, perasaan, bawaan, dan kebiasaan yang menyatu, membentuk suatu kesatuan tindak budpekerti yang dihayati dalam kenyataan hidup keseharian. Dari kelakuan itu lahirlah perasaan moral (moralsence), yang terdapat dalam diri insan sebagai fitrah, sehingga ia bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat, mana yang bermanfaat dan mana yang berguna, mana yang anggun dan mana yang buruk. (Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995, hlm.11-12.)

 Adapun secara terminologi yang dikemukakan oleh ulama  Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli dan Ulama

Daftar Pustaka Pengertian Akhlak Definisi Menurut Para Ahli Ulama
Hamzah Ya’qub, Etika Islam Pembinaan Akhlaqulkarimah Suatu Pengantar, Bandung, CV. Diponegoro, 1991, hlm. 12.
Barmawie Umary, Materi akhlak, Solo: Ramadhani, 1993, hlm. 1.
Agus Sudjanto, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997, hlm. 12.
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995, hlm.11-12.

0 Response to "Pengertian Tabiat Definisi Berdasarkan Para Hebat Dan Ulama"

Post a Comment